Foto. Mekry Sondey,SE Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Minahasa. Foto. Mekry Sondey,SE Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Minahasa.

Dinas PM-PTSP Tunggu Pemberlakuan Sicantik Tunjang Pelayanan Publik

Written by  Adrianus RP Apr 18, 2021

Minahasa,Sulutnews.com - Kegunaan tanda tangan digital atau elektronik bila disetujui oleh (Badan Siber dan Sandi Nasional) BSSN Kementerian Kominfo, akan memudahkan pejabat mengerjakan dokumen saat dirinya berada diluar kantor, di rumah atau dalam perjalanan. Disamping itu, aplikasi Sicantik untuk perijinan diikutsertakan juga dalam kerja sama tersebut.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Minahasa, terkait dengan pengurusan perijinan lain halnya dengan aplikasi tanda tangan elektronik. Dinas PTSP berharap perijinan dilakukan secara online atau aplikasi Sicantik ini disetujui. Sebab, aplikasi tersebut cerdas untuk pelayanan perijinan ke publik dan dapat digunakan oleh instansi pemerintah.

“Aplikasi Sicantik ini terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS), dan dapat digunakan untuk perijinan usaha maupun layanan lain yang dilaksanakan oleh Dinas PM-PTSP,“ ujar Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Minahasa, Mekry Sondey,SE Jumat (16/4).

Menurutnya, kerja sama dengan Kementerian Kominfo yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa berharap bisa terwujud, karena akan meningkatkan kinerja Dinas PM-PTSP Minahasa kedepan.

“Semoga kerja sama dengan Kementerian Kominfo terkait aplikasi Sicantik ini bisa berhasil, karena servernya ada pada mereka dan bakal mempengaruhi kinerja PM-PTSP Minahasa. Selain itu, jika aplikasi ini diberlakukan, rangking daerah kita dalam hal pelayanan publik akan semakin meningkat dari daerah lain,” ungkap sondey.

Sementara itu, Kepala Bidang E-Goverment pada Dinas Infokom Minahas Gogen Ngantung,SE menyampaikan, bahwa kerja sama dengan Kementerian Kominfo ini belum selesai, tapi kita akan usahakan memenuhi tahapan-tahapan yang mereka ajukan.

 “Kami hanya memfasilitasi pengurusan aplikasi dari PM-PTSP tersebut, supaya bisa disetujui oleh Kementerian. Karena aplikasi ini, untuk meningkatkan pelayanan publik di Pemerintahan, semoga kerja sama yang akan diusulkan ke kementerian ini secepatnya bisa disetujui,” tukasnya.(Adrian)