Minahasa

Minahasa (437)

Minahasa,Sulutnews.com - Dugaan tindak pidana kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok pemuda, terjadi di Desa Tounelet Jaga 3 Kecamatan Sonder, pada hari Minggu (16/1/2022) sekitar pukul 00.30 Wita.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menerangkan, para tersangka yang berjumlah 6 orang ini sudah diamankan Tim URC Totosik Polres Tomohon.

"Para pemuda yang diduga melakukan penganiayaan ini sudah diamankan pada hari Minggu, 16 Januari 2022 sekitar pukul 13.00 Wita,  di beberapa tempat yang ada di seputaran Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa," ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Peristiwa penganiayaan ini dilaporkan korban, lelaki Swingly Payow (19), seorang mahasiswa yang berdomisili di Desa Tounelet Jaga 2, dengan Laporan Polisi Nomor: LP/01/I/2022/Sek Sonder tanggal 16 Januari 2022.

Peristiwa pengeroyokan ini lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, terjadi di sebuah rumah duka. Dimana saat itu katanya, korban melihat ayahnya sedang beradu mulut dengan beberapa pemuda dan beberapa diantaranya sudah melakukan pengeroyokan.

Melihat kondisi tersebut, korban dengan spontan mendekati ayahnya dan langsung memukul ke arah para tersangka secara membabi buta.

Para tersangka yang tak terima hal tersebut, langsung balas mengeroyok korban hingga mengalami luka dan memar di wajah dan harus mendapat perawatan medis di RS Siloam Sonder.

Kini para tersangka yang kesemuanya berdomilisi di Desa Tounelet Jaga 3, yaitu BM (18), AK (25), AK (23), KT (21), NL (28) dan AL (26), sudah diamankan di Mako Polsek Sonder untuk proses hukum lanjut. (Adrian)

Minahasa,sulutnews.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Kesehatan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 ketiga atau booster, yang diawali dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL), Jumat (14/01) pagi, bertempat di Kantor Bupati, Tondano.

Vaksinasi COVID-19 booster ini tampak di pantau langsung oleh jajaran Polres Minahasa.

Mewakili Kapolres Minahasa Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK kegiatan ini juga tampak di hadiri oleh Kabag Ops Kompol. Alfrets Tatuwo S.SOS

Kepada sulutnews.com Kompol Alfrets saat di wawancarai mengatakan Polres Minahasa mendukung pemerintah untuk mensukseskan program vaksinasi booster.

Untuk pelaksanaan vaksinasi booster di Polres Minahasa sendiri kata Kompol Alfrets tinggal menunggu jatwal pelaksanaan, begitu suda siap pasti kita laksanakan, "tukasnya.

Sebelumnya Launching ini dibuka langsung oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, dan diawali oleh para Pejabat di lingkup Pemkab Minahasa.

Maringka saat membuka kegiatan vaksinasi booster ini mengatakan, Kabupaten Minahasa sudah mencapai 75 persen untuk vaksinasi umum. Itu sebabnya, Pemkab Minahasa mulai melakukan vaksinasi anak 6-11 tahun, dan selanjutnya booster.

“Karena Minahasa sudah mencapai 75 persen vaksinasi umum, maka pertema, sudah bisa melakukan vaksinasi anak. Kedua, bisa melaksanakan booster yang diawali untuk ASN dan THL sebagai pelayan publik. Booster ini juga diprioritaskan bagi Lansia dan kelompok rentan,” tukasnya.

Sementara Kepala dinas kesehatan Minahasa, dr Maya Rambitan menerangkan untuk vaksin booster ini dilalakukan serentak di beberapa tempat.

Sambungnya, selain di kantor Bupati Minahasa, juga ada di Dinas Kesehatan Minahasa, dan beberapa Puskesmas.

“Bagi masyarakat yang mau divaksin booster, agar bisa mendatangi puskeskemas terdekat. Dengan membawa KTP, kartu vaksin terakhir atau lewat aplikasi peduli lindungi,” tukas Maya. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui dinas Kesehatan melaksanakan lauching vaksinasi covid-19 ke tiga (booster) secara masal, yang dimulai hari ini, bertempat di kantor Bupati Minahasa, Jumat (14/1/2022).

Adapun sasaran dari Vaksinasi ini adalah, usia 18 tahun ke atas, Lanjut Usia (Lansia), dan Kelompok rentan, yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua, lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Kepada sulutnews.com dr Maya Rambitan

Menjelaskan  Vaksinasi booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis Lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Vaksinasi booster dijelaskan Maya,  diselenggarakan oleh Pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas kelompok Lansia dan penderita imunokompromais.

Lanjutnya, Pelaksanaan vaksinasi booster bagi sasaran Lansia dapat dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota. Sementara sasaran non Lansia dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70% dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60%.

Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK.

"Bisa juga mendaftar melalui aplikasi Peduli Lindungi. Penerima vaksinasi booster berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya ucap Maya.

Lanjut dijelaskan Maya, Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Jenis vaksin yang digunakan antara lain, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac maka diberikan vaksin AstraZeneca, separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis (0,15 ml).

Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis(0,15 ml).

Penyuntikan dilakukan secara intramuskular di lengan atas. Penyuntikan half dose dilakukan dengan menggunakan jarum suntik sekali pakai 0,3 ml yang telah diberikan tanda ukuran dosis 0,15 ml dan 0,25 ml.

Sambung Maya, bagi ibu hamil, penggunaan vaksin mengacu pada Surat Edaran nomor HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVI0-19.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi  booster nantinya akan  dilakukan di Puskesmas, rumah sakit milik pemerintah dan pemerintah daerah maupun pos pelayanan vaksinasi yang dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi atau Kabupaten/Kota.

“Bagi masyarakat yang mau divaksin booster, agar bisa mendatangi puskeskemas terdekat. Dengan membawa KTP, kartu vaksin terakhir atau lewat aplikasi peduli lindungi,” tukas Maya. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP menyatakan komitmen dan kesediaan diri melayani sebagai Ketua Panitia Kegiatan Penjabaran Program W/KI Sinode GMIM Rayon Minahasa.

Saat mengikuti ibadah bersama dengan Jemaat GMIM Kinamang Kamanga Dua Tompaso, Minggu (9/1/2022), "Dalam prakatanya Pnt. Fenny Roring-Lumanauw menyatakan rasa syukur kepada Tuhan sudah memberi kesempatan baginya untuk melayani lewat Komisi W/KI.

"Ia juga berterima kasih kepada Komisi W/KI Sinode GMIM dan Wilayah Tumompaso Satu yang sudah mempercayakan dirinya sebagai ketua panitia pelaksana.

Istri tercinta Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si pun berharap semua panitia yang sudah dilantik ini benar-benar dapat memberi diri untuk mensukseskan kegiatan yang akan digelar pada 22 Januari mendatang dengan dukungan semua pihak termasuk Pelsus dan jemaat di Wilayah Tumompaso Satu.

"Suksesnya kegiatan ini tentu kita semua persembahkan untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan, demi kelanjutan program pelayanan W/KI Sinode GMIM," katanya. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Pemberian pupuk yang cukup, baik kuantitas maupun kualitas, membuat tanaman tumbuh subur dan memberikan hasil maksimal. Kendatipun terkadang pupuk langka, tetap harus ada upaya mengatasinya. Dan, Pupuk Organik adalah jawabannya.  

Untuk mengatasi kelangkaan masalah pupuk di Kabupaten Minahasa, Kamis (6/1/2022) Kepala Dinas Pertanian Dr. Ir. Margaretha Ratulangi menyarankan kepada seluruh petani agar dapat memanfaatkan pupuk organik.

Hal ini dikatakan Ratulangi, Agar tidak terus berlarut-larut, permasalahan pupuk tersebut tentu harus segera dicarikan solusinya.

"Salah satu solusi tersebut adalah dengan mengoptimalkan pembuatan dan penggunaan pupuk organik terang Ratulangi.

Menurut Ratulangi, cara itu bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan pupuk bersubsidi yang selalu kurang setiap tahun.

Sering sekali saat memasak suatu masakan ada bahan makanan yang terbuang dan menjadi sampah.

Biasanya kita akan langsung membuangnya ke tempat sampah karena merasa sudah tidak bisa digunakan kembali.

Tapi sebetulnya sampah dari limbah dapur bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organik.

Selain ramah lingkungan, Lanjut Ratulangi, Selain itu juga dapat menghemat pengeluaran membeli pupuk untuk tanaman di rumah. "Sayangnya, sebagian besar masyarakat belum sadar tentang manfaat membuat pupuk organik dari sampah dapur.

Dengan mengolah kembali sampah dapur menjadi pupuk organik, maka juga secara tidak langsung membantu berkontribusi untuk mengurangi jumlah penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir tandas Ratulangi. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Kerja Awal Tahun yang diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Minahasa bertempat di Aula Wale Ne Tou, Rabu (5/1/2022).

Rapat kerja awal tahun tersebut dipimpin langsung Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring, didampingi Sekda, Frits Muntu, bersama Asisten I Bidang Pemerintahan Riviva Maringka, Asisten II Bidang Perekonomian Wenny Talumewo, dan Asisten III Vicky Tanor.

Dalam rapat ini Bupati ROR mengungkapkan, masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki bersama dalam tugas kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk melayani rakyat disamping tentu juga ada berbagai keberhasilan dan peningkatan program yang sudah diraih dan perlu diapresiasi.

Untuk itu dalam sambutannya Bupati ROR berharap di tahun 2022 ini  menjadi momentum bagi ASN Minahasa untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mantapkan pelaksanaan program di Tahun 2022 tukasnya. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Polres Minahasa menggelar penyerahan anggaran dan penandatanganan pakta integritas tahun 2022I. Kegiatan ini digelar di Ruangan Maesa Polres Minahasa, Kamis (6/1/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Ruangan Maesa Polres Minahasa, Kamis (61/2021) ini dipimpin oleh Kapolres Minahasa AKBP. Tommy .B Souissa, SIK. Didampingi  Waka Polres Kompol. Adi Edwin Hariawang,  para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran, Perwira dan Bintara.

Dalam sambutannya Kapolres AKBP. Tommy minta jajaran untuk memaksimalkan sebaik mungkin anggaran yang telah diberikan oleh negara serta dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Pada kesempatan tersebut  Ia menegaskan agar anggaran ini dapat digunakan seoptimal mungkin sesuai petunjuknya tukas Kapolres.

Pada kesempatan ini  Waka Polres Minahasa Kompol. Adi Edwin Hariawang juga turut memberikan arahan kepada  Para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek, agar dapat menggunakan anggaran sesuai dengan peruntukkanya dan seluruh Administrasi Anggaran harus lengkap, ungkap Wakapolres.

Sementara itu Kabag Ren Kompol Lexi Ratumbanua juga turut menjabarkan gambaran penting tentang pengunaan DIPA yang akan di kelola oleh Kabag, Kasat, Kasi dan Jajaran Kapolsek.

Usai memberikan arahan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan anggaran kepada masing masing Bagian dan Satuan fungsi serta seluruh Polsek Jajaran Polres Minahasa.

Kegiatan ini berlangsung kondusif, menerapkan Protokol Kesehatan  dan berakhir pada pukul 11.45 wita. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com – Polsek Langowan Barat bekerjasama dengan Puskesmas Tumaratas menggelar kegiatan vaksinasi massal, di Balai Desa Walewangko, Langowan Barat, Minahasa, Selasa (04/01/2022).

Kasi Humas Polres Minahasa Iptu Johan Rantung, mengatakan, sasaran vaksinasi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia, serta masyarakat umum.

“Jumlah yang disuntik vaksin sebanyak 110 orang, 95 di antaranya adalah anak-anak usia 6 hingga 11 tahun,” ujarnya.

Lanjut Iptu Johan Rantung, Polres Minahasa dan jajaran terus menggencarkan vaksinasi massal untuk mencapai target yang telah ditentukan pemerintah.

“Tujuannya untuk membangun kekebalan kelompok demi menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” pungkas Iptu Johan Rantung. (Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com – Tim Pusdokkes Polri dipimpin Kombes Pol Budi Haryadi didampingi AKBP Dewa dari Biddokkes Polda Sulut mengunjungi Pos Pengamanan Boulevard Tondano, Selasa (28/12/2021).

Kunjungan diterima oleh Kepala Posko Iptu Putu Kusuma didampingi Kepala Pos Pam Boulevard Ipda Bobi Elias.

Menurut Katim Kombes Pol Budi, maksud kunjungan untuk mengecek kesiapan personel dalam melaksanakan tugas pengamanan Nataru 2021.

Ia juga mengapresiasi kepada personel yang sudah sangat luar biasa dalam melaksanakan tugas untuk mengamankan situasi kamtibmas di Natal dan menyelang Tahun Baru.

“Semoga kinerja para anggota kepolisian dalam menjalankan tugas tetap diberikan kekuatan dari Tuhan, lewat kesehatan sehingga eksis terus sampai di hari raya Tahun Baru,” ujar Kombes Pol Budi. (Adrian)

Tondanano,Sulutnews.com – Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Minahasa menyebabkan sebuah pohon tumbang di jalan Kelurahan Wulauan menuju Kelurahan Marawas, Kecamatan Tondano Utara, Minggu (26/12/2021) sore.

Kejadian ini mengakibatkan akses jalan menuju Tondano dan arah sebaliknya menjadi terhambat. Kepolisian bersama Pemerintah dan masyarakat bergerak cepat membersihkan pohon tumbang tersebut.

Petugas bersama warga secara bersama-sama memotong pohon yang tumbang dan langsung membersihkannya sisa potongan ke jinggir Jalan. Kurang lebih 2 jam, jalanan sudah bisa kembali dilalui oleh kendaraan.

Kapolres Minahasa melalui Kasi Humas Iptu Johan Rantung pun mengingatkan warga agar berhati-hati saat berkendara. “Saat ini musim hujan dan berangin, waspada dengan cuaca ekstrem, jalanan licin, pohon tumbang, longsor dan banjir. Hati-hati saat mengendarai kendaraan,” pesan Iptu Johan Rantung. (Adrian)