Minahasa

Minahasa (288)

Minahasa, Sulutnews.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Minahasa AKBP Tommy B. Souissa, SIK  mengunjungi beberapa lokasi dalam rangka memberikan bantuan kepada warga, Jumat (30/7).

Kapolres dalam kegiatan tersebut mendampingi Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati Minahasa Dr. (H.C) Robby Dondokambey, S.Si, MM, serta bersama Dandim 1302 Minahasa Letkol. Andi Sinaga, SIP, Bupati dan forkopimda mengunjungi beberapa lokasi rumah warga yang tertimpa musibah kebakaran dan menyerahkan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Lokasi-lokasi yang didatangi adalah keluarga di Kelurahan Sumalangka Lingkungan 2 Kecamatan Tondano Utara, keluarga di Kelurahan Rinegetan Lingkungan 5 Kecamatan Tondano Barat,  Kelurahan Wawalintouan Lingkungan 3 Kecamatan Tondano barat, Kelurahan Wawalintouan, lingkungan 4 Kecamatan Tondano Barat, Kelurahan Luaan Kecamatan Tondano Timur, Kelurahan Kiniar Lingkungan 4 Kecamatan Tondano Timur, Desa Eris Jaga 1 Kecamatan Eris, Desa Walantakan Jaga 3 Kecamatan Langowan Utara dan keluarga Warga Desa Talikuran Satu Kecamatan Sonder.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Sekda Kab. Minahasa Frits Muntu  S.Sos, Asisten 1 Dr Denny Mangala M.Si,, Kepala Dinas Sosial Drs John Kapoh M.Si, Kepala BPBD Nofry Lontaan ST, Kepala Dinas PMD Jeffry Tangkulung SH MAP, Kabag Umum Lona Oktavianus Karel Wattie S.STP, Kabag Prokopim Johnny Tendean  AP MAP serta Para Camat Dra Jenie Sangari MAP, Robert Ratulangi S.Pd, Thelma Torar S.Sos, Hendrik Lombogia S.Sos, Dra Yenny Faberly Palit SE, Denny S Mangundap SS dan Lurah / Hukum Tua di Lokasi diserahkannya bantuan.(Adrian)

Minahasa, Sulutnews.com - Demi menindak lanjuti himbauan pemerintah tentang memutus mata rantai Virus Corona Covid19 di wilayah hukum Kabupaten Minahasa.

Kepolisian Resor (Polres) Minahasa dan TNI Kodim 1302 bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar penyemprotan Disinfektan di semua pusat aktifitas masyarakat seperti pertokoan , pasar, terminal serta fasilitas umum lainya yang ada di Kota Tondano, pada Sabtu (31/7).

Dalam pelaksanaan penyemprotan tersebut Kapolsek Tondano bersama jajaranya yang diperkuat Personil anggota Satuan Binmas Polres Minahasa bersatu padu bahu membahu dengan Pemerintah Kecamatan dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) membasahi jalur pasar bawah menuju Pasar Atas Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Kapolres Minahasa AKBP.Tomy Bambang Souissa SIk.Melalui Waka Polres Kompol Achmat Sutrisno SE kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan Disinvektan adalah gerakan serentak.

"Ini adalah gerakan serentak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa sebagai wujud nyata gerakan memutus mata rantai covid 19 dan hal seperti ini akan rutin dilaksanakan di kabupaten minahasa," Ujar Sutrisno.

Diketahui kegiatan yang di mulai pada pukul 09.30 wita ini melibatkan 70 personil gabungan TNI Kodim 1302 , Kepolisian Resor Minahasa dan Pemerintah Kabupaten Minahasa.(Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com - Berbagai upaya dilakukan Kepolisian Resor (Pokres) Minahasa dalam menekan penyebaran pandemi covid 19 di wilayah Kabupaten Minahasa ,

Salah satu yang menonjol dengan adanya kegiatan pemberian masker secara cuma cuma kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Kegiatan ini setiap harinya gencar di laksanakan Satuan Binmas Polres Minahasa yang di pimpin langsung KBO Binmas IPTU Anwar Suratinoyo bersama anggotanya yang setiap hari tak hentinya melakukan penyisiran di setiap sudut desa dan kelurahan yang ada di Kota Tondano raya, Jumat (30/7).

Dalam kegiatan tersebut terpantau IPTU. Anwar yang di dampingi sejumlah anggora Sat Sabhara dan Sat Binmas tepatnya di daerah Kelurahan Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Pemandangan menarik terjadi ketika satu demi satu masyarakat di area itu kebagian masker yang di bagikan SatBinmas Polres Minahasa.

Kegiatan ini berlangsung di sejumlah tempat dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran covid 19 di daerah Kabupaten Minahasa yang terus melonjak naik.(Adrian)

Caption : Nampak pembangunan Unit Gawat Darurat (UGD) di Puskesmas Kakas di Desa Tounelet yang sementara dikerjakan, Jumat (30/7/2021).

Minahasa,Sulutnews.com - Pergerakan cepat pembangunan infrastruktur di Kecamatan Kakas terus digenjot. Kali ini menyasar fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Itu terlihat dari pekerjaan pembangunan Unit Gawat Darurat (UGD) di Puskesmas Kakas di Desa Tounelet yang sementara dikerjakan, Jumat (30/7).

Pembangunan fasilitas ini adalah bagian dari proyek infrastruktur kesehatan yang digarap Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa. Alokasi anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan sebesar Rp 1 Miliar dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Sementara lokasi tempat pembangunan adalah lahan yang dihibahkan Pemerintah Kecamatan Kakas.

Pihak Dinas Kesehatan yang dikonfirmasi melalui Kepala UPT Puskesmas Kakas, dr. Rommy Inkiriwang mengatakan bahwa keberadaan layanan UGD ini diharapkan dapat menjawab kerinduan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal.

"Tujuan utama pembangunan UGD di Puskesmas Kakas ini tentunya untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kakas. Apalagi di wilayah ini memang tidak memiliki rumah sakit sehingga puskesmas ini jadi satu-satunya fasilitas kesehatan yang melayani masyarakat," kata Inkiriwang dalam wawancara di sela peninjauan di lokasi pembangunan.

Ia melanjutkan bahwa UGD ini, adalah sebagai fasilitas pendukung pelayanan kesehatan yang cepat ketika ada warga Kakas yang membutuhkan penanganan medis. Ia mencontohkan pasien korban kecelakaan, penyakit kronis atau masyarakat yang sangat membutuhkan penanganan medis segera.

"Memang selama ini umumnya langsung di bawah ke rumah sakit di Langowan dan tak jarang ada pasien meninggal saat dalam perjalanan. Nah, ketika layanan UGD ini sudah tersedia tentu kita bisa memberikan penanganan medis awal sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit," jelas Inkiriwang.

Kedepan diharapkan pembangunan secara bertahap di puskesmas ini. "Harapan kita setelah adanya layanan UGD, puskesmas Kakas ini secara bertahap akan memiliki fasilitas rawat inap," ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih untuk dukungan penuh semua pihak yang mendukung pembangunan ini, diantaranya tokoh masyarakat Kakas Hangky Arther Gerungan (HAG), pemerintah kecamatan Kakas, pemerintah desa Tounelet dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

Sementara Hukum Tua Desa Tounelet, Novi Worang, yang juga turut serta dalam peninjauan di lokasi pembangunan mengaku bersyukur akan hadirnya fasilitas UGD di Puskesmas Kakas yang berlokasi didesanya.

"Pemerintah desa dan masyarakat Tounelet tentunya sangat mendukung penuh pembangunan ini, bahkan kantor desa yang letaknya di lokasi pembangunan UGD juga telah dihibahkan dan akan dipindahkan ke lokasi lain. Itu semua supaya pembangunan fasilitas kesehatan dapat berjalan baik," pungkas Worang.(Adrian)

Tondano, Sulutnews.com  – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Forkopimda Sulut lainnya, diantaranya Wagub Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Wanti Waraney Franky Mamahit dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong meninjau kesiapan fasilitas Rumah Sakit Darurat Covid 19 Provinsi Sulawesi Utara di Tondano Kabupaten Minahasa, Kamis (29/7/2021) siang.

Kegiatan peninjauan Rumah Sakit Darurat Covid 19 yang terletak di kompleks Stadion Maesa Tondano ini, dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa tentang Rumah Sakit Lapangan/Darurat Perawatan Covid-19.

Menurut Gubernur Olly, Rumah Sakit Lapangan/Darurat Perawatan Pasien Covid-19 di Tondano ini merupakan rumah sakit kedua yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara setelah di Kota Bitung. Rumah sakit ini memanfaatkan fasilitas Rumah Susun milik Dinas Perkim Provinsi Sulawesi Utara.

“Tujuan penyediaan rumah sakit ini untuk mengantisipasi lonjakan jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar tetap mendapatkan pelayanan yang maksimal oleh tenaga kesehatan. Kita berdoa mudah-mudahan rumah sakit ini tidak terpakai,” ujar Gubernur Olly.

Ia juga mengajak masyarakat untuk memutus rantai penyebaran covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Rumah Sakit Lapangan/Darurat Perawatan Pasien Covid-19 di Tondano ini memiliki 42 kamar yang nantinya dapat digunakan untuk rawat inap bagi warga yang terpapar Covid 19.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut, Forkopimda Kabupaten Minahasa, antara lain Bupati Minahasa Royke O. Roring, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Herbeth Andy Amino Sinaga dan Ketua DPRD Minahasa Glady P. E Kandouw. (Adrian)

Minahasa, Sulutnews.com - Terkonfirmasi kasus positif covid-19 di Kabupaten Minahasa melonjak pesat dibandingkan pada awal bulan Januari sampai pada bulan juni 2021 lalu.

dr.Maya Rambitan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, mengatakan kenaikan kasus Covid-19 di Minahasa ini membawa Minahasa pada zona merah dengan angka kasus terkonfirmasi positif 531 orang, meninggal dunia 9 orang dan sembuh 114 orang.

"Lonjakannya sangat besar untuk bulan juli, dimana setiap hari bisa 20-60 orang, makanya bulan juli ini warga yang terkonfirmasi positif mencapai 531 orang, padahal Juni hanya 53 kasus positif," kata Rambitan, Rabu (28/7).

Ia menjelaskan bahwa warga yang terkonfirmasi covid – 19 paling banyak di isolasi secara mandiri melihat tingkat gejala yang dialami adalah ringan.

"Kalau gejalanya berat otomatis di rawat dirumah sakit," ungkapnya.

Terkait kapasitas daya tampung pasien di Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano, Kepala Dinas Menuturkan rumah sakit milik Pemkab Minahasa itu masih cukup menampung pasien covid-19.

"Sampai sekarang ketersediaan kapasitas masih cukup untuk menampung,apalagi ada 8 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Minahasa kita sediakan untuk rawat inap.Memang kita menyarankan untuk ada penambahan bed," tutup Rambitan.(Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com – Tiga orang pelaku peredaran kupon judi Toto Gelap (Togel) di Desa Kembes Satu dan Kembes Dua, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa diringkus Tim Macan Polresta Manado, Selasa (27/7).

Ketiganya diringkus polisi di lokasi berbeda. Kasat Reskrim Polresta Manado Kompol Taufiq Arifin SHut SIK menjelaskan bahwa penangkapan pertama dilakukan sekitar pukul 11.00 Wita terhadap lelaki JK alias Jufri (21) warga Desa Kembes Dua yang berperan sebagai Bandar Togel di wilayah itu.

Saat diringkus, Polisi mendapatinya sedang mengedarkan pasangan judi togel dengan barang bukti yang diamankan berupa satu unit handphone jenis Samsung, sejumlah uang tunai dan kertas rekapan togel.

Selanjutnya Tim Macan kembali melakukan penyelidikan dan mengamankan dua pengedar lainnya di Desa itu yakni lelaki FP alias Frans (66) warga Desa Kembes Satu serta JP alias Oni (54) warga Kembes Dua, Kecamatan Tombulu.

Keduanya diamankan sekitar pukul 12.00 Wita dengan barang bukti satu unit handphone jenis Nokia, sejumlah uang tunai dan kertas rekapan togel.

"Pelaku Oni berperan sebagai bandar, sedangkan Frans pengecer," ujar Kasat Arifin.

Usai diamankan, ketiganya langsung digelandang ke Polresta Manado untuk dilakukan pemeriksaan dan proses hukum sesuai aturan yang berlaku oleh penyidik.

"Untuk dasar penangkapan yakni nomor sprint/528/VII/OPS.1.3./2021 terkait Operasi pekat," jelasnya.

"Penangkapan terhadap pelaku Togel oleh Polresta Manado dalam operasi Pekat tahun 2021 ini telah sebanyak tujuh orang.)," pungkasnya.(Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com – Dalam rangka mencegah dan memberantas penyebaran virus Corona Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa lewat Tim Satgas Covid memintah hukum tua untuk mengativkan Posko Desa.

Menurut Dr. Denny Mangala Asisten 1 Pemkab Minahasa, bahwa peran Hukum Tua dan aparat desa sangat diharapkan untuk mengaktifkan posko penjagaan desa. Tindakan tegas hukum tua sangat kami harapkan, menggingat surplus penyebaran covid di Minahasa sanggat meresahkan warga Minahasa.

"Penindakan akan diberlakukan dengan Perda Nomor 4 Tahun 2020, di mana ada tindakan administrasi dan sanksi hukum. Demikian pula dengan posko yang ada di desa-desa akan lebih diefektifkan," tegasnya saat dikonfirmasi media Koran Manado, Rabu (28/7).

Sudah sangat jelas ada aturan yang telah di tetapkan dan suda bisa menjadi pegangan, disamping itu untuk kegiatan di pasar tradisional hanya bisa 50 persen yang akan diatur dengan sistem ganjil genap bagi para pedagang.

"Harapan Pemkab Minahasa agar setiap kegiatan, masyarakat diwajibkan menjalankan protokol yang ada, dan jika ada temuan di masyarakat ada pelangaran maka akan ada sangsi tegas dari aparat," tandas Mangala.(Adrian)

Minahasa,Sulutnews.com – Kepolisian resor (Polres) Minahasa dibawah komando AKBP.Tomy Bambang Souissa SIk kembali menunjukkan prestasinya melalui Satuan reserse (Satres) Narkoba dengan melakukan penangkapan pengedar dan pemakai Narkotika dan Obat jenis tryhexipenidil Berinisial F.M (38) warga Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano Barat, pada Selasa (27/7).

Tersangka F.M Ditangkap berikut barang bukti Obat trihexipenidil berjumlah 3.600 butir dan uang hasil penjualan barang haram ini ,sejumlah 300 ribu rupiah di Kelurahan Rinegetan, Kecamatan Tondano Barat, oleh anggota Satres Narkoba yang melakukan penyidikan terhadap kasus ini.

Diketahui pelaku F.M juga pernah di tangkap pada bulan april tahun 2020 dalam kasus yang sama dengan kepemilikan 1200 butir obat jenis yang sama dan sempat di jerat dengan hukuman 1 tahun 3 bulan penjara oleh majelis hakim dalam perkara itu, dan akhirnya bebas pada bulan desember sebagaimana di sampaikan Kasatres Narkoba IPTU. Erween M.R.Tanos SE.SH saat di wawancarai wartawan pada Rabu (28/7).

"Ini perbuatan pelaku yang kedua kalinya dengan jumlah yang lebih besar 3600 butir dari yang sebelumnya di tahun 2020 hanya berjumlah 1200 bitir ," ujar Kasat Tanos.

"Saat ini pelaku masih dalam tahap pemeriksaan dan pengembangan kasus oleh penyidik Satres Narkoba Polres Minahasa," pungkasnya. (Adrian)

Minahasa, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bersama Forkopimda Minahasa melaksanakan Rapat Koordinasi tentang penanganan Covid 19 yang bertempat di ruang Maesa Polres Minahasa, Senin (26/7) kemarin. Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si, melalui Asisten 1 Pemkab Minahasa Dr. Deny Mangala M.Si, kepada media menyampaikan, terkait ditetapkan PPKM level 4 maka pemerintah kabupaten Minahasa tentu harus melakukan langkah upaya sesuai dengan istruksi mendagri.

“Dalam rangka implementasi itulah maka Pemkab Minahasa bersama forkopimda Minahasa melakukan rapat koordinasi untuk membicarakan teknis pelaksanaan PPKM level 4, dan sesuai rencana ini akan dimulai besok sampai dengan tanggal 8 Agustus 2021, aturannya akan kami informasikan setelah surat edaran Bupati Minahasa ditanda tangani bapak bupati," ujar Mangala.

Lanjutnya, hal ini sudah dibicarakan bersama dari poin perpoin didalam rakor ini, dan salah satu poin yaitu acara keramaian termasuk pesta nikah selama PPKM level 4 tidak diijinkan. "Untuk kegiatan di pasar tradisional hanya bisa 50 persen akan di atur ganjil genap untuk pedagang," ungkapnya. "Untuk Penindakan akan diberlakukan perda nomor 4 tahun 2020 ada tindakan administrasi dan sangsi hukumnya, sementara posko posko yang ada di desa akan di efektifkan dalam rangka PPKM level 4," jelas Mangala.

Sementara itu Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Sauissa SIK, mengatakan bahwa rapat hari ini merupakan rapat koordinasi tentang penyesuaian PPKM level 4, kita membahas bersama Pemda, unsur TNI yang dihadiri bapak Dandim, perwakilan dari Dandim Manado ada juga perwakilan dari Kapolres Manado dan Tomohon.

"Intinya terkait dengan pos pos di PPKM yang di desa desa kita tingkatkan kembali, jadi misalkan ada orang yang mau datang ke wilayah Minahasa harus membawa surat antigen dan pastinya sudah di vaksin," kata Kapolres. "Himbauan kami untuk masyarakat mari bersama kita sadar akan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid 19 dan mari kita terapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Turut hadir dalam rakor, Wakapolres Minahasa Kompol Achmad Sutrisno SE, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Andi Herbert Sinaga, Anggota DPRD Minahasa Rio Palilingan, Ketua pengadilan Negeri Grace Nova Sasube SH MH, perwakilan Kejaksaan Negeri, Polresta Manado, Kodim Manado, Polres Tomohon, Kadis Perhubungan Maya Kainde MAP, Kaban BNPB Ir Novri Lontaan, Kadis Kesehatan Dr. Maya Rambitan M.kes, Direktur RS Samratulangi Tondano Dr Martani Suronoto, Kapolsek Langowan, Kapolsek Kakas, Kapolsek Remboken, Kapolsek Tondano dan Kapolsek Toulimambot.(Adrian)