Bersepeda Santai Kiat Danrem 131/Stg Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Written by  Adrianus Pusungunaung Sep 19, 2022

Manado,Sulutnews.com - Ketika bersepeda, kita akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kita akan untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Kiat tersebut disampaikan Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 131/Stg Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Mukhlis S.A.P M.M saat mengikuti kegiatan bersepeda santai bersama Bank Sulawesi Utara-Gorontalo (Sulutgo) yang dilaksanakan diwilayah teritorial Kodim 1302/Minahasa pada Sabtu 17/09/2022 pukul 07.30 Wita.

Kepada Sulutnews.com Dikatakan Danrem, Manfaat lain dari bersepeda yaitu dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda juga membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme, yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

"Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tinggi, ujar Danrem.

Kegiatan sepeda santai  yang diikuti oleh Brigjen TNI Mukhlis S.A.P M.M mengambil Start bertempat di Depan Kantor Cabang Bank Sulutgo (BSG) Kota Tomohon yang diikuti oleh sedikitnya 63 peserta, rombongan bersepeda melalui rute Kota Tomohon kemudian menuju Kabupaten Minahasa lebih tepatnya Kearah Tondano yang kemudian dilanjutkan mengelilingi Danau Tondano sebuah destinasi wisata kebanggaan warga Minahasa, Pada pukul 08.30 Wita, rombongan istirahat  pertama bertempat di Desa Kakas Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa.

Usai melakukan istirahat sejenak, tampak rombongan Danrem kembali melanjutkan perjalanan dengan menelusuri sepanjang jalan di pinggiran Danau dengan melewati Desa Kaweng, Desa Telap, kemudian menuju kecamatan Eris dengan melewati Desa Touliang Oki, hingga Pada pukul 09.42 Wita, rombongan Danrem 131/Stg bersama pegawai Bank Sulutgo tiba di Finish Rumah Makan Wale Walanda Kelurahan Tounsaru Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa.

Usai melakukan rehat sejenak, rombongan Danrem 131/Stg kembali melanjutkan perjalanan yang kali ini mengarah ke Makodim 1302/Minahasa yang berada di Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, yang disambut oleh Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Inf Ircham Effendy yang didampingi oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Vino Satria Onibala S.Pt bersama para perwira staf lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala Staf Korem (Kasrem) Kolonel Inf. Hengky Yudha Setiawan, Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kolonel Inf Aris Windarto, Kepala Seksi Personalia (Kasi Pers) Kolonel Arm Sutikno, S.Pd, Kepala.Seksi Logistik (Kasi Log) Kolonel Czi. Agung Isa Rakhman, Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Kolonel Y.M Teguh Edy Pamungkas, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Letkol Inf. Sandy, S.I.P, Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim 1302/Minahasa Kapten Inf Donny Lumenta, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tondano Iptu Ronny Mawikere, Kepala Bank Sulutgo Revino Peha. (**/ARP)