Kapolda Sulut Pimpin Upacara Pencucian Pataka Jelang Hari Bhayangkara ke-76

Written by  Adrianus Pusungunaung Jun 23, 2022

Manado,Sulutnews.com– Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno memimpin upacara pencucian pataka Polda Sulut “Maesa’an Waya”, dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Catur Prasetya Mapolda Sulut, Rabu (22/6) pagi. Dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir beserta para Pejabat Utama Polda Sulut.

Rangkaian kegiatan, pataka yang dibawa personel Brimob memasuki tempat upacara, lalu dibuka selubungnya oleh Kayanma Polda Sulut. Kemudian dilakukan pencucian pataka secara simbolis oleh Kapolda Sulut. Selanjutnya, pataka ditutup kembali dan disimpan di ruang kerja Kapolda.

Sementara itu Kapolda Sulut sesaat usai kegiatan mengatakan, upacara pencucian pataka adalah salah satu wujud pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata, dan merupakan tradisi tahunan yang dilakukan menjelang peringatan Hari Bhayangkara.

“Pataka Polda Sulut ini pada hakekatnya merupakan panji ataupun simbol kesatuan. Sehingga terhadap simbol tersebut, tentunya kita harus menghormati. Salah satunya dengan melaksanakan tradisi pemuliaan nilai-nilai dari simbol tersebut,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Upacara pencucian pataka, lanjut Irjen Pol Mulyatno, juga bisa diartikan sebagai momentum untuk membersihkan, memperbaiki, dan mengintrospeksi diri.

“Sehingga menjadi semangat kita ke depan untuk berbuat dan bekerja yang lebih baik serta lebih optimal lagi,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Penulis: ARP