Peserta Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Sulut Wajib Lulus Test Idiologi Pancasila

Written by  Tony Lukas May 07, 2022

Manado, Sulutnews.com - Dalam persiapan upacara bendera menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 77, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan melaksanakan seleksi Paskibraka tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada hari Senin – Rabu, tanggal 9 – 11 Mei 2022. Hal tersebut tertuang dalam Surat no 178/DISPORA/IV/2022 serta berisi persyaratan seleksi yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut, M. M. Sendoh, SH, M.Si.

Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) mendukung proses pelaksanaan seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sulawesi Utara dengan memperhatikan seluruh persyaratan.

Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Sulawesi Utara baiknya dilaksanakan secara fair sesuai persyaratan yang dicantumkan dalam Surat Edaran Kemenpora, terlebih khusus persyaratan Peserta Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi wajib telah lulus Test Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) saat pelaksanaan Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota masing-masing.

Semua persyaratan yang dicantumkan dalam Surat dari Kemenpora wajib dilaksanakan sebagai persyaratan utama, ungkap Bapak Lessya F. Tewu. SIK. Selaku Wakil Ketua DPPI Provinsi Sulut, yang juga menjabat Wakil Ketua dalam membidangi Pembinaan Daerah Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut.

Test PIP ini adalah aturan yang wajib dilaksanakan sebagaimana dalam Perpres No 13 Tahun 2021 yang dibaharui dengan Perpres No. 51 Tahun 2022, serta Peraturan BPIP RI No. 1 Tahun 2021. Tegas Bapak Lessya saat diwawancarai pada hari Jumat, 6 Mei 2022.

“Dalam kaitan Test PIP bagi Calon Anggota Paskibraka, maka peserta Seleksi dari Kabupaten/Kota yang tidak mengikuti Test PIP di tingkat Kabupaten/Kota masing-masing harus dinyatakan tidak bisa lanjut untuk penilaian Calon Anggota Paskibraka ke Tingkat Nasional, jadi yang berhak dipilih untuk jadi utusan Provinsi Sulawesi Utara menjadi Paskibraka Tingkat Nasional diambil dari Calon Paskibraka yang telah mengikuti Test PIP disaat pelaksanaan Seleksi di Tingkat Kabupaten/Kota masing-masing. Dan Calon Paskibraka yang ikut Seleksi Tingkat Provinsi tapi tdk ikut Test Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) saat Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota masing-masing tetap bisa menjadi Paskibraka tapi hanya sebagai Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara”, Ujar Lessya Tewu.(Tony)