Atasi Kelangkaan Barito dan Pupuk, ini Himbaun Senator SBANL

Written by  Adrianus Pusungunaung Dec 22, 2021

Manado,Sulutnews.com - Anggota DPD RI, Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) memberikan saran dan trik bagi warga Sulut untuk mengantisipasi Harga Bawang Rica Tomat (BARITO) yang sering menjadi langka menjelang Natal dan tahun baru, sehingga membuat harganya menjadi melonjak, menjadi masalah bagi setiap masyarakat, begitu juga dengan masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut).

“Untuk mengatasi hal ini, diperlukan trik dan kemauan sendiri untuk berinisiatif menanam sendiri barito tersebut, yang bisa diukur untuk di panen pada jelang Natal di bulan Desember,”ungkapnya pada awak media, Selasa (21/12/2021).

“Untuk lokasi penanamannya, masyarakat bisa memanfaatkan halaman rumah, kebun atau tempat terbaik lainnya, untuk menanam sendiri barito tersebut.

Karena, kelangkaan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), memang menjadi masalah di seluruh daerah,” ungkapnya.

Senator SBANL menghibau,dan meminta untuk pemerintah masing-masing daerah, agar menyerahkan langsung bantuan pupuk ke petani yang bersangkutan, agar bisa dimanfaatkan dengan baik, karena banyaknya laporan yang ia dapat dari reses, untuk penerima pupuk bersubsidi, justru bukan seorang petani pungkasnya. (Adrian)