Print this page

Senator Stefanus Liow : Perusak Hutan Harus Ditindak Tegas

Written by  Dec 22, 2021

Manado,Sulutnews.com - Keberadaann ekosistem hutan mulai bergeser pada posisi yang tidak stabil akibat alih fungsi. Sehingga pengawasan dan pemeliharaan hutan dinilai sangat penting untuk diterapkan.

Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow MAP, mengatakan hutan tidak boleh dirusak hanya karena kepentingan sesaat.

Menurutnya, Karena, ketidakstabilan hutan dapat memberikan dampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat atas pemenuhan air bersih.

“Hutan tidak boleh dirusak. Untuk itu peran pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan, harus tegas dan ikut aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Senator Stefanus Liow, kepada sejumlah wartawan. Selasa (21/12)

Dia menilai, penyuluhan pemahaman kepada masyarakat harus ada, agar terjadi pembatasan atas pengrusakan hutan itu sendiri.

“Apabila melanggar, harus ditindak sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya

Ia menambahkan, DPD RI dalam hal ini, sementara melakukan pengawasan pelaksanaan Undang-undang nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan.

 “Dalam masa reses, salah satunya yang dilakukan yakni melakukan pengawasan hutan lindung,” tandas Senator Stefanus Liow.(Adrian)