Satgas Covid19 Sekolah Penting Untuk Kawal Penerapan Protap Kesehatan

Written by  Yayuk Wullur Oct 14, 2021

Manado,Sulutnews.com - Satuan Tugas (Satgas) Covid19 wajib dibentuk di setiap sekolah seiring dengan kebijakan pemerintah RI tentang kembali dibuka sekolah tatap muka terbatas tahun ajaran 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dinas (SMK) Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Debby Mamangkey SPd MPd mengatakan, Satgas akan bekerja semaksimal mungkin menjalankan protap di sekolah.

"Ketika siswa masuk sekolah, Satgas akan bertugas mengecek suhu tubuh," kata Debby Mamangkey menjawab pertanyaan media seputar pembelajaran tatap muka di masa Covid19 di Manado, Jumat (15/10).

Lebih-lebih lagi Satgas akan diminta menertibkan protokol kesehatan, mengecek jadwal penyemprotan desinfektan di sekolah dan kelas, menyiapkan stok masker untuk siswa dan guru yang lupa membawa masker, dan memastikan berlangsungnya kegiatan jarak aman dan tak ada kerumunan.

Kabid Debby berharap Satgas Covid19 ini dapat mengawasi jalannya proses belajar mengajar sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan, tambahnya.

"Sampai dengan saat siswa dan guru pulang pun harus ada pantauan dari Satgas."

Tentang syarat sudah divaksin bagi peserta didik dan pendidik, tambah Kabit, hal tersebut sudah sesuai instruksi gubernur. Siswa yang aktif bersekolah harus dibaksin, baik sekolahnya berada di daerah yang kasus penularan Covid19 sudah jauh berkurang atau berada pada sonasi orange dan hijau, jadi kita berharap data cakupan bisa segera tercover, tambahnya.

Belajar tatap muka terbatas bakal dimulai setelah guru dan tenaga pendidikan disuntik vaksin COVID-19, ucap Debby. (*/yuk)