Foto : Debby Mamangkey Foto : Debby Mamangkey

Debby Mamangkey : Terdapat 11 SMK Pusat Keunggulan Akan Dorong Mutu Pendidikan Di Sulut

Written by  Yayuk Wullur Oct 11, 2021

Manado,Sulutnews.com - Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulawesi Utara (Sulut) Debby Mamangkey, SPd,MPd mengatakan, hanya ada 11 Sekolah Menenggah Kejuruan Pusat Keunggulan di Provinsi Sulawesi Utara, akan diharapkan mampu mendorong meningkatkan mutu pendidikan.

"Kita jelas harus berperan membantu mengsukseskan kehadiran SMK Pusat Keunggulan di Sulut, yang, tentunya nanti mutu pendidikan diharapkan meningkat seiring dengan pemanfaatan era industri 4.0," kata Debby Mamangkey ditemui sulutnews.com di ruang kerjanya, Senin (11/10).

Menurutnya, mutu akan menyiasati terciptanya lulusan SMK berkualitas

secara fundamental mengubah kerja manusia, SMK Pusat Keunggulan ini akan menghadirkan guru yang hebat sebagai fungsi mempersiapkan proses belajar mengajar.

Mengatur dan penyusunan progam pembelajaran di satuan pembelajaran, mempersiapkan pengajar, menyusun kalender pendidikan, akan menjadi tugas semua guru bidang kurikulum di SMK Pusat Keunggulan, ungkap Debby Mamangkey.

Hal ini berati bukan saja sumber daya manusianya akan ditingkatkan di SMK Pusat Keunggulan, tetapi, harus dari kepala sekolah, Wakasek, Guru Pembimbing, bahkan Pengawas, harus berkopetensi dalam ilmu pengetahuannya.

Kesebelas SMK Pusat Keuanggulan (PK) tersebut, lanjut kata Kabit, berada di lima daerah ibukota dan Kabupaten di Sulawesi utara.

Di Tomohon terdapat tiga SMK Pusat Keunggulan, yakni, SMK PK Negeri 1 Tomohon, SMK Kristen Tomohon dan SMK Santo Familia Tomohon.

Di Minahasa Selatan terdapat dua SMK  yakni, SMK PK Ratahan dan SMK PK Langoan. Di Minahasa Utara hanya terdapat satu saja, yakni, SMK PK Pembangunan Perikanan Kalasey.

Di Bitung terdapat SMK PK Negeri 2 Bitung, dan SMK PK Negeri 3 Bitung.

Sementara itu di Kota Manado Debby menambahkan lagi, terdapat empat SMK, yakni, SMK PK Yudika Manado, SMK PK Negeri 1 Manado, SMK PK Negeri 2 Manado dan SMK PK Negeri 3 Manado.

SMK Pusat Keunggulan merupakan  program Kementrian Dikbud Bidang SMK, yang, Penganugrahannya diberikan oleh Menteri Nadim Anwar Makarim kepada 1000 lebih sekolah SMK di Indonesia, 11 diantaranya terdapat di Sulawesi Utara.

Program ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan bidang kejuruan dan menciptakan lulusan yang mampu bersinergis dengan dunia kerja disesuaikan nanti dengan pengarahan Menteri.

Program ini sendiri terselenggara di masa Pandemik Covid19 dan dimasa pemulihan, ujarnya. (/yuk).