Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Rapat Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri

Written by  Adrianus RP May 04, 2021

Manado,Sulutnews.com - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) memimpin rapat tentang teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri. Rapat tersebut berlangsung secara virtual yang digelar di Ruang Puskodalops Makodam XIII/Merdeka, Selasa (4/5)

Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa rapat ini digelar setelah Ia menerima perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa tentang melaksanakan vaksinasi kepada para Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di jajaran Angkatan Darat.

"Rapat ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kasad tentang pelaksanaan vaksinasi kepada para Purnawirawan dan Warakawuri khususnya di wilayah Kodam XIII/Merdeka." Ujar Pangdam

Selanjutnya Pangdam menuturkan bahwa vaksinasi kepada para Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri akan dimulai pada minggu ketiga dan keempat bulan mei dengan total peserta vaksin mencapai 4494 Orang, vaksinasi dilakukan di 9 Fasilitas Kesehatan yang tersebar di 3 Korem dan dibantu dengan fasilitas kesehatan pemerintah bila di daerah para Purnawirawan dan Warakawuri tidak terdapat fasilitas kesehatan milik TNI.

"Oleh sebab itu Pangdam berharap dengan pelaksanaan vaksinasi ini dapat menjangkau para Purnawirawan dan Warakawuri yang berada di Desa-Desa serta dapat mempermudah proses mobilisasi para peserta vaksin.

"Proses vaksinasi akan dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai dengan tanggal 21 Mei 2021 serta dilanjutkan pada tanggal 24 dan 25 Mei 2021 dengan menggunakan 9 Fasilitas Kesehatan yang ada di jajaran Kodam XIII/Merdeka serta dibantu oleh fasilitas-fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah apabila di daerah domisili peserta vaksin tidak terdapat fasilitas kesehatan jajaran Kodam XIII/Merdeka." Tutur Pangdam

Lebih lanjut Pangdam menekankan bahwa para Komandan Satuan harus berperan aktif dalam pelaksanaan vaksinasi ini dikarenakan subjek yang dipilih adalah para Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri yang sudah lanjut usia serta dapat membantu proses mobilisasi para Purnawirawan dan Warakawuri dan maksimalkan kinerja aparat teritorial dalam mensosialisasikan kepada peserta vaksin sehingga dapat menyiapkan fisik dan mental sebelum melakukan vaksinasi.

"Kepada para Komandan Satuan, bantu keberangkatan dan kembalinya para peserta vaksin sehingga dapat sampai ke tempat tujuan dengan aman. Serta maksimalkan aparat teritorial untuk melaksanakan sosialisasi kepada para Purnawirawan dan Warakawuri tentang pelaksanaan Vaksin." Ucap Pangdam

Di akhir rapat tersebut pangdam juga memerintahkan seluruh pejabat penerangan di jajaran Kodam XIII/Merdeka agar mengumumkan lewat media massa, khususnya tentang waktu pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Kepada para pejabat penerangan yang ada di wilayah agar dapat membantu proses pengumuman vaksinasi melalui media-media yang ada di wilayah sehingga kegiatan tersebut dapat diketahui para Purnawirawan TNI AD dan Warakawuri." Tutup Pangdam

Dalam rapat tersebut Pangdam XIII/Merdeka didampingi oleh Asops Kasdam XIII/Merdeka, Aspers Kasdam XIII/Merdeka, Kakesdam XIII/Merdeka, Kapendam XIII/Merdeka, Kahubdam XIII/Merdeka dan Kababinminvetcaddam XIII/Merdeka serta diikuti oleh seluruh Komandan satuan beserta seluruh kepala Fasilitas Kesehatan jajaran Kodam XIII/Merdeka via daring. (Adrian)