Manado

Manado (1373)

Manado,sulutnews.com – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) dua Pejabat Utama dan enam Kapolres jajaran Polda Sulut, Rabu (6/7/2022) pagi, di ruang Tribrata Mapolda.

Jabatan-jabatan yang diserahterimakan antara lain, Dirintelkam dan Kabid Keuangan Polda Sulut, kemudian Kapolres Bolmong, Kapolres Bolmong Utara, Kapolres Kotamobagu, Kapolres Minahasa Tenggara, Kapolres Kepulauan Sitaro, dan Kapolres Kepulauan Talaud.

Jabatan Dirintelkam Polda Sulut, diserahterimakan dari Kombes Pol Budhy Herwanto kepada Kombes Pol Albert Sarita Marulam Sihombing, dan Kabid Keuangan dari Kombes Pol Mulyono kepada Kombes Pol Titik Wahjuningsih.

Sedangkan untuk enam jabatan Kapolres jajaran yaitu, Kapolres Bolmong diserahterimakan dari AKBP Nova Irone Surentu kepada AKBP Slamet Ramelan. Kemudian Kapolres Bolmong Utara dari AKBP Wahyu Purwidiarso kepada AKBP Areis Aminnulla, dan Kapolres Kotamobagu dari AKBP Irham Halid kepada AKBP Dasveri Abdi.

Selanjutnya, Kapolres Minahasa Tenggara dari AKBP Rudi Hartono kepada AKBP Feri Renaldo Sitorus, Kapolres Kepulauan Sitaro dari AKBP Hansjen Ratag kepada AKBP Iwan Permadi, dan Kapolres Kepulauan Talaud dari AKBP Dasveri Abdi kepada AKBP Dandung Putut Wibowo.

Upacara sertijab diawali dengan pembacaan Keputusan Kapolri tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan kepada para pajabat baru didampingi rohaniwan, serta penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Sementara itu Kapolda Sulut sesaat usai memimpin kegiatan mengatakan, sertijab bagi anggota Polri adalah hal yang biasa dan dilakukan untuk penyegaran ataupun kebutuhan organisasi Polri.

“Sertijab, di satu sisi terjadi tour of area maupun tour of duty agar masing-masing pengalaman sebagai anggota Polri itu diberikan kesempatan untuk menduduki berbagai jabatan agar semakin profesional, semakin etis dan humanis, serta semakin meningkatkan kemampuan leadership-nya,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno pun mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama atas kinerja, dedikasi, dan loyalitas selama ini, serta turut mendoakan supaya mendapat kesuksesan di tempat tugas yang baru.

“Dan bagi para pejabat baru, agar tetap semangat di dalam memberikan pengabdian dan melaksanakan tugas-tugas pokok Polri demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Upacara sertijab turut dihadiri Wakapolda dan para Pejabat Utama Polda Sulut. Usai sertijab tersebut, dilanjutkan sertijab Pengurus Bhayangkari Daerah Sulut dan Bhayangkari Cabang. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pisah sambut, di Ruang Catur Prasetya Mapolda Sulut.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno berharap di momentum Hari Bhayangkara ke-76 ini, Polri bisa terus berbenah diri dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut ia katakan sesaat usai mengikuti Upacara Hari Bhayangkara di halaman depan Polda Sulut, yang dipusatkan di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, melalui saluran vicon, Selasa (5/7/2022).

"Kita sama-sama telah mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke 76, dan tadi kita sudah mendengarkan sambutan Presiden dan Kapolri bahwa Polri harus memberikan pelayanan yang terbaik," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Irjen Pol Mulyatno, Presiden berpesan bahwasanya Polri bukan hanya sekedar sebuah profesi tapi sebuah jalan pengabdian.

"Oleh karena itu kami Polda Sulut dan jajaran akan sepakat berbuat yang terbaik dan akan selalu berbenah diri menuju pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara," ucapnya.

Upaya-upaya pembenahan katanya dilakukan dengan terus meningkatkan kinerja Polri dalam penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta senantiasa menjaga kamtibmas.

Upacara yang diikuti secara virtual, yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dari Akpol Semarang ini, juga dihadiri oleh Forkopimda Sulut, para PJU Polda, pejabat instansi Pemerintah dan swasta lainnya, Bhayangkari, serta pasukan upacara dari internal Polri, TNI, instansi terkait dan Ormas.

Penulis: ARP

Manado, Sulutnews.com – Perkuat sinergi diengan Pers, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Mulyatno, memberikan penghargaan kemitraan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara.

Pemberian penghargaan tersebut mewarnai rangkaian acara Hari Bhayangkara ke 76, di Aula Tribrata Mapolda Sulut, Selasa (5/7).

Dalam pemberian penghargaan, Kapolda Irjen Mulyatno didampingi Waka Polda Brigjen Johnny Eddizon Isir. Pengurus harian PWI Sulut, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Jemmy Endey dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Fernando Lumanaw, ikut penyaksikan.

Selain PWI, penghargaan serupa juga diberikan kepada Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)

"Penghargaan ini sebagai wujud kemitraan dengan pers dalam mempublikasikan pelaksaan tugas - tugas kepolisian di wilayah Sulawesi Utara, untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan  kondusif, " kata Kapolda Irjen Mulyatno.

Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan menerima langsung penghargaan tersebut, mewakili semua anggota PWI di wilayah kerja Sulawesi Utara.

"Saya tentunya berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sulut Irjen Mulayatno dan jajarannya, " katanya.

Menurut Voucke, penghargaan ini merupakan suatu penghormatan kepada wadah PWI yang selama ini terjalin sinergisitas dalam menjalankan  tugas masing-masing, sesuai profesinya.

"Sinergisitas sangat penting. Sebab, disatu sisi rekan-rekan wartawan mendapatkan informasi dan dipulikasikan. Disisi lain, membantu mengsosialisasi program kerja pihak Polda Sulut," ujarnya.

Tentu lanjut Voucke, hal itu demi kepentingan  masyarakat umum dalam berbagai bidang kehidupan, menuju  Sulawesi Utara yang hebat dan makmur. (*/Putra)

Kwahtirkan Nilai Inflasi Yang Bisa Menembus Angka Diatas

Manado, Sulutnews.com -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke LXIV Tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia Bertempat di Ruang Rapat Paripurna, Senin (4/7/2022). Rombongan peserta SSDN diterima langsung Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andy Silangen didampingi Wakil Ketua Vicktor Mailangkay, James Arthur Kojongian dan Billy Lombok bersama Sekwan Glady Kawatu dan pejabat struktural Setwan Kabang Umum John Paerunan, Kasub Rumah tangga Jusmant Antjerau, Kasub Hukum dan Aspirasin Masyarakat Febiola Sumampouw dan Kasub Persidangan dan Risalah Dormina Takaendengan

 

Foto Caption : Ketua DPRD Sulit didampingi Sekwan Glady Kawatu memdampingi Gubernur Lemhanas RI Andy Widjayanto

Dalam sambutannya Ketua DPRD Fransiskus A Silangen mengapresiasi dan merasa bangga serta merasa terhormat dengan kunjungan yang dilakukan  peserta SSDN Lemhannas RI ke DPRD Sulut dimana ada 5 hal mendasar yang dipaparkan yakni Demokrasi Energi Hijau, Demokrasi Energi Biru, Transformasih Digital dan IKN

 

Foto Caption : Kerua DPRD Sulut Fransiskus A Silangen saat menyampaikan sambutan

"Dengan kunjungan peserta SSDN Lemhanas  kali ini ada banyak masukan yang bisa menjadi acuan dalam menyusun kebijakan strategis kedepan yang bermanfaat bagi Sulawesi Utara," ungkap Silangen.

 

Foto Caption : Gubernur Lemhanas RI Andy Widjayanto saat menyampaikan sambutan

Silangen juga menambahkan, dalam upaya membangun Sulut ke arah yang lebih hebat, DPRD akan terus merangkai kerja sama sehingga terbangun komunikasi harmonis." DPRD akan terus mengawal kebijakan pemerintah provinsi yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat." Semua kebijakan yang dilakukan eksekutif terus dalam pengawasan Legislatif sebagaimana fungsii yang diemban," kata Silangen.

Foto Caption Ketua DPRD saat memberikan cendramata kepada Gubernur lemhanas didampingi Wakil Ketua James A Kojongian dan Billy Lombok

Sementara itu Gubernur Lemhanas RI Andy Widjayanto dalam sambutannya menyampaikan rujuan peserta studi komparasi dilakukan guna mencari beberapa komparasi terkait model- model kebijakan terbaik yang dilakukan oleh pemerintah daerah," Masukan yang disampaikan lembaga DPRD nanti akan dibuat satu kajian untuk kemudian dapat dimanfaatkan disaat para peserta selesai mengikuti pendidikan lemhanas," kata Widjayanto.

 

Foto Caption : Peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) angkatan LXIV Lemhaman RI

Pada pertemuan yang dimoderatori oleh Sriwahyuni tersebut sejumlah Anggota DPRD Sulut juga memberikan pendapat atas pertanyaan yang diajukan peserta SSDN yang mengangkat soal politik Identitas, Money Politik, kebijakan lokal dan persoalan status kewarganegaraan masyarakat keturunan Pilipina - Sanger dan Sanger - Piliphina menjadikan diskusi menarik.

 

Foto Caption : Pemaparan materi oleh Ketua DPRD Sulut

Sehingga mendapatkan kesimpulan dimana Eksekutif dan legislatif di Sulut kompak dalam hal toleransi, juga masyarakat sulut dinilai memiliki tingkat rasional yang tinggi dalam menentukan pemimpin , juga dalam hal penguatan fungsi legislasi untuk pembangunan daerah khusus kearifan lokal akan dituangkan lewat Perda Kebudayaan daerah serta Perda terkait perlindungan anak dan penanganan penyandang disabilitas yang nantinya akan ditetapkan.

 

Foto Caption : Suasana diskusi Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut bersama peserta SSDN Lemhanas

Dalam pertemuan tersebut DPRD menitipkan dua hal yang perlu mendapatkan kajian dari peserta SSDN angkatan LXIV Lemhanas yakni kebijakan siatim Pemilu apakah kembali pada sistim pemilu dengan menggunakan sistim proposional tertutup ataukah terbuka, bagaimakah kebaikan dan keburukannya untuk melaksanakan pemilihan langsung jangan sampai konsolidasi demokrasi hanya atas nama demokrasi yang hanya mempengaruhi ketangguhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Foto : Caption : Ketua DPRD bersama Gubernur Lemhanas RI foto bersama Anggota tarian Kawaran

Pada pertemuan yang berlangsung jurang lebih 2 jam tersebut menjadi momentum berharga karena sejumlah Anggota DPRD yang diawali oleh Fabian Kaloh Komisi 1 memberikan masukan atas pertanyaan terkait Politik Identitas yang menurutnya di wilayah Sulut tidak terlalu berpengaruh." Politik Identitas tidak terlalu mempengaruhi, ini dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat Sulut dalam memilih pemimpin selalu mengedepankan kwalitas dan integritas calon," jelas Kaloh.

 

Foto Caption Sekwan DPRD Sulut Glady Kawatu bersama pejabat struktural saat mengikuti dialog Pimpinan dan Anggota DPRD dan SSDN Lemhanas Ri

Juga disampaikan Melky Pangemanan yang memberikan penjelasan soal sinergitas antara Eksekutif dan Legislatif dalam membangun kemitraan yang selalu melakukan koordinasi aktif untuk bagaimana berkolaborasi dalam mendukung terselenggaranya pemerintahan dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw." DPRD Sulut dalam membangun sinergitas selalu ada koordinasi aktif berdasarkan kewenangan dan regulasi yang ada, sehingga berbagai produk yang dihasilkan legislatif menjadi sangat relevan dengan apa yang diharapkan oleh eksekutif," ungkap MJP.(josh tinungki)

Manado,sulutnews.com- Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Letjen TNI Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono, S.Pi,M.Si diagendakan akan melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, pada tanggal 5-7 Juli 2022.

Rencana kunjungan Wakil Ketua DPD RI ini dibenarkan oleh Anggota DPD RI Dapil Sulut Ir. Stefanus BAN Liow, MAP.

Selasa, (5/7/2022) disampaikan Stefa Liow dimana pada hari Selasa (5/7) Jam 14.00-16.00 Wita bertempat di Ruang Sidang DPRD Kota Tomohon, Wakil Ketua I DPD RI akan berdialog dengan Pemda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tomohon, Tokoh Masyarakat/Agama, stakholder dan komponen masyarakat lainnya.

Dialog ini dijelaskan Stefa Liow akan mengangkat tema 'Penguatan Wawasan Kebangsaan Menjelang Pemilu 2024'.

Dan kemudian keesokan harinya Rabu (6/7) akan berkunjung di Kabupaten Minahasa Selatan dengan kegiatan meninjau lokasi bencana dan pengungsian serta penyerahan bantuan dana task force bencana Teluk Amurang serta dilanjutkan dengan dialog dengan peserta seperti di Kota Tomohon ucapnya.

Dalam sepak terjangnya Nono Sampono dikenal luas dengan seabrek prestasi dan karir dibidang militer, seperti pernah menjabat Gubernur AAL, Komandan Marinir, Inspektur Jenderal TNI AL, Komandan Paspampres Gus Dur dan Megawati Soekarno Putri, Kepala Basarnas dan masih banyak lagi.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Modus kejahatan skimming mengincar pengguna ATM nasabah Bank Sulut. Untuk menghindari kejahatan ini, Menyikapi hal itu, Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) SulutGo (BSG) Revino Pepah tidak menampik hal tersebut.

”Iya akibat tindakan kejahatan ini, ada beberapa orang nasabah yang telah datang melaporkan rekening terdebet tanpa transaksi.”ujar Revino Pepah kepada Sulutnews.com  Jumat (1/6/2022).

Dikatakan Revino Pepah kejadian tersebut sudah dilaporkan ke pihak berwajib. “Kasus ini sedang diperiksa oleh divisi terkait.

Untuk itu Kami meminta agar nasabah BSG tetap waspada terhadap kasus Skimming, himbaunya.

Senada juga ditegaskan oleh Pemimpin Corporate Secretary BSG Linda Moniaga bahwa untuk mencegah dan mengaintisipasi hal ini maka manajemen PT BSG meminta kepada seluruh nasabah, apabila terjadi perbedaan pencatatan transaksi akibat Skimming untuk segera dan secepatnya datang melaporkan ke kantor cabang/ cabang pembantu BSG terdekat, ujar Revino.

”kami minta kepada seluruh nasabah yang mengalami perbedaan pencatatan transaksi segera melapor, kami siap membantu hingga tuntas”katanya.

Selain itu, pihaknya memastikan, pada prinsipnya BSG menjamin penggantian kerugian bagi nasabah yang terbukti dirugikan akibat percobaan skimming dimaksud sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pada prinsipnya dari hasil indenfikasi sementara, tidak ada nilai yang sigifikan sehingga masih dapat ditangani oleh manajemen BSG secara cepat dan tuntas.”ujarnya.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews-com- Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut menggelar bakti sosial di beberapa panti asuhan di wilayah Kota Manado dan sekitarnya, Kamis (30/6/2022).

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menerangkan, bakti sosial ini dilakukan di 3 panti dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76.

"Adapun panti yang disambangi adalah Panti Disabilitas Viktoria Kalasey, Panti Asuhan Dr. J. Lucas dan Panti Disabilitas Bartemeus. Bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76," ujarnya, Jumat (1/7/2022).

Di 3 panti ini, personel memberikan bantuan sosial (bansos) berupa sembako, perlengkapan sekolah dan perlengkapan bayi.

"Dengan bantuan sosial ini kita harapkan bisa meringankan beban pengurus dan anak-anak panti," ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Ia juga mengatakan, selain melaksanakan bakti sosial, Polda Sulut dan jajaran juga menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76.

"Berbagai kegiatan sudah dilaksanakan antara lain, bakti kesehatan, pencucian pataka, bersepeda santai, lomba menembak, ziarah ke TMP dan tabur bunga di laut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno mendapat kejutan spesial dari Lantamal VIII Manado, tepat di momen spesial Hari Bhayangkara ke-76 tanggal 1 Juli 2022.

Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka bersama para PJU Lantamal VIII Manado dan beberapa staf menyambangi Rumah Jabatan Kapolda Sulut, di Jalan Bethesda Manado, Jumat (1/7/2022) pukul 06.30 Wita dan memberikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-76 sambil membawa kue ulang tahun.

"Selamat Hari Bhayangkara ke-76, semoga dengan Hari Bhayangkara ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia akan semakin solid, semakin luar biasa dan semakin Presisi dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," ujar Laksamana Pertama Nouldy Tangka.

Kedatangan Danlantamal dan jajarannya disambut hangat oleh Kapolda Sulut sekaligus menyampaikan apresiasinya.

"Terima kasih kepada Danlantamal atas perhatiannya, kami doakan semoga sinergitas kita semakin dekat dan kita selalu merasa seperti keluarga besar, dan kami doakan semoga seluruh jajarannya selalu diberikan kesehatan, kesuksesan dalam melaksanakan tugas dan senantias dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Sekali lagi terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya," singkat Irjen Pol Mulyatno.

Kejutan Hari Bhayangkara ke-76 di Rumah Jabatan ini ditandai dengan peniupan lilin kue ulang tahun oleh Kapolda Sulut.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, memimpin langsung para Komandan Satuan beserta pasukan mendatangi Mapolda Sulut untuk memberikan kejutan spesial peringatan Hari Bhayangkara ke-76, Jumat (1/7/2022) pagi.

Sontak, kedatangan Pangdam didampingi Irdam dan Kapoksahli beserta pasukan lengkap dengan membawa spanduk, kue ulang tahun, nasi tumpeng, balon merah putih, dan juga korps musik, sangat mengejutkan bagi Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno maupun para Pejabat Utama serta seluruh personel.

Sesaat tiba di Mapolda, Pangdam bersama Irdam, Kapoksahli, dan Danrem bergegas menghampiri Kapolda di lobi lantai 2 sambil mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-76.

Para pejabat tinggi TNI-Polri di Sulut tersebut kemudian turun ke depan lobi utama Mapolda untuk menggelar selebrasi sederhana Hari Bhayangkara ke-76 bersama para Pejabat Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago, Pejabat Utama Polda Sulut, juga personel TNI dan Polda Sulut.

Selebrasi diawali dengan pemasangan lilin berbentuk angka 76 yang terpasang di atas kue ulang tahun. Lilin lalu ditiup oleh Kapolda Sulut. Dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolda, kemudian pelepasan balon merah putih di halaman Mapolda Sulut.

Diakhiri santap kasih bersama nasi tumpeng di depan lobi utama Mapolda. Rangkaian selebrasi sederhana namun kental dengan nuansa sukacita dan kekeluargaan ini bertambah semarak dengan iringan musik yang dibawakan oleh Korps Musik TNI AD.

Kapolda Sulut dalam sambutannya, mengaku sangat terkejut atas kedatangan Pangdam dan Danrem beserta jajaran pagi ini.

"Terus terang saya kaget dengan adanya surprise spesial dari Pak Pangdam, Pak Danrem dan jajaran. Saya sulit mengatur kata-kata saya karena bercampur baur antara haru dan bangga atas kejutan di Hari Bhayangkara ke-76 ini," ujar Irjen Pol Mulyatno, disambut aplaus meriah seluruh hadirin.

Irjen Pol Mulyatno pun menghaturkan terima kasih kepada Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago dan jajaran atas kunjungan spesial ini. 

"Saya beserta keluarga besar Polda Sulut mengucapkan terima kasih. Ini merupakan salah satu simbol sinergitas kita yang sebenarnya. Semoga Pak Pangdam, Pak Danrem beserta seluruh jajarannya selalu diberikan kekuatan, kesehatan untuk mengemban tugas-tugas negara, semakin sukses dalam mengemban tugas-tugas, serta selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," tuturnya.

Irjen Pol Mulyatno mengungkapkan, baginya TNI adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan.

"Darah saya adalah darah tentara. Bapak saya tentara, pangkat terakhir Kopral. Makanya kalau saya sama tentara itu walaupun tidak terkata-kata, tetapi saya selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sekali lagi, saya menghaturkan terima kasih dan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada Pak Pangdam, Pak Danrem beserta jajaran. Semoga sinergitas kita ini akan terbangun terus, sehingga kita semua akan selalu sukses dalam menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara," pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka menuturkan, hari ini sengaja memberikan surprise kepada Kapolda Sulut dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76.

"Selamat Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022. Dan kami memang sengaja mengaktualisasikan ini dengan cara yang kami lakukan pagi ini," kata Mayjen Tuejeh.

Surprise ini, lanjutnya, sebagai bentuk bahwa selaku Pangdam dirinya merasa selama ini sangat dibantu oleh Kapolda Sulut dan jajaran.

"Saya merasa hubungan kami sangat baik. Dan saya berharap (hubungan baik) itu tidak saja antara saya dengan Pak Kapolda untuk mengawal pemerintah daerah, memulihkan ekonomi, dan reformasi struktural menuju Indonesia yang tangguh dan Indonesia yang tumbuh. Mudah-mudahan sinergitas dan kolaborasi yang baik selama ini bisa terus lanjut kita kembangkan untuk kemajuan wilayah Sulawesi Utara," tutup Mayjen Tuejeh.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com – Sebanyak 138 personel di lingkungan Satker Polda Sulut mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Upacara laporan kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2022 dan PNS Polri periode 1 April 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Kamis (30/6) pagi, di Lapangan Apel AKP Bryan Tatontos Mapolda Sulut.

Upacara ditandai dengan laporan resmi perwakilan personel yang naik pangkat kepada Kapolda Sulut selaku inspektur upacara.

Sementara itu Kapolda Sulut dalam arahannya mengatakan, 138 personel Polri dan PNS yang naik pangkat terdiri dari, 12 perwira naik pangkat reguler, 2 perwira naik pangkat pengabdian, bintara reguler 70 anggota, bintara percepatan 34 anggota, tamtama reguler 3 anggota, dan 17 PNS.

“Upacara laporan kenaikan pangkat ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saudara dalam meniti karir sebagai anggota maupun PNS Polri karena ini adalah sebagai salah satu prestasi yang saudara peroleh di tahun ini,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno pun mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat tersebut, sekaligus mengingatkan bahwa keberhasilan ini bukan semata-mata keberhasilan pribadi masing-masing.

“Tetapi tidak lepas dari peran dan dukungan keluarga. Oleh karena itu syukuri hal ini, sehingga menjadikan suatu kebanggaan bagi mereka serta jaga kebanggaan keluarga dengan lebih mawas diri dan terus meningkatkan kinerja di tempat saudara bertugas,” harapnya.

Irjen Pol Mulyatno menjelaskan, proses kenaikan pangkat di lingkungan Polri dilaksanakan secara selektif, sesuai dengan persyaratan atau ketentuan yang berlaku. 

“Kenaikan pangkat bukanlah hak mutlak yang harus diperoleh setiap anggota dan PNS Polri, melainkan suatu kehormatan dan penghargaan yang diberikan kepada personel yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi dalam melaksanakan tugas,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Pol Mulyatno juga mengimbau seluruh personel tidak cepat berpuas diri.

“Saya mengimbau jangan cepat berpuas diri dengan apa yang telah dimiliki. Pimpinan Polri sangat mengapresiasi setiap personel yang terus mengembangkan diri dan memberikan diri yang tulus dalam bertugas. Sekali lagi, saya ucapkan selamat, dan selamat melanjutkan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara melalui Polri yang kita cintai,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Upacara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Kapolda beserta Wakapolda dan para Pejabat Utama Polda Sulut kepada seluruh personel yang naik pangkat.

Penulis: ARP