Walikota Buka Kegiatan Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan road map reformasi birokrasi pemerintahan daerah tahun 2021-2025, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yang diprakarsai Bagian Organisasi Kepegawaian (Orpeg) dibuka langsung oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah bentuk operasionalisasi grand disign reformasi birokrasi sebagaimana ditetapkan dalam Perpres Nomor 81 Tahun 2010. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa selama periode pelaksanaan road map reformasi birokrasi sebelumnya, masih diperlukan berbagai perbaikan untuk mencapai cita-cita pemerintahan berkelas dunia di tahun 2024.

Sehingga, Pemerintah Pusat terus mendorong daerah agar perlu penyusunan road map reformasi birokrasi, agar pelaksanaannya lebih maksimal dalam mewujudkannya.

Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian (Orpeg) Setda Pemkot Kotamobagu, Andi Abasi mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Dasar hukum Kegiatan bimtek penyusunan road map reformasi birokrasi adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi Nomor 25 tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020– 2024, yang mengharuskan daerah menyusun road map reformasi birokrasi,” ungkapnya.

“Tujuan kegiatan tadi adalah memberi arahan pelaksanaan reformasi birokrasi Pemerintah Kota Kotamobagu agar berjalan secara efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga dan berkelanjutan,” tambahnya.

Dijelaskannya, road map reformasi birokrasi adalah grand design reformasi birokrasi yang disusun dan dilakukan dalam setiap 5 tahun sekali, dan merupakan rencana rinci reformasi birokrasi dari satu tahapan ke tahapan selanjutnya selama lima tahun dengan sasaran per tahun yang jelas.

Dengan harapan, kegiatan ini berjalan dengan maksimal, serta mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

“Dengan hasil yang ingin dicapai antara lain terlaksananya reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu,” pungkasnya

Adapun kegiatan yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah Dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, menghadirkan narasumber Biro Organisasi Setda Pemprov Sulut Nelson Angkara.(*)