Pemkot Kotamobagu Laksanakan FGD Kajian Lingkungan Hidup

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menggelar rapat  Focus Group Discussion (FGD) terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2021, bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, Senin (12/04/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Sande Dodo, MT membacakan sambutan  wali kota Ir Hj Tatong Bara,kegiatan FGD merupakan upaya pemerintah untuk dapat menyukseskan program pembangunan daerah.

“ Kita ketahui bersama bahwa sangat efektif untuk mengatasi tata ruang, sekaligus untuk menjamin keberlanjutan program pembangunan di masa-masa yang akan datang adalah dengan cara mengintegrasikan kepentingan lingkungan pada tingkat pengambilan keputusan yang strategis, yakni pada tataran kebijakan dan program melalui kajian lingkungan hidup,” sebutnya.

 Masih membacakan sambutan wali kota KLHS ini sendiri lanjut Sande, juga merupakan amanat  undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan, yakni adanya analisis sistematis menyeluruh dan partisipatif.

“ Untuk itu, proses kajian lingkungan strategis adalah sebuah bentuk tindakan nyata , dalam rangka untuk menuntun agar tidak terjadinya efek negatif pada lingkungan hidup maupun keberlanjutan pembangunan itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada prinsipnya kajian strategis dapat dilakukan terintegrasi dengan perencanaan tersebut, karena kaida terpenting dalam perencanaan tata ruang suatu wilayah adalah pelaksanaan yang bersifat partisipatif.

“Saya berharap, melalui pelaksanaan FGD ini kita semua juga akan mendapatkan saran, ide dan masukan dalam rangka penyusunan kajian lingkungan hidup strategis tentang RPJMD Kota Kotamobagu tahun 2018-2023 dan kajian lingkungan hidup strategis revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2014-2034 akan sesuai dengan apa yang kita harapkan(*),