SULUTNEWS,KOTAMOBAGU– Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diketahui telah menyasar jumlah masyarakat Kotamobagu yang tidak sedikit, usai dicanangkan oleh Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara pada bulan Februari 2021 lalu.

 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr Tanty Korompot MKes dalam video singkat tentang program vaksinasi Covid-19 yang telah digulir mereka sejauh ini, yang ikut meneragkan data tentang jumlah masyarakat Kotamobagu yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19.  “Dinas Kesehatan Kotamobagu telah melaksanakan vaksinasi sejak bulan Februari tahun 2021 terhadap 97.253 sasaran masyarakat dari semua unsur,” ungkap dr Tanty Korompot MKes pada video tersebut.

Dari program tersebut diketahui jumlah pesentase masyarakat yang telah divaksin, setelah program vaksinasi covid 19 tersebut berjalan dalam kurun waktu hampir 8 bulan ini, sudah mendekati 50 persen. “Sampai saat ini telah mencapai persentase sebesar 42,96 persen,” tambah dr Tanty Korompot MKes masih pada video tersebut.

Untuk memaksimalkan proses vaksinasi covid 19 itu, dr Tanty Korompot mengatakan kalau pihaknya menggulir program gebyar vaksinasi itu di 38 titik lokasi yang ada di Kotamobagu.  “Kegiatan vaksinasi ini dilakukan di 38 titik, yakni di 33 desa dan kelurahan yang ada di Kotamobagu, Badan Usaha Milik Negara, layanan public, sekolah juga fasilitas Kesehatan di daerah ini,” tutur mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kotamobagu ini.

Masih pada video itu, dr Tanty Korompot MKes juga membeber target vaksinasi covid-19 mereka hingga akhir tahun ini. “Target vaksinasi kita mencapai 75 persen sebelum desember tahun 2021, agar semua masyarakat memiliki animo untuk mengikuti vaksinasi, sehingga bisa membentuk herd immunity atau kekebalan kelompk, untuk masyarakat Kotamobagu bisa lebih sehat kedepan,” Paparnya.(*)

 

 SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Serbuan vaksinasi bagi masyarakat Kotamobagu terus digencarakan. Ditargetkan Desember 2021, warga yang divaksin sudah mencapai 90 persen. Jumat hari ini, 15 Oktober 2021, giat vaksinasi dilaksanakan di Mongkonai Barat, Mongkonai, dan Molinow.

Pelaksanaan vaksinasi mulai pukul 15.30 Wita sore ini, dengan menyasar seluruh warga Kotamobagu yang belum divaksin.

“Kami mengajak masyarakat untuk datang ke gerai vaksinasi. Kami juga mengingatkan masyarakat yang datang ke gerai vaksinasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), dengan cara mencuci tangan, jaga skarak, dan pakai masker,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr Tanty Korompot. (*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Untuk  lebih meningkatkan keahlian dan ketrampilan  pengerajin meibel yang ada di kota kotamobagu,  kamis (14/10/2021)hari ini, enam belas peserta penegrajin meibel  se kota kotamobagu mengikuti pelatihan berbasi kopentensi yang di laksanakan di balai pelatihan dinas  perindustrian dan tenaga kerja    kota kotamobagu.

Hal ini, seperti disampaikan kadis Perinaker kotamobagu lewat kepala bidang (kabid) Tenaga Kerja Aditya Manoppo,SE menurutnya kegiatan ini dalah program  dari Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi sulswesi utara (sulu).” Disperinaker kota kotamobagu hanya memfasilitasi peserta dan tempat pelaksanaannya. Semua urusan pengagaranya bersuber dari disnakertrans Provinsi sulut. “  Kata Manoppo.

Diapun mejelaskan, kalau kegiatan ini terlaksana sebagia tindak lanjut dari kunjungan kerja yang di UPT BKL provinsi sulut pada medio 4 oktober 2021 ke  disprinaker kotamobagu.” Nah saat kunjungan kerja tesebut kadis perinaker meminta  gara bisa dilaksnakan kegiatan pelatihan di kota kotamobagu, dam hari ini permintaan itu di realisasi.” Imbunya

Ditambahkanya sasaran kegiatan ini, untuk mereka yang belum memiliki skil di bidang penegrajin meubel. ” Namun tidak menutup kemungkinan, bagi mereka yang sudah memiliki skil di bidang penegrajin kayu yang sekarang uni menjadi peserta dengan mengikuti pelatihan ini akan lebih meningkat lagi kemampunya sebap di pelatihan ini akan dilaksanakan selama satu bulan sejak pembukaan ini  “ tandasnya

Di ketahui kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asiten III pemkot kota kotamobagu dan di hadiri oleh kepala dinas tenaga kerja dan tarasmigarsi provinsi Sulawesi utara Ir Erni Tumundo,MSi  (*)           

 

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pemerintah Kota (Pemmkot) Kotamobagu akan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pekan depan. Demikian dikatakan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotamobagu, Moh Agung Adati, Kamis (14/10).

“Jadi Rapat tadi kita membicarakan pelaksanaan agenda maulid Nabi. Rencananya acara akan dilakukan pada Senin malam ba’da Isya, di Masjid Raya Baitul Makmur,” kata Agung Adati, usai rapat persiapan maulid Nabi, di Aula Kantor Wali Kota.

Dalam peringatan nanti, kata Agung, akan diberlakukan Protokol Kesehatan secara ketat, sehingga tamu dan undangan akan dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas masjid.

“Maksimal 50 persen, itu sesuai aturan dari Satgas Covid-19. Untuk rangkaian acara nanti ada ceramah dan sambutan Pemerintah,” ujar Ada(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, Rabu 13 Oktober 2021 menghadiri kegiatan doa dan dzikir Bersama ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) di Kotamobagu.

 

Kegiatan yang digelar di restorant Lembah Bening Kelurahan Sinindian Kecamatan Kotambagu Timur itu, digelar oleh pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Kotamobagu.

 

Kegiatan tersebut diketahui dihadiri langsung oleh Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia atau IPHI Kotamobagu, H. Agus Suprijanta, S.E., dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kotamobagu, Hi Saiful Bongso, M.Pd.I, bersama jajaran pengurus IPHI Kotamobagu lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan selain sebagai ajang silaturahim Pengurus IPHI dan CJH Kotamobagu, juga sebagai sarana untuk berdoa meminta kepada Allah SWT, semoga 142 Calon Jamaan Haji yang sudah dua kali tertunda keberangkatannya karena pandemi, bisa menunaikan salah satu Rukun Islam untuk tahun ini,” tulis Nayodo Koerniawan di halaman facebooknya.(*)