SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Dinas perhubungan bersama forum lalulintas kota kotamobagu besok akan melakukan penertiban parkir liar yang  berada di jalur jalan kartini pusat pertokoan. Hal ini menyusul laporan warga yang saat masuk di area tersebut haru membayar parkir 2 kali. Hal tesebut, di tuturkan oleh kepala dinas  perhubungan Nasli paputungan pihajnya telah suda sejak dari beberapa hari lalu kami menerimah laporan tersebut dan langsung di tindak lanjuti dengan menggelar penertiban."Beberapa hari lalu kita sudah lakukan penertiban,di area tersebut, namun ternya masih ada juga laporan yang masuk,sehingga besok kita akan lakukan lagi dengan cara akan turun full time dari pagi hingga malam, " Tegas Nasli. Senin (10/5/2021)

Dipun mendunga oknum yang melakukan praktek parkir liar di jalur itu, sengaja menghentikan praktek mereka saat ada petugas datang, "  merek kucing kucingan kalau ada petugas mereka menghetikan prktek merek setela petugas berlalu maka mereka melakukan lagi. " imbuhnya

Nah untuk besok kita akan full tim dan full time, dengan pasukan yang lengkap" Selain ada forum lalulintas nantinya juga ada dari kesatuan POM, " Tandasnya(*)      

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, menghadiri kegiatan pelantikan Forum Anak Daerah (FAD) Kota Kotamobagu Periode 2021-2023, Senin(10/5/ 2021).

Saat membacakan sambutan wali kota, wawali Nayodo menyampaikan, bagi pemerintah pelantikan pengurus forum anak tersebut bukan hanya sebagai sebuah seremonial semata. Namun lebih dari itu bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak di Kotamobagu.

“  Pengurus FAD Kotamobagu menjadi hal yang sangat penting, karena selain menjadi salah satu faktor utama dalam penyelenggaraan kota layak anak, kegiatan pagi ini juga dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan peran serta dan kesadaran tentang pentingnya memberikan perhatian yang lebih terhadap masa-masa pertumbuhan dan perkembangan anak,” ucap wawli Nayodo.

 Dirinya juga mengajak orang tua, keluarga, masyarakat serta dunia usaha untuk terus memberikan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak.

 " Sekaligus mengajak kepada kita sekalian untuk memberikan perhatian dan informasi seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat tentang betapa pentingnya membangun karakter anak, melalui upaya peningkatan pengasuhan anak di lingkungan keluarga,” tandasnya.

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Wali Kota Kotamobagu tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kotamobagu, Ir Sande Dodo MT, Kanit PPA Polres Kotamobagu IPTU Taufik Anis, para Asisten, Staf Ahli Walikota, pimpinan OPD, Camat serta Lurah/Sangadi se-Kotamobagu.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kotamobagu setiap tahunnya rutin melakukan pemeliharaan jalan di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kotamobagu, Claudy Mokoginta, belum lama ini.

“Pemeliharaan rutin ini sifatnya sebagai proteksi terhadap kerusakan, serta merawat dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ruas-ruas jalan yang ada di wilayah Kotamobagu,” kata Claudy.

Menurutnya, pemeliharaan rutin yang dilaksanakan ini meliputi perawatan lapis permukaan berupa penambalan lubang/patching dan pelaburan aspal.

“Pemeliharaan seperti di ruas Jalan Kartini, dan Soeprapto di Kelurahan Gogagoman itu berupa penambalan lubang/patching untuk memastikan lapis permukaan jalannya kembali normal,” tambahnya.

Adapun tujuan dilakukannya pemeliharaan rutin jalan lanjut Claudy, agar warga dapat mengakses jalan dengan optimal dan dapat difungsikan semaksimal mungkin.

“Semua ini demi kelancaran arus lalu lintas bagi masyarakat sekitar pengguna jalan pada khususnya, dan warga Kotamobagu secara umum agar tetap berfungsi secara optimal, serta pencegahan untuk mempertahankan kondisi umur jalan,” terang Kepala Dinas PUPR Kotamobagu.

Untuk diketahui selain melakukan pemeliharaan rutin Jalan, Dinas PUPR Kotamobagu juga melakukan peningkatan jalan di Jalan Pande Bulan, Kelurahan Gogagoman, serta beberapa Jalan yang ada di Kelurahan lainnya di Kotamobagu, dan pekerjaannya sedang dilakukan.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, Minggu (9/5), meresmikan Masjid Agung Baitul Makmur (MABM) yang merupakan Masjid terbesar di Sulawesi Utara (Sulut).

Masjid yang didirikan sejak tahun 2011 tersebut, selesai dikerjakan tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp. 85,781,354,500 miliar yang bersumber dari Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

 

Saat meresmikan MABM, Walikota menyampaikan, rasa syukur atas terselesaikannya pembangunan Masjid yang memakan waktu 9 tahun pembangunan.

“Alhamdulillah MABM ini merupakan ikon rumah ibadah dan sebagai pemersatu masyarakat khususnya umat Islam. Sehingga dengan dibangunnya dan diresmikan masjid ini, Insya Allah kita memiliki ikon untuk peribadatan serta menjadi salah satu ikon umat Islam di Bolaang Mongondow Raya,” kata Tatong Bara.

 

Ia juga berpesan dan mengajak masyarakat Kotamobagu maupun BMR, agar terus meningkatan iman dan takwa. “Teknologi boleh maju, tapi perkembangan iman dan takwa harus kita dorong bersama agar tidak tertinggal,” kata Tatong.

Diketahui, peresmian MABM turut dihadiri Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Ketua DPRD Kotamobagu Meidy Makalalag, Sekertaris Kotamobagu Sande Dodo, Kapolres Kotamobagu AKBP. Prasetya Sejati, Dandim 1303 BM Letkol Inf. Raja Gunung Nasution, para Asisten dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkot Kotamobagu, Camat dan Lurah/Sangadi se- Kotamobagu.(*/adve)

 SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-DI tahun 2021 ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kotamobagu ditargetkan Rp1,156 miliar. Hal itu dikatakan Kepala Dinas PUPR Kota Kotamobagu Claudy Mokodongan, awal pekan saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, target PAD yang diharapkan berasal dari beberapa sumber.di antaranya penyewaan alat berat, laboratorium, IMB, serta pengelolaan air bersih.

“Capaian saat ini sudah berada di atas 200 juta, yaitu dari penyewaan alat berat Rp38.204.000, laboratorium Rp40.665.000, IMB Rp120.917.701, serta air bersih Rp79.310.300,” ungkap terang Claudy.

Dia berharap, target PAD sebesar Rp1,156 miliar tahun ini bisa tercapai.

“Pastinya upaya kami target sebesar 1,156 miliar bisa tercapai. Apalagi sekarang baru memasuki triwulan kedua,” pungkasnya.(*)