Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Istri saat Soft Opening RSUD ODSK, Selasa (9/6) Foto : Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Istri saat Soft Opening RSUD ODSK, Selasa (9/6)

Gubernur : Sulut Akan Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Provinsi Tetangga

Written by  Fanny Waworundeng Jun 09, 2021

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan Sulut akan menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi tetanga. Karena telah memiliki beberapa Rumah Sakit yang berkualitas. Hal itu dikatakan Gubernur saat Soft Opening Rumah Sakit  Umum Daerah Optimalisasi Daerah Sehatkan Keluarga (RSUD-ODSK) Selasa (9 /6) .

Menurut Gubernur, RSUD yang dibangun dengan angaran Rp 300 miliar ini dengan 376 tempat tidur ini sangat memadai peralatan dan tenaga medis. Sehinga akan menjadi RS bukan hanya untuk masyarakat Sulut namun dari daerah tetanga. RSUD yang dibangun ini dilengkapi Helipet. Artinya bisa dengan helikopter untuk mengangkut pasien dari jauh seperti dipulau pulau. Menurutnya RSUD ini juga bisa melayani wisatawan karena pariwisata itu memang akan maju kalau dilengkapi RSUD yang representatif dengan peralatan yang berkualitas.

Gubernur berharap pimpinan RSUD harus mengatur dengan baik pelayanan dan harus bersih dan dijaga dengan baik kualitas pelayanan. Kita berharap juga bisa ada Pendapatan untuk daerah. RSUD ini juga akan saling menunjang dengan RS lain di Sulut.

Kualitas Tenaga Medis

Sementara itu Kadis Kesehatan Sulut dr Debby Kalalu MKes mengatakan RSUD ini tenaga medis sudah memadai dan berkualitas. Ia mangatakan untuk RSUD ini ada poliklinik untuk berbagai macam penyakit baik gigi,kulit anak dan jenis penyakit lainnya. Begitu juga untuk pasien atau warga bisa diperiksa di RSUD tapi bila ada positif Covid langsung perawatan di RS Covid Kitawaya.

Kadis Kesehatan yang didampingi Dirud RSUD dr Ingrid Giroth MKes kedepan akan ditambah tenaga medis bila memang dibutuhkan. RSUD yang dibagun 11 lantai ini cukup luas lahan parkir. Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang kepada Sulutnews.com merasa bangga karena masyarakat Manado yang merasakan manfaatnya."Kami salut dengan pak Gubernur yang sangat serius membangun RS,” kata Sualang. Sulut juga sudah bangun RS Mata yang megah dan juga Kota Manado juga sementara bangun RS. Kita akan bersinegri dalam pelayanan kesehatan.

Hadir dalam Sof Opening Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Istri. Ketua DPRD Sulut Andi Silangen Sekprov Edwin Silangen Dirut BSG Revino Pepah dan ratusan undangan, dengan protocol kesehatan.(/Fanny)

Last modified on Wednesday, 09 June 2021 14:59