Boltim

Boltim (220)

Boltim,Sulutnews.com - Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, yang dipimpin Lasung Kapolres AKBP Irham Halid SIK. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Mapolres Boltim, Selasa (20/04).

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Irham Halid SIK mengatakan, bahwa perubahan cuaca ekstrim, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tentang siklon tropis yang berada di Samudra Pasifik.

"Untuk itu, lebih meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan," kata Irham

Lanjutnya juga, apel ini bertujuan untuk kita dapat menyiapkan personel dan perlengkapan siap menanggulangi bencana alam. Bencana dari Tuhan, kita manusia hanya bisa berikhtiar. Lakukan deteksi dini dan deteksi aksi, bila ada info segera infokan dengan tidak menimbulkan kepanikan kepada masyarakat," tutur Irham.

Menurut Kapolres, jika ada bencana alam, harus ada kolaborasi masing-masing Instansi.

"Bila ada bencana alam perlu adanya sinergi antara masing-masing instansi harus bekerjasama dalam menanggulangi bencana sehingga korban personel dan materil bisa diminimalisir dengan sesuaikan jalur evakuasi," terangnya.

Kegiatan yang menerapkan Protokol Kesehatan itu, turut dihadiri Wakil Bupati Boltim Oskar Manoppo, S.E, M.M., Pabung Boltim, Mayor Inf Yopi Tijow, Asisten II Pemkab Boltim, M.R Alung, Asisten III Pemkab Boltim,  Rusmin Mokoagow, Kaban BPBD Elvis Siagian, Kasat Lantas AKP Jaya Simbala, Kasat Pol PP

Saipudin Mokoagow, jajaran perwira Polres Boltim, seluruh Kapolsek Polres Boltim, serta Plh. Danramil 1303-05/Kotabunan. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menghadiri kegiatan Sosialisasi Penerapan manajemen kinerja, tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi paska pilkada serentak tahun 2020  dan disiplin PNS oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), bertempat di gedung Mapalus Kantor Gubernur Sulut. Senin (19/04).

Sosialisasi ini dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov) Edwin Silangen. Sedangkan narasumbernya adalah Komisioner KASN perwakilan Sulut DR Rudiarto Suwarwono.

Lewat sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sekprov, menerangkan bahwa Pemprov Sulut berhasil meraih prestasi terbaik ke lima se Indonesia dalam birokrasi dan kinerja, serta penegakan disiplin ASN.

"Tentunya ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak, serta merupakan bentuk sinergitas antars pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota. Terima kasih juga buat Komisi ASN, " kata Sekprov.

Di kesempatan yang sama, Rudiarto menerangkan bahwa dimasa Pemerintahan Kepala Daerah yang baru saja dilantik, agar program pembangunan selaras dengan visi dan misi saat kampanye.

"Rencana strategis perangkat daerah (Renja-PD), yakni dokumen yang memuat tujuan, sasaran, program dan kegiatan pembangunan dalam rangka urusan pemerintahan wajib dan atau urusan pemerintahan pilihan sesuai dengan tupoksi setiap daerah," ujar Rudiarto.

Lanjutnya, sesuai dengan aturan yang berlaku, para kepala daerah baru diperbolehkan melakukan rolling jabatan setelah enam bulan kemudian.

Menanggapi hal iitu, lewat sesi dialog, Bupati Boltim melayanangkan pertanyaan kepada KASN. Bupati berpendapat, jika waktu enam bulan tersebut cukup lama. Sehingga, para kepala daerah yang ingin memacu pembangunan di daerah yang baru dipimpinnya, harus menunggu hingga enam bulan.

"Untuk memacu program pembangunan yang selaras dengan visi misi kami, tentunya kami harus menggunakan orang orang yang sejalan. Apakah kami harus menunggu 6 bulan untuk itu?," tanya Bupati kepada KASN.

Menjawab pertanyaan Bupati, Rudiarto mengatakan jika peraturan larangan melakukan penggantian posisi jabatan tinggi itu yakni dihitung sesudah pilkada.

"Jadi bulan Juni ini sudah bisa melakukan penyegaran untuk memacu program yang tertuang dalam visi misi. Jika memang rotasi jabatan itu dianggap urgen, maka pemerintah Kabupaten boleh menyurat langsung ke Mendagri untuk dimintai persetujuan, dengan melampirkan berbagai pertimbangan tersebut. Jadi aturan ini tidak mengikat," tutupnya. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Polres Bolaang Mongodow Timur berhasil memusnahkan 1.320 liter minuman beralkohol jenis Cap Tikus dan 50 buah knalpot bising, Senin (19/04). Kapolres Boltim AKBP Irham Halid dalam sambutannya mengatakan, babuk minuman beralkohol jenis cap tikus yang dimusnahkan ini merupakan hasil operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Polres Boltim dan Polsek jajaran. Sedangkan knalpot bising tersebut adalah hasil Operasi Keselamatan Samrat 2021.

"Cap tikus yang dimusnahkan ini. berkadar alkohol antara 50 hingga 70%," ujar Irham.

Lanjutnya iuga, dampak pengaruh minuman beralkohol bisa memicu timbulnya tindak pidana seperti penganiayaan, pembunuhan, serta kecelakaan lalu lintas. Sehingga, peredaran minuman beralkohol harus diawasi dan ditindaklanjuti dengan serius.

"Tujuan dari pemusnahan barang bukti ini, sebagai upaya cipta kondisi untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama saat Bulan Ramadhan," terangnya.

Sementara itu, Kasat Reserse dan Kriminal (Reskrim) AKP Edy Susanto menyebutkan, bahwa pemusnahan babuk miras cap tikus tersebut berdasarkan surat putusan Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Nomor: 3/Pid.C/2021/PN.Ktg, tanggal 05 April 2021, dan Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Nomor: 4/Pid.C/2021/PN.Ktg, tanggal 06 April 2021. Dimana. minuman beralkohol jenis cap tikus sebanyak 925 liter (Hasil putusan PN Kotamobagu), cap tikus hasil sitaan Polsek Kotabunan 115 liter, sitaan Polsek Modayag 250 liter dan Polsek Nuangan 30 liter.

"Total keseluruhan sebanyak 1.320 liter,” sebut Edy, saat membacakan berita acara pemusnahan barang bukti.

Babuk alkohol jenis cap tikus dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke dalam tempat yang telah disediakan. Sedangkan barang bukti knalpot racing dimusnahkan dengan cara dipotong, dihancurkan menjadi beberapa bagian menggunakan alat pemotong besi. Pemusnahan barang bukti turut dihadiri perwakilan Forkopimda Boltim. Diantaranya, Asisten II Kabupaten Boltim, Wakil Ketua Komisi I DPRD Boltim, Kasubsi Intelijen Kejari Kotamobagu, Pabung Kodim 1303/Bolmong, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pejabat Utama Polres Boltim. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memusnahkan barang bukti sebanyak 1.320 liter minuman beralkohol jenis cap tikus dan 50 buah knalpot bising, Senin (19/04/2021) pagi tadi.

Disaksikan Asisten II Kabupaten Boltim, Wakil Ketua Komisi I DPRD Boltim, Kasubsi Intelijen Kejari Kotamobagu, Pabung Kodim 1303/Bolmong, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pejabat Utama Polres Boltim, pemusnahan barang bukti ini digelar di Halaman Mapolres Boltim.

Diketahui, Minuman beralkohol jenis cap tikus yang dimusnahkan ini merupakan hasil operasi KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) Polres Boltim dan Polsek jajaran. Sedangkan knalpot bising tersebut hasil Operasi Keselamatan Samrat 2021,” ujar Kapolres Boltim AKBP Irham Halid

"Cap tikus yang dimusnahkan berkadar alkohol antara 50 hingga 70 persen, "terangnya.

Dijelaskan AKBP Irham Halid, dampak pengaruh minuman beralkohol bisa memicu timbulnya tindak pidana seperti penganiayaan, pembunuhan, juga kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu Peredaran minuman beralkohol harus diawasi dan ditindaklanjuti dengan serius tegasnya.

Sambung Kapolres,  pemusnahan barang bukti ini sebagai upaya cipta kondisi untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama saat Bulan Ramadhan,” kuncinya.

Pemusnahan barang bukti turut dihadiri perwakilan Forkopimda Boltim. Di antaranya, Asisten II Kabupaten Boltim, Wakil Ketua Komisi I DPRD Boltim, Kasubsi Intelijen Kejari Kotamobagu, Pabung Kodim 1303/Bolmong, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pejabat Utama Polres Boltim. (Adrian)

Boltim,Sulutnews.com - Polres Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Samrat Tahun 2021 tepat di lapangan upacara Mapolres Boltim, pada Senin (12/04) pagi tadi. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun, sarana pendukung lainnya. Sehingga, kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal serta dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

"Perlu kita ketahui bersama, bahwa dalam kurun waktu 3 bulan terakhir data menunjukan tingkat kecelakaan lalu-lintas turun hingga 48 persen dibanding periode sebelumnya," ungkap Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK dalam penyampainya saat apel digelar.

Lanjutnya juga, demikian juga dengan tingkat kesembuhan covid 19, di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sudah menunjukan harapan yang baik akan kembalinya roda ekonomi di Sulut. Namun, kita tidak boleh lengah dan terus adaptif dengan situasi yang berkembang.

"Agar tidak berbalik dengan situasi yang berbalik yang memundurkan upaya-upaya yang telah dikerjakan sebelumnya," ujarnya.

Kapolres juga menambahkan, Operasi keselamatan Samrat Tahun 2021 ini, akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 12 hingga 25 April 2021

"Dalam kirim waktu tersebut, sasaran operasi adalah masyarakat yang tidak memetuhi protokol kesehatan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu-lintas, serta masyarakat masyarakat yang belum memehami tentang larangan mudik lebaran Tahun 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara persuasif dan humanis," terang Kapolres.

"Kita juga akan melaksanakan pembinaan dan penyuluhan akan pentingnya protokol kesehatan eeta upaya dalam rangka mendukung program vaksinisasi nasional. Melakukan edukasi dan penerangan dan membangun kesadaran tertib berlaluintas kepada masyarakat. Dan melaksanakan publikasi tertib berlalulintas dan pentingnya protokol kesehatan melalui media masa juga media sosial," tuturnya lagi.

Pada kesempatan ini pula, atas nama Kepolisian daerah Sulawesi Utara, Saya menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa 1442 Hijriah kepada umat muslim.

"Semoga amal ibadah kita dibulan Ramadhan ini diterima Allah SWT. selamat menunaikan ibadah puasa," ucapnya.

Hadir dalam gelar apel pasukan tersebut, Dandim 1303 Bolmong/Pabung, Kepala Dinkes Boltim, Kasat Pol-PP Boltim, Kepala Dishub Boltim, para pejabat utama Polres Boltim, dan para undangan, peserta apel gelar pasukan. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar vaksinasi massal bagi lanjut usia (Lansia), serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat, yang dilaksanakan di rumah sakit Pratama Modayag Dewa Sumberejo. Vaksinasi massal dan pengobatan gratis ini dimulai sejak pukul 08:00 Sabtu (10/04)

Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Pusat, melalui daerah yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Boltim dalam rangka mencegah dan menekan angka penyebaran Covid-19.

"Program Vaksinasi Massal ini sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020. Untuk Boltim sendiri yang menjadi skala prioritas adalah masyarakat yang lanjut usia, guru-guru sekolah dan Bupati, Wakil Bupati beserta jajarannya. Karena, sekolah sudah mau di buka, sehingga para guru seluruhnya harus wajib di vaksin," ungkap Kadis Kesehatan Boltim, Eko Marsidi.

Kegiatan pelayanan kesehatan ini rencananya akan berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 10 sampai 11 April 2021.

"Pelaksanaannya di tiga wilayah Kecamatan, masing-masing di Kecamatan Modayag, Kotabunan dan Nuangan," kata Eko.

Sementara itu, Kepala Litbangkes dari Kementerian Kesehatan Roy G.A Massie mengatakan, Indonesia sudah melakukan tahapan dan percepatan penyuntikan vaksinasi kepada masyarakat. Untuk lansia diutamakan dan untuk umur produktif menunggu giliran berikutnya.

"Boltim merupakan yang pertama kali di Sulut melakukan vaksinasi massal kepada Lansia. Vaksin ini mahal harganya, juga aman dan halal. Makanya masyarakat diharapkan segera mengikuti program vaksin Sinovak ini," terangnya.

Lanjutnya, berkumpul seperti ini saja rawan terkena Covid-19, makanya selalu pakai masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan dan jaga kesehatan juga kebersihan.

"Tujuan kami kesini untuk memastikan bagaimana proses vaksinisasi massal dan melihat profil kesehatan, SDM tenaga kesehatan, juga infrastruktur Rumah Sakit Pratama Boltim dan pelayanan kesehatan di daerah ini," akunya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Kesehatan yang sempat hadir dan langsung menyaksikan vaksinasi masal di Boltim.

"Sudah seribu lebih masyarakat yang divaksin, dan tingkat kesadaran masyarakat sangat tinggi. Selain itu, dari Kementerian Kesehatan dan para dokter yang datang ke sini selain menyaksikan langsung vaksinasi massal bagi lansia, mereka mengecek pelayanan kesehatan, mengecek infrastruktur rumah sakit yang baru diresmikan dan melihat ketersediaan tenaga medis di Boltim. Dengan adanya ini, kami berbangga karena Boltim yang pertama kali melakukan vaksinasi massal se-Sulut," ucap Bupati. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Guna menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga memulihkan ekonomi di masa Pandemi Covid-19, maka Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pariwisata (Dispar), akan membuka kembali lokasi wisata bagi masyarakat umum yang ingin berkunjung saat liburan lebaran nanti. Sabtu (10/04).

Sebelumnya di tahun 2020, Dispar Boltim telah mengeluarkan himbauan terkait penutupan sementara tempat-tempat wisata yang ada di Boltim, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tahun ini kita akan buka kembali tempat-tempat wisata yang ada di Boltim untuk masyarakat umum. Tahun kemarin ada pembatasan pengunjung dari luar daerah dan sampai kita tutup lokasi wisata. Namun kali ini, melihat kondisi sudah membaik dan Boltim masuk zona hijau, juga demi pemulihan ekonomi di masa pandemi, maka kita buka kembali lokasi wisata di Boltim. Meski demikian para pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Kami juga sediakan tempat cuci tangan, serta pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung," ungkap Kadispar Rizky Lamaluta.

Lanjutnya juga, saat memasuki bulan Ramdhan dan libur panjang lebaran (Hari raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah) pasti banyak pengunjung yang ingin liburan bersama keluarga untuk menikmati spot-spot destinasi wisata yang ada di Boltim.

"Memang agak sulit mempromosikan tempat wisata dalam kondisi Pandemi. Namun kami juga akan melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah objek wisata yang ada di Boltim. Kami juga menghimbau, agar masyarakat terutama bagi para pengunjung, agar selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19," tutupnya. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Dalam rangka mengawal stabilitas keamanan di wilayah ibu kota. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendukung penuh dengan adanya Kantor Polsek Tutuyan. Hal ini disampaikan Bupati Sam Sachrul Mamonto dalam sambutannya, dalam peresmian gedung Kantor Polsek Tutuyan, pada Kamis (08/04).

Dalam sambutanya ia mengatakan, dengan adanya Polsek Tutuyan ini, diharapkan dapat menekan angka kriminalitas di wilayah Kecamatan Tutuyan, serta menciptakan stabilitas Kamtibmas, kata Sachrul.

"Dengan ketambahan polsek baru ini, jumlah polsek di jajaran Polres Boltim saat ini, sudah menjadi lima polsek. Dan khusus Kecamatan Mooat, semoga secepatnya juga dibangun Polsek. Sebab, Kecamatan Mooat salah satu kecamatan yang sangat rawan gangguan kamtibmas. Untuk itu, Pemkab Boltim juga akan berkoordinasi dengan Polres Boltim, terkait prosedur dan mekanisme pembangunan Polsek di wilayah kecamatan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK mengatakan, bahwa sebelumnya pembangunan gedung Polsek Tutuyan, hanya berstatus sebagai pos polisi. Namun, pada 24 Februari 2021 kemarin, statusnya dinaikkan menjadi polsek tipe D.

"Alhamdulillah 24 februari 2021, statusnya dinaikkan menjadi Polsek tipe D. Untuk itu, diharapkan Polsek ini dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan kamtibmas di wilayah hukumnya dan Boltim secara umum," tandas Irham.

Turut hadir Dandim 1303 merdeka Rаjа Gunung Nаѕutіоn, уаng mеwаkіlі Kеjаrі, Pеngаdіlаn tіnggі kоtаmоbаgu, реngаdіlаn agama, Kеtuа MUI, ketua NU, ketua PWI Boltim, Cаmаt Tutuуаn, tokoh аgаmа dan раrа tоkоh mаѕуаrаkаt. (Iki)

Boltim,Sulutnews.com - Kароlrеѕ Bоlааng Mongondow Tіmur (Bоltіm) AKBP Irham Halid SIK mеngukuhkаn реmbеntukаn Polsek Tutuyan tipe D, bеrtеmраt dі Mароlѕеk Tutuуаn, pada kаmіѕ (08/04).

Pengukuhan dіtаndаі dеngаn реnаndаtаngаnаn prasasti оlеh Kароlrеѕ dіѕаkѕіkаn Bupati Bоltіm Sаm Sасhrul Mаmоntо, S.Sоѕ, Dandim 1303 merdeka Rаjа Gunung Nаѕutіоn, уаng mеwаkіlі Kеjаrі, Pеngаdіlаn tіnggі kоtаmоbаgu, реngаdіlаn agama, Kеtuа MUI, ketua NU, ketua PWI Boltim, Cаmаt Tutuуаn, tokoh аgаmа dan раrа tоkоh mаѕуаrаkаt.

Kароlrеѕ Irham Hаlіd dаlаm sambutannya mеnуаmраіkаn, реrkеmbаngаn kemajuan dаеrаh Kаbuраtеn Boltim dеngаn іklіm іnvеѕtаѕі yang diberikan kemudahan untuk pemerintah daerah salah ѕаtu jаmіnаnnуа аdаlаh ѕtаbіlіtаѕ kеаmаnаn.

Sеhіnggа реndіrіаn Polsek Tutuyan mеnjаdі tuntutаn, sebagaimana mеwujudkаn rasa аmаn уаng tеrtuаng dаlаm undang-undang Kepolisian Negara Rерublіk Indоnеѕіа bаgіаn dаrі tugаѕ роkоk аdаlаh hаk kеаmаnаn dаn ketertiban mаѕуаrаkаt (Kаmtіbmаѕ).

"Hari ini kita ѕаmа-ѕаmа melaksanakan kegiatan реngukuhаn, іnі bеѕаr hаrараn kаmі dapat memberikan kоntrіbuѕі dаlаm mеnсірtаkаn kamtibmas di wіlауаh hukum dі tutuуаn secara khuѕuѕ dаn раdа umumnya dі Kаbuраtеn Bоltіm," ungkap Irhаm.

Kароlrеѕ juga mеngаjаk kepada ѕеluruh elemen TNI, реmеrіntаh dаеrаh dan mаѕуаrаkаt dі kecamatan Tutuуаn dеngаn kehadiran Polsek Tutuуаn untuk sama-sama menjaga kamtibmas di Ibu Kоtа Bоlааng Mоngоndоw Timur.

"Pоlrі tіdаk dapat bekerja sendiri untuk mеwujudkаn rаѕа aman itu, реrlu аdаnуа kеrjаѕаmа komunikasi kооrdіnаѕі dаn kolaborasi уаng Sоlіd yang erat dengan TNI dengan pemerintah daerah untuk itu pada kesempatan іnі kаmі ѕаngаt mеnghаrарkаn jаlіnаn kerjasama іtu bіѕа dіgараі bіѕа kіtа lаkѕаnаkаn," ajak Kapolres. (Iki)

Boltim,Sulultnews.com - Dalam Melaksanakan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam hal ini melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan tempat melakukan pelayanan dalam pengisian e-LHKPN terkait pelaporan harta kekayaan baik harta bergerak maupun tidak bergerak, dan lain sebagainya untuk dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selasa (07/04)

Pelayanan e-LHKPN yang dilakukan pada Diskominfo. Karena, menjadi Admin Pemkab Boltim. Admin e-LHKPN Etli najoan, S.KOM mengatakan, pelayanan ini sebagai dasar ASN yang wajib menduduki jabatan atau Eselon.

"Sampai saat ini kami masih melayani untuk pelporan e-LHKPN sebagaimana instruksi Bupati, ASN yang meduduki jabatan harus melakukan pelaporan dan yang belum melakukan segera untuk melaporkan," terangnya.

Lanjutnya juga, jika ASN tidak melakukan e-LHKPN ada sangsi bagi ASN yang tidak melakukan pelaporan e-LHKPN tersebut yang tertuang dalam peraturan Bupati (Perbub) No 32 Tahun 2018.

"Pelayanan e-LHKPN ini sudah mencapai 63,39 % sudah terdaftar dan terferivikasi dipusat," tutupnya.  (Iki)