PN Boroko Kabupaten Bolmut Akan Segera Dibangun

Written by  Gandhi Goma Nov 19, 2021

Boroko, Sulutnews.com - Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Andri Sufari, SH. M.Hum dalam keterangan pers tentang keberadaan Kantor Pengadilan Negeri Cabang Boroko yang sudah tidak layak lagi ditempati, berlokasi diseputaran Lapangan Kembar Boroko, namun kedepan sesuai nomenklatur dari Mahkamah Agung ada dua Pengadilan Negeri segera dibangun yaitu Pengadilan Negeri Bolaang Mongondow Timur dan Pengadilan Negeri Bolaang Mongondow Utara. Wawancara ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kaidipang pada acara "Penyuluhan Hukum & Sosialisasi Pengadilan Layanan Kotamobagu, Jumat (19/11/2021).

Seperti diketahui bersama, adapun fungsi dari Pengadilan Negeri antara lain; fungsi mengadili (judicial power), yakni menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang menjadi kewenangan pengadilan dalam tingkat pertama.

Fungsi pembinaan, yakni memberikan pengarahan, bimbingan, dan petunjuk kepada pejabat struktural dan fungsional di bawah jajarannya, baik menyangkut teknis yudicial, administrasi peradilan, maupun administrasi perencanaan/teknologi informasi, umum/perlengkapan, keuangan, kepegawaian, dan pembangunan.

Fungsi pengawasan, yakni mengadakan pengawasan melekat atas pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti, dan Jurusita/ Jurusita Pengganti di bawah jajarannya agar peradilan diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya dan terhadap pelaksanaan administrasi umum kesekretariatan serta pembangunan.

Fungsi nasehat, yakni memberikan pertimbangan dan nasehat tentang hukum kepada instansi pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta.

Fungsi administratif, yakni menyelenggarakan administrasi peradilan (teknis dan persidangan), dan administrasi umum (perencanaan/ teknologi informasi/pelaporan, kepegawaian/organisasi/tatalaksana dan keuangan/ umum/perlengakapan).

Fungsi Lainnya, antara lain melaksanakan Pelayanan penyuluhan hukum, pelayanan riset/penelitian dan sebagainya serta memberi akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam era keterbukaan dan transparansi informasi peradilan.

Oleh sebab itu menurut Ketua Pengadilan Kotamobagu, kedepan, Insyaallah kami akan berjuang pemekaran Pengadilan Negeri Kotamobagu supaya akan dibangun Pengadilan Negeri Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Dari Mahkamah Agung sendiri sudah ada nomenklatur pemekaran ada 2 Pengadilan Negeri Bolaang Mongondow Timur dan Pengadilan Negeri Bolaang Mongondow Utara.

"Jika kami mendapat lahan, kami akan laporkan ke Mahkamah Agung dan akan dibangun Pengadilan Negeri Boroko disini. Luas lahan tergantung dari Pemda Bolmut, untuk Pengadilan Negeri Boltim mereka sudah siapkan lahannya," Pungkas Ketua PN Kotamobagu Andri Sufari, SH. MH.

Setelah dikonfirmasi kepada Wakil Bupati Bolmut Drs. Amin Lasena, MAP mengungkapkan;

"Ya Pemda Bolmut yang pasti siap, tapi tentu kita mengikuti prosedur."

Hal senada disampaikan Sekda Bolmut Dr. Drs. Asripan Nani, M.Sc.

"Pemda mendukung pembangunan pengadilan negeri. Ketersediaan lahan akan dikonsultasikan dengan pimpinan."

Demikian juga ketika meminta pendapat dari Wakil Ketua Pengadilan Negeri Manado

Muh. Alfi Sahrin Usup, SH, MH, sebagai anak negeri adat Bolmut setelah dikonfirmasi tentang hasil wawancara dengan Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Andri Sufari, SH. MH tentang akan didirikan Kantor PN Bolmut di Boroko, namun tinggal menunggu keputusan Pemkab Bolmut tentang tersedianya lahan, Pemkab Boltim sudah siapkan lahan, bagaimana tanggapan Wakil Ketua PN Manado ?

"Alhamdulillah, saya sebagai warga Bolmut turut senang karena dengan begitu pelayanan hukum untuk masyarakat di Bolmut menjadi lebih mudah dan lancar dibandingkan sebelumnya harus bersidang dengan terlebih dahulu menempuh jarak yang jauh dari Boroko ke Kotamobagu...."(/Gandhi Goma).