YPI Ilomata Bersilaturahmi Dengan Bupati Bolmut Depri Pontoh

Written by  Gandhi Goma Nov 10, 2021

Boroko, Sulutnews.com -  Yayasan Pohuli Ilmu (YPI) Ilomata merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan keagamaan. Yayasan ini terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU 0014943.AH.01.04.Tahun 2021.

Yayasan ini didalamnya ada Majelis Ilmu Ilomata, yang merupakan wadah setiap anggota untuk menuntut Ilmu Ilomata, yang saat ini sudah beranggotakan 10 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Yayasan ini juga merupakan wadah menyatukan para anggota Ilmu Ilomata dalam arti senyawa dalam ilmu dan menyatu dalam yayasan demi memperkokoh ajaran Islam.

Menurut Ketua Yayasan Pohuli Ilmu Ilomata (YPII) Gorontalo, Ismail Idrus Nusi, Minggu kemarin (07/11/2021) pertemuan YPII Gorontalo dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut dalam hal ini Bupati Drs. Hi. Depri Pontoh adalah bagian dari konsolidasi dan silahturahmi.

“Alhamdulilah Bupati merespon dengan baik kedatangan kami di Bolmut. Bahkan YPII dapat melakukan program dan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi banyak orang,” kata Nusi

Bupati Bolmut pada saat ditemui di kediamannya di Desa Bolangitang Kecamatan Bolangitang Barat mengatakan, Pemda Bolmut siap mendukung semua program kerja YPII di Bolmut.

“Saya juga berpesan untuk selalu menjaga keamana antara YPII dan ormas lain. Namum pada prinsipnya, saya merespon positif apa yang akan dilakukan YPI Ilomata. Insya Allah akan di agendakan bulan Desember 2021 peresmian pengurus YPII Bolmut,”

Ketua YPI Ilomata menjelaskan kembali kilas balik sejarah ilmu Ilomata serta riwayat pendirinya berawal pada tahun 17 Oktober 1925 , tepatnya di Desa terpencil yakni Desa Dulamayo Kecamatan Talaga Kabupaten Gorontalo, lahirlah seorang anak yang diberi Nusi Bakari atau pada usia dewasa dikenal dengan nama Pali Rani.

Lebih lengkapnya  bersumber dari; https://gorontalo.pikiran-rakyat.com/daerah/pr-1962496078/ini-sejarah-singkat-ilmu-ilomata-di-gorontalo

Inti dari dari ilmu Ilomata ada 4 wasiat pedoman hidup ilmu yang harus dijalankan seluruh anggota Ilomata di YPII:

  1. Teguhkan iman dari segala rintangan
  2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Sayangilah orang lain seperti menyayangi dirimu sendiri.
  4. Jika kamu tidak menyanyangi orang lain berarti kamu tidak menyanyangi dirimu sendiri.

(*/Suwatno Muhibal)