Konsultasi Publik I Penyusunan Rencana Detail Ruang (RDTR) Kawasan Ibukota Kabupaten

Written by  Gandhi Goma Sep 24, 2021

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Publik I Penyusunan Rencana Detail Ruang (RDTR) Kawasan Ibukota Kabupaten. Bertempat di RM Laviesta Desa Kuala Utara Kecamatan Kaidipang. Jumat (24/09/2021).

Dalam sambutan Bupati Bolmut, dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan dengan merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, telah disebutkan rencana detail tata ruang merupakan rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah Kabupaten Kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi. Penyusunan RDTR Lawasan Ibukota Kabupaten di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memiliki tujuan antara lain;

Sebagai acuan penyusunan pola ruang, struktur ruang, ketentuan pemanfaatan ruang dan peraturan zonasi.

Untuk menjaga konsistensi dan keserasian pengembangan wilayah perencanaan sesuai dengan RTRW Kabupaten Kota.

Rencana detail tata ruang harus memegang prinsip pembangunan berkelanjutan yang bersinergi dari seluruh aspek, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang dalam penyusunan RDRT mengacu pada Tata Ruang Wilayah Kabupaten serta dilaksanakan sesuai norma, standar, prosedur dan kriteria yang meliputi;

Penentuan batas kawasan mencakup karakteritis perkotaan, karekteritis pedesaan, serta kawasan lintas Kabupaten Kota.

Dituangkan kedalam peta dengan tingkat ketelitian skala 1: 5000.

Ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah Kabupaten Kota.

Wajib mengintergrasikan RDTR Kabupatem Kota dalam bentuk digital melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

"Oleh karena itu saya berharap apa yang menjadi masukan masukan dari masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) maupun stakeholder (pemangku kepentingan) terkait yang hadir pada kesempatan ini, yaitu dari Perguruan Tinggi dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), menjadi catatan-catatan dan rekomendasi sebagai bahan penyempurnaan daripada penyusunan RDTR Kabupaten Bolaang Mongondow Utara."

Dari dialog dengan Tim Ahli Tata Ruang dipertanyakan lokasi Gelanggang Olah Raga (GOR) yang tempatnya harus memenuhi syarat jauh dari pemukiman penduduk dan lokasi pembuangan air tinja dimana tempatnya. Karena penataan kota masa depan harus ditata sejak saat ini, ungkap Camat Bolang-Itang Barat.

Turut Hadir Ketua LKP Geospasial Bumi Nusantara Manado Drs. Budiarjo, M.Sc, Tim Ahli Dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado (terhubung secara virtual), Staf Khusus Bupati Bolmut Drs. Eddy Pontoh, Kepala Dinas PUPR Bolmut Rudini Masuara, ST, Pimpinan OPD, Camat Bolangitang Barat Supriadi Goma, SPdI, dan Peserta Konsultasi Publik. (/Gandhi Goma).