Komisi III DPRD Bolmut Evaluasi 10 SKPD Serapan Penggunaan APBD 2021

Written by  Gandhi Goma Aug 31, 2021

Bolmut, Sulutnews.com - Ketua Komisi III Sartono Dotinggulo, Wakil Ketua  Aktrida Indah Datunsolang, Sekretaris Galib Moh. Pangko, serta anggotanya yang hadir; Suriansah Korompot, Moh. Abdul Rafiq Pangau, melaksanakan rapat dengan mitra kerja 10 Dinas dan Bagian Satuan Perangkat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), bertempat di Aula Sidang Komisi. Selasar (31/08/2021).

Dalam laporan evaluasi serapan dana Dinas Pariwisata Bolmut Kadis Moh. Noh. Djarumia mengungkapkan kembali ada enam acara pariwisata yang akan dilaksanakan tahun 2021 di antaranya; Atraksi Seni dan Budaya, Pemilihan Boulo dan Vuyu (putra-putri), Expo Budaya, Sport Tourisme Festival, Festival Bunga Indah serta Festival Palelat.

Dituangkan dalam Calender Of Event North Bolaang Mongondow 2021."

Wakil Ketua Komisi III Aktrida Indah Datunsolang mengusulkan penting dikembangkan destinasi wisata pembuatan minyak kelapa tradisionil, pembuatan gula aren, dan hal lainnya yang menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Menjadi perhatian kita bersama terhadap destinasi pantai Batu Pinagut di Boroko adalah fasilitas sarana dan prasarana lampu jalan yang sudah dicopot tanpa diketahui siapa pelakunya. Kamar mandi dan kloset sudah tidak berfungsi lagi, pintunya sudah copot dan tidak ada aliran air karena mesin pompa air telah dicuri orang," ungkap Indah Datunsolang.

Kadis Pariwisata turut prihatin, "Penyebab dari semua ini karena pembatasan aktifitas masyarakat dan keterbatasan personil satpol lebih fokus menanggulangi pandemi Covid-19, sehingga kelengahan ini dipergunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, namun solusi selanjutnya adalah mendirikan pos jaga dibantu aparat kepolisian urban Kaidipang, disampingnya mengawasi setiap pengunjung yang datang termasuk anak-anak yang datang berenang harus diawasi orang tuanya dan kita akan siapkan alat bantu  berenang," tandas Djarumia.

Kadis Pariwisata menambahkan pusat kegiatan dikelolah oleh desa, kami tidak menyalahkan siapa-siapa, termasuk pusat wisata teratai di Desa Telaga Tomuagu Kecamatan Bolangitang Barat telah dikelolah bersumber dari dana desa, usul dan saran dari pimpinan Komisi III untuk melaksanakan koordinasi terpadu dengan seluruh destinasi wisata akan kita bahas bersama dengan  para sangadi (kepala desa) serta BUMDES.

Donny Pangau atau Mohammad Abdul Rafiq Pangau kini menjadi pangurus PBVSI Sulut di Bidang Promosi dan Pengembangan.

Donny Pangau menanyakan kembali lokasi olahraga bola volli pantai di Pantai Wisata Batu Pinagut harus berada di pasir pantai, sehingga olahraga ini menjadi event menarik dari wisatawan.

Suriansyah Korompot menyarankan untuk mengundang para seluruh sangadi Desa wisata, Sponsor yang kita butuhkan. Ada pemandangan yang di jual adalah yang alami, tanpa ada bangunan Pemda Bolmut yang berjubel disana sehingga menghilangkan minat para wisatawan berkunjung.

Dinas Infokom dan Persandian Bolmut diwakili Sekretaris Islan Tabo dan Kasie Penyiaran Komunikasi dan Multimedia Saiful Djenaan menyampaikan serapan dana APBD 2021.

Saiful Djenaan mengungkapkan ada 26 media online dan 7 media cetak, namun penataan pos anggaran APBD 2021 hanya sampai bulan Maret, karena sebagian dana sudah dialihkan untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Pemberitahuan hasil verifikasi berdasarkan Peraturan Bupati Bolmut Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Publikasi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Melalui Media Masa.

Dengan pertimbangan  sebagai upaya diseminasi informasi public Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, antara lain perlu dilakukan kerja sama publikasi dengan media massa dan menetapkan standar penilaian yang menentukan teknis pelaksanaan kerja sama publikasi.

Ibu Indah Datunsolang menanyakan kembali kerjasama media publik online dan media cetak koran, tapi selama ini bentuk fisik korannya sebagai sumber informasi belum beredar disetiap instansi pemerintah.

Dipertegas lagi oleh Donny Pangau, jika hanya kontrak advetorial dan banner, kemudian belanja koran tidak dianggarkan; bagaimana kita mendapat informasi penting tentang Bolmut.

Saiful Djenaan memberikan keterangan tentang keberadaan media cetak koran ini tidak didistribusikan sejak tahun lalu 2020 yang ditangani bidang Humas dan Protokoler, dan diserahkan ke pihak ketiga untuk distribusi korannya, ketika diserahkan ke Dinas Infokom dan Persandian tidak ada pos belanja koran. (/Gandhi Goma).