Bolmut Tampil Sebagai Daerah Demokrasi Stabil Dan Relatif Mapan Di Sulut

Written by  Gandhi Goma May 23, 2021

Dirgahayu Kabupaten Bolmut Ke-14 Tahun 2021.

Boroko, Sulutnews.com - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara telah berusia 14 tahun, namun telah membawa dampak distribusi keadilan pemerataan bagi seluruh lapisan masyarakat dua eks swapraja (kerajaan) Kaidipang Besar dan Bintauna. Telah dilaksanakan upacara resmi memperingati ulang tahun berlangsung di Lapangan Kembar Boroko, dihadiri tamu undangan Forkompinda Sulut dan beberapa kepala daerah serta perwakilannya. Minggu (23/05/2021).

Kabupaten Bolmut disetujui pemekarannya oleh DPR-RI pada tanggal 08 Desember 2006, kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2007, tanggal 2 Januari 2007.

Kabupaten Bolmut dikenal dengan obyek wisata pantai "pasir Belanda" Batu Pinagut serta buah kelapa muda segar yang dicampur gula aren. Pantai bunga indah, pantai wakat, situs istana radja 'komaling R.S. Pontoh yang dikenal dengan arsitektur tahan gempa, pantai biontong, pantai tanjung dulang, Pulau Bongkol sebagai pusat memancing ikan kakap, air terjun pontak, embung Tote, pulau keramat yang dikenal sebagai pulau sakral para leluhur, pulau damar, air terjun batunangan.

Tema memperingati kembali 14 tahun usia Kabupaten Bolmut pada tahun 2021; "Aparatur Berkompetensi, Masyarakat Berkarakter, Infrastruktur Mapan; Untuk Bolmut Sejahtera". Menurut Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dalam pidato sambutannya mengurai kembali awal perjuangan para tokoh-tokoh presidium dalam membentuk daerah otonomi ini sesuai amanah reformasi. Oleh sebab itu kita setiap berziarah ke makam para sesepuh presidium setiap tahun  guna mengenang kembali jasa mereka serta berdoa semoga negeri leluhur ini, masyarakatnya tetap berpegang teguh pada adat istiadat yang diwarisi dari generasi ke generasi berikutnya.

"14 tahun mandiri sebagai daerah otonom, saya percaya para pendiri daerah ini akan bersyukur dan bergembira melihat perkembangan daerah ini. Berbagai kemajuan telah kita torehkan bersama. Atas dasar itu, kita harus terus berupaya dengan pendekatan tantangan yang pernah kita lewati, mengedepankan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, pengelolaan yang transparan sebagai arus utama dalam pembangunan," ungkap Depri Pontoh.

Ditambahkannya, fakta sejarah akan setia menuliskan setiap etape peradaban, menggoreskan tinta emas pembangunan terhadap apa yang telah kita berikan bagi penataan Bolmut yang lebih baik kedepan. Itulah sebabnya, kita terus mempertahankan nilai jatidiri dan karakter daerah yang tetap luhur dan terhormat. Terima kasih, syukur mohuo-huo, mopopiana, mototabiana, agu mononandobana. Mototavia, mososandova, mopopiana, mosombokoso momangu lipu. Somake kae kehake, san siote san pate-pate, pakititi tuhema, pakanandu mangena, boleng-balang sengkahindo. Pakatuan wo pakalawiran.

Bupati Kabupaten Gorontalo (Gorut) Dr. Hi. Indra Yasin dalam wawancara singkat disela acara sebelum makan siang ketika diminta pendapat tentang keberadaan Kabupaten Bolmut sekali lagi mengucapkan selamat ulang tahun ke-14, semoga kemajuan pembangunan infrastruktur dalam capaian pembangunan daerah disegala bidang dibawah kepemimpinan Bupati Depri Pontoh dan Wabup Amin Lasena telah kita lihat langsung telah membawa kemajuan dimana-mana dan dirasakan bersama bagi masyarakat Bolmut dan masyarakat Gorut, karena lintas distribusi arus barang dan jasa kedua daerah semakin meningkat.

"Kita saling bersinergi dalam mewujudkan visa dan misi kedua daerah perbatasan ini, termasuk menjaga komoditas unggulan jagung dan kelapa tetap stabil dalam pemasarannya. Peningkatan kesejahteraan nelayan dan petani nyata dalam kehidupan hariannya. Komunikasi telah kita bangun bersama dengan Forkompinda kedua daerah selama pandemi covid-19 di perbatasan dan berlangsung tertib, aman, terkendali," ujar Bupati Gorut. (/Gandhi Goma).

Bolaang Mongondow Utara

Bolmut Tampil Sebagai Daerah Demokrasi Stabil Dan Relatif Mapan Di Sulut

Bolmut Tampil Sebagai Daerah Demokrasi Stabil Dan...

Dirgahayu Kabupaten Bolmut Ke-14 Tahun 2021. Boroko, Sulutnews.com - Kabupaten Bolaang Mongondow Uta...

Apel Perdana ASN Bolmut Pasca Idul Fitri 1442 H

Apel Perdana ASN Bolmut Pasca Idul Fitri 1442 H

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh Pimpin Apel Perdana Aparatur Sipil Negara...

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Kabupaten Bolmut Berlangsung Tertib

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di K...

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh melaksanakan sholat Ied...

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Bolmut, sulutnews.com - (09/05/2021) Sekretaris daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR...