Jangan Mudik !!! Covid-19 Belum Berakhir

Written by  Gandhi Goma May 06, 2021

Gubernur Sulut Dan Gubernur Gorontalo Bertemu Diperbatasan Kedua Provinsi

Bolmut, Sulutnews.com - Pos Penyekatan Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1442 H, Tahun 2021 Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Pinagaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berbatasan dengan Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menjadi ajang pertemuan kunjungan kerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie serta Forkopimda kedua provinsi. Kamis(06/05/2022).

Kunjungan kerja kedua Gubernur ini dalam rangka menerapkan aturan Pemerintah telah secara resmi melarang mudik Lebaran 2021 selama 6 Mei 2021 atau pekan depan hingga 17 Mei 2021.

Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona, yang kasusnya umum naik saat libur panjang.

Adapun, larangan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Larangan ini berlaku bagi semua masyarakat yang melakukan perjalanan antar kota/kabupaten, provinsi, maupun negara, baik yang menggunakan transportasi darat, kereta api, laut, maupun udara.

“Saya kira apa yang kita lihat di dua posko pengamanan ini, sudah berjalan dengan baik. Berbeda dengan tahun lalu waktu kita melakukan pembatasan, terjadi kemacetan yang sangat panjang. Saya kira ini koordinasi yang baik antar provinsi sehingga berjalan sesuai dengan harapan dari pemerintah,” ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melihat kepatuhan masyarakat sekarang terhadap larangan mudik, berarti koordinasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Melihat kebelakang, saat itu hanya Provinsi Gorontalo yang melakukan PSBB, kemacetan panjang terjadi disekitar wilayah perbatasan.

 “Hari ini saya dengan pak Gubernur Sulut hadir di sini lengkap dengan forkopimda masing-masing. Terpantau tidak ada mobil yang berusaha keluar masuk di dua wilayah ini.

Keduanya berharap situasi kondusif di semua titik perbatasan bisa berlangsung hingga tanggal 17 Mei. Masyarakat diminta tidak memaksakan diri untuk mudik kecuali yang dibolehkan sesuai ketentuan.

Dalam keterangan pers Bupati Kabupaten Bolmut Depri Pontoh menyampaikan ada orang-orang yang dikecualikan, meski pemerintah tegas melarangnya, namun larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 ini memiliki pengecualian.

Larangan dikecualikan bagi kelompok masyarakat tertentu baik yang memiliki tugas atau kepentingan mendesak.

Mereka adalah: Kendaraan distribusi logistik, Kelompok masyarakat dengan keperluan perjalanan nonmudik yakni bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi 1 orang dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang.

Ditambahkan  Kabid Yankes dan Farmalkes Dinas Kesehatan Bolmut Sofian Mokoginta, SKM menyatakan; pelaku perjalanan yang dikecualikan tersebut akan diperiksa kelengkapan dokumen berupa print out surat izin perjalanan/SIKM juga hasil tes Covid-19 (RT-PCR/rapid test antigen/GeNose C19) di pintu kedatangan atau pos kontrol yang ada di rest area, perbatasan kota besar, titik pengecekan, dan titik penyekatan daerah aglomerasi. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Bolmut Tampil Sebagai Daerah Demokrasi Stabil Dan Relatif Mapan Di Sulut

Bolmut Tampil Sebagai Daerah Demokrasi Stabil Dan...

Dirgahayu Kabupaten Bolmut Ke-14 Tahun 2021. Boroko, Sulutnews.com - Kabupaten Bolaang Mongondow Uta...

Apel Perdana ASN Bolmut Pasca Idul Fitri 1442 H

Apel Perdana ASN Bolmut Pasca Idul Fitri 1442 H

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh Pimpin Apel Perdana Aparatur Sipil Negara...

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Kabupaten Bolmut Berlangsung Tertib

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di K...

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh melaksanakan sholat Ied...

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Bolmut, sulutnews.com - (09/05/2021) Sekretaris daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR...