Memasuki Masa Pensiun Sekprov Sulut Edwin Silangen, Siapa Bakal Penggantinya ?

Written by  Gandhi Goma Mar 26, 2021

Bolmut, Sulutnews.com - Tujuan reformasi birokrasi adalah untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara. Jumat (26/03/2021).

Ada sejumlah nama birokrat senior mulai mencuat bakal mengisi jabatan birokrasi di Pemerintah Provinsi Sulut, termasuk didalamnya Sekda Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr. Drs. Asripan Nani, MSc, Sekda Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, S.IP, MM.

Lalu bagaimana peluang para birokrat lain, termasuk dari wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) juga sebelumnya sempat digadang bakal dipercaya kursi Sekprov.

Menurut pengamat sosial politik dan juga sebagai Ketua  Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow Raya (BMR) Drs. Jemmy Lantong dalam awal seleksi bakal Sekprov Sulut nanti terpilih akan menyandang predikat Panglima Birokrasi.

Birokrasi akan menentukan apakah visi misi kepala daerah akan tercapai atau tidak.

"Sehingga syarat menjadi Sekprov itu adalah mereka yang benar-benar punya pengalaman panjang sebagai birokrat," katanya

Lebih lanjut, meski memang syarat normatifnya adalah minimal menjabat dua kali dalam dua jabatan eselon II, Namun pengalaman kepemimpinan dan manajerial telah teruji dalam penilaian publik tetap menjadi prioritas.

Profil karier Sekda Bolmut Asripan Nani sebagai seorang mantan aktifis Ketua KNPI Bolmong, juga sebagai birokrat telah teruji sejak diangkat jadi CPNS sebagai di Kantor BKBN Bolmong, meniti karier dengan Herson Mayulu yang saat ini sebagai wakil rakyat kita di DPR-RI. Demikian juga pejabat karier Sekda Bolmong Tahlis Gallang sebagai Camat Lolak Bolmong.

Menurut tokoh adat BMR ini tugas sekprov bukan hanya memastikan birokrasi bekerja dengan baik, tetapi juga untuk memastikan apakah program kerja pemerintah daerah linier dengan program Pemerintah Pusat.

Jadi intinya jabatan Sekprov ini bukan jabatan politis atau karena pertimbangan daerah, tetapi memang mengikuti aturan dan kriteria ASN untuk menduduki jabatan tersebut untuk perimbangan pemerintah daerah di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Ketua Aliansi Adat Bolmut Kamarudin Babay mengharapkan sejak Kabupaten Bolmut menjadi daerah otonomi tahun 2007, keterwakilan karier birokrat di Kantor Gubernur Sulut belum ada, jika Sekda  Asripan Nani menjadi calon Sekprov Sulut secara pribadi saya setuju.

"Asripan Nani itu pintar dalam manajemen birokrasi kepemerintahan," ujar Babay.

 

Politisi muda dari wakil rakyat DPRD Bolmut Husen Suit Pontoh tentang Sekda Bolmut sebagai calon Sekprov Sulut menyatakan pendapatnya melalui WA;

"Sangat mendukung.

Terpenting langsung job Sekprov Sulut.

Karena beliau (DR. Drs. Hi. Asripan Nani, Msi), adalah calon tunggal papan satu dari Bolangitang bersatu pada Pilkada Bolmut 2024 nanti."

Wakil Bupati Bolmut Drs. Amin Lasena, MAP ketika diminta pendapat melalui WA;

"No coment  saya, karena domainnya Pemerintah Provinsi, terutama Pak Gub OD." (/Gandhi Goma).

Last modified on Friday, 26 March 2021 12:19

Bolaang Mongondow Utara

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Kabupaten Bolmut Berlangsung Tertib

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di K...

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh melaksanakan sholat Ied...

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Bolmut, sulutnews.com - (09/05/2021) Sekretaris daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR...

Jangan Mudik !!! Covid-19 Belum Berakhir

Jangan Mudik !!! Covid-19 Belum Berakhir

Gubernur Sulut Dan Gubernur Gorontalo Bertemu Diperbatasan Kedua Provinsi Bolmut, Sulutnews.com - Po...

Sekda Bolmut Asripan Nani Buka Puasa Bersama KAHMI Bolmut Sekaligus Lounching Buku MEMORI KPMIBU

Sekda Bolmut Asripan Nani Buka Puasa Bersama KAHMI...

Bolmut, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, menghadiri buka pu...