Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh melaksanakan sholat Ied 1442 H  bertempat di kediaman Bupati Bolmut, Sedangkan Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, dan Sekda Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, melaksanakan sholat Ied di Masjid Agung Baiturrahman Boroko. Kamis (13/05/2021).

Bertindak sebagai petugas Sholat Idul Fitri di kediaman Bupati Bolmut adalah:

  1. Abdul Amir Kotong, S.Pd.I (Khotib)
  2. Basir Bindjanati, S.Pd.I (Imam)
  3. Irfan Bagong, S.Pd.I (Bilal)

Sedangkan yang bertindak sebagai petugas Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baitulrrahman Boroko adalah:

  1. Ustd Mahmud Daud, Lc (Khotib)
  2. Sahrin Harundja (Imam)
  3. Amir Lauma (Bilal)

Draft materi khotbah sholat Id setiap masjid Kabupaten Bolmut sama isi khotbahnya tentang rasa syukur umat Islam telah melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 dan telah kembali fitrah (suci) kembali sesuai amalan serta niat berpuasa bukan hanya lapar dan dahaga, tetapi dapat mengendalikan maksiat batin. Karena 'berpuasa' hanya kita sendiri menyaksikan apa yang dilarang dalam membatalkan puasa sebelum penuh serta menunaikan kewajiban zakat fitrah.

Diingatkan kembali bencana kesehatan Covid-19 belum berakhir. Seluruh musibah ini karena sebab akibat ulah manusia, namun kita yakin Allah SWT tidak akan menguji umat-Nya melampaui batas kemampuan manusia. Tetap menjaga standar protokoler kesehatan.

Terlihat beberapa personil Polres Bolmut dan anggota Koramil Kaidipang membagikan masker Covid-19 di halaman masjid Agung Baiturrahman Boroko, sesuai standar himbauan Menteri Agama dalam shalat berjamaah menggunakan masker. (/Gandhi Goma).

Bolmut, sulutnews.com - (09/05/2021) Sekretaris daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si melaksanakan kegiatan monunjulo lambu atau malam pasang lampu di Desa Tomoagu, Kecamatan Bolangitang Barat.

Tradisi monunjulo lambu dilaksanakan rutin setiap tahun, yang ditandai dengan pemasangan lampu oleh Sekda Bolmut.

Mononjulo lambu dilaksanakan serentak oleh masyarakat Bolmut, tepat di malam ke-27 Ramadan atau 3 hari menjelang perayaan 1 Syawal atau Hari Raya Idul fitri. Lampu botol hingga lampu hias menerangi depan rumah hingga jalan.

Sekda berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, akan memperkuat tali silaturahmi dan kebersamaan masyarakat dalam membangun Bolmut menjadi lebih sejahtera. (Muh.Alghifari)

Gubernur Sulut Dan Gubernur Gorontalo Bertemu Diperbatasan Kedua Provinsi

Bolmut, Sulutnews.com - Pos Penyekatan Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1442 H, Tahun 2021 Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Pinagaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berbatasan dengan Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menjadi ajang pertemuan kunjungan kerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie serta Forkopimda kedua provinsi. Kamis(06/05/2022).

Kunjungan kerja kedua Gubernur ini dalam rangka menerapkan aturan Pemerintah telah secara resmi melarang mudik Lebaran 2021 selama 6 Mei 2021 atau pekan depan hingga 17 Mei 2021.

Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona, yang kasusnya umum naik saat libur panjang.

Adapun, larangan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Larangan ini berlaku bagi semua masyarakat yang melakukan perjalanan antar kota/kabupaten, provinsi, maupun negara, baik yang menggunakan transportasi darat, kereta api, laut, maupun udara.

“Saya kira apa yang kita lihat di dua posko pengamanan ini, sudah berjalan dengan baik. Berbeda dengan tahun lalu waktu kita melakukan pembatasan, terjadi kemacetan yang sangat panjang. Saya kira ini koordinasi yang baik antar provinsi sehingga berjalan sesuai dengan harapan dari pemerintah,” ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melihat kepatuhan masyarakat sekarang terhadap larangan mudik, berarti koordinasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Melihat kebelakang, saat itu hanya Provinsi Gorontalo yang melakukan PSBB, kemacetan panjang terjadi disekitar wilayah perbatasan.

 “Hari ini saya dengan pak Gubernur Sulut hadir di sini lengkap dengan forkopimda masing-masing. Terpantau tidak ada mobil yang berusaha keluar masuk di dua wilayah ini.

Keduanya berharap situasi kondusif di semua titik perbatasan bisa berlangsung hingga tanggal 17 Mei. Masyarakat diminta tidak memaksakan diri untuk mudik kecuali yang dibolehkan sesuai ketentuan.

Dalam keterangan pers Bupati Kabupaten Bolmut Depri Pontoh menyampaikan ada orang-orang yang dikecualikan, meski pemerintah tegas melarangnya, namun larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 ini memiliki pengecualian.

Larangan dikecualikan bagi kelompok masyarakat tertentu baik yang memiliki tugas atau kepentingan mendesak.

Mereka adalah: Kendaraan distribusi logistik, Kelompok masyarakat dengan keperluan perjalanan nonmudik yakni bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi 1 orang dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 orang.

Ditambahkan  Kabid Yankes dan Farmalkes Dinas Kesehatan Bolmut Sofian Mokoginta, SKM menyatakan; pelaku perjalanan yang dikecualikan tersebut akan diperiksa kelengkapan dokumen berupa print out surat izin perjalanan/SIKM juga hasil tes Covid-19 (RT-PCR/rapid test antigen/GeNose C19) di pintu kedatangan atau pos kontrol yang ada di rest area, perbatasan kota besar, titik pengecekan, dan titik penyekatan daerah aglomerasi. (/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com -  Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, menghadiri buka puasa bersama Majelis Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sekaligus lounching buku "MEMORI KPMIBU" dan dialog dengan Tema "Membangun Ukhuwah Menuju Insan Cita" yang bertempat di RM Laviesta Fesa Kuala Utara Kecamatan Kaidipang. Kamis (29/04/2021)

Dalam Sambutan Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, dikutip dari Prokopim Bolmut telah menyampaikan peran KAHMI dalam pembangunan tidak perlu diragukan lagi, para alumni HMI telah banyak berbuat untuk kemajuan Bangsa Indonesia, dimana pun alumni HMI berkarier, baik dalam partai politik, pemerintahan, maupun organisasi sosial apa pun. Alumuni HMI dituntut untuk bisa menjadi pengawal kemajuan dan penjaga NKRI dalam kesatuan nilai islami.

"KAHMI harus tampil sebagai garda terdepan menjadi perekat solidaritas dan sinergitas bangsa, sehingga yang dibutuhkan adalah adanya kesamaan langkah, semangat, soliditas dan sinergi yang kuat antar anggota KAHMI." Ujar Asripan Nani.

Disampaikan dialog yang bertemakan "Membangun Ukhuwah Menuju Insan Cita" dirinya perpesan kepada seluruh anggota KAHMI dan HMI untuk dapat bersinergi dan memberi warna bagi pembangunan ukhuwah di Kabupaten Bolmut. Kebersamaan dengan pemerintah daerah memecahkan berbagai tantangan dan permasalahan, dengab selalu bijak dan terus menjaga semangat dan motovasi untuk bekerja keras dan memajukan daerah yang sama sama kita cintai.

Menjadi harapan kita bersama, bahwa dialog ini, akan menjadi media yang efektif untuk terus menerus membantu kebersamaan, tali silaturahmi dan memperkuat pondasi kerukunan di Kabupaten Bolmut hidup rukun dan damai akan membawa daerah ini menggapai cita cita luhurnya yaitu mewujudkan Bolmut yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Ketua KAHMI Bolmut Dr. Arter Datunsolang, M.Si mengingatkan kembali pesan moral Presiden Jokowi minta KAHMI terus berkontribusi dalam pembangunan pada saat  membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) pada Jumat (15/1).

Kegiatan bertema Konsolidasi Keumatan Mewujudkan Nasionalisme Indonesia Yang Adil dan Beradab itu digelar secara virtual.

Dalam sambutanya, Jokowi meminta anggota KAHMI untuk ikut berkontribusi membangun kemajuan bangsa, memperteguh keislaman dan keindonesiaan yang saling melengkapi.

'Program kerja saya dalam kepengurusan KAHMI Bolmut mendata kembali keanggotaan KAHMI yang terlewatkan, dan hal ini mempererat kembali silaturahmi pada saat aktifitas di HMI." Ungkap Arter Datunsolang.

 

Turut Hadir Staf Khusus Bupati Bolmut Christofel Buhang, Kaban Bapelitbang Bolmut, Kepala Dinas Pariwisata, Kakan Kesbangpol, serta Pengurus Majelis Daerah Kahmi Bolmut. (/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com -  Operasi ini telah digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 12 sampai dengan 25 April 2021, dengan sasaran operasi adalah masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas serta masyarakat yang belum memahami tentang larangan mudik Lebaran tahun 2021.

Namun operasi keselamatan Samrat 2021 ini telah berdampak celakanya seorang pelajar wanita menghindar dari petugas Satlantas Bolmut jatuh dari motor, pingsan, serta dari mulutnya memuntahkan darah. Senin (19/04/2020)

Menurut saksi mata Ibu Imbong, pelajar wanita ini putrinya Suto Pontoh dari Desa Iyok, terlihat dengan gugup mengendarai Yamaha metiknya ingin menghindar dari pemeriksaan petugas satlantas, dan masuk pekarangan rumah makan saya, tergelincir dan jatuh ke tumpukan batu.

"Kita melihat operasi pemeriksaan surat kendaraan, perlengkapan kendaraan helm, serta masker covid-19 ini sejak pagi dilaksanakan sangat ketat. Banyak kendaraan berjejer dihentikan tapi petugasnya terbatas." Ujarnya.

Ditambahkannya, terlihat ada pengendara sepeda motor membonceng seorang ibu berjilbab mengendong anaknya tidak memakai helm, setelah diperiksa surat kendaraan, SIM sudah lengkap; ditanya petugas, apalagi kesalahan bapak ? Tidak tahu pak ! Itu isteri bapak yang membonceng tidak memakai helm, segera turun  dari sepeda motor motor, dorong motornya sampai lewat jembatan Langi, sambil menggendong anaknya berjalan kaki sampai tidak terlihat petugas. Suaminya protes, tilang saja sesuai aturan, anda mendidik masyarakat tidak manusiawi, bulan ramadhan kalian hukum pelanggar lalu lintas dengan berjalan kaki, tapi petugasnya balik belakang tidak peduli dan beralih memeriksa kendaraan lainnya... ungkap Ibu Imbong.

Disisi lain, terlihat petugas polisi Sabhara terlihat lebih galak, lalu-lalang memberhentikan kendaraan dengan suara lantang mirip ada teroris yang akan ditangkap. Terlihat dari jauh pengguna kendaraan dan para pelajar menggunakan sepeda motor tanpa helm lagi cemas; ada apa yang terjadi di trans Sulawesi Desa Sonuo dengan sikap galak para petugas kepolisian ini...

Ketika dikonfirmasi ke Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH, SIK,  Sasaran Operasi Keselamatan Samrat 2021 Polda Sulut ini, petugas akan melakukan kegiatan-kegiatan diantaranya, melakukan deteksi dini serta pemetaan terhadap lokasi dan kegiatan yang dapat menimbulkan pelanggaran lalu lintas dan pelanggaran protokol kesehatan.

"Selain itu juga melakukan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat serta melaksanakan publikasi tertib berlalu lintas dan pentingnya protokol kesehatan melalui media massa serta media sosial."

Kasatlantas Polres Bolmut, AKP Haris Mokodompit dalam menjalankan operasi keselamatan ini sering berbenturan dengan kepentingan masyarakat pengguna kendaraan bermotor namun kita jalankan aturan yang sudah ditetapkan. Jika ada petugas saya yang tidak berkenan menjalankan tugas sesuai standar operasional prosedur, tolong sampaikan ke saya. Korban kepanikan dari pelajar wanita ini telah kita bawah berobat ke RSUD Bolmut dan dikawal dari Satlantas Sumartono. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Kebanggaan tersendiri bagi pemuda di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Mantan Ketua DPD KNPI Bolmut ini masuk dalam susunan dan personalia Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Utara Periode 2020-2024, dia adalah RUSMIN NUR MOKODOMPIS. Dilantik oleh Ketua Umum KNPI Pusat Noer Fajriensyah kemarin di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut. Jumat (09/04/2021).

Ketua Umum KNPI Pusat Noer Fajrieansyah secara langsung melantik Pengurus DPD KNPI Prov. Sulut dengan terlebih dahulu membacakan Ikrar Pelantikan, lalu menyerahkan secara langsung Petaka kepada Ketua DPD KNPI Provinsi Sulawesi Utara Rio Dondokambey dilanjutkan dengan melakukan penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Diketahui, Pengurus DPD KNPI Sulut yang baru dilantik merupakan hasil Musyawarah Daerah KNPI Sulut yang diselenggarakan pada Akhir 2019 lalu, dengan susunan pengurus inti yaitu Ketua Rio AJ Dondokambey, Sekretaris Arie S Mokodompit, Bendahara Erlando G Silangen.

Wakil Gubernur Steven Kandouw mengatakan bahwa KNPI Sulut yang diketuai oleh Rio Dondokambey secara ideologis dan subtansial merupakan tempat menjadikan kader-kader pemimpin bangsa.

Ketua OKK DPP KNPI Zeiko Odang membacakan Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Nomor 022/A/DPPKNPI/8/2020 tentang Pengesahan Komposisi dan Personalia Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dan Majelis Pemuda Indonesia KNPI Provinsi Sulawesi Utara Periode 2020-2023. (Pdf terlampir.

Rusmin Nur Mokodompis Dalam jabatannya sebagai Wakil Sekretaris DPD KNPI Provinsi Sulawesi Utara di Bidang Pertanian dan Peternakan ketika dihubungi melalui WhatsApp. Senin (12/04/2021)

"Saya mengucapkan terimakasih dan rasa bangga atas kepercayan masuk dalam struktur DPD KNPI Provinsi Sulut," ujarnya.

Juga berharap agar kedepan bisa mengemban amanah dalam menjalankan tugas dan bekerja maksimal demi lembaga agar lebih baik lagi.

Rusmin Nur Mokodompis Satu satunya mewakili pemuda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam pelaksanaan kepemimpinan dan manajerial nanti akan mebantu sepenuhnya melaksanakan Program kerja DPD KNPI Sulut yang di ketuai langsung oleh Rio Dondokambey. (/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Penetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M,Si bersama Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut mendengarkan pidato resmi Menteri Agama RI melalui siaran televisi usai Sholat Isa berjamaah yang bertempat di Masjid Agung Baiturrahman Boroko. Senin, (12/04/2021)

Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H/2021 M jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021. Penetapan ini berdasarkan sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama RI.

Menindaklanjuti hal tersebut, dalam arahannya Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan selamat menunaikan ibadah di Bulan Suci Ramadhan kepada Umat Muslim di Kabupaten Bolmut.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) merilis Fatwa Nomor 24 tahun 2021, yang mengatur pedoman beribadah di Bulan Ramadan 1442 Hijriah, yang diselenggarakan di tengah Pandemi Covid-19. Dalam pedoman itu, MUI menekankan pentingnya berdisiplin protokol kesehatan selama menjalankan ibadah, khususnya saat ibadah berjamaah.

Dilansir dari Tempo.co, Edisi Senin (12/04/2021) Penerapan physical distancing (menjaga jarak) saat shalat jamaah dengan cara merenggangkan saf hukumnya boleh, shalatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjamaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar’iyyah," ujar Komisi Fatwa MUI dalam keterangan tertulis,

Selain itu, MUI juga menegaskan bahwa penggunaan masker yang menutup mulut dan hidung saat shalat hukumnya boleh dan shalatnya sah. Selain itu, mereka juga mengatakan orang islam yang terpapar Covid-19, boleh tidak berpuasa jika dinilai akan memperparah kondisinya. Mereka diharuskan mengganti puasa mereka di saat telah sembuh.

Adapun terkait aturan pelaksanaan salat fardhu, tarawih, witir, tadarus, qiyamullail, dan i'tikaf, juga ikut diatur MUI. Untuk salat berjamaah, MUI menghimbau dilakukan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Umat Islam yang terpapar Covid-19 atau yang dalam kondisi sakit yang rentan terpapar Covid-19 diwajibkan melaksanakan ibadah Ramadan di rumah," kata MUI.

Sedangkan untuk pelaksanaan Zakat Fitriah, Zakat Mal, Fidyah, dan Shadaqah, MUI menyatakan oleh menunaikan Zakat fitrah dan menyalurkannya sejak awal Ramadan tanpa harus menunggu malam idul fitri.

Adapun kegiatan pembayaran, pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat fitrah, zakat mal, fidyah dan shadaqah, diatur MUI harus menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, juga harus menghindari terjadinya kerumunan massa, tidak menyebabkan antrian panjang yang menimbulkan mudarat.

"Serta memprioritaskan distribusi bagi mustahiq yang terdampak Covid-19, baik langsung maupun tidak langsung," kata MUI.

Untuk pelaksanaan takbiran, disebut bisa dilakukan di mana pun berada dan bisa dilakukan bersama-sama ataupun sendiri. MUI juga meminta Pemerintah untuk memfasilitasi pelaksanaan takbir akbar yang berpusat di Masjid atau tempat terbuka lainnya, dengan protokol kesehatan dan disiarkan melalui media digital agar dapat diikuti oleh seluruh umat Islam.

"Umat Islam dianjurkan mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT," kata MUI.

Adapun untuk Salat Ied, MUI mengatakan penerapannya bisa dilakukan secara berjamaah, namun dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelaksanaan silaturrahim pun tetap boleh dilakukan melalui media virtual atau secara langsung seperti berkunjung ke sanak keluarga dan tetangga. "Juga halal bihalal di tempat kerja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti kebijakan Pemerintah," kata MUI. (/Gandhi Goma)

Boroko, Sulutnews.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulut Aang Wardiman, Ak.CA dalam rapat terbatas dengan wartawan di ruang kantornya menyampaikan pemberitahuan sesuai hasil penilaian tim verifikasi terhadap setiap perusahaan yang dapat melakukan kerjasama dengan Pemkab Bolmut/Dinas/Badan dalam diseminasi informasi melalui media cetak/media siber. Senin (05/04/2021).

Selanjutnya dalam proses pembuatan perjanjian kerjasama, setiap perusahaan media segera melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan menghubungi saudara

Kabid Kominfo Bolmut Adler TH Manginsoa dan Kasi Penyiaran, Komunikasi dan Multimedia Kominfo Bolmut Syaiful Djenaan.

Pemberitahuan hasil verifikasi berdasarkan Peraturan Bupati Bolmut Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Publikasi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Melalui Media Masa.

Dengan pertimbangan  sebagai upaya diseminasi informasi public Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, antara lain perlu dilakukan kerja sama publikasi dengan media massa dan menetapkan standar penilaian yang menentukan teknis pelaksanaan kerja sama publikasi.

Mengingat payung hukumnya:

  1. Undang-Undang Ndmor 40 Tahun 1999 tentang Pers (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 166, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3887);
  2. Undang-Undang. Nomor 10 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara di Provinsi Sulawesi Utara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 12, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4686) ;
  3. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4846) ;
  4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 245, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6573);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Keija Sama Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 97, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6219);
  6. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Hubungan Media di Lingkungan Instansi Pemerintah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 337);

Dalam Lampiran 1 Perbup Bolmut Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Publikasi Melalui Media Masa Pers, yaitu :

MEDIA CETAK

  1. Memiliki badan hukum sebagai perusahaan pers. Bergerak dibidang usaha Media Pers dan tidak dicampur dengan usaha lain (sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Surat Edaran Dewan Pers Nomor 1/SE-DP/I/2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Yayasan atau Koperasi.
  2. Kelengkapan dokumen administrasi perasahaan atau penerbit yaitu:
    1. Mengisi daftar isian perusahaan media cetak;
    2. Akta pendirian dan perubahan terakhir perusahaan;
    3. Bukti pengesahan dari Kemenkumham;
    4. Surat Izin Berusaha (NIB) KBLI 58130;
    5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan;
    6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan;
    7. SPT Tahun Terakhir Perusahaan;
    8. Referensi Bank yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah; dan
    9. Profil Perusahaan Pers.
  3. Surat Pernyataan Jumlah oplah harian persekali terbit/oplah (harian, mingguan atau bulanan);
  4. Surat pernyataan dari Pimpinan Redaksi/Pimpinan Perasahaan yang menyatakan bahwa selama 3 (tiga) bulan terakhir media/koran tidak pemah putus dalam penerbitannya;
  5. Surat Pernyataan Jumlah Oplah persekali terbit/oplah (harian, mingguan atau bulanan); dan
  6. Menunjukkan bukti asli/atau yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.

MEDIA SIBER

  1. Memiliki badan hukum sebagai perusahaan pers. Bergerak di bidang usaha Media Pers dan tidak dicampur dengan usaha lain (sesuai dengan Uijidang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Surat Edaran Dewan Pers Nomor l/SE-DP/I/2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT) Yayasan atau Koperasi.
  2. Kelengkapan dokumen administrasi perusahaan atau penerbit.
    1. Nomor Induk Berusaha (NIB) KBLI 63122;
    2. Email perusahaan; Alamat website;
    3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan;
    4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
    5. SPT Tahun Terakhir Perusahaan;
    6. Referensi Bank yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah; dan
    7. Profil Perusahaan Pers.

MEDIA ELEKTRONIK

  1. Memiliki izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP Tetap);
  2. Kelengkapan/Dokumen administrasi perusahaan, yaitu :
    1. Mengisi daftar isian perusahaan media;
    2. Email Perusahaan;
    3. Akta pendirian dan perubahan terakhir perusahaan;
    4. Nomor Induk Berusaha (NIB);
    5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan;
    6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan;
    7. SPT Tahun Terakhir Perusahaan;
    8. Referensi Bank yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah;
    9. Profil Perusahaan Pers.
  3. Khusus Media Televisi, tayangan harus dapat diakses oleh masyarakat melalui media televisi (bukan televisi streaming).
    1. Nomor Induk Berusaha (NIB) KBLI 63122;
    2. Email perusahaan;
    3. Alamat website;
    4. Surat Keterangan Domisili Perusahaan;
    5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan;
    6. SPT Tahun Terakhir Perusahaan;
    7. Referensi Bank yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah; dan
    8. Profil Perusahaan Pers

Ditempat terpisah, Kasi Penyiaran, Komunikasi dan Multimedia Kominfo Bolmut Syaiful Djenaan memberikan keterangan tentang media siber Sulutnews.com dengan perusahaan pers PT Sulut Media Cyber sesuai hasil penilaian Tim Verifikasi memperoleh 112 poin sehingga berada dalam katagori Tiger I (satu). (/Gandhi Goma).

Gorontalo, Sulutnews.com - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Jacomina H. J. Mamuaja, S.Pd, dengan resmi menutup rangkaian kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun 2022 dan Perubahan Rencana Strategis (P-Renstra) Tahun 2018-2023, sekaligus pengimputan kedalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang berlangsung, selama tiga hari bertempat di Ball Rom Hotel Aston Kota Gorontalo dan di ikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Minggu (04/04/2021)

Dilansir dari Prokopim, Asisten II dalam sambutanya menyampaikan Workshop yang dilaksanakan ini sangat penting dan strategis dalam menyusun perencanaan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

pemerintah Daerah memberikan apreseasi kepada narasumber Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang hadir dan telah memberikan ilmunya tentang tata cara penyusunan Renja dan Perubahan Renstra, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sekaligus pengimputan kedalam SIPD.

Diakhir sambutannya berharap agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya mampu mengimplementasikan ketrampilan dan kemampuan yang telah diterima, khususnya dalam menyusun renstra, renstra dan pengimputan SIPD di setiap OPD masing-masing.

Di tempat terpisah, Kepala Bapelitbang Kabupaten Bolmut Nazaruddin Maloho menjawab Surat Edaran dari Menpan RB Nomor 07 Tahun 2021 tentang Pembatasan Bepergian Keluar Daerah Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Peringatan Wafat Isa Almasih Tahun 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19, tertanggal 31 Maret di dalam Poin 1, 2 dan 3 itu sudah jelas melarang kegiatan apapun yang akan dilakukan oleh penyelenggara pemerintah daerah. Senin (05/04/2021)

"Program workshop ini sudah terlanjur diagendakan bersamaan terbitnya Surat Edaran dari Menpan RB ini. Pertama, kami melaksanakan kegiatan tersebut ke Gorontalo, karena mengejar pemateri dari Mendagri, yang kebetulan pada saat itu mereka ada di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo."

Dikatakannya, bahwa pada kegiatan itu peserta dari masing-masing SKPD pun telah dibatasi, yakni 1 pimpinan daerah dan 1 bagian program pelaporan (Prolap). (/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR-RI menekankan bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST) yang telah menjadi instrumen penting memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 tak akan diperpanjang hingga terakhir April 2021.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (31/03/2021).

Dilansir dari Merdeka.com, Risma juga mengatakan salah satu alasan tak akan memperpanjang BST adalah karena situasi pandemi di Indonesia telah bergerak ke skala mikro. Sehingga masyarakat seharusnya kini telah dapat beraktivitas kembali, dengan harapan situasi pergerakan perekonomian di Indonesia sudah mulai normal.

"Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk BPNT (bantuan pangan non-tunai)," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Sehingga, ujar dia, masyarakat yang membutuhkan pertolongan, nantinya mendapatkan bantuan sosial BPNT senilai Rp200.000.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Aksesibilitas Sosial Sonny W Manalu mengatakan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial hanya disiapkan sampai April 2021.

Dana sebesar total Rp12 triliun disalurkan setiap bulan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (PKM) selama empat bulan, sejak awal Tahun 2021.

Per-PKM menerima bantuan tunai sebesar Rp300.000 setiap bulannya sampai April 2021. Penyaluran BST dilakukan oleh PT Pos Indonesia. (/Gandhi Goma)

Bolaang Mongondow Utara

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Kabupaten Bolmut Berlangsung Tertib

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di K...

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh melaksanakan sholat Ied...

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Tradisi Malam Pasang Lampu (Monunjulo Lambu)

Bolmut, sulutnews.com - (09/05/2021) Sekretaris daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR...

Jangan Mudik !!! Covid-19 Belum Berakhir

Jangan Mudik !!! Covid-19 Belum Berakhir

Gubernur Sulut Dan Gubernur Gorontalo Bertemu Diperbatasan Kedua Provinsi Bolmut, Sulutnews.com - Po...

Sekda Bolmut Asripan Nani Buka Puasa Bersama KAHMI Bolmut Sekaligus Lounching Buku MEMORI KPMIBU

Sekda Bolmut Asripan Nani Buka Puasa Bersama KAHMI...

Bolmut, Sulutnews.com - Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, menghadiri buka pu...