SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Wali Kota Ir. Hj. Tatong Bara mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi kepada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Katolik Theodorus Kotamobagu atas capaian prestasinya sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021, Senin (17/1/2022), di Aula Rumash Dinas Wali Kota.

Menurut Wali Kota, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat merasa bangga dan bersyukur atas torehan prestasi yang berhasil diraih SMP Katolik Theodorus.

Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala SMP Katolik Theodorus, Suster Herlina Helena Simanjorang, OSU., S.Pd., yang telah mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan dedikasi terbaik bagi sekolah ini. wali kota juga mengucapkan banyak selamat karena SMP Katolik Theodorus telah memberikan kontribusi besar sehingga nama Kota Kotamobagu bisa bergaung kembali di tingkat nasional. Capaian ini menurut wali kota dengan sendirinya juga telah membuktikan bahwa sekolah ini benar-benar adalah sekolah unggulan di Kota Kotamobagu.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, secara resmi menyerahkan bangunan gedung eks Kantor Bupati Bolaang Mongondow untuk dipinjam pakai oleh Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) dalam proses perkuliahan, Senin (17/1), di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

Penyerahan bangunan yang terletak di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur ini diterima langsung Ketua Yayasan Pendidikan Mandiri Kotamobagu, Prof. Dr. Umar Paputungan, M.Si., sebagai yayasan yang menaungi universitas kebanggaan masyarakat Bolmong Raya ini.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan UDK menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah daerah. Keberadaan dan kelangsung UDK merupakan tanggung jawab kita semua, dan membutuhkan kerjasama berbagai pihak. Pemerintah Kota Kotamobagu berkomitmen penuh dalam pengembangan dunia pendidikan di daerah ini, termasuk mendukung pengembangan UDK sebagai satu-satunya universitas di Bolmong Raya.

Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak civitas akademika UDK atas komitmen serta semangatnya dalam mengurus UDK. Kalau tidak ada komitmen yang kuat, maka hal ini tidak akan berjalan sebagaimana diharapkan.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Mandiri Kotamobagu, Prof. Dr. Umar Paputungan, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu atas perhatian dan komitmennya yang besar terhadap keberadaan dan kelangsungan UDK serta dunia pendidikan pada umumnya di Kotamobagu.

Menurut Prof Umar, selain Masjid Agung Baiktul Makmur (MABM) yang sudah menjadi Ikon di Kota Kotamobagu, bangunan gedung UDK yang dipinjam pakaikan oleh Pemerintah Daerah untuk proses perkuliahan juga bisa menjadi salah satu ikon di daerah ini terutama dunia pendidikannya. Ini akan menjadi penyemangat bagi anak-anak kita di daerah ini untuk melanjutkan kuliah di Kotamobagu tanpa harus ke luar daerah lagi, karena UDK sudah memiliki gedung perkuliahan yang memadai.

Prof umar juga berharap perhatian besar walikota dalam pengembangan dunia pendidkan di daerah ini, secara langsung akan menaikkan indeks pembangunan manusia Kotamobagu ke depannya.(*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Jumat (14/1/ 2022) Menyambut  kunjungan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Cicilia Evie Denny Djoike Tuejeh dan rombongan, di rumah dinas Wali kota Kotamobagu.

-Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, saat sambut kunjungan Pangdam XIII/Merdeka, mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih, atas keringanan langkah rombongan ke daerah yang dipimpinnya tersebut.

 

“Mewakili pemerintah daerah dan atas nama seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Raya, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kerja sekaligus silaturahmi Pangdam XIII/Merdeka bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana dan rombongan di daerah adat Kota Kotamobagu dengan sapaan bahasa adat Dega’ Niondon Komintan,” ungkap Wali Kota.

Dalam kesempatan itu, perempuan pertama yang menjadi Wali Kota Kotamobagu itu, juga menyampaikan terkait dengan kondisi pelaksanaan program vaksinasi covid-19, yang berjalan baik, aman dan terkendali di daerah, dengan capaian yang sudah cukup baik.“Alhamdulillah setiap daerah di wilayah bolmong raya capaian vaksinasi sudah sangat baik, dan insha allah pertemuan ini akan lebih mempererat kita dalam rangka menunjang pembangunan dan kemasyarakatan di daerah yang kita cintai. Insya Allah saling menguatkan, seperti halnya kata pepatah “Torang sama-sama bekerja tapi torang bekerja bersama-sama, yang perlu dukungan kita semua,” kata Tatong Bara.

Masih dalam kesempatan itu, Wali Kota dua periode itu juga meminta arahan dari Pangdam XIII/Merdeka, terkait dengan penciptaan kondisi keamanan serta stabilitas di daerah yang dipimpinnya. “Kami kepala daerah se Bolaang Mongondow Raya meminta arahan, bimbingan dan tuntunan dari bapak Pangdam XIII/merdeka untuk daerah ini. Alhamdulillah kondisi setiap wilayah di BMR sangat aman, koordinasi serta kerjasama dengan TNI-Polri sangat baik sehingga kondisi daerah sangat terkendali didukung dengan filosofi Bolaang Mongondow yaitu, Mototompian, Mototabian bo Mototanoban yang senantiasa dipegang oleh masyarakat di Bolaang mongondow Raya,” tambah srikandi Kotamobagu itu.

 

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh, dalam kesempatan itu, mengungkapkan kalau kunjungan perdananya ke daerah Bolaang Mongondow Raya itu, membawa kurang lebih 60 pejabat utama Kodam XIII/Merdeka. Selain itu, dirinya pun ikut memperkenalkan diri seraya mengungkapkan kalau dia adalah putra asli Sulawesi utara, yang lahir di Tondano Kabupaten Minahasa.

“Saya tinggal di Tataaran II, dan lahir besar di sana. Istri saya orang malang. Tentunya saya sangat senang berkunjung di sini. Saya pernah datang ke sini pada tahun 2018 waktu itu kegiatan Wasev TMMD. Kalau tidak jadi Pangdam mungkin kapan bisa melihat Bolmong Raya, yang pasti Torang Samua Basudara,” ucap Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan bahwa dirinya telah memberikan arahan kepada Dandim 1303 Bolmong serta prajurit TNI di wilayah Bolmong Raya untuk selalu hadir jika ada masalah yang timbul di daerah. “Tugasnya tentara itu pada masa damai ini untuk memberikan jaminan kepada wali kota dan bupati untuk bisa melaksanakan program-program pembangunan serta upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya. Itu tugasnya Dandim untuk membantu mengamankan program serta kebijakan kepala daerah dan termasuk tugas saya juga selaku Pangdam,” tuturnya.

Turut hadir dalam kunjungan Pangdam XIII/Merdeka, diantaranya Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, mewakili Bupati Bolmong, mewakili Bupati Bolmut, Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Herdi Korompot, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK, Sekretaris Daerah Kotamobagu Sande Dodo, para asisten serta pimpinan OPD dari Kotamobagu, Bolsel, Boltim, Bolmong dan Bolmut(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di Kota Kotamobagu, mendapatkan perhatian serius dari Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara.

 Ini terbukti dengan peninjauan langsung Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk anak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, pada 14 Januari 2022 pagi tadi.Pada saat peninjauan tersebut, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara diketahui didampingi oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, Sekretaris Daerah atau Sekda Kotamobagu Ir Hi Sande Dodo MT, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu dr Tanty korompot MKes, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu, Dra Rukmini Simnala MPD, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Nasli Paputungan, Inspektur Daerah Kota Kotamobagu Yusrin Mantali, Camat Kotamobagu Barat, Hendra Manoppo juga Lurah Mongkonai Barat, Oktaf Tongkasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr Tanty Korompot MKes mengajak seluruh masyarakat serta unsur terkait, untuk ikut serta mensukseskan program percepatan vaksinasi untuk anak agar target pembentukan kekebalan komunal atau Herd Immunity di tengah – tengah masyarakat di Kotamobagu bisa segera tercapai.

“Ayo ajak keluarga, sahabat dan kerabat untuk vaksinasi. Lindungi diri dan keluarga dari Covid-19. Mari bersama wujudkan masyarakat yang sehat dan produktif dengan vaksinasi,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, program vaksinasi covid-19 untuk masyarakat terus digencarkan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, bersinergi bersama dengan sejumlah instansi, baik itu TNI, Polri maupun BIN. Dimana, jika sebelumnya target vaksinasi covid-19 menyasar orang dewasa dengan umur 12 tahun keatas, saat ini vaksinasi covid-19 tengah masuk ke anak – anak dengan usia 6 – 11 tahun, sebagaimana edarah dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.(*)

SULUNEWS,KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dan Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Jonny Pesta Simamora. S.I.P., M.Si., menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding) tentang kerjasama Pembentukan Produk Hukum Daerah, Rabu (12/1), di Aula Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, di Manado.

 

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Kotamobagu Rendra Dilapanga, SH. M.Si, mengatakan bahwa nota kesepahaman memuat tentang kerjasama Pembentukan Produk Hukum Daerah.

 

“ Ruang lingkup MOU ini terkait Pembentukan Peraturan Daerah, Penyusunan rancangan Peraturan Daerah serta produk hukum lainnya.
Selain itu MOU ini memuat Penyusunan Naskah Akademik, Penyebarluasan Produk Hukum Daerah serta pendidikan dan pelatihan dibidang pembentukan produk hukum daerah,” kata Rendra. (AdminKominfoKK)