SULUTNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Tim Staf Khusus Bupati Kabupaten Minahasa Utara, melakukan kunjungan ke ruang Data Center Pemerintah Kota Kotamobagu yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kunjungan pada Selasa (05/07/2022) pagi dijemput olej Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu, Moh. Fahri Damopolii, S.Kom, ME.

 “Iya, kunjungan Tim Staf Khusus Bupati Minahasa Utara ini untuk melihat berbagai fasilitas yang ada di Data Center Pemkot Kotamobagu, mulai dari instalasi jaringan internet dan intranetnya, hingga ke berbagai aplikasi layanan publik dan pemerintahan di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu,” ucap Fahri, usai menerima kunjungan.

Selain melihat berbagai inovasi yang ada, Tim Staf Khusus Bupati Minahasa Utara juga ikut membahas aspek perencanaan dan penganggaran guna menunjang fasilitas-fasilitas Data Center Kotamobagu.

“Aspek perencanaan, penganggaran dan implementasi juga ikut dibahas bersama. Perhatian serta komitmen kepala daerah, terutama Ibu Walikota menjadi kunci utama dalam penerapan berbagai layanan teknologi dan informasi di lingkup Pemkot Kotamobagu. Faktor ini juga yang ikut mendorong sehingga Kota Kotamobagu masuk dalam 50 kabupaten/kota se-Indonesia dalam program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023,” ungkap Fahri. (*)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Kotamobagu—Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, menerima Penghargaan pada Acara Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke – 76 Tahun 2022, Atas Jasa dan Kontribusinya untuk membantu Polda Sulawesi Utara, Selasa (5/7).



Penghargaan tersebut diberikan atas jasa dan kontribusi Wali Kota Kotamobagu dalam menyiapkan fasilitas Gedung Kantor sementara bagi Polres Kotamobagu yang mengalami musibah kebakaran, memberikan tanah untuk pembangunan PLSubsektor Kotamobagu Selatan, dan memberikan tanah dan bangunan untuk Sekolah Taman Kanak – Kanak yang sudah digunakan untuk TK Bhayangkari Kotamobagu.


Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas penghargaan ini.

“Ini bagian dari tugas pemerintah untuk membantu pelayanan di sana, termasuk polisi,” ucap Wali Kota.

Wali Kota pun berharap kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan kepolisian serta masyarakat dapat terus terlaksana dengan baik.



“Kami pemerintah harus menjembatani agar ruang untuk masyarakat dan kepolisian jadi dekat dsn tidak ada yang tidak selesai di tengah masyarakat, terutama hal-hal yang dibutuhkan masyarakat, ujar Wali Kota.

Kegiatan penyerahan penghargaan yang diserahkan langsung Kapolda Sulawesi Utara, Irjen. Pol. Mulyatno, di halaman Mapolda Sulut tersebut, juga dihadiri     Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven. O. E. Kandouw, para pejabat dilingkungan Polda Sulawesi Utara, dan unsur Forkopimda Sulawesi Utara. (*/adve)

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU-Sebanyak 137 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi tahun 2019 telah selesai  tahapan Latihan Dasar (Latsar). selesainya kegiatan lasar tersebut, di tandai dengan kegiatan penutupan secara resmi,  resmi oleh Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, Senin, 27 Juni 2022  bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu.

 dalam sambutanya, wali Kota memberikan selamat kepada 137 CPNS karena telah menyelesaikan salah satu tahapan dalam pelaksanaan tugas sebagai abdi negara.


“ Atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat kepada peserta Latsar karena telah mampu melewati babak yang sangat penting bagi seorang ASN.Semoga Latihan dasar ini dapat bermakna tinggi   terhadap kualitas adik adik sekalian.” ucap Wali Kota.

 Wali kota menegaskan  kepada semua CPNS yang telah diangkat menjadi ASN melalui tahapan tidak diperkenankan pindah selama 10 tahun sesuai aturan terbaru.

“ Sudah keluar aturan bahwa seorang CPNS yang diangkat menjadi ASN tidak boleh pindah atau mutasi selama 10 tahun, barang siapa yang memaksa pindah dianggap mengundurkan diri." Tegas Wali Kota.
Selanjutnya Wali kota mengingatkan kembali kepada seluruh peserta latsar untuk selalu menjunjung tinggi Tri Matra Pengabdian yaitu disiplin, professional dan loyalitas, berikan pelayan terbaik kepada masyarakat, kemandirian, motivasi menjadi ASN, jaga etika, dan banggalah menjadi ASN.

Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam pelaksanaan Latihan Dasar bagi para CPNS tahun ini.

“Terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPSDM Provinsi Sulut beserta jajaran yang telah membimbing, membina dan melatih para CPNS Pemkot Kotamobagu selama pelaksanaan Latsar,” ucap Wali Kota.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu Sarida Mokoginta, SH menjelaskan Latsar tahun ini telah menggunakan metode Berakhlak sesuai UU No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
“Latsar kali ini menggunakan metode Berakhlak yang merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Core Values ASN ini adal inti dari nilai-nilai dasar ASN”, jelas Sarida.(*)



Sarida menambahkan Latsar CPNS Angkatan Tahun 2019 dilaksanakan selama 51 hari kerja atau 511 jam pembelajaran. 21 hari  pembelajaran klasikal/on campus. 30 hari non klasikal/ off campus/habituasi. Dimulai sejak tanggal 18 Maret sampai dengan 4 Juni 2022. Dengan jumlah peserta latsar sebanyak 137 orang terdiri dari Golongan III dan II.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Daerah Sulawesi Utara yang diwakili Koordinator Widyaiswara Ir. Yulius, M.Si, Sekretaris Daerah Sofyan Mokoginta, SH, Para Asisten, Kepala OPD dan Pegawai Negeri Sipil dilingkup Pemerintah Kota Kotamobagu.

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara menghadiri sidang luar biasa pengambilan sumpah janji sekaligus serah terima jabatan Kepala Pengadilan Negeri (PN) Kota Kotamobagu.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang digelar di ruang sidang Gedung DPRD Kotamobagu ini dipimpin langsung Kepala Pengadilan Tinggi Manado DR H. Lexsy Mamonto SH MH, Jumat (1 /7/ 2022).

Adapun Kepala PN Kotamobagu diserahterimakan dari pejabat lama  Andri Sufari SH M. Hum, kepada pejabat baru Junita Beatrix Ma’i, SH MH.

Pantauan media ini, kegiatan berlangsung sukses dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pada kesempatan ini, Kepala Pengadilan Tinggi Manado DR H. Lexsy Mamonto SH MH, menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Kotamobagu yang telah turut mensukseskan acara pelantikan dan sertijab yang baru kali pertama digelar di luar Kantor PN Kotamobagu.

“Terima kasih ibu Tatong Bara dan pak Meiddy Makalalag, karena telah memfasilitasi pelantikan pengambilan sumpah pada hari ini. Hal ini tentunya menjadi penghargaan besar bagi jajaran Pengadilan Sulut,” ucapnya.

Pada kesempatan ini dirinya juga menyampaikan bahwa peningkatan status PN Kotamobagu tidak lepas dari peran seluruh stakeholder di wilayah Bolmong Raya. Termasuk Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Ini prestasi luar biasa, karena PN Kotamobagu telah naik status dari kelas II ke kelas IB. Hal ini karena bisa terwujud karena peran pemerintah daerah setempat yang mampu memenuhi indikator penilaian, salah satunya peningkatan ekonomi daerah. sehingga ini menjadi kebanggaan kita bersama,” Pungkasnya(*).

 

SULUTNEWS,KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara melepas kegiatan Jalan Sehat, Lari, dan Fun Bike dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara   ke – 76, Sabtu (25/6)
Selain Jalan Sehat, Lari dan Fun Bike yang dilaksanakan di depan Polres Kotamobagu dan Lapangan Kotamobagu tersebut, juga dilaksanakan Senam Massal yang diikuti jajaran Polres Kota Kotamobagu dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.


Kegiatan Olahraga Bersama tersebut, dihadiri Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag, ST, Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Syarifuddin Mokodongan, SH, Kapolres Kotamobagu, AKBP. Irham Halid, S.I.K, para Pimpinan dan Karyawan Perbankan di Kota Kotamobagu, Jajaran Polres Kotamobagu dan para ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.(*)