Foto : Ilustrasi Foto : Ilustrasi

TSC Di Ibukota Boltim Dipastikan Akan Dilaksanakan November Tahun Ini

Written by  Hidayat Lasambu Nov 16, 2022

Boltim Sulutnews.com - Proyek pengembangan Tutuyan Smart City (TSC) di wilayah Ibukota Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dipastikan akan segera dilaksanakan pada November ini.

Sebagaimana kunjungan pihak pengembang yakni PT. Natural Gemilang Energi bersama marketing dan rombongan, di Ibukota Tutuyan, pengembangan TSC direncanakan mulai 24 November 2022, dengan tahap awal pembangunan Hotel Easter Paradise.

“Tutuyan Smart City merupakan jawaban atas tuntutan layanan publik, akibat dari semakin berkembangnya teknologi informasi. Dengan rampungnya masterplan, diharapkan akan lebih memperjelas tentang rencana pembangunan Kota baru di Tutuyan,”Jelas Billy Tjanra, yang merupakan pengembang TSC dari PT. Natural Gemilang Energi.

Lanjut dia, sebagai langkah awal dari proyek TSC sendiri, dipastikannya akan dibangun Hotel Eastern Paradise, yang ditetapkan pada 24 November 2022 mendatang.

“Tahap awal pengembangan TSC, Kita bangun hotel dulu. Agenda peletakan batu sudah ditetapkan bersama Pemda Boltim, pada pekan depan atau tepatnya 24 November 2022,”Terangnya.

Di tambahkannya lagi, untuk pembangunan hotel dengan anggaran sekitar Rp. 60 miliar ini, pihak pengembang akan menyediakan fasilitas sekitar 50 kamar, dilengkapi restoran, kolam renang, serta convention center (ruang pertemuan).

“Karena ini adalah langkah awal, maka Kita bangun sekitar 50 kamar dulu. Untuk penambahannya, nanti Kita sesuaikan lagi berdasarkan kebutuhan atau permintaan pengunjung,”Kuncinya.

Sementara itu, Owner PT. Ronumout, Henri Tirayoh menjelaskan, pembangunan Hotel Eastern Paradise merupakan sarana penunjang program Pemerintah, salah satunya program pengembangan di sektor Pariwisata.

 “Kalau sudah ada hotel pasti akan lebih enak. Jadi kalau ada tamu Pemda dari luar Provinsi atau dari Jakarta, mereka bisa nginap. Penyediaan hotel ini juga untuk menopang sektor Pariwisata Boltim sebagai program unggulan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,” kata Henri.

Disamping itu, pihak Marketing TSC, Nurul Yaqin juga mengatakan, pengembangan TSC kedepan dipastikan akan bernilai tinggi. Alasannya, kedudukan Ibukota Tutuyan memiliki pemandangan yang sangat luar biasa yakni, ada gunung dan juga ada laut.

 “Tutuyan ini sangat menarik. Kalau ditempat lain hanya ada gunung, tanpa ada laut. Pada prinsipnya, Tutuyan sangat luar biasa. Makannya penamaan hotel disesuaikan dengan konsep Bupati Boltim yakni Eastern Paradise atau Surga dari Timur,”Imbuhnya. (*/Ayax)