Pemda Boltim Terus Mengimbau Warga Tetap Menjaga Kebersihan Untuk Mencegah DBD

Written by  Hidayat Lasambu Sep 20, 2022

Boltim, Sulutnews.com - Guna mencegah serangan penyakit Demem Berdarah Dengue (DBD) meluas di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S.Sos. MSi, imbau kepada seluruh Warga menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Kita selalu mengimbau kepada Warga untuk mengurus kebersihan rumah masing - masing, “Jelas Bupati.

Lanjut Bupati, di musim pancaroba ini, serangan penyakit DBD disebabkan nyamuk Adies Aegyte kerap terjadi. Oleh karena itu Masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

“Kewaspadaan terhadap wabah penyakit DBD harus ditingkatkan, terlebih saat ini masuk pergantian musim,”Terang Bupati.

Menurut Bupati, penyakit DBD memang menjadi ancaman yang sangat luar biasa, karena bisa menyebabkan korban jiwa.

“Artinya supaya itu tidak terjadi, Saya mengajak Masyarakat Botim harus melakukan pemberantasan secara rutin,”Kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Boltim Saifuddin Gobel Selasa 20 September 2022 mengatakan, kasus DBD di Boltim mengalami lonjakan yang cukup tinggi, dimana sejak bulan Januari hingga Agustus 2022 mencapai 77 kasus, sehingga itu diharapkan masyarakat Boltim dapat melakukan kebersihan dan pencegahan sarang nyamuk secara rutin.

Selain imbauan tersebut, Dinas Kesehatan juga akan melakukan pengasapan atau fogging.

“Kita akan melakukan pengasapan atau fogging untuk wilayah yang ditemukan adanya kasus DBD,”Kata Saifuddin.

Diketahui, dari data rekapitulasi di Dinas Kesehatan Boltim, kasus DBD di tahun 2022 mencapai 77 kasus. Pada bulan Januari sebanyak 19 kasus, Februari 4 kasus, Maret 10 kasus, April 4 kasus, Mei 7 kasus, Juni 11 kasus, Juli 3 kasus dan Agustus 19 kasus. (Ayla)