Foto : Tampak Tim Penilai Provinsi Sulut, saat melaksanakan kegiatan di Desa Bangunan Wuwuk. Foto : Tampak Tim Penilai Provinsi Sulut, saat melaksanakan kegiatan di Desa Bangunan Wuwuk.

Tim Penilai Provinsi Sulut, Melakukan Tahapan Penilaian Di Boltim Pada Kegiatan Lomba Desa

Written by  Hidayat Lasambu Jun 10, 2022

Boltim, Sulutnews.com - Tim penilai Kegiatan lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2022, saat ini sedang melakukan tahap penilaian di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam kegiatan “Desa Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbu”

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Desa Bangunan Wuwuk Kecamatan Modayag Barat, 10 Juni 2022.

Hal tersebut, dijelaskan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim, Hendra Tangel. SH.

Ia mengatakan, saat ini tim penilai dari provinsi Sulut sementara melakukan penilaian di Desa Bangunan Wuwuk sebagai perwakilan Desa di Kabupaten Boltim.

“Tim penilai ini dipimpin langsung oleh Kadis PMD Provinsi Sulut Bapak DR. Jemmy S.Kumendong MSi, kemudian dari Dinas kesehatan Provinsi, pengurus TP-PKK Provinsi, Dinas PMD, Dinas KB dan rombongan,”jelas Kadis PMD Boltim.

Lanjut dia, lomba Desa atau evaluasi perkembangan Desa yang dinilai, adalah pelaksanaan Pemerintahan secara umum, pembangunan serta inovasi Desa.

“Metode penilaian sendiri yang pertama, pemeriksaan dokumen dan data yang dikirim ke tim Provinsi, ke 2 presentasi dan wawancara,dan 3 pemeriksaan fisik di lapangan sesuai data dan dokumen yang dikirim ke tim,”terangnya.

Ia juga menambahkan, untuk biaya sebagai konsekuensi kegiatan lomba tersebut, merupakan partisipasi dari Masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes).

“Karena masyarakat dan Pemerintah Desa yang persiapkan mulai dari kebersihan dan keindahan Desa. Kemudian Pemerintah Desa juga yang menyiapkan semua dokumen dan data yang dibutuhkan,”imbuhnya. (Ayla)