Polres Boltim Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2022

Written by  Hidayat Lasambu Apr 22, 2022

Boltim, Sulutnews - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar apel pasukan operasi  Kepolisian ketupat samrat 2022, dalam rangka mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat Boltim, dalam menjalankan Ibadah Puasa, dan merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah di tengah pandemi Covid-19.

Apel tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Boltim AKBP. I Dewa Nyoman Agung Surya Negara. SIK, bertempat dilapangan Mapolres Boltim, Jumat 22 April 2022.

Pada kegiatan apel itu, Kapolres Boltim AKBP. I Dewa Nyoman menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. MSi bahwa, apel gelar pasukan operasi ketupat 2022 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri. Perayan Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi Masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

“Pemerintah telah menetapkan libur Nasional hari raya Idul fitri 1443 Hijriah tahun 2022 pada tanggal 2-3 Mei 2022, dan juga menetapkan cuti bersama pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai denga 6 Mei 2022. Berbeda denga Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini Pemerintah memberikan kelonggaran - kelonggaran kepada Masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama Keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur - jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,”terang Kapolres saat membacapakan amanat Kapolri.

Lanjutnya, kebijakan Pemerintah untuk tidak melarang Masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi denga eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta Masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Pergerakan Masyarakat ini terutama terkosentrasi di pulau Jawa dan Bali, moda trasportasi lebaran di dominasi oleh jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi 47%, kendaraan umur 31%, jalur udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lainya 0,11%.

 “Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada dibawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR Rumah sakit berada dibawah standar WHO, namun perlu saya tetap tegaskan bahwa pandemi belim sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas Masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul fitri,”terang Kapolres.

Ditambahkannya lagi, sehingga diperlukan langka - langka sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait agar Masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri.

“Kita harus menyiapkan Masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022 khususnya Wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk dosis 2, Booster 30% dan Lansia 70% disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan Bangsa Indonesia dari bahaya Covid-19,”tutup Kapolres.

Turut hadir dalam apel tersebut, unsur Pimpinan Daerah, TNi, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan tamu Undangan. (Ayax Vay)

Last modified on Friday, 22 April 2022 11:07