Boltim

Boltim (553)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus menyerahkan Bantua Sosial (Bansos) diberbagai Kecamatan Se-Kabupaten Boltim.

Kali ini di lima Desa Kecamatan Nuangan yang disasar menerima Program Bansos jelang akhir tahun, dan Masyarakat di lima Desa setempat mulai mengantri penyaluran bantuan, Pada Senin 5 Desember 2022.

Kepada awak media, Camat Nuangan Haslinda Kadengkang mengatakan bahwa, penyaluran Bansos yang disalurkan berupa BPNT, PKH, BLT BBM dilakukan bertahap.

“Iya hari ini baru lima Desa, nanti dilanjutkan lagi besok pada Selasa 6 Desember 2022, di lima Desa lagi. Namun untuk Desa Bai itu sudah bersamaan dengan wilayah Kecamatan Modayag. Saat ini khusus Kecamatan bersatu,”Jelas Camat.

Lanjut dia, penyaluran tidak ada kendala. Meskipun bantuan disalurkan untuk lima Desa, namun proses penyalurannya disesuaikan dengan data masing - masing Desa.

“Sejauh ini masih tertib dan tak ada kendala. Untuk lima Desa diberikan sesuai yang terdata di Desa masing - masing, sehingga dilakukan secara bertahap,”Imbuhnya.

Terinformasi, penyaluran bantuan dilakukan langsung oleh Kantor Post yang juga didampingi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lewat Dinas Sosial (Dinsos) Boltim. (*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) gelar sensus Pertanian serentak di Indonesia. Kegiatan ini merupakan agenda Nasional tahun ke-10 oleh BPS.

Menanggapi kegiatan BPS tersebut, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Mat Sunardi mengatakan bahwa, BPS perlu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda).

“Berkaitan dengan hal itu BPS perlu mendapatkan masukan dan dukungan dari Pemda dan instansi teknis di kabupaten/kota, sehingga pada kesempatan ini BPS mengundang para petugas lapangan penyuluh, operator input data materi pertanian,”Jelas Sunardi.

Lanjut dia, pihaknya mendapatkan undangan, sekaligus menjadi pemateri dan memberikan konsep pemikiran dalam berbagai aspek fungsi untuk para Petani, pada Sabtu 3 Desember 2022 kemarin.

“Dinas Pertanian Boltim dapat undangan sekaligus menjadi salah satu pemateri dalam pertemuan itu sehingga bisa memberikan konsep pemikiran dalam mensukseskan ST-2023 nanti,”Terangnya.

Adapun harapan BPS dengan adanya sensus pertanian setiap 10 tahun sekali antara lain diperolehnya struktur sektor Pertanian dalam berbagai aspek baik kondisi Petani, lahan pertanian, laju alih fungsi, kelembagaan tani, dan kondisi sektor Pertanian secara mikro,”Kata Sunardi.

Ditambahkannya lagi, informasi data bahan perumusan, kebijakan Steck Holder dari Pemerintah Pusat untuk menunjang sektor Pertanian di Daerah karena masih tercatat sebagai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Mendapatkan informasi data yang terupdate sebagai bahan perumusan kebijakan stake holder di Pusat dan Daerah menunjang sektor Pertanian secara umum karena  masih tercatat sebagai  penyumbang PDRB yang signifikan,”Tutup Sunardi. (*)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boltim, akan menggelar pasar murah menjelang Natal dan tahun baru di tujuh wilayah Kecamatan se-Boltim.

Kepala Dinas (Kadis) Disperindag Boltim Djantra Damopolii, Senin 5 Desember 2022 mengatakan, pasar murah jelang Natal dan tahun bru ini dilakukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan Masyarkat di wilayah.

“ini salah satu solusi bagi Masyarkat terkait kenaikan Bahan Pokok, hal ini biasa sering terjadi di setiap tahunya, sebab ketika pasokan bapoknya minim, otomatis harga akan naik,”Jelas Kadis.

Lanjut dia, jadi kenaikan Bapok tersebut, bukan disebabkan karena inflasi, dalam waktu dekat tim Pasar murah Natal akan menuju di tujuh Kecamatan yang ada di Boltim, yakni Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Motongkad Nuangan dan Modayag Bersatu.

“Paling lambat pekan depan akan terselenggara. Insya Allah Kami bersama dengan PKK Boltim akan terjun langsung untuk mendistribusikannya,”Terangnya.

Ia berharap,”Kiranya Masyarkat bisa memanfaatkan Pasar murah jelang Natal dan tahun baru untuk mendapatkan kebutuhan pokok yang lebih murah,”Tutup Kadis.

Diketahui, paket kebutuhan pokok yang dijual nanti dalam Pasar murah, adalah, minyak goreng, tepung terigu, beras dan gula pasir. diperkirakan apabila di rupiahkan bernilai jutaan rupiah. (Ayal)

Manado, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S.Sos. MSi, kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut):

Penghargaan tersebut, didapat karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim sembilan kali secara berturut - turut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto bersamaan dengan penyerahan Daftar Isian Penyelenggaraan Anggaran (DIPA) dan buku alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023, yang berlangsung di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) lantai 6 Jalan Bethesda, Kota Manado, Senin 5 Desember 2022.

Atas penghargaan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Sonny Warokka menyebutkan penghargaan tersebut tak lepas dari arah Bupati kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Penghargaan ini bisa diraih karena adanya arahan dari Pak Bupati serta sinergitas dan kerjasama antar SKPD di Pemerintah Kabupaten Boltim,”Jelas Sekda.

Sekda juga berharap, kinerja yang seperti ini harus dapat terus dipertahankan dan semakin ditingkatkan, sehingga visi Bupati Bolaang Mongondow Timur yakni, Boltim sejahtera melalui sinergitas pembangunan perdesaan dapat tersewujud.

“Tanpa arahan dari Pak Bupati dan kolaborasi antar semua pihak, tentu Kita tidak akan bisa mendapatkan penghargaan ini. Jadi kami harap tetaplah jaga kekompakan, kerjasama dan sinergitas yang telah terbangun selama ini,”Terangnya.

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, kepada BPK dan Pemerintah Provinsi Sulut.

“Semoga Kabupaten Boltim tetap dapat terus mempertahankan penghargaan ini dengan kinerja yang terus lebih baik,”Kuncinya. (*/Ayax)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Panitia Pelaksana Seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional (JF) Tahun 2022, mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK JF Tenaga Kesehatan (Nakes) dilingkungan Pemkab Boltim Tahun Anggaran 2022.

Hal ini berdasarkan surat pengumuman, Nomor:800/B.03/P-PPPK-F/07/XI/2022, yang dikeluarkan oleh Panitia Pelaksana Seleksi penerimaan PPPK Tahun 2022 serta ditanda tangani oleh Ketua Panitia Pelaksana Seleksi penerimaan PPPK, Sonny Warokka.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Rezha Mamonto, Senin 5 Desember 2022 mengatakan bahwa,”Peserta yang berhak mengikuti seleksi kompetensi PPPK JF Nakes adalah peserta yang telah ditetapkan lulus pada seleksi administrasi,”Singkat Rezha. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bimtek peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kegiatan peningkatan BPD se-Kabupaten Boltim tersebut, Kepala Dinas (Kadis) DPMD Hendra Tangel menjadi narasumber, bertempat di Ballroom Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Senin 05 Desember 2022.

Pada kesempatan itu, Kadis mengajak para BPD se-Kabupaten Boltim agar menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Desa (Sangadi).

“BPD berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama Sangadi, menampung dan menyalurkan aspirasi Masyarakat. fungsi ini yang mengharuskan BPD harus menjalin hubungan baik dengan Sangadi,”Jelas Hendra.

Lanjut dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan BPD tentang tugas, kewajiban, wewenang, hak dan larangan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar pengurus BPD di Boltim mampu mengajak Masyarakat dalam merencanakan pembangunan, mampu memperkuat kerja sama dan hubungan harmonis antara Sangadi dan BPD sebagai mitra dalam penyelenggara Pemerintah Desa,”Tutup Tangel.

Diketahui, kegiatan ini akan berlangsung sampai hari Rabu 7 Desember 2022 (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat evaluasi bersama seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) se-Boltim.

Kegiatan tersebut, bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim, Senin 5 Desember 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Yusri Damopolii saat diwawancarai oleh sejumlah awak media mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah rapat evaluasi Bulanan bersama seluruh Kepsek se-Boltim, dan membahas tentang permasalahan - permasalahan yang ada diruang lingkup Sekolah.

“Kita mengevaluasi mulai dari kehadiran Guru ketersediaan perangkat pengajar, sekaligus membahas tentang permasalahan yang berada di Sekolah dan akan dibahas bersama pada rapat bulanan ini,”Jelas Yusri.

Lanjut dia, ada beberapa agenda kedepan yang akan dilaksanakan oleh Kepala Sekolah.

“Selain itu, mungkin ada juga beberapa agenda - agenda kedepan yang akan dilaksanakan oleh bapak ibu Kepala Sekolah terutama dalam rangka persiapan semester, sekarang sudah masuk semester ganjil, dan anak - anak sudah harus disiapkan untuk mengikuti ujian semester,”Tutup Damopolii.

Diketahuk, rapat tersebu,  diikuti oleh seluruh Kepsek Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Boltim. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Usai mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) di Bolaang Mongondow (Bolmong) baru - baru ini, para atlet yang mengharumkan nama Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menerima bonus dan piagam penghargaan dari Bupati Boltim.

Penyerahan bonus dan piagam tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, bertempat diruang kerja Bupati Selasa 29 November 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa pemberian bonus kepada para atlet merupakan bentuk perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Bupati kepada atlet berprestasi.

“Saya berharap pemberian bonus yang diberikan ini dapat menjadi motivasi dan menyulut semangat para atlet generasi berikutnya untuk terus berprestasi kedepannya,“Kata Bupati.

Lanjut Bupati, sebagai Kepala Daerah ia patut berbangga atas perolehan medali emas yang diraih oleh atlet Boltim. Pretasi ini tentu adalah capaian terbaik selama Porprov dilaksanakan.

“Ada tiga belas medali yang diraih oleh atlet Bolaang Mongondow Timur. Ini menunjukan sebuah peningkatan yang luar biasa di Dunia olahraga,”Tutup bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Sonny Warokka, Anggota DPRD Boltim Samsudin Dama dan Dispora. Sedangkan para atlet didampingi langsung oleh Ketua KONI Boltim, Revy Lengkong, official dan para Pelatih. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Jabatan Sangadi (kepala desa) di 64 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan habis pada akhir Desember 2022.

Untuk memperlancar jalannya roda Pemerintahan di Desa, Bupati Kabupaten Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, telah menyiapkan Penjabat sementara (Pjs) untuk mengisi jabatan tersebut.

“Untuk mengisi kekosongan itu, Saya telah menyiapkan pejabat sementara yang berasal dari Abdi Sipil Negara (ASN),”Kata Bupati Boltim pada apel kerja dengan seluruh Sangadi Senin, 28 November 2022.

Bupati menjelaskan, tugas dari para Pjs Sangadi ini untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) sampai dengan terpilihnya Sangadi definitif.

“Pilsangnya Kita gelar sekitaran bulan Maret 2023 atau tahun depan, tapi sambil menunggu tahapan Pilsang kita tugaskan Pjs dulu di Desa tersebut,“ jelas bupati.

Bupati juga menambahkan, bagi warga Boltim yang ingin maju pada Pilsang nanti dipersilahkan. Sebagai Bupati ia tidak akan ikut campur atau mengintervensi masalah Pilsang.

“Siapa yang ingin maju silakan. Yang mendukung Saya dan tidak menudukung Saya waktu Pemilihan Kepala Daerah lalu silakan daftarkan diri karena Saya tidak akan mencoret nama tersebut, nanti Rakyat yang memilih, sebab rezeki itu sudah diatur oleh Allah SWT,“Tutup bupati. (Ayla)

Boltim,Sulutnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Boltim bersama PT POS Indonesia kembali melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). Bantuan Sosial (Bansos) Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 4.269 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Boltim.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Boltim, Imran Golonda, Rabu 30 November 2022 mengatakan, penyaluran BLT BBM, Bansos Sembako dan PHK untuk hari ini di pusatkan di Kantor Pos Kcematan Modayag dan Kantor Pos Desa Paret Kematan Kotabunan.

“Untuk hari ini, sebanyak 620 KPM di Kecamatan Modayag dan Kecamatan Nuangan akan menerima bantuan dari Kementerian Sosial, dimana nama - nama dari KPM tersebut, diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),”Jelas Imran.

Lanjut dia, untuk ketiga bantuan itu diberikan dua bulan yakni, Bulan November dan Desember.

“Penyaluran kali ini, KPM dari Kecamatan Modayag dan Nuangan akan menerima bantuan sebanyak 300 ribu Rupiah untuk Bansos Sembako dan 600 ribu Rupiah untuk BLT BBM sedangkan untuk PKH itu bervariasi sesuai dengan jumlah anak sekolah,”Tutup Kadis. (Ayla)