Boltim

Boltim (373)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melaksanakan Focus Group Discussion (FGD)-1 pendahuluan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP).

Kegiatan tersebut, bertempat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kamis 30 Juni 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka mengatakan, sesuai dengan Undang - undang Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 3 huruf B, perumahan dan kawasan pemukiman diselenggarakan untuk mendukung penataan dan pengembangan Wilayah, serta penyebaran penduduk yang profesional melalui pertumbuhan lingkungan, hunian dan kawasan permukiman sesuai dengan tata ruang untuk mewujudkan keseimbangan kepentingan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Pertumbuhan Penduduk yang signifikan setiap tahunnya, akan berdampak pada kebutuhan pemenuhan rumah di Indonesia. Kebutuhan rumah akan meningkat, diikuti oleh kebutuhan tanah yang juga akan semakin meningkat setiap tahunnya. Bonus demografi ini akan berdampak pada pertumbuhan perumahan yang sangat besar bagi perencanaan dan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman,”jelas Sekda.

Lanjut dia, jika tidak dilakukan penataan dan pemberian aturan, maka akan terjadi pertumbuhan perumahan dan kawasan pemukiman yang tidak tertata, mengindikasikan kumuh dan tata guna lahan yang tidak tepat akibat persebaran pembangunan yang tidak diatur dan direncanakan.

“Jika tidak dilakukan penataan dan pembentukan regulasi yang tepat, akan menjadi masalah serius ke depan pada pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman. Penting bagi Pemerintah untuk membuat dokumen RP3KP dalam rangka menekan laju pembangunan yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang Wilayah dan mengurangi permasalahan. Seperti backlog, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), perumahan dan permukiman kumuh, permukiman kumuh ilegal, prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) lahan dan pembiayaan,” terangnya.

Ditambahkannya lagi, dengan adanya dokumen RP3KP, Pemerintah mempunyai roadmap yang jelas dan fokus terhadap penaggulangan permasalahan perumahan dan kawasan permukiman.

“Menyelesaikan permasalahan yang sebelumnya belum selesai, menaggulangi dan menekan bertambahnya permasalahan yang baru akibat dari tidak adanya dokumen perencanaan yang baik, dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman,”tutup Warokka. (Ayla)

Foto:Tampak Bupati didampingi Ketua TP-PKK foto bersama dengan pengurus yayasan usai kegiatan.

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Boltim Ny. Seska Ervina Budiman. S. Sos, menghadiri serah terima pemanfaatan sekaligus meresmikan Rumah Susun (Rusun) Asrama khusus Putri yayasan Miftahul Khoir Pesantren Tebuireng.

Kegiatan serah terima pemanfaatan dan pengelolaan Rusun yayasan Miftahul Khoir Pesantren Tebuireng VII Buyat, Kecamatan Kotabunan Kabupaten Boltim tersebut, oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Perumahan Balai P2P Sulawesi I Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke pengurus yayasan, Rabu 29 Juni 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati dapam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak penyedia yang sudah membangun gedung tersebut.

 “Saya merasa bersyukur sebagai Kepala Daerah dan terima Kasih waktu yang sudah ada tinggal bagaimana Kita memanfaatkan bangunan ini tempat membimbing Anak - anak Kita, dan mereka bisa mampu menjadi mubalig - mubalig pemimpin - pemimpin Islam di kemudian nanti. Insyaallah mudah - mudahan tempat yang nyaman ini bisa membuat mereka lebih baik untuk menuntun ilmu,”jelas Bupati.

Lanjut Bupati, selaku Pemerintah Daerah (Pemda), ia bersyukur kepada Pemerintah Provinsi, karena sudah membangun gedung dengan fasilitas yang sangat baik. Sebenarnya hal-hal seperti ini yang diinginkan oleh Pemda ketika ada bangunan bantuan dari Kementerian lewat PUPR.

“Selain ini mungkin Kami akan mengusulkan lagi Proposal pembangunan rusun di Boltim, Karena masih kekurangan Rusun. Ini sangat luar biasa karena Pesantren Tebuireng Buyat sekarang sudah punya bangunan semegah ini. Insya Allah asrama dua lantai ini bisa bermanfaat buat Kita semua terutama anak - anak didik di Pesantren Tebuireng Buyat,”terang Bupati.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebuireng Vll Buyat, Abdul Rahman Modeong, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak terkait dalam pembangunan gedung ini.

“Saya mewakili Keluarga besar Pondok Pesantren Miftahul Khoir, dalam hati yang paling teramat dalam rasa syukur kami, karena selama ini kami idam - idamkan bangunan seperti ini. Mudah - mudahan bangunan ini akan menjadi pelayanan buat umat. Terima kasih sekali kepada seluruh yang terkait yang tentunya sampai terlaksana dan jadinya bangunan ini,”tutup Modeong. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos. MSi, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Boltim Ny. Seska Ervina Budiman. S. Sos, menghadiri acara Pisah Sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pisah sambut tersebut, dilaksanakan di Markas Kodim 1303 Bolmong yang turut dihadiri sejumlah Kepala Daerah beserta unsur Forkopimda se-Bolmong Raya, Rabu 29 Juni 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim menyampaikan selamat bertugas kepada pejabat lama Letkol Inf. Raja Gunung Nasution.

“Ikatan silaturahmi Saya dengan Pak Dandim Raja Gunung Nasution tidak akan pernah putus. Persahabatan yang kami bina bukan hanya sebatas forkopimda, tapi lebih ke jalinan kekeluargaan,”Kata Bupati Sachrul.

Lanjut Bupati, ada banyak hal yang dipetik selama membangun kerjasama dengan Dandim Letkol Inf Raja Gunung Nasution.

“Saya banyak belajar dari Pak Dandim tentang bagaimana caranya merangkul prajurit dengan baik, ini membuktikan sosok seorang Pemimpin yang tidak mengenal jarak dan batas dengan bawahan,”jelas Bupati.

Bupati juga menambahkan, kepada Dandim baru Letkol Inf. Topan Angker S.Sos, ia menyampaikan ucapan selamat datang di Bolaang Mongondow sebagai tempat penugasan baru,”Selamat datang di Bolmong Raya. selamat bergabung dan menjalankan tugas pak,”tutup Bupati.

Selanjutnya, Bupati Boltim bersama seluruh Kepala Daerah se-Bolmong Raya menyerahkan cinderamata kepada Letkol Inf Raja Gunung Nasution. (Ayla)

Foto:

Boltim, Sulutnews.com - Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang ke-14 pada bulan Juli mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim akan merayakan dengan budaya adat Festival Kabela.

Kegiatan tersebut, akan berlangsung di Ibu Kota Kabupaten Boltim, di Desa Tutuyan pada tanggal 21 Juli 2022.

Selain Festival Kabela, acara itu juga akan dimeriahkan dengan tarian dana - dana massal, serta berbagai lomba permainan tradisional khas Bolaang Mongondow yang akan melibatkan seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan rakyat Boltim yang tersebar di 81 Desa Se-Kabupaten Boltim sebagai peserta.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, ketika menghadiri Java Culture Fest di Desa Purworejo Kecamatan Modayag lalu.

“Untuk mengangkat budaya Mongondow, Kami akan menggelar Festival Kabela terbesar di Boltim, ini merupakan salah satu cara Kita memperkenalkan Adat dan Budaya Kita kepada Dunia,”Jelas Bupati.

Lanjut Bupati, apapun suku atau etnis yang ada di Boltim, mereka wajib untuk memelihara dan mengangkat budayanya masing - masing, baik itu Orang Jawa, Bugis, Minahasa, Sangihe maupun Mongondow.

“Karena Boltim adalah miniatur Indonesia. Sebagai anak Negeri totabuan paling timur, Kita berkewajiban merawat dan melestarikan Budaya leluhur Kita,”terang Bupati.

Sekedar diketahui, tarian Kabela merupakan salah satu tarian yang sering ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu penting yang datang berkunjung ke Bolaang Mongondow, sedangkan Dana - dana adalah tarian yang diiringi dengan musik gambus dan nyanyian syair Pantung sebagai hiburan Rakyat jaman dulu. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan penyegaran jabatan khusus Kepala sekolah (Kepsek) dan Pengawas sekolah.

Kegiatan penyegaran jabatan tersebut, dilantik oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, bertempat di lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Senin 27 Juni 2022 malam.

Sedikitnya 13 Kepala sekolah definitif ditambah 5 Pelaksana tugas Kepala sekolah serta 3 Pengawas sekolah yang dilantik oleh Bupati.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah total 21 pejabat fungsional tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Boltim Nomor: 821.2/B.03/BKPSDM/SK/13/2022, tertanggal 27 Juni 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Sam Sachrul Mamonto mengatakan dalam sambutannya, ia mengingatkan bahwa jabatan Kepala Sekolah bukan semata sebagai status, melainkan bagaimana peranya dalam meningkatkan prestasi Siswa didik di Sekolah yang dipimpin agar bisa menjadi generasi hebat.

“Selain itu Kepala Sekolah juga harus ramah kepada semua termasuk anak didik. Olehnya ciptakan situasi yang nyaman di lingkungan Sekolah,”jelas Bupati.

Lanjut Bupati, disisi lain sebagai suri teladan dia mengingatkan kepada Kepala Sekolah dan Guru, agar tidak mengumbar status tentang hal - hal atau konten yang kurang baik dan tidak mengandung manfaat di berbagai platform media sosial.

“Sebagai pendidik atau Guru adalah suri teladan yang baik atau pemberi contoh yang baik, bukan hanya kepada Siswa - siswi, tapi juga kepada Masyarakat, karena di tangan kalian akan melahirkan generasi penerus yang nantinya menjadi Pemimpin, termasuk Pemimpin di Daerah yang sama - sama Kita cintai ini,”tutup Bupati. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), serahkan bantuan kepada korban bencana yang terjadi di pesisir pantai Boulevard Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) demi wujud kepedulian terhadap bencana alam yang terjadi pada Rabu 15 Juni kemarin.

Bantuan tersebut diterima langsung dilokasi posko oleh Pemkab Minsel yang di wakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Bagian (Kabag) Sosial Kabupaten Minsel, pada Senin 27 Juni 2022.

Kepada awak media, Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Boltim, Imran Golonda. Ia mengatakan, penyerhan bantuan pasca bencana di Kabupaten Minahasa Selatan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Boltim.

 “Di wakili oleh tiga Dinas masing - masing yakni, Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pariwisata dan diterima langsung di lokasi posko oleh Pemda Minsel di wakili oleh Kepala BPBD dan Kabag Sosial Kabupaten Minahasa Selatan,”jelas Kadis

Lanjut dia, bantuan yang diserahkan berupa susu, perlengkapan anak - anak sekolah, beras, dan makanan siap saji.

“Adapun barang - barang yang diserahkan yaitu, susu bayi 130 box, susu balita 232 box, susu ibu hamil 30 box, susu ibu menyusui 39 box, kasur busa 15 unit, bantal 15 buah, tas sekolah 20 buah, ATK anak-anak sekolah 20 buah, beras 10 karung, dan mie Instan 15 Dus,”Terangnya.

Ia juga menambahkan, terkait penyerahan bantuan tersebut, Pemkab Minsel menyampaikan terima kasih kepada Pemda Boltim.

Pemkab Minahasa selatan menyampaikan banyak terima kasih kepada Pak Bupati yang sudah membantu dan meringankan beban dari Masyarakat Minsel yang terkena bencana,”kuncinya. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S. Sos. MSi, melepas 14 Jamaah Calon Haji untuk berangkat ke tanah suci Makkah Arab Saudi.

Pelepasan Jamaah Calon haji tersebut, bertempat di lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Minggu 26 Juni 2022.

Foto:Tampak Bupati Boltim saat berjabat tangan dengan para Jamaah Calon Haji.

Pada kesempatan itu, Bupati Sam Sachrul sedikit berbagi cerita tentang dirinya waktu melaksanakan ibadah Umroh. Hal itu semata - mata untuk mengingatkan kepada para Jamaah Calon Haji, agar tetap menjaga diri ketika beribadah di Tanah Suci. Ada ratusan ribu manusia dari segala penjuru Dunia berkumpul untuk melakukan rukun Islam yang ke 5 itu.

“Sehingga jangan sampai terpisah dari rombongan, terutama yang sudah berusia senja, dan Saya mengucap syukur kepada Pemerintah Arab Saudi yang saat ini telah kembali membuka pelayanan ibadah haji. Sebab, sebelumnya ibadah haji ditutup karena mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun Alhamdulillah mulai tahun ini telah kembali dibuka walaupun kuotanya tidak sebanyak tahun - tahun kemarin,”jelas Bupati.

Foto:Tampak foto bersama usai kegiatan pelepasan.

Lanjut Bupati, ia mendoakan rombongan Jamaah Calon haji ketika melaksanakan rangkaian - rangkaian ibadah selalu dalam lindungan Allah SWT.

“Semoga Jamaah Calon Haji musim haji 1443 Hijriah ini, senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, dan selalu dalam lindungannya saat menjalankan ibadah haji di Makkah, amin,”ucap Bupati.

Bupati berharap, 14 Jamaah Calon Haji Boltim ini, akan pulang ke kampung halaman masing - masing dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji mabrur.

“Haji yang mabrur itu dapat Kita sandang kalau Kita mampu melaksanakan perintah - perintah Allah dan petunjuk Rasulnya dengan memperhatikan berbagai syarat, rukun dan wajib, serta menghindari hal - hal yang dilarang atas dorongan iman dan taqwa,”tutup Bupati.

Turut hadiri dalam pelepasan Jamaah Calon haji tersebut, Asisten I Priayamos, Asisten III Rusmin Mokoagow, Anggota DPRD Boltim, Forkopimda, serta rombongan Keluarga Jamah Calon Haji. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Salah satu Kafilah asal Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Muhammad Ridho Memonto, berhasil meraih juara 1 dalam Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Perolehan juara tersebut, diumumkan pada penutup acara MTQ yang dilaksanakan mulai Tanggal 13 - 19 Juni 2022 di Kota Bitung, dan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Praseno Hadi, Minggu, 19 Juni 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim, Kota Bitung juara umum pada MTQ, kontingen Kabupaten Boltim pada gelaran MTQ ini, masih bisa bersaing dan memperoleh juara pada beberapa bidang yang dilombakan.

Muhammad Ridho Mamonto yang meraih terbaik satu pada cabang lomba Qira’at Murattal Remaja Putra, dan beberapa peserta lainnya juga memperoleh Juara 2, Juara 3, harapan 1, harapan 2 dan harapan 3.

Kabag Kesra Pemkab Boltim Djantra Damopolii, usai kegiatan penutupan menyampaikan, selamat dan memberikan apresiasi kepada para juara, meskipun dengan waktu persiapan yang begitu mepet antara perlombaan tingkat Kabupten dan Provinsi namun masih bisa menampilkan dan memberikan hasil yang terbaik untuk Timur Totabuan.

“Alhamdulillah Kami masih bisa berbangga atas hasil yang di raih oleh Muhammad Ridho Mamonto,”Kata Djrantra.

Ia juga menyampaikan kepada Muhamad Ridho Mamonto, yang mewakili Provinsi Sulut ke tingkat Nasional untuk tetap belajar memacu diri, dan lebih giat lagi dalam berlatih

“Agar pada gelaran MTQ Nasional di Kalimantan Selatan (Kalsel), bisa menampilkan penampilan terbaiknya dan membuat prestasi bagi Sulut, khusunya Kabupaten Boltim,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kontingen Kabupaten Haji Makmur mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta MTQ Boltim. Ia mengatakan kepada yang mendapat juara selamat dan yang belum dapat juara tetap semangat, teruslah berjuang jangan pernah putus asa

“Insha Allah besok kalian pasti bisa mengharumkan nama Kabupaten Boltim sampai ke jenjang Nasional. Kami atas nama Pemerintah dan LPTQ, mengucapkan terima kasih atas perjuangan kalian,”terang Makmur.

Turut hadir mendampingi Kontingen Boltim pada penutupan MTQ ke-29 Tingkat Provinsi, Ketua DPRD Boltim, Fuad Landjar dan Kepala Kemenag Boltim Aswin Kiay Demak. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S.Sos. MSi, memimpin apel rutin, bertempat di halaman Kantor Bupati, Senin, 13 Juni 2022.

Pada apel tersebut, Bupati Sam Sachrul menekankan pentingnya disiplin Paratur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

“Ukuran kinerja seorang ASN adalah kedisiplinan, sehingga perlunya semua ASN meningkatkan kedisiplinan,”jelas Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Boltim pada tanggal 21 Juli 2022, akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan dan lomba agar lebih semarak,”Sebab, sudah dua tahun terakhir, pelaksanaan HUT terkendala dengan pandemi Covid-19,”kata Bupati.

Bupati juga menambahkan, ia akan mengangkat kembali Budaya adat Bolaang Mongondow Timur,”Seperti tarian Dana - dana yang melibatkan banyak kalangan, baik dari Desa - desa termasuk semua SKPD untuk dipublikasi, akan dilestarian kembali Budaya Boltim,”terangnya.

Diakhir sambutan, Bupati juga menyampaikan agar,”Penataan aset di tata dengan baik, sehingga pada pemeriksaan tahun depan tidak menjadi kendala,”tutup Bupati. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S.Sos., MSi, menghadiri kegiatan penanaman Mangrove serentak di 7 Provinsi yang diselenggarakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan penanaman Mangrove dengan tema “Semangat Restorasi Merawat Bumi” tersebut, bertempat di Desa Paret Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Boltim Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin 13 Juni 2022.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan PP Garda Pemuda Nasdem dilakukan serentak secara virtual dengan 7 Provinsi.

Adapun 7 Provinsi yang dipilih dalam penyelenggaraan kegiatan ini adalah:

  1. Jakarta (Kali Angke)
  2. DPW Kalimantan Timur (Balikpapan)
  3. DPW Sumatera Utara (Beraw).
  4. Jawa Timur (Probolinggo).
  5. Sulawesi Tenggara (Kendari).
  6. Riau (Pekan Baru).
  7. Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow Timur).

Pada kegiatan itu, Bupati Sam Sachrul mengatakan, penanaman mangrove ini bertujuan untuk mencegah abrasi, menyelamatkan Masyarakat, dan menyelamatkan lingkungan kita,”Jadi sangat bermanfaat apa yang sudah dilakukan oleh GPND,”jelas Bupati.

Sementara itu, Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) melalui virtual mengatakan, penanaman yang dilakukan, bertujuan untuk penanggulangan dampak lingkungan.

“Seperti mencegah laju pemanasan global, menjaga abrasi, serta menjaga keanekaragaman hayati,”kata Menteri Lingkungan Hidup.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan DPRD Provinsi Sulut DR Viktor Mailangkay, Pimpinan DPRD Boltim Muhammad Jabir, Anggota DPRD Boltim Lam Matiala dan pimpinan OPD terkait serta Ketua dan pengurus GPDD Sulut. (Ayla)