Boltim

Boltim (232)

Boltim, Sulutnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), minta kepada Pemerintah Desa (Pemdes), agar dapat membantu mensosialisasikan program vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 Tahun.

Hal tersebut, dikatakan langsung oleh Kepala Dinkes Boltim, Saifudin Gobel, SKM, M.Kes, kepada sejumlah awak media, Selasa 18 Januari 2022.

Ia mengatakan, penyuntikan vaksin bagi anak penting dilakukan agar anak – anak kita terhindar dari virus corona.

“Kita butuh peran dari pemerintah desa untuk membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang program vaksinasi anak 6-11 tahun,”jelas Saifudin.

Lanjut dia, program vaksinasi anak ini akan berlangsung di setiap sekolah mulai pekan ini. Nantinya pada pelaksanaannya, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Boltim.

“Tentunya dalam pemberian vaksinasi terhadap anak, kita tetap butuh persetujuan dari orang tua. Di daerah lain vaksinasi untuk anak sudah mulai dilakukan,”terangnya.

Ditambahkannya lagi, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut di vaksin, karena vaksin yang disiapkan pemerintah aman dan halal.

“Peran sangadi dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak takut di vaksin. Dengan di vaksin maka kita telah melindungi anak kita dari Covid-19,”imbuhnya.(Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam waktu dekat ini akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2022.

Hal tersebut, dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Dinsos Boltim, Drs Imran Golonda, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin 17 Januari 2022.

Kadis mengatakan, tim akan turun untuk melakukan verifikasi kembali, karena daftar penerima yang ada di DTKS itu, dalam tiap tahun itu ada perubahan.

“Seperti ada penerima yang sudah meninggal atau lain sebagainya secara otomatis keluar dari daftar, sehingga jika ada pengusulan pengganti maka Sangadi akan melakukan rapat untuk pengajuan kembali lewat Dinsos sesuai kriteria yang masuk dalam persyaratan,”jelas Kadis.

Lanjut dia, sama seperti tahun sebelumnya, total anggaran bantuan PKH untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Boltim sebesar 6,7 Miliar yang bersumber dari APBN melalui Kementerian Sosial.

“Anggarannya langsung dari pusat ke rekening masing-masing penerima. Kami disini hanya memfasilitasi sekaligus pengawasan terkait data penerima. Anggaran untuk tahun ini berkisar Rp 6,7 Miliar. Bantuan ini diberikan per 6 bulan. Masing-masing penerima sebesar 200 ribu per bulannya,imbuhnya.

Diketahui, PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH adalah program reguler tahunan tak terkecuali tahun 2022 yang masuk dalam pos perlindungan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), resmi mengeluarkan pengumuman tentang Persyaratan usul penetapan NIP Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Boltim tahun 2021. Senin 17 Januari 2022.

Surat pengumuman bernomor 800/B.03/P-CPNSD/25/I/2022 tersebut, merupakan tindaklanjut surat Pengumuman Bupati Boltim tentang Hasil Seleksi Penerimaan CPNS Pemkab Boltim tahun 2021.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Penerimaan CPNS yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka itu, memuat berbagai hal terkait persyaratan dan kelengkapan dokumen usul penetapan NIP CPNS Boltim.

Selengkapnya, berikut isi surat pengumuman Nomor 800/B.03/P-CPNSD/25/I/2022: lampiran pengumuman (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun 2022 mengalami kenaikan 113 Miliar atau meningkat 42,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Wiwik Kurnia Dasri, kepada awak media Senin 17 Januari 2022.

ia mengatakan, DAK Fisik tahun 2022 meningkat 42,4 persen dengan rincian DAK  fisik  Rp113.514.369.000.

“Dak yang diterima Pemkab Boltim tahun ini lebih besar dibanding tahun 2021 lalu yang besaranya sekitar Rp47.972.381.085,”jelas Wiwik

Lanjut dia, DAK fisik yang didapat tersebut, akan diperuntukan pada beberapa bidang serta untuk penyalurannya dibagi dalam tiga tahap. Namun penyaluran akan dilakukan setelah SKPD penerima sudah memasukan laporan realisasi.

“Kiranya seluruh SKPD segera sampaikan laporan realisasi kegiatan fisik dan di input di Unit Layanan Pengadaan ( ULP) Boltim agar sudah bisa direview Dinas Inspektorat Boltim untuk mendapatkan proses pencairan tahap pertama,”terangnya.

Di tambahkannya lagi, untuk penyaluran tahap satu sebesar 25 persen paling lambat tanggal 21 juli, kemudian untuk selanjutnya tahap dua  tanggal 21 Oktober dan tahap tiga tanggal 15 Desember tahun 2022.

Diketahui, DAK fisik tahun 2022 ini untuk dibagi ke sejumlah SKPD penerima seperti bidang Pendidikan sebesar Rp10.115.772.000, bidang kesehatan dan KB Rp7.565.874.240,  bidang jalan Rp9.798.917.000,  bidang sanitasi Rp5.471.894.000, serta bidang air minum Rp6.854.419.000. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menerima kunjungan Komandan Batalyon (Danyon) Armed 19/105 Letkol Edi Yulian Budiargo.

Kunjungan tersebut, disambut langsung oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S. Sos, MSi, bertempat di kantor Bupati Boltim, Kamis 13 Januari 2022.

Adapun kunjungan itu bertujuan silaturahmi sekaligus berkoordinasi dengan Bupati terkait rencana pembangunan pabrik amunisi di Boltim.

Letkol Edi Yulian saat dijumpai oleh awak media mengatakan, kunjungan ini dalam rangka silaturahmi, juga mencari daerah untuk rencana pembangunan pabrik amunisi dan batalyon infantri.

“Kita harapkan kebijakan Pak Bupati dengan memberikan lahan,”Jelas Letkol Edi.

Lanjut dia, pabrik amunisi yang rencananya akan dibangun di Boltim itu akan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat, juga bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Perekoniman masyarakat pasti meningkat dengan adanya pabrik amunisi ini. Tenaga kerja juga banyak terserap dari masyarakat Boltim,”Terangnya.

Sementara, Bupati Boltim Sam Sachrul mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dan akan memberikan lahan untuk pembangunannya.

“Silaturahmi yang dilakukan Pak Danyon adalah hal yang sangat baik dan sangat positif. Untuk rencana pembangunan pabrik amunisi di Boltim, kami pasti siapkan lahannya,”Kata Bupati.

Kehadiran pabrik amunisi itu lanjut Bupati, akan sangat berdampak serapan tenaga kerja yang muaranya pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pabriknya pasti besar dan ribuan tenaga kerja yang akan terserap disitu. Soal lokasi kita masih rahasiakan, namun kami pastikan lokasinya ada. Pabrik amunisi baru dua di Indonesia, yakni di Pindad Bandung dan Malang. Boltim akan menjadi daerah ketiga yang memiliki pabrik amunisi jika ini jadi dibangun,”ungkap Bupati.

Di tambahkannya lagi, sebagai bentuk keseriusan dan dukungannya terhadap rencana pembangunan pabrik amunisi itu, dirinya akan bertandang ke Markas Batalyon Armed pekan depan.

“Saya akan datang ke Batalyon Armed untuk menindaklanjuti apa yang kita bicarakan hari ini. Saya berharap pembangunan pabrik bisa terwujud,”imbuhnya. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus menggenjot pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai sektor termasuk mendorong pemerintah desa dalam mengembangkan website desa.

Hal tersebut, dijelaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Boltim Khaeruddin Mamonto saat bersua dengan sejumlah awak media Rabu, 12 Januari 2022.

Ia mengatakan, keberadaan Website Desa penting agar masyarakat bisa mengetahui rencana kerja, potensi wilayah serta keberhasilan program pembangunan oleh pemerintah hingga tingkat paling rendah. Hal ini juga tercantum dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Untuk tahun ini Diskominfo akan memfasilitasi 80 Desa dalam pembuatan website resmi secara gratis dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),”Jelas Khaeruddin.

Lanjut dia, saat ini di Boltim baru 1 Desa yang telah memiliki website yakni Desa Bukaka, sementara 80 Desa lainnya dalam proses pendaftaran domain ke Kementerian Kominfo melalui lembaga Pendaftaran Nama Domain Indonesia (PANDI), sesuai Permen Kominfo Nomor 5 Tahun 2015 tentang Registrasi Nama Domain, dimana semua domain website pemerintah termasuk milik desa harus resmi tercatat di PANDI Jakarta. 

“Dalam waktu dekat akan dirampungkan dan segera diserahterimakan ke desa. Nantinya para operator pengelola website pada masing-masing desa juga akan kita berikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan website desa,”terangnya.

Di tambahkannya lagi, keberadaan webside ini akan menjadi etalase bagi desa, terutama dalam pelaksanaan pemerintahan yang transparan, promosi keunggulan sumber daya alam, pariwisata dan produk-produk lokal.

“Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh desa yang mempunyai website resmi yang dikelola sendiri oleh pemerintah desa, salah satunya adalah sebagai promosi desa. Karena melalui website desa, pemerintah desa dapat memberikan informasi kondisi desa, promosi pariwisata, produk, ataupun promosi potensi lainnya,”imbuhnya. (Ayla)

Boltim, Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto. S.Sos, MSi, menghadiri kegiatan pencanangan Kampung Reforma Agraria, yang diselenggarakan oleh tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Boltim.

Kegiatan tersebut, dirangkaikan dengan penyerahan sertifikan tanah sebanyak 1000 lebih kepada Masyarakat, bertempat di Desa Mooat Kecamatan Mooat Kabupaten Boltim, Rabu 12 Januari 2022.

Foto: Tampak Bupati Boltim saat menyerahkan setifikat tanah (Foto: Istimewa).

Pada kesempatan itu, Bupati dalam sambutannya mengatakan, Kampung Reforma adalah suatu kawasan yang didami oleh kelompok masyarakat penerima tora yang telah dilakukan kegiataan penataan aset, penataan penggunaan tanah, dan penataan akses, sehingga terwujud suatu kampung tematik yang mencerminkan catur tertib pertanahan.

“Kampung reforma agraria diharapkan mampu menjadi etalase keberhasilan pelaksanaan reforma agraria dalam skala kecil, yakni meliputi penataan aset, penatagunaan tanah, dan penataan akses dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya dan potensi yang ada dalam suatu wilayah,”Jelas Bupati.

Foto: Tampak Bupati Boltim saat melakukan penanaman bibit rica (Foto: Istimewa).

Lanjut Bupati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penetapan atau pencanangan kampung reforma agraria ini. Antara lain penataan aset lewat program legalisasi aset, redistribusi tanah, konsolidasi tanah, maupun pemanfaatan bersama. Selanjutnya, penataan penggunaan tanah yakni rencana badan jalan, emplasemen, fasilitas sosial, fasilitas umum, wilayah tanah usaha, aspek fisik, aspek yuridis dan aspek lingkungan hidup.

“Ketiga adalah penataan akses yaitu indikatornya adalah peningkatan pendapatan subyek reforma agraria berupa outcome dan impact,”terang Sam Sachrul.

Foto: Tampak foto bersama usai kegiatan (Foto: Istimewa).

Usai memberikan sambutan, Bupati menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada warga setempat. Dan dilanjutkan dengan acara dari Dinas Sosial dan Dinas Pertanian yakni, penyerahan bantuan berupa Al-Qur’an kepada para tokoh agama, penyerahan bibit cabe kepada petani dan penanaman bibit tanaman holtikultura.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong), Perwakilan Kejaksaan Negeri Kotamobagu, para asissten dan sejumlah pejabat eselon II Pemkab Boltim. (*/Advetorial/Kominfo/Hidayat)

Boltim,Sulutnews.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto. S.Sos, resmi meraih gelar Magister Sains dari Pascasarjana Program Studi Pembangunan (PSP) Universitas Samratulangi.

Gelar tersebut, usai mengikuti ujian komprehensif (kompre), bertempat di Universitas Samratulangi Manado, Rabu 6 Januari 2022.

Dalam ujian itu, Bupati Sam Sachrul Mamonto, meyampaikan ringkasan tesis yang berjudul,”Kebijakan Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Boltim di hadapan Tim Penguji yakni, Stevanus Sampe. S.Sos, GradDipBupAdmin, MPubPol, P.hD. (ketua), Dr. Maxi Egetan. SIP, M.Si (sekretaris), Dr. Dra. Joyce J. Reres, M.Si, (Penguji 1), Dr. Deysi L. N. Tampongangoy, S.Sos, M.Si (Penguji 2) dan Dr. Eng, Ir, Pingkan Peggy Egam, ST MT (Penguji 3).

Bupati menyampaikan, kedepan bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, meningkatkan daya saing pariwisata daya saing Kabupaten Boltim.

“Kedepan akan banyak sekali multi player effect yang dihasilkan dari analisis kebijakan yang diambil, sehingga bisa memberikan kontribusi PAD atau PDRB Pariwisata, dan harapkan juga akan ada pengembangan Pariwisata dan sektor-sektor lainnya yang mendukung pariwisata,”jelas Bupati saat menjawab pertanyaan penguji.

Dalam ujian komprehensif itu, Komisi penguji memberikan pujian kepada Sam Sahcrul Mamonto, yang dapat menjawab semua pertanyaan dari para penguji serta di nyatakan lulus dengan Predikat Nilai 87,4 atau dengan Nilai A.

Setelah menyandang gelar S. Sos, M. Si, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Keluarga, Seska Ervina Budiman, S.sos yang di ketahuai adalah Istri tercintanya, serta kedua Anaknya Izra Halilintar Mamonto dan Jingga Bidrani Mamonto yang telah memberikan support, Walikota Kotamobagu Ibu Ir. Hj.Tatong Bara, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Ibu Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Bapak Tomy Sumakul, Dosen Pembimbing dan Komisi Penguji, kepada Pemerintah Kabupaten Boltim yang telah membantu serta memberikan dorongan, segenap civitas akademika Universitas Sam Ratulangi.(/Hidayat)

Boltim,Sulutnews.com - Usai mengunjungi Polres  Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno melanjutkan kunjungan ke Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Selasa (21/12/2021).

Tiba di Mako Polres Boltim, Kapolda didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno menerima jajar hormat, dilanjutkan penerimaan adat oleh Tetua Adat di Boltim.

Hadir dalam penyambutan, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Suryanegara dan Forkopimda Kabupaten Boltim.

Dalam kunjungan kali ini, Kapolda Irjen Pol Mulyatno melakukan tatap muka sekaligus bersilaturahmi dengan personel Polres Boltim.

"Kedatangan kami kesini untuk bersilaturahmi sekaligus melihat situasi kamtibmas di daerah dan memberikan motivasi kepada personel Polri yang melaksanakan tugas-tugas Kepolisian," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Apalagi katanya, disamping tugas rutin memelihara kamtibmas, saat ini Polri dihadapkan dengan tugas pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, di tengah pandemi covid-19.

"Harapannya Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan aman dan sehat," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Kapolda juga berharap seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, memelihara kamtibmas dan melakukan penegakan hukum secara adil.

"Tunjukkan disiplin, semangat dan kinerja yang baik, jalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah, TNI dan seluruh komponen masyarakat. Dalam melaksanakan tugas harus simultan, kompak dan berkolaborasi," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Kunjungan ke Polres Boltim merupakan rangkaian terakhir kunjungan kerja Kapolda Sulut ke wilayah Bolmong Raya selama 2 hari. (Adrian)

Boltim, SulutNews.com -- Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Utara kembali merangkul masyarakat dan pelajar untuk melakukan vaksinasi di Desa Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur untuk mendorong percepatan vaksinasi nasional dalam program satu juta vaksin kontra Covid-19, pada Sabtu (20/11/2021).

Kepada awak media Kabinda Sulut, Laksma TNI Adriansyah, SE,. menyampaikan target percepatan vaksinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Kegiatan vaksinasi yang kita laksanakan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, merupakan program satu juta vaksin dari Badan Intelijen Negara yang dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia," ucap Kabinda Sulut.

Lanjutnya, "Hari ini kami dari Badan Intelijen Daerah Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat dan pelajar di sejumlah lokasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dimana dalam vaksinasi tersebut lokasi yang disasar salah satunya yaitu masyarakat di desa Modayag, Kecamatan Modayag dengan total target capaian sebanyak 500 dosis vaksin," jelasnya.

Adriansyah juga menghimbau agar masyarakat ambil bagian dalam setiap kegiatan vaksinasi yang di gelar di daerah masing masing.

"Kami menghimbau Kepada seluruh masyarakat dan pelajar yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera melaksanakan vaksinasi, karena vaksinasi itu aman dan akan meningkatkan imunitas tubuh kita," ajak Kabinda Sulut.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut Binda Sulut mengerahkan tim taktis medical Intelligence yang bergerak mobile menargetkan sasaran vaksinasi sebanyak 500 target yang terdiri atas pelajar dan masyarakat yang dilaksanakan secara door to door dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Tim taktis medical Intelligence BIN Daerah Sulut bersinergi dengan Pemkab Boltim, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di beberapa kecamatan serta TNI dan Polri.

(***/Tamura)