Hikmah Mengenang Kembali HUT Ke-18 SMK Negeri 1 Kaidipang Tahun 2022.

Written by  Gandhi Goma Nov 12, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri acara Peringatan HUT Ke-18 SMK Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022. Acara di Desa Bigo, Halaman Sekolah SMK Negeri 1 Kaidipang. Sabtu (12/11/2022).

Kepala SMK Negeri 1 Kaidipang Moh. Ansar Nusa, SPd, MSi dalam sambutannya mengungkapkan makna “Delapan Belas Tahun” perjalanan SMK Negeri 1 Kaidipang dalam mengabdikan diri di bidang pendidikan merupakan usia yang panjang dan matang bagi sebuah lembaga pendidikan untuk mencapai predikat name baik dan nama besar. Kemampuan SMK Negeri 1 Kaidipang dalam meniaga dan mengatur ritme dan strategi untuk terus mempertahankan kepercayaan pemerintah dan masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan yang senantiasa mencetak prestasi gemilang dan menyumbangkan alumni yang cerdas, dan tangguh, di tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional.

“Untuk itu, pada usia delapan belas tahun ini SMK Neger 1 Kaidipang menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun sebagai langkah taktis yang ditujukan kepada masyarakat luas untuk mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan SMK Negeri 1 Kaidipang. Selain itu, kegiatan ini diproyeksikan untuk mensgalang peran serta alumni, Dunia Usaha/Dunia Industri sebagai institusi pasangan dan masyarakat dengan harapan SMK Negeri 1 Kaidipang menjadi lebih berkembang dan maju untuk mengisi pembangunan”, ujarnya.

SMK. Negeri 1 Kaidipang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamatkan di Jalan Manggis Desa Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sebagai Sekolah Kejuruan. menyediakan 8 jurusan yaitu Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Pertanian, Teknik Gambar Bangunan (TGB), Administrasi Perkantoran (ADP), Akuntansi serta Pemasaran. Adapun total jumlah siswa SMK Negeri 1 Kaidipang tahun 2021 yaitu sejumlah 700 siswa.

“Untuk pengembangan jurusan dan inovasi, serta para alumni yang siap kerja, kepada yang terhormat Ibu Anne Dondokambey Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan  yang selama ini sangat peduli dengan pengembangan proses belajar mengajar, sarana prasarana, kita ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya,” ucap Ansar Nusa.

Sebelum memberikan sambutan, Bupati Bolmong Utara mengundang Arifin Bolota berdiri disampingnya. Terdengar tepuk tangan para hadirin undangan. Karena Bung Arifin Bolota adalah inisiator pendiri SMK Kaidipang.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan hari ini merupakan salah satu tonggak sejarah dalam kaitan keberadaan SMK Negeri 1  Kaidipang, sebab pada tanggal 11 November 2004, Pemerintah Republik Indonesia mengakui keberadaan sekolah ini, dengan sebuah perjuangan panjang mengalihkan status sekolah ini hingga menjadi salah satu sekolah Negeri di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada saat itu.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga terhadap seluruh alumni SMK Negeri 1 kaidipang yang juga hadir di dalam perayaan ini. Hal ini tentu saja bertujuan mempererat kembali tali silaturahim diantara alumni, berjumpa dengan para guru-guru kita dahulu, dan mengingat kembali masa-masa indah dibangku sekolah.”

“Teringat kembali peran Arifin Bolota dalam merintis keberadaan SMK Kaidipang, karena dipicu ingin melanjutkan sekolah. Kedatangannya di Kotamobagu menemui saya karena ingin sekolah, tapi usianya sudah melampaui batas usia untuk sekolah lanjutan tingkat atas. Tekanan dan tantangan yang sangat sulit dipecahkan, Arifin Bolota menghadap di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow di Kotamobagu, mengunjungi teman-temannya yang sudah putus sekolah 28 orang untuk diajak masuk sekolah, dan mengusulkan membuka SMK Kelas Jauh Kaidipang, usulan tersebut diterima. Pada Tanggal 2 Agustus 2004 di deklarasikan SMK Kelas Jauh Kaidipang. Tidak lupa kita ucapkan kepada tokoh pendidikan Kamarudin Babay dan inovator Lasa Korompot , telah mendampingi Arifin Bolota dalam tekad bersama mewujudkan berdirinya SMK Negeri 1 Kaidipang,” ungkap Depri Pontoh.

Tokoh pendidik dan pemangku adat Bolmong Utara Kamarudin Babay, SPd dalam pemikirannya mengungkapkan;

“Pendidikan kejuruan pada dasarnya menyiapkan peserta didik untuk hidup pada era perubahan teknologi yang cepat. Hal ini menuntut pendidikan kejuruan harus merubah orientasi pendidikannya dengan tidak hanya melatih peserta didik menguasai suatu ketrampilan, tetapi lebih dari itu harus juga menyiapkan mereka untuk memiliki daya adaptasi yang baik, berkomitmen moral yang baik, mau hidup berdampingan dengan masyarakat multikultur dsb.“

Pesan Lasa I Korompot untuk ulang tahun SMK Negeri 1 Kaidipang;

“Mari jadikan momentum silaturahim ini, sebagai wahana untuk menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan dan persatuan dalam diri kita selalu alumni sekolah, sehingga dapat memberikan manfaat dan sekaligus sebuah harapan dalam bangkitnya semangat kebersamaan kita semua untuk turut membangun dan memberikan kontribusi yang produktif bagi daerah, khususnya dalam percepat pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.”

Turut Hadir, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan Ibu Anne Dondokambey, Pimpinan OPD, Kapolsek Urban Kaidipang AKP Sumarto Datuamas, Yang Mewakili Danramil Kaidipang Serma Harun Datunugu, Kacabdin Bolmut Patra Kapiso, Spd,  Para Kepala Sekolah SMK Negeri dari Kab. Gorontalo Utara yang membawa para siswa untuk tampil dalam drama dan tari kreasi, serta Seluruh Jajaran, Para Kepala Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Para Alumni SMK Negeri 1 Kaidipang serta seluruh Tamu Undangan. (**/Gandhi Goma).