Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Written by  Gandhi Goma Nov 11, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, M.Ap. menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 58 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. Bertempat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jumat (11/11/2022).

Ketua panitia Ibu Meyti Tombinawa, SKM, tujuan umum kegiatan Hari Kesehatan Ke-58 membawa pesan di masa transisi pandemic ke endemi ini kita tidak boleh lengah, seluruh komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta, berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan, memprioritaskan promotifpreventif dan semakin menggalakkan Perilaku  Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tujuan khusus, pelaksanaan kegiatan lomba penilaian Puskesmas sebagai penilaian pra akreditasi Puskesmas, meningkatkan semangat dan memupuk kebersamaan antar tim kerja, meningkatkan kekompakan kebersamaan antar petugas kesehatan, memberikan hiburan untuk petugas kesehatan.

Pada Peringatan HKN di tingkat Kab. Bolmut ini dirangkaikan dengan penyerahan hadiah dari beberapa lomba, dan di mulai dengan Olahraga Bersama.

Rangkaian Kegiatan HKN Ke 58 Adalah Sebagai Berikut :

  1. Lomba PHBS dan lomba posyandu telah dilaksanakan pada awal bulan oktober 2022
  2. Lomba penilaian puskesmas, dengan kategori puskesmas manajemen terbaik, puskesmas inovasi terbaik, kepala puskesmas terbaik , lomba mars puskesmas , yel-yel puskesmas terbaik, dan penanggung jawab program terbaik telah dilaksanakan tanggal 25 oktober s/d 31 oktober 2022 ;
  3. Lomba tenis meja , catur, makan kurupuk dan gems menuang tepung telah dilaksanakan tanggal 7-9 november 2022
  4. Kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan pemeriksaan ptm telah dilaksanakan tanggal 8 november 2022
  5. Dengan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini yaitu jalan sehat , senam zumba bersama, lomba tiktok cuci tangan, lomba bintang vokalia dengan peserta para kepala puskesmas se-kabupaten, kepala instalasi dan para pejabat structural (esselon iii dan iv) di lingkungan dinas kesehatan;
  6. Kegiatan pemeriksaan gratis di poliklinik puskesmas dan rsud pada tanggal 12 november 2022
  7. Kegiatan upacara hkn ke-58 akan dilaksanakan pada tanggal 14 november 2022 bertempat di halaman kantor bupati dengan rangkaian acara apel bersama pemerintah daerah dan seluruh tenaga kesehatan di seluruh puskesmas, instalasi dan rsud kabupaten
  8. Pemasangan umbul-umbul, slinger dan hiasan lainnya di seluruh puskesmas, instalasi dan rsud kabupaten dimulai tanggal 25 oktober s/d 14 november 2022

Dalam sambutan Menteri Kesehatan RI yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan, Bangsa Indonesia dapat kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di tahun 2022 ini. Lima puluh delapan tahun bukanlah usia yang singkat, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat kita menghadapi pandemi COVID-19.

Kendala dan tantangan dalam penyediaan pelayanan kesehatan menguji Sistem Kesehatan Indonesia yang ternyata tidak siap menghadapi pandemi saat itu. Namun dengan kolabolasi professional segala sektor, pandemi ini hampir kita lalui. Saat ini bersama dengan negara-negara lain, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang.

Saat ini kita menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi. Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi COVID-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang. Belajar dari sejarah pandemi yang terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap.

Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh. Saya berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke depan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah dan bangsa negara.

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran

kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal

lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19,

membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk menjalani masa endemi dengan bijak serta mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.

Turut Hadir, Wakapolres Bolaang Mongondow Utara Kompol Samuel Kayangan, S.Ip., Panitia Pengadilan Agama Boroko Yusuf Dani Pontoh, SH., MH., Mewakili Kakan Kemenag Bolmut, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda Kab. Bolmut, Staf Khusus Bupati, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Pimpinan Serta Jajaran Bank Sulut Go Boroko dan Bank BRI Unit Boroko, Jajaran Dinas Kesehatan dan PSC Kab. Bolmut, serta Seluruh UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. (**/Gandhi Goma).