Destinasi Wisata Alam Naulas Resort & Resto Dicanangkan Dengan Resmi

Written by  Gandhi Goma Sep 10, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Keindahan Alam Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang indah. Negara kepulauan seluas 1,91 juta km2 ini memang memiliki bentang alam yang memesona, mulai dari Aceh hingga Papua. Tak heran jika jumlah wisatawan yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia.

Karena keindahan alam Indonesia yang tak terkira, berlibur pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ada sejumlah destinasi wisata alam Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Obyek wisata Naulas terletak di Desa Paku Selatan Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki keindahan tersendiri secara alami karena dikelilingi dengan areal hutan serta sumber mata air yang tiada henti mengalir.

Pemilik lokasi obyek wisata alami Naulas Muh. Aditya Pontoh, SIP dan Nyonya Moy Mamonto ketika pada awalnya melintasi areal perkebunan Naulas tertarik dengan keindahan alami Naulas dan mereka berdua ingin mengembangkan menjadi obyek wisata dengan luas lahan sekitar 9 hektar.

Kurang lebih tiga tahun dilakukan pengembangan dengan membangun 5 kolam ikan mujair serta sarana bangunan untuk rekreasi memancing. Dilanjutkan dengan membangun 2 kolam renang untuk anak dan orang dewasa serta grand house untuk tempat meeting serta 4 rumah untuk menginap.

Setelah fasilitas sarana dan prasarana dibenahi serta areal telah ditanami berbagai jenis bunga dan pohon pinang menambah keindahan alami. Terlihat ratusan pohon nantu berdiri kokoh disekelilingnya serta penanaman pepohonan untuk melestarikan perbukitan sebagai sumber air, maka pada hari Sabtu, 10 September 2022 dilaksanakan pencanangan Naulas Resort dan Resto diawali prosesi adat motambongo (mensucikan) dengan memohon doa agar dijauhkan dari segala ujian bencana.

Acara ini diawali dengan sambutan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra  Sekretariat Pemda Bolmong Utara Rahcmat R Pontoh, SH, MSc dengan pencanangan Naulas Resort dan Restro sebagai obyek wisata alami adalah perdana di Kabupaten Bolmut.

“Kita kemarin pada saat pencanangan obyek wisata pantai batu pinagut telah mendapat predikat serambi pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, saat ini pencanangan wisata alami di pegunungan naulas. Kami mengucapkan terima kasih kepada saudara Aditya Pontoh dan Nyonya Moy Mamonto yang telah melaksanakan investasi obyek wisata ini dan akan kita akan promosikan secara nasional,” ungkapnya.

Acara selanjutnya penandatanganan secara resmi oleh Bupati Bolmong Utara didampingi Kapolres AKBP Areis Aminullah, SIK dan owner Aditya Pontoh dan Nyonya Moy Pontoh serta keluarga besar Pontoh Mamonto.

Sambutan Kapolres Bolmong Utara menghimbau untuk membuat pengunjung obyek wisata ini aman dan nyaman kepada para security untuk waspada, laksanakan pengamanan ekstra karena resiko kolam renang dan kolam ikan terbuka terutama untuk pengamanan terhadap anak-anak.

Kadis Pariwisata Bolmong Utara Mohamad Noh Djarumia, SE, MSc mengungkapkan Kabupaten Bolmut memiliki banyak potesni wisata. Mulai dari Wisata Pantai Batu Pinagut, Desa Nagara, Permandian Alam, Wisata Pantai Bunga Indah dan Naulas Resort dan Resto. Kita dapat berkolaborasi.

“Kami akan terus berbenah dan menjadikan Bolmut menjadi tempat pilihan para wisatawan baik domsetik maupun mancanegara,” tutupnya.

Kepala BPBD Bolmut, Viktor Nanlesy sangat respec dengan investasi wisata alami Naulas dengan menanami pohon tahunan nantu, manfaat pertama mencegah longsor dan sebagai sumber mata air serta mengciptakan oksigen alami.

Tokoh masyarakat Recky Posumah dalam sambutannya setelah pencanangan Naulas Resort dan Resto ini masyarakat Bolmong Utara untuk berbulan madu tidak perlu ke Gorontalo atau Manado, karena di Bolangitang ini sudah disiapkan tempat dan rekreasi untuk menginap serta tempat rekreasi dan representatif.

Terlihat dalam acara ini wakil rakyat anggota DPRD Bolmong Utara antara lain Suriansyah Korompot, Ketua Komisi III Sartono Daotinggulo, Imran Hulalango, Yahya Husen Suit Pontoh.

Suriyansyah Korompot memberikan apreasi terhadap saudara Aditya Pontoh yang memiliki inovasi pengembangan obyek wisata alami Naulas. Sukses untuk membangun negeri leluhur Bolmong Utara.

Imran Hulalango dari dapil Bolangitang bersatu berharap dengan pencanangan investasi pariwisata Naulas Resort dan Resto telah menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat Bolmut terutama para lulusan SMK jurusan pariwisata. (**/Gandhi Goma)