Bupati Depri Pontoh Menerima Kunjungan BPIP JPM Bumi Patriot Bolmong Utara

Written by  Gandhi Goma Aug 03, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Tim Jejaring Panca Manggala (JPM) Bumi Patriot Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  berkonsultasi dan koordinasi ke Bupati Depri Pontoh. Bertempat di Naulas Desa Paku Kecamatan Bolangitang Barat. Rabu (03/08/2022).

Sekretaris JPM Bumi Patriot Bolmong Utara Imaaduddiyn Guhung, menyampaikan program kegiatan diawali dari mendirikan tugu Pancasila di setiap perbatasan kecamatan, landasan moralitas Pancasila pada tingkat pendidikan dasar dan menengah untuk menghapal sila-sila Pancasila serta nilai-nilai filosofi keteladanan dalam kehidupan sehari-hari; bagaimana berlaku jujur dalam ucapan dan perbuatan teruji dalam kantin kejujuran disetiap sekolah, artinya tanpa ada kasir, hanya disiapkan kotak transparan. Diharapkan para siswa terbentuk karakter ada nilai kejujuran dimulai dari dirinya sendiri. Selanjutnya akan menggelar penilaian program pencanangan Kampung Pancasila.

“Program melatih kejujuran dimulai dari dirinya sendiri akan kita koordinasi dengan dinas terkait, terutama dari guru-guru sekolah dasar dan sekolah menengah pertama secara bertahap, dan penilaian pencanangan Kampung Pancasila akan menjadi prioriotas kita dalam kehidupan falsafah toleransi antar umat beragama, gotong-royong, kamtibmas, kesadaran hukum masyarakat, dan kita akan bersinergi dengan Polres Bolmong Utara dan Kejaksaan Negeri Bolmong Utara dalam membangun 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkap Imaaduddiyn Guhung.

Bupati Bolmong Utara Depri Pontoh memberikan apreasi dan dukungan penuh terhadap program dicanangkan, dan mengusulkan untuk tugu-tugu Pancasila akan dibangun di perempatan terminal antara Desa Kuala dan Desa Pontak, depan pertigaan masjid di Lapangan Kembar Boroko dan Taman Keydupa. Kita akan terapkan “Salam Pancasila” sebagai bentuk salam dasar negara ideologi Pancasila dalam setiap acara upacara, hajatan pernikahan, dan seterusnya akan menjadi tradisi membumikan Pancasila.

“Sebelum dibangun, kita konsultasikan ke JPM Mapalus Provinsi Sulut agar desain lambang Garuda akan sama modelnya, sehingan JPM di daerah-daerah tinggal menyesuaikan. Kita akan anggarkan dalam RAPBD Bolmong Utara Tahun 2023, kepada setiap satuan perangkat daerah untuk membantu pencanangan program ‘membumikan nilai-nilai Pancasila” ke dalam kehidupan sehari dan menjadi teladan untuk generasi muda”, tegas Depri Pontoh.

Anggota JPM Bumi Patriot Bolmong Utara Rahmat Yusuf Buhang, S.Pt, M.Si sebagai seorang pendidik mengharapkan kita kampanyekan Program Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),  Isu Pelembagaan Pancasila antara lain Lemahnya institusionalisasi nilai- nilai Pancasila dalam kelembagaan sosial politik, ekonomi dan budaya menjadi kendala tersendiri, masih kurangnya konsistensi dalam menjadikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum dalam pembentukan peraturan perundang- undangan, masih berkembangnya

bentuk-bentuk dan relasi kelembagaan negara yang tidak sesuai dengan prinsip- prinsip Pancasila, masih lemahnya wawasan ideologi Pancasila di kalangan penyelenggara negara.

Acara konsultasi dan koordinasi dengan Bupati Bolaang Mongondow Utara, dihadiri unsur JPM Bumi Patriot; Gandhi Goma S.H dari Unsur Pers (Ketua merangkap Anggota, Hamsa Lantapon S.IP dari Unsur Pemerintah Daerah Kesbangpol (Anggota), Mohamad Kalonta S.E dari Unsur Pengusaha (Anggota). (**/Tim Redaksi).