Kalau Bolmong Utara Ingin Maju Perbaiki Infrastruktur Jaringan Internet

Written by  Gandhi Goma Jul 26, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Kadis Informasi Komunikasi & Persandian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Aang Wardiman dalam tupoksi menyampaikan beberapa hal tentang perkembangan lintas komunikasi dan koordinasi antar lembaga dan satuan perangkat daerah. Selasa (26/07/2022).

Perkembangan bisnis semua informasi sangatlah tergantung oleh sebuah layanan internet. Internet yang sangat penting peranannya dalam kemajuan baik yang berhubungan dengan Bisnis, Pendidikan dan banyak lagi yang lainnya. Di mana Teknologi Internet merupakan sebuah kebutuhan yang tidak asing lagi pada saat ini, dapat sebagai media pemasaran, komunikasi dan lain sebagainya.

Bahkan dengan terhubung internet seseorang dapat bekerja tanpa harus datang ke kantor sekalipun. Dengan internet seseorang mampu bekomunikasi, mengirim dan mengolah data tanpa mengenal batas dan waktu sekalipun. Jika dalam teknologi yang ada saat ini banyak sekali peredaran data dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan banyak Instansi atau perusahaan atau bahkan akan terjalain kerjasama berbagai pe- rusahaan dalam aktivitas lalu lintas data tersebut.

Di sinilah peranan sebuah perusahaan penyedia layanan internet atau ISP (Internet sevice provider) dibutuhkan, dengan hadirnya perusahaan penyedia layanan internet akan membantu perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan karena peng- hematan waktu dan biaya dengan kehandalan dalam mendapatkan informasi dan keakurantan data yang di peroleh.

 “Namun sungguh disayangkan di Kabupaten Bolmong Utara hanya memiliki satu provider yang terbatas penggunaannya dan terbagi pada setiap dinas terkait. Apalagi kita akan mengembangkan pariwisata yang telah dicanangkan kemarin; “Kabupaten Bolmut Sebagai Serambi Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara.” Termasuk persiapan menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024. Kita mengharapkan dari tahun lalu agar seluruh provider terpusat di Dinas Infokom & Persandian dengan anggaran lebih berdayaguna dan berhasilguna. Semoga dalam  RAPBD-P tahun 2022 menjadi perhatian tim anggaran,” ungkap Aang Wardiman.

Ditambahkannya, pada penyedia layanan internet (ISP) terdapat berbagai macam topologi jaringan, konsep VLAN (Virtual Local Area Network), komponen-komponen hard ware dan penggunaan IP Address yang di gunakan untuk pendistribusian layanan internet kepada perusahaan- perusahaan (cutomer). Melakukan analisa terhadap system jaringan / networking yang ada dengan menggunakan pendistribusian VLAN (Virtual Area Network) serta Konsep VLAN (Virtual Local Area Network). Dan Memberikan solusi terhadap permasalahan sistem jaringan. (/Gandhi Goma).