Print this page

PAN Bolmut Gelar Rakerda I, Menetapkan Capres Dan Wapres Pemilu 2024

Written by  Jul 02, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I di Sekretariat PAN Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolmut, Sabtu (02/07/2022).

Ketua DPD PAN Kabupaten Bolmut Hi. Kompol (Purn) Teddy Pontoh menuturkan, rakerda ini adalah momentum bagi partainya memperkuat soliditas dan sinergitas di internal, khususnya jelang Pemilu 2024.

"Rakerda ini untuk konsolidasi partai dan momentum meningkatkan sinergitas kader PAN Kabupaten Bolmut" tuturnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sulawesi Utara diwakili oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Hi. Farid Lauma, SE, nantinya hasil Rakerda akan dibawa ke Rakerwil PAN Sulut dan Rakernas di tingkat nasional pada Agustus 2022 mendatang.

DPD PAN Bolmut sangat berprestasi ketika dievaluasi dari hasil Musyawarah Daerah (Musda), begitu cepatnya membentuk struktur pengurus harian terbaik di Sulut dari 15 DPD Kabupaten/Kota.

Terbentuknya struktur pengurus sampai ke tingkat cabang dan pertama kali mendapat pengesahan dengan terbitnya Surat Keputusan Kepengurusan DPW PAN Sulut.

Berikutnya Rakorda DPD PAN Bolmut pertama kali dilaksanakan dari 15 DPD PAN Kabupaten/Kota.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan Rakerda I PAN Kabupaten Bolmut diantaranya adalah perihal calon presiden yang bakal diusung PAN di Pilpres 2024 nanti. Akan dibahas di tingkat DPW dan rencana tanggal 16 Juli 2022 akan dibawa ke Rakernas DPP.

Berikutnya, saya sangat sesalkan karena Rakerda I DPD PAN Bolmut tahun 2022 dua anggota legislatif DPRD Bolmut tidak hadir dalam acara ini.

"Rakerda I DPD PAN Bolmut adalah rapat keputusan tertinggi di tingkat daerah setelah Musda untuk memilih ketua dan sebagainya. Saya sebagai Ketua MPP PAN Sulut mengharapkan kepada Ketua DPD PAN Bolmut memberikan surat peringatan pertama, karena begitu asyiknya melupakan rakerda ini. Mereka lupa, mereka duduk di DPRD karena partai, bukan pribadi," tegas Farid Lauma.

Rakerda I DPD PAN Bolmut akan mengeluarkan beberapa rekomendasi. Ada 3 hal yang harus dilakukan. Pertama, sukses organisasi kepartaian. Kedua, sukses legislatif. Target kita minimal satu dapil satu kursi. DPD PAN Bolmut ada 3 daerah pemilihan (Dapil). Ketiga, sukses Pilkada. Diharapkan kader partai dapat mengusung calon bupati. Minimal dapat mengusung simpatisan kita atau kader PAN yang memiliki potensi sebagai kandidat.

Dar hasil keputusan bersama Rakerda I DPD PAN Bolmut dalam berita acara Nomor: PAN/A/BAP/Rakerda/004/VII/2022 Tanggal 02 Juli 2022.

Calon presiden periode 2024, Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Erick Tohir, Ganjar Pranowo, Andika Perkasa. Calon wakil presiden periode 2024; Erick Tohir, Surya Paloh, Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantio.

"Pertama dari unsur internal yaitu Ketum PAN Zulkifli Hasan, sedangkan dari unsur eksternal adalah Anis Baswedan, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, Surya Paloh, Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantio" ungkapTeddy Pontoh.

Tamu undangan dan pengurus harian DPD PAN Bolmut yang hadir antara lain :
Sekretaris POK DPW PAN Sulut Bahri Gani, Kepala Seksi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Pemkab Bolmut Hamzah Lantapon, Adam Kobandaha, Wakil Ketua Pengkaderan Ismail Tinamonga, Erma Mokodenseho, Kadir Hangkiho, Meilan Ibrahim, Jepri Silang, Ikram Datuela, Mat Paputungan, Erik Tegela, Hendra Kaluku, Misye Takalwesang, Amran Lamarang, Astina Sohoti, Sahrin Mokodompis, Rusmin Junaidi, Derin Suratinoyo, Erma Mokodenseho, Alfian Kiaydemak. (**/Gandhi Goma)