Patut Diduga Arus Pendek Listrik Nyaris Menghanguskan Sebuah Rumah Di Desa Sonuo

Written by  Gandhi Goma Jun 16, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Peristiwa kebakaran diduga akibat arus pendek listrik nyaris menghanguskan rumah milik Erno Djambu (78 tahun) telah terjadi di Desa Sonuo Dusun 1 Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Kamis (16/06/2022) Jam 09.20 WITA.

Musibah kebakaran ini berawal dari percikan api dari kabel listrik kamar depan kemudian api menjalar di tiang kayu atap rumah. Kepulan asap dan teriakan minta tolong dari cucu perempuannya menarik perhatian tetangga sekitarnya.

Dengan spontan penduduk sekitarnya datang berduyun-duyun datang membawa ember menyiram ke sumber api yang sedang menyala-nyala. Kemudian dalam selang beberapa menit datang mobil damkar milik Pemkab Bolmut.

Proses pemadaman berlangsung cepat dan tuntas, nyala api segera padam. Tersisa kayu tiang bekas terbakar penyangga atap rumah, terlihat  sebagian atap seng sudah lepas.

Menurut Kabid Damkar dan Penyelamatan Pemkab Bolmut Awaludin Korompot, patut diduga penyebab kebakaran akibat arus pendek dari kamar depan.

"Alhamdulillah... Peristiwa kebakaran nyaris menghanguskan rumah ini segera cepat diatasi, diharapkan kepada masyarakat dan pemilik rumah untuk segera mengganti instalasi kabel listrik sesuai standar PLN. Segera hubungi kami jika terjadi kebakaran ke Nomor Darurat Kebakaran :

0852 9901 7025 (Danru Regu Satu).  082393414008 (Danru Regu Dua) 085397808595 (Danru Regu Tiga).

Isteri dari pemilik rumah ini Ny.Rahiyati Djenaan (umur 75 tahun) terlihat ekspresi masih dalam kepanikan dan kesedihan mendalam. Sambil menatap rumahnya nyaris terbakar dengan tetesan air mata masih tersisa di wajahnya yang sudah uzur.

"Ya Allah, musibah kebakaran ini menjadi ujian keimanan bagi kita semua. Rumah ini barusan direhab Pemkab Bolmut, bagaimana kami dapat menempati rumah ini kembali. Bersyukur masih ada rumah anak lelaki saya Umba Djabu,"

Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh dan aparat Desa Sonuo Dolly Djenaan berada di lokasi kebakaran tersebut akan melaporkan kejadian kebakaran ini serta menghitung kerugiannya.

"Kita akan segera melaporkan ke dinas terkait tentang musibah kebakaran ini. Semoga tingkat kerugian dari pemilik rumah ini segera teratasi," ungkap Camat Bolangitang Barat. (/Gandhi Goma).