Mengapa Penandatanganan Dokumen Kontrak Proyek Harus Disaksikan Pihak Kejaksaan Dan Polri Serta Wartawan ?

Written by  Gandhi Goma Jun 10, 2022

Bolmut, Sulunews.com - Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Laksana, MAP dalam akhir sambutan setelah menandatangani dokumen kontrak rekonstruksi  peningkatan kapasitas jalan Ollot-Goyo, Pimpi-Gambuta, Sonuo-Ollot- Paku- Paku Selatan, harus disaksikan oleh pihak kejaksaan dan kepolisian serta wartawan ?

Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bolmut. Jumat (10/06/2022).

Pertanyaan Wakil Bupati Bolmut menjadi perhatian seluruh hadirin dan undangan. Acara penandatanganan dokumen kontrak ini baru kali ini dilaksanakan secara transparan disaksikan para pemangku kepentingan pengawasan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Karena hal ini telah dimonitoring oleh KPK sejak awal proses tender proyek strategis sampai selesai pekerjaan kontraknya. Pekerjaan proyek akan berjalan baik dan seluruh unsur-unsur pengawasan akan terlibat. Pelaksanaan ini diawali proses lelang secara elektronik dan ada pemenang tender proyek dan dilakukan dengan penerapan aturan yang ketat," ungkap Wabup Bolmut.

Ditambahkannya, segala hal menyangkut teknis pelaksanaan pekerjaan, apa yang tertuang dalam dokumen perjanjian, terutama kontrak yang barusan kita tandatangani dengan komitmen yang ada, aman-aman saja. Sudah dihadiri Kapolres Bolmut diwakili Wakapolres Kompol Samuel Kayangan dan Kajari Bolmut diwakili Kanit Intel Bayu, SH, serta wartawan dari PWI Bolmut.

"Alhamdulillah, masyarakat Ollot-Goyo berharap pada waktu kampanye pilkada kemarin, saya dengan Pak Depri Pontoh sudah dapat memenuhi janji untuk menganggarkannya pada akhir jabatan kita, termasuk masyarakat Pimpi-Gambuta, Sonuo-Ollot-Paku-Paku Selatan," demikian kata Wabup Bolmut mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rudini S Masuara, ST selaku penjabat pengguna anggaran dalam pamaparan slide di layar monitor tentang proses tahapan tentang tender pengadaan barang dan jasa rekonstruksi peningkatan kapasitas jalan di Kecamatan Bolangitang Barat, Kecamatan Bintauna, dan Kecamatan Sangkub, sudah sesuai regulasinya.

Pelaksanaan pekerjaan ini sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022. Adapun ke di tiga proyek tender ini dengan 200 hari kalender dan 180 hari kalender jaminan pemeliharaan, terdiri dari :

Pertama, rekonstruksi peningkatan kapasitas struktur jalan Ollot-Goyo di Kecamatan Bolangitang Barat dengan nilai kontrak  Rp. 18.209.023.050. Pelaksana proyek Direktur PT Lia Membangun Persada Andreas M Tumewu. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Yunita Dama, ST.

Kedua, rekonstruksi peningkatan kapasitas struktur jalan Pimpi-Gambuta di Kecamatan Bintauna dengan nilai kontrak Rp.5.247.487.250,-  Pelaksana proyek Direktur CV. Sumber Karunia Lian Angelina Maindoka. PPK Reky Prayudi Lasama, ST.

Ketiga, rekonstruksi peningkatan kapasitas struktur jalan Sonuo-Ollot-Paku-Paku Selatan dengan nilai kontrak Rp.3.990.528.050. Pelaksana proyek Direktur CV. Sber Karunia Perkasa Meigi Yolanda Pinontoan. PPK Yunita Dama, ST. (/Gandhi Goma)