Peletakan Batu Pertama, Tandai Pembangunan RS Pratama Bintauna

Written by  Gandhi Goma Jun 07, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Pimpi Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai dilaksanakan, hal ini ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh bersama dengan beberapa tokoh masyarakat lainnya dan pejabat Forkompimda.

"Lokasi yang dipilih sangat strategis dengan tujuan untuk pemerataan fasilitas kesehatan, peningkatan akses pelayanan kesehatan serta mengangkat derajat kesehatan masyarakat, terutama masyarakat yang berdomisili jauh dari RSUD, seperti Kecamatan Sangkub, Kecamatan Bintauna dan Kecamatan Bolangitang Timur," Ujar Depri Pontoh.

Pada kesempatan ini, Bupati berharap, kepada masyarakat, dengan menambah fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bolmut, dimana saat ini kita baru memiliki 1 RSUD tipe D, 6 Puskesmas Rawat Inap, 6 Pusker Rawat Jalan, 13 Pustu dan 32 Poskesdes yang tersebar di 6 kecamatan. Dengan demikian diharapkan masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pasien rujukan dari puskesmas, Sehingga angka kematian pasien akibat jauhnya akses kesehatan dapat ditekan. 

Pembangunan Rumah Sakit Pratama ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang bersumber dari dana alokasi khusus Kementerian Kesehatan RI tahun anggaran 2022 sebesar Rp. 44..961.436.060 - ,

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan C Mokoginta, MARS mengatakan memang kita patut berbangga, kehadiran RS Pratama ini nantinya akan menjadi solusi sektor kesehatan dimasa depan yang ada di Bolmut.

Ia menjelaskan, pembangunan RS Pratama di Desa Pimpi, Kecamatan Bintauna merupakan satu kebutuhan yang jauh-jauh hari sudah direncanakan oleh Pemda.

“Rumah sakit ini juga nantinya akan representatif.Ini juga merupakan solusi dalam mengatasi berbagai problem dan tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang,” jelas Jusnan.

Kehadiran RS Pratama ini juga akan mampu menyerap ratusan tenaga kerja di bidang kesehatan.

“Tentu dari aspek ekonomi juga sangat membantu masyarakat,” katanya

Turut Hadir, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.Ap, Kapolres Bolmut AKBP. Wahyu Purwidiraso SIK, SH, Pejabat mewakili Kajari Bolmut, Para Anggota DPRD Bolmut, Sekretaris Daerah Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, Dirut PT. Multikarya Utama Jaya Ibu Vera Assa bersama rombongan, Staf Ahli/Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD terkait, Camat dan Sangadi, serta seluruh undangan.

 (/Gandhi Goma).