DPRD Bolmut Gelar Pengambilan Sumpah Jabatan PAW Mohammad Guntur Sune

Written by  Gandhi Goma Jun 06, 2022

Bolmut,Sulutnews.com - Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Frangky Chendra (PDI-P) memimpin rapat paripurna pengambilan sumpah dan janji jabatan serta pelantikan Anggota DPRD untuk Pergantian Antar Waktu (PAW) atas nama Mohammad Guntur Sune, S.Pd. Pengucapan sumpah dan pelantikan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Bolmut. Senin (06/06/2022).

Dalam sidang paripurna ditetapkan pemberhentian Anggota DPRD dari Partai Amanah Nasional (PAN) Abdul Eba Nani.

Dibacakan Sekretaris DPRD, Drs. Musliman Datukramat tentang Peresmian Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Bolmut Sisa Masa Jabatan 2019-2024 atas nama Mohammad Guntur Sune, S.Pd adalah berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, terkait Peresmian Pengganti Antar Waktu yang terbit pada 14 April 2022.

Dalam pelantikan itu, Mohammad Gunter Sune disumpah menjunjung Kitab Alquran, akan melanjutkan sisa jabatan sebagai anggota DPRD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh berharap, sebagai anggota DPRD pengganti antar waktu sisa masa jabatan tahun 2019-2024, semoga dengan amanat yang telah diberikan, kiranya dapat lebih memperkuat peran legislatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selain itu, kerjasama yang telah terjalin antara eksekutif dan legislatif di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan semakin baik.

Kemudian, menurut  pergantian anggota legislatif merupakan rangkaian mekanisme yuridis yang tidak lain kualitas lembaga legislatif sebagai mitra pemerintahan, dengan adanya pergantian antar waktu melahirkan dua kebaruan yaitu asa atau harapan baru dan ide atau gagasan baru, yang tentunya akan menjadi pemicu dan pemacu terhadap peningkatan kinerja lembaga yang lebih baik dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat.

Bupati juga berpesan kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD, dengan hadirnya anggota DPRD yang baru saja diambil sumpah senantiasa diberi kekuatan dan kemampuan untuk membawa aspirasi masyarakat dengan dilandasi tekad dan semangat untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah Bolmut yang sama-sama kita cintai.

Anggota DPRD terlantik, Mohammad Guntur Sune, usai pelantikan mengaku bersyukur dan akan menerima amanah sebagai wakil rakyat yang siap mendedikasikan diri untuk kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan Saya bisa amanah dan membawa aspirasi masyarakat untuk lebih sejahtera. Sebagai Sekretaris PAN DPD, Saya ikut fatsun partai apa yang jadi program mendatang," ungkapnya.

Dia mengaku akan fokus berada di Kabupaten Bolmut sebagai tanggung jawab terhadap jabatan yang diembannya. Terpisah, Ketua DPD Kabupaten Bolmut, Kompol (Purn) Hi. Teddy Pontoh, memastikan bahwa proses Pergantian Antar Waktu Abdul Eba Nani oleh Mohammad Guntur Sune sudah sesuai prosedur.

"Ya, proses pemberhentian saudara Abdul Eba Nani dan pengusulan nama Pak Guntur Sune ini sudah sesuai prosedur yang dimulai dari Partai kepada DPRD, kemudian ke KPU, kepada Gubernur juga melalui Bupati," paparnya.

Teddy Pontoh  juga mengucapkan apresiasi kepada saudara Abdul Eba Nani dan menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi bagian dari Partai Amanah Nasional.

(/Gandhi Goma).

Last modified on Tuesday, 07 June 2022 02:12