BUMD Bolmut PUD Anugerah Nusantara Jaya Akan Hadir Di Kabupaten Bolmut

Written by  Gandhi Goma May 13, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Jacomina H.J. Mamuaja, S.Pd, menyampaikan beberapa informasi sesuai tupoksi tentang proses pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bolmut Perusahaan Umum Daerah (PUD) Anugerah Nusantara Jaya serta hal-hal lainnya pada akhir masa bertugas sebagai abdi negara selama 36 tahun 1 bulan 13 hari. Jumat (13/05/2022).

Pemerintah daerah dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dituntut untuk melakukan strategi dan upaya yang terarah dan efektif. Oleh karena itu pemerintah daerah berupaya untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan segala potensi pendapatan yang berbasis pada potensi daerah.

Sehubungan dengan strategi, arah kebijakan dan program prioritas pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan pertimbangan keterbatasan anggaran pembangunan dalam APBD maka dituntut adanya solusi yang lebih kreatif dan inovatif guna mencari alternatif sumber pembiayaan yang ekonomis namun mampu memberikan imbal hasil yang tinggi. Sasaran prioritas saat ini adalah pembentukan BUMD baru untuk menggarap potensi yang dimiliki pemerintah daerah yang selama ini belum dikelolah dengan baik yang mempunyai nilai untuk dikembangkan lebih produktif dalam menghasilk keuntungan lebih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pasal 9 menyatakan bahwa kebutuhan daerah dilaksanakan melalui studi aspek pelayanan umum dan kebutuhan masyarakat dan merupakan bagian dari kebijakan RPJMD.

"Berdasarkan latar belakang diatas beberapa masalah penting yang menjadi target dalam analisis ini: Bagaimanakah indeks kepuasan masyarakat untuk penyediaan air bersih sistem perpipaan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? Bagaimanakah indeks kepuasan masyarakat untuk pengembangan pasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ?" ungkap Asisten II Setdakab Bolmut

Maksud dari kajian ini adalah untuk memberikan informasi kebutuhan daerah berhubungan dengan adanya pengembangan pasar dan upaya pemerintah daerah untuk menyediakan air bersih di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara untuk peningkatan perekonomian daerah.

Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya membantu terwujudnya tingkat kesejahteraan anggota dengan memberikan layanan dalam hal memenuhi kebutuhan pokok dan sekunder.

Tujuan dari Pendirian Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya adalah:

  1. meningkatkan pendapatan asli daerah;
  2. mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk

mendorong pengembangan perekonomian daerah;

  1. menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang

dan / atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup

masyarakat berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik;

  1. memperoleh laba dan/ atau keuntungan; dan
  2. menciptakan lapangan kerja.

 

Perusahaan Umum Daerah Anugerah Nusantara Jaya melakukan kegiatan sebagai berikut:

  1. usaha perdagangan umum;
  2. usaha jasa;
  3. usaha pertanian;

Adapun tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah dokumen kebutuhan daerah berdasarkan survey Indeks Kepuasan Masyarakat untuk peningkatan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna menunjang pembangunan daerah.

Tahapan selanjutnya kita sedang menunggu proses lanjut dari kementerian terkait setelah proposal analisis potensi BUMD Bolmut kita serahkan, dan usaha lainnya akan diberdayakan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Ditambahkan, sebelum saya pensiun tahun ini, karena sudah bertugas selama 15 tahun di Bolmut tercinta, harapan saya  BUMD Bolmut sudah terbentuk dengan sistem organisasi kepemimpinan dan manajerial yang profesional melalui tahapan seleksi yang ketat dalam rekruitmen kepengurusannya.

Diharapkankan juga sesuai harapan Presiden Jokowi pada acara Bisnis Maching di Bali kemarin untuk menggunakan produk industri dalam negeri untuk tahapan pengadaan barang dan jasa bisa dipenuhi pada proses tender tahun 2022, termasuk sertifikasi para pekerja tukang proyek infrastruktur dapat terealisasi sejumlah 200 orang dari Bolmut agar mereka dapat dipakai para kontraktor di luar daerah Bolmut. (/Gandi Goma).