Program TMMD Ke 113 Telah Dicanangkan Di Kabupaten Bolmut Sulut Tahun 2022

Written by  Gandhi Goma May 11, 2022

Bolmut. Sulutnews.com - Penyerahan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 113 oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh yang dalam berita acara sebagai Pihak Pertama kepada Letnan Kolonel Infantri Raja Gunung Nasution, S.IP sebagai Komandan Kodim 1303/BM disebut Pihak Kedua. Rabu (11/05/2022).

Hal ini berdasarkan kontrak swakelola untuk melaksanakan paket pekerjaan pembangunan jalan Bohabak 1 Ratapinanh Nomor : : 600/08/DPUPR/BMU/Kontrak-BM/IV/2022, tertanggal 7 April 2022.

Kegiatan ini diawali dengan silahturahmi bersama antara Bupati, Forkopimda Kab. Bolmut serta Dandim 1303 Bolmong yang bertempat diruang kerja Bupati Bolmut, dan dilanjutkan dengan acara Penyerahan Pekerjaan TMMD Ke 113 Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  Tahun Anggaran 2022 oleh Bupati Kab. Bolmut kepada Dandim 1303 Bolmong.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada Jajaran Kodim 1303 Bolmong yang telah menyempatkan diri datang ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sembari mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada jajaran TNI yang telah memberikan kontribusi yang positif melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sejalan dengan upaya kami pemerintah daerah didalam percepatan dan pemerataan pembangunan daerah.

Program TMMD merupakan salah satu program Pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Dengan adanya TMMD ini mudah-mudahan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan Kemanunggalan TNI dengan rakyatnya diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Serta dapat menumbuhkan kembali kesadaran akan pentingnya gotongroyong masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa. Sehingga tidak ada anggapan bahwa pembangunan hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah saja, namun juga perlu dukungan peran TNI.

Melalui wawancara pers kepada Bupati Bolmut disampaikan penuh rasa syukur dengan sampai hari ini TNI punya perhatian khusus kepada masyarakat Bolaang Mongondow Utara.

“Mengapa ? Karena Pemda selalu mengadakan koordinasi dengan pihak TNI, dalam hal ini pak Dandim dan diteruskan semua program-program yang berkaitan dengan TMMD, dan mendapat tanggapan luar biasa, sehingga Pemda merasa didukung terhadap peningkatan potensi di Bolaang Mongondow Utara,” jelas Bupati.

Selanjutnya mengenai program hari ini yaitu terbukanya jalan, adalah sangat membantu masyarakat lebih khusus masyarakat yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.

“Ketika jalan yang sedang dibuat oleh TMMD sekarang, adalah sangat luar biasa, karena melewati beberapa Desa di wilayah Kecamatan Bolangitang Timur, sehingga mempermudah membawa hasil pertanian maupun perkebunan,” ungkap Bupati.

Dikatakan, jalan produksi yang dibuat TNI merupakan bentuk rasa syukur atas koordinasi sinergitas Pemda dengan Pihak TNI.

“Potensi-potensi sarana dan prasarana membuat jalan dan jembatan untuk mengangkut buah kelapa dari hasil perkebunan rakyat yang ada dilokasi pekerjaan TMMD ini yaitu ribuan pohon kelapa dan kita dikenal sebagai pulau Nyiur Melambai yang telah terbantu melalui program ini,” tutur Bupati.

Ketua Lembaga Adat Kabupaten Bolmut Kamarudin Babay, SPd berharap agar peran strategis TNI dalam menjaga kedaulatan teritorial termasuk mempertahankan kelestarian areal hutan sebagai sumber mata air untuk keberlangsungan kehidupan rakyat dan petani untuk segera melaksanakan reboisasi hutan yang sudah berdampak longsor dan banjir.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TTMD Oleh Bupati Bolmut, Dandim 1303 Bolmong bersama jajarannya, Forkopimda Kabupaten Bolmut, serta para pimpinan OPD terkait. Lokasi TMMD ini terletak di Dsa Bohabak I Kecamatan Bolangitang Timur  dan Gerai Vaksinasi di Kantor Camat Bolangitang Timur.

Turut Hadir, Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Jajaran Kodim 1303 Bolmong, Sekretaris Daerah Kab. Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta MARS, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Camat Bolangitang Timur, Para Sangadi, serta organisasi terkait.

(Advetorial/ Gandhi Goma)