Bupati Depri Pontoh : Daun Jatuh Di Wilayahnya Harus Diketahui Para Camat Barusan Dilantik

Written by  Gandhi Goma Apr 14, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh melantik dan mengambil sumpah Jabatan Pejabat Struktural Administrator Dan Pengawas Serta Pejabat Fungsional Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Bertempat di Gedung Wanita Kawasan Pantai Wisata Pantai Batu Pinagut, Boroko Kecamatan Kaidipang. Kamis (14/04/2022).

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan prosesi pelantikan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, sekaligus sebagai komitmen untuk penyelenggaraan manajemen ASN berbasis "Sistem Merit." Dimana bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek KKN, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jabatan struktural sebanyak 34 jabatan. Dengan rincian 26 jabatan administrator dan 8 jabatan pengawas serta 7 jabatan Fungsional Kepala sekolah.

Lampiran Keputusan Bupati Bolmut Nomor : 821.24/BKPP/BMU/SK/25/IV/2022 klik Link berikut :

https://drive.google.com/file/d/1OTdeWpZZl3lx9hAtZTpq0oSj_xGbJ-pv/view?usp=drivesdk

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan tindak lanjut dari adanya perubahan susunan organisasi dan tata kerja pada beberapa perangkat daerah, dalam rangka pengisian kekosongan jabatan dikarenakan pensiun pada jabatan administrator, pengawas serta jabatan fungsional kepala sekolah.

Lanjutnya, seluruh pejabat yang hari ini dilantik dan diambil sumpahnya merupakan ASN terpilih, ASN yang saya nilai dari berbagai aspek, memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggungjawab dalam jabatan yang diamanahkan.

Diharapkannya, pejabat yang baru dilantik khususnya yang mendapat promosi jabatan, mampu membuktikan kemampuan dengan menujukkan prestasi kerja yang baik di masa yang akan datang.

"Terutama terhadap pejabat birokrat tiga camat barusan dilantik terdiri dari Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh, Camat Bolangitang Timur Yahya Botutihe, Camat Bintauna Sarwo Eddy Posangi serta para Sekcam, analoginya setiap daun yang jatuh di wilayahnya harus diketahui dan  untuk mengetahui rakyatnya yang menderita sakit, kesusahan hidup, mendengar dan mengetahui keluh kesah masyarakat serta mencari solusinya," ungkap Depri Pontoh.

"Untuk itu, saya minta bekerjalah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar ASN, melalui akronim "BER-AKHLAK", yang artinya :

  1. BERORIENTASI PELAYANAN, yaitu komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat;
  2. AKUNTABEL, yaitu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan;
  3. KOMPETEN, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas;
  4. HARMONIS, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan;
  5. LOYAL, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara;
  6. ADAPTIF, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta siap menghadapi perubahan; dan
  7. KOLABORATIF, yaitu membangun kerjasama yang sinergis.

'Saya kira nilai-nilai dasar ASN "BER-AHKLAK" tersebut dapat menjadi dasar penguatan budaya kerja dalam mendukung pencapaian kinerja saudara-saudara dan tentunya juga dalam pencapaian tujuan organisasi," tegas Bupati Bolmut.

Turut hadir; TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Wakil Ketua TP PKK Bolmut, Dra, Hj Siti Safwania Lasena Djenaan, Ketua DPRD Bolmut Frangky Cendra, Kapolres Bolmut AKBP. Wahyu Purwidiraso SIK, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana SH, MH, Sekertaris Daerah Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, Mars, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut serta Pimpinan OPD.(Advetorial/Gandhi Goma).