Print this page

Tim Kemenko Polhukam Menunda Meninjau Langsung Pulau Bongkil Karena SOP

Written by  Gandhi Goma Apr 01, 2022

Bolmut, Sulutnews.com - Hari Ke 2 Agenda Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (KEMENKO POLHUKAM) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI meninjau langsung di Kecamatan Pinogaluman dan Pulau Bongkil di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kemarin berjalan lancar, diantaranya meninjau produk industri ikan teri, tanggul abrasi laut, dan berdialog dengan masyarakat nelayan Buko. Jumat (01/04/2022).

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. H. Amin Lasena, M.Ap., bersama Forkopimda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara turut mendampingi Asisten Deputi koordinasi Wilayah dan Tata Ruang Pertahanan Brigjen TNI Suteikno Suleman Bersama Tim, Asisten Deputi Pengelolaan Batas Laut dan Udara, Ibu Sitti Metrianda Akuan Bersama Tim. 

Adapun Maksud dan Tujuan Kedatangan Tim Kemenko Polhukam RI dan Tim BNPP RI ke Pulau Bongkil untuk Memonitor dan Mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan PPKT Pulau Bongkil serta memperoleh Data dan Fakta Aktual Tentang Sarana dan Prasarana yang ada sebagai Data Pendukung dalam Perencanaan Program Kerja 2020 - 2024. Dengan Tujuan sebagai bahan evaluasi untuk masukan dan pertimbangan pelaksanaan pembangunan secara terpadu Wilayah Perbatasan di Pulau Terluar yang Berkesinambungan, disamping untuk Perumusan dan Penyusunan Kebijakan Pengaturan Pengelolaan Kawasan Perbatasan.

Menurut keterangan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Setda Bolmut Dr. Ir. Hi. Saeroji, M.Si ditundanya peninjauan langsung ke Pulau Bongkil pada awalnya kita sudah sepakati akan mempergunakan beberapa unit perahu nelayan karena speed boat milik BPBD Bolmut mengalami kerusakan mesin dan speed boat milik Polairud Polres Bolmut telah ditarik ke Polda Sulut, namun setiba di lokasi menuju Pulau Bongkil yang hanya berjarak 6 mil dari pesisir Pantai Desa Buko terlihat pusaran air laut sangat kuat, sehingga menurut Kol. Laut Totok sesuai  Standar Operasional Prosedur (SOP) kita menundanya.

"Jadi tidak benar Pemda Bolmut belum siap menerima kedatangan Tim Kemenko Polhukam ke lokasi Pulau Bongkil karena file dan dokumentasi elektronik berupa video tentang Pulau Bongkil termasuk minimnya Infrastruktur yang ada di Pulau Bongkil hanya terdapat Mercusuar dan bangunan MCK yang perlu diperbaiki sudah ada sebelumnya, termasuk peninjauan langsung Pos Jaga Polsek Pinogaluman yang bangunannya sudah rusak, sehingga perlunya perbaikan atau renovasi," pungkas Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bolmut. (/Gandhi Goma).