Bolmut, Sulutnews.com - Kapolres Bolaang Mongondow Utara AKBP Areis Aminullah, SIK memimpin upacara serah terima jabatan Kabag SDM (Sumber Daya Manusia) Polres Bolaang Mongondow Utara dari AKP Stenly Mawadingan, S.Sos digantikan oleh AKP Asprijono Djohar. Bertempat di Lapangan Sanika Satyawada, Boroko Kecamatan Kaidipang. Rabu (07/12/2022). Jam 08.00 wita.

Dalam amanatnya Kapolres Bolmong Utara mengatakan sertijab merupakan hal yang wajar dalam institusi Kepolisian.

“Tujuannya untuk menjaga mata rantai organisasi dan memberikan angin segar bagi organisasi Kepolisian,” beber Areis.

Kapolres Bolmong Utara mengucap selamat menjalankan tugas kepada AKP Aspriijono Djohar yang telah resmi menjabat Kabag SDM di Polres Bolmut.

“Selamat datang AKP Aspriijono Djohar, segera menyesuaikan, lanjutkan dan tingkatkan apa yang dilaksanakan oleh pejabat lama,” pinta Areis.

Diakhir sambutannya, jebolan Akademi Polisi Semarang tahun 2000 itu pun mengucap terima kasih. Kepada AKP Stenly Mawidingan atas pengabdian dan dedikasi selama bertugas di Polres Bolmut.

“Penghargaan setinggi tingginya tak lupa saya berikan kepada pejabat yang lama. Selamat bertugas di tempat yang baru, semoga tugas dan pengabdian selama bertugas di Bolmut akan menjadi amal dan ibadah,” ucap Kapolres Bolmong Utara.

Diketahui, dalam TR yang ditanda tangani Kapolda Sulut tersebut pejabat lama AKP Stenly Mawidingan dimutasikan sebagai PAMA di Polda Sulut dalam rangka pendidikan.

Sementara AKP Aspriijono Djohar diketahui sebelumnya menjabat Kasat Binmas di Polres Minahasa Selatan.

Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor: 23/IX/2010 tanggal 30 September 2010, adapun job description Bagian Sumber Daya Manusia antara lain:
- Bagian Sumber Daya adalah unsur pembantu pimpinan Polres yang berada di bawah Kapolres.

- Bagian Sumber Daya bertugas menyelenggarakan pembinaan dan administrasi personel, pelatihan fungsi dan pelayanan kesehatan pembinaan dan administrasi logistik serta pelayanan bantuan dan penerapan hukum.

- Bagian Sumber Daya dipimpin oleh Kabag Sumda yang bertanggung jawab kepada Kapolres dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Wakapolres.

Kabag SDM dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibantu oleh :

1.Subbagian Pembinaan Karir (Subbagbinkar)
2.Subbagian Pengendalian Personel (Subbagdalpers)
3.Subbagian Perawatan Personel (Subbagwatpers)

Kabag SDM Bertugas:
Melaksanakan Koordinasi dengan Bag, Sat,Fung dan Si di lingkungan Polres Bolmong Utara, memberikan arahan dan petunjuk, penyeleksi akhir surat yang masuk sebelum di paraf dan diajukan ke pimpinan, koordinasi ke Polda Sulut tentang keadaan, kebutuhan dan pengembangan pendidikan personel, pembinaan, perawatan dan administrasi personel, pelatihan, administrasi Sarpras.

Hadir dalam acara serah terima jabatan Kabag SDM Polres Bolmong Utara :

- Wakapolres Bolmong Utara Kompol Semuel Kayangan, S.H
- Para PJU Polres Bolmong Utara
- Para Kapolsek Polres Bolmong Utara
- Personel Polres Bolmong Utara
- Rohaniawan
(**/Gandhi Goma)

Bolmut, Sulutnews.com - Pembangunan perumahan dan kawasan permukiman merupakan kegiatan yang bersifat multi sektor dan berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman menyatakan bahwa negara bertanggung jawab melindungi seluruh rakyat Indonesia melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman, sehingga masyarakat dapat bertempat tinggal secara layak di lingkungan yang aman, sehat, harmonis, dan berkelanjutan. Minggu (04/12/2022).

Perumahan Griya Pinagut dan Perumahan Manggabai terletak di Desa Boroko Timur Kecamatan Kaidipang setelah ditinjau langsung Tim Forum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP), maka seiring dengan perkembangan wilayah dan kebutuhan penduduk akan ruang, terutama ruang untuk perumahan dan kawasan permukiman, pembangunan wilayah yang dilakukan harus sejalan dengan pembangunan di sektor lain.

Pertumbuhan dan pembangunan wilayah yang kurang memperhatikan kepentingan masyarakat dari berbagai kalangan, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dapat menimbulkan kesenjangan dan kesulitan bagi MBR dalam memperoleh rumah yang layak dan terjangkau.

Isu tersebut harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah karena penyelenggaraan bidang perumahan dan kawasan permukiman merupakan salah satu urusan wajib pemerintah daerah sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.

Agar penyelenggaraan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman dapat berjalan optimal dan terorganisasi dengan baik, Kementerian Perumahan Rakyat mengeluarkan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota.

RP3KP merupakan acuan operasional bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang pembangunan perumahan dan kawasan permukiman. Adanya RP3KP dapat mendukung pengembangan perumahan dan kawasan permukiman yang terpadu, berkelanjutan dan sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, mendukung penyediaan perumahan yang terjangkau dan layak huni, serta mewujudkan penyebaran penduduk yang proporsional.



Pembentukan Forum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022 berperan untuk :
- Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat
- Membahas dan merumuskan pemikiran arah pengembangan penyelengaraan PKP
- Meningkatkan peran dan pengawasan masyarakat
- Memberikan masukan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
- Melakukan peran arbitrase dan mediasi di bidang penyelenggaraan PKP.

Menurut Ketua Forum PKP Bolmong Utara Rahmat J Buhang, S.Pt, M.Si dan tim meninjau langsung obyek lokasi di Perumahan Griya Pinagut yang sudah ditempati dan sedang dibangun 24 unit.

Banyak aspek yang menjadi dasar persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengembang investor perumahan, antara lain belum tersedianya drainase (selokan), jalan diperumahan belum diplaving, jaringan listrik yang belum memiliki tiang atau gardu listrik, jalan masuk hanya satu arah dan belum ada jalan alternatif untuk keluar dari lokasi perumahan.

“Tujuan dan sasaran yang ingin dicapai Forum PKP Bolmong Utara menunjang dari program nasional RP3K adalah :
Tujuan :

Memberikan acuan operasional pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di tingkat kabupaten/kota;

Memberikan arahan pembangunan dan pengembangan di sektor perumahan dan kawasan permukiman yang terintegrasi antar sektor, implementatif dan sesuai dengan kebutuhan kabupaten/kota; dan

Meningkatkan kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di tingkat kabupaten/kota.

Sasaran : Tersusunnya rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di tingkat kabupaten/kota yang terpadu, implementatif dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu menurut Ibrahim Datukramat dari unsur PLN merangkap anggota PKP yang menangani pasokan jaringan listrik rumah berderet sangat memprihatinkan dengan tidak tersedianya tiang listrik untuk disambung ke setiap rumah. Terlihat hanya bersumber dari satu rumah kemudian disambung dari satu rumah ke rumah lainnya, akan berdampak turunnya pasokan arus listrik atau voltase, dan dampak lainnya beban kabel listrik tidak mampu menahan arus listrik.

Dari tinjauan langsung Abdul Gani Karim Tuna, SP yang menangani bidang fasiltas drainase belum tersedia, sehingga air tergenang di dataran rendah dan jika curah hujan tinggi, luapan banjir akan menghantam bangunan perumahan.

Ditinjau dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup yang selanjutnya disebut AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang perlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggara Usaha dan/atau Kegiatan.

“Lokasi perumahan Manggabay telah masuk rana hutan bakau atau manggrow, sehingga perlu ditinjau kembali apakah sesuai peruntukan untuk lokasi perumahan ?” Tanya Sekretaris PKP Kamarudin Babay, S.Pd dari unsur tokoh masyarakat.

Ketika dikonfirmasi kepada investor pengembang kedua perumahan Ibu Dewi Kambey mengenai pemasangan tiang listrik dan gardu sudah kita ajukan permohonan ke pihak PLN Cabang Boroko. Mengenai drainase dan jalan pavling block akan kita bangun. (**/Tim Redaksi).

SALAM TANGGUH BENCANA !

 Bolmut, Sulutnews.com - Upacara dalam rangka apel gelar kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko. Rabu (30/11/2022) Jam : 08.00 wita.

Acara persiapan dilaksanakan pemimpin apel Sofianto Ponongoa, S.Pd.I selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong Utara, kemudian melanjutkan pemeriksaan pasukan apel diiringi perwira apel dari Polres Bolmong Utara.

Sambutan Bupati Bolmong Utara Drs. Depri Pontoh menyatakan dengan dilaksanakannya apel kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Bolmong Utara, semoga momentum apel gelar kesiapan penanggulangan bencana alam ini, akan semakin meningkatkan jalinan hubungan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, Kejaksaan Negeri, TNI dan POLRI.

Secara geografis kondisi wilayah Bolmong Utara pada umumnya adalah rawan bencana, dimana hampir setiap tahun selalu berpotensi terjadi bencana alam seperti; angin putting beliung, tanah longsor, abrasi pantai, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan serta banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur, fasilitas umum, rumah pemukiman penduduk, dan areal pertanian masyarakat.

Memahami potensi bencana ini pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus mengupayakan pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam dengan membentuk Tim Reaksi Cepat serta “Relawan Penanggulangan Bencana” yang tanggap, tangguh, dan dapat bereaksi cepat sesuai Standar Operasional Prosedur dalam menyelamatkan korban bencana maupun meminimalisir jatuh korban yang lebih banyak.

Dari segi kuantitas dan kualitas “Tim Reaksi Cepat” dan Relawan pun harus terus memperkuat ketrampilan dan kesiapsiagaan dengan berlatih bersama secara terpadu khususnya bersama unsur TNI/POLRI sehingga terbangun sinergitas dan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah bersama TNI dan POLRI dalam penanggulangan bencana alam di daerah.

“Untuk itu, kepada seluruh peserta apel kesiapan penanggulangan bencana alam pada hari ini, baik itu dari unsur pemerintah daerah maupun dari institusi Kejaksaan, TNI dan POLRI agar selalu melakukan koordinasi dan komunikasi. Semoga Allah Subhanahuwata’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya terhadap tugas dan pengabdian kita kepads masyarakat, bangsa dan negara serta daerah yang sama-sama kita cintai ini. Salam Tangguh Bencana !”, ujar Bupati Bolmong Utara.

Kepala BPBD Bolmong Utara Sofianto Ponongoa, S.Pd.I dalam wawancara singkat menyampaikan dampak bencana alam yang sering terjadi pada akhir tahun di Kabupaten Bolmong Utara, oleh sebab itu  berikut ini ada beberapa cara untuk penanggulangan bencana banjir :

Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari dengan sampah atau menjadi tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan selokan menjadi tersumbat, dan hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, dimulai dari desa dengan gotong royong kerja bakti.

Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat.

Memperbanyak dan menyediakan lahan terbuka untuk membuka lahan hijau untuk penyerapan air.

Berhenti membangun perumahan di tepi sungai, karena akan mempersempit sungai dan sampah rumah juga akan masuk sungai.

Berhenti membangun gedung-gedung tinggi dan besar, karena akan menyebabkan bumi ini akan semakin sulit menahan bebanya dan membuat permukaan tanah turun.

Hindari penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga di bantaran sungai, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir. Sebenarnya menebang pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

“Dengan melakukan cara penanggulangan banjir tersebut kita dapat mencegah bencana banjir. Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi seluruh lapisan masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik.” Ungkap Ponongoa.

Turut hadir dalam acara ini :

  1. Kapolres Bolmong Utara AKBP Areis Aminnullah,S.I.K
  2. Waka Polres Bolmong Utara KOMPOL Semuel Kayangan,SH.
  3. Kajari Bolmong Utara Nana Riana, SH, MH.
  4. Dandim 1303 BM diwakili Danramil Kaidipang.
  5. PJU Polres Bolmong Utara
  6. Pejabat Utama Pemkab Bolmong Utara
  7. Para Camat Se - Kabupaten Bolmong Utara
  8. Para Sangadi Se - Kabupaten Bolmong Utara.

(**/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan HUT Ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022, bertempat di halaman Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara. Selasa (29/11/2022).

Perlu diketahui bersama, pada Peringatan HUT Ke-51 KORPRI Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dirangkaikan dengan penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, penyerahan SK Kenaikan Pangkat Golongan IV, Manajemen Inovasi Terbaik Kepala Puskesmas, penyerahan Piagam Penghargaan Pengelolaan Kepegawaian Terbaik Tahun 2022.

Dalam sambutan Ketua Umum Pengurus KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrullah, dibacakan oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara menyampaikan KORPRI wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan.

Tema HUT KORPRI tahun ini adalah "Korpri melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri". Pada dasarnya KORPRI memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Maka KORPRI harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat "Hendaknya bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesionalitas, mampu melahirkan inovasi-inovasi baru bagi solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya masyarakat merasa terlindungi, terayomi, dan merasa hidup dalam kebersamaan, merasa tidak terasingkan atau terpinggirkan, sehingga keberadaan KORPRI dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.”

Turut hadir; Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana, SH., MH., Wakapolres Bolmut Kompol Samuel Kayangan, S.Ip., Sekretaris Daerah Kab. Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS., Ketua I TP-PKK Kab. Bolmut Ny. Siti Safwania Amin Lasena, Ketua DWP Kab. Bolmut Drg. Firlia Mokoginta Mokoagow., Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Staf Khusus Bupati, Pimpinan Perbankan, Kepala PT. Taspen Kotamobagu, Para Camat serta seluruh jajaran ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kab. Bolmut. (**/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) adakan pelatihan pembuatan konten media sosial (content creator & copy writing) dan komunikasi publik dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Polri dalam bermedsos, bertempat di Caffe Basudara, Boroko, Kecamatan Kaidipang. Senin (28/11/2022). Jam 12.30 wita.

 

Narasumber Gandhi Goma, SH, dalam kapasitas sebagai Ketua Bidang Hukum PWI Provinsi Sulawesi Utara, Ketua BPIP Jejaring Panca Manggala (JPM) Bolmong Utara, serta Ketua Mappilu (Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu) Bolmong Utara.

Pelatihan dihadiri oleh Kabag Ren, Karel Tangay, SH, Kasat Intelkam AKP Djoike Momuat, Kasat Res Narkoba AKP Adrianus J Untu, Kasie Humas Ipda Douglas Tatontos, KBO Samapta Ipda Evireadi Katili, serta personil Polres Bolmong Utara.

Mewakili Kapolres Bolmong AKBP Areis Aminullah, SIK, melalui Kasie Humas Ipda Douglas Tatontos sebagai moderator dalam dialog Giat Quick Wins Program 3 Giat 2 dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Anggota Polri Dalam Pembuatan Konten Media Sosial dan Pelatihan Komunikasi Publik.”

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sesi sharing oleh Kasie Humas selaku ketua kegiatan, betapa pentingnya peran media publik dalam pelaksanaan tugas di setiap aspek kehidupan masyarakat.

Ipda Douglas Tatontos juga menambahkan jika setiap media berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat atas keberadaan sebuah lembaga, termasuk institusi Kepolisian Polres Bolmong Utara.

Materi yang disampaikan narasumber Gandhi Goma, SH tentang pelatihan komunikasi publik untuk anggota bintara Polres Bolmut diawali dengan Salam Pancasila yang diikuti seluruh peserta.

Apa itu Komunikasi Efektif?
Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, pendapat, perasaan atau ide melalui lisan atau tulisan agar pesan yang disampaikan mencapai sasaran atau dipahami oleh orang lain. Komunikasi yang bermakna adalah komunikasi yang efektif dimana proses komunikasi tersebut berhasil mencapai sasaran dengan feedback (respon) yang sesuai dengan tujuan individu berkomunikasi.

“Sikap dasar dalam awal berkomunikasi, khususnya untuk anggota Polri dalam awal kariernya diawali sapa, salam, dan senyum. Karena tupoksi kita bertalian dengan penegakan Kamtibmas, dan subyeknya adalah masyarakat. Masyarakat semakin cerdas. Empati dan simpati akan kita raih dari lapisan masyarakat ketika kita pandai tersenyum,” ungkap Gandhi Goma.

Kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, pikiran atau pendapat seseorang sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain ini merupakan hal yang penting dalam lingkungan pekerjaan atau organisasi. Lemahnya koordinasi dan komunikasi yang tidak efektif berpotensi menimbulkan masalah besar di tempat kerja yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

Kemampuan komunikasi ini adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient). Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak hanya dibutuhkan kemampuan berbicara saja, tetapi juga dibutuhkan pendekatan dengan teman bicara, kecakapan persuasi dan menghindari resistensi dalam menyampaikan maksud yang diinginkan dengan mudah, meyakinkan dan diterima oleh teman bicara.

 

Hal ini diperjelas lagi Kasat Res Narkoba AKP Adrianus J Untu, dalam dialog, Apa itu Public Speaking (komunikasi publik) ? Setiap orang pasti dapat berbicara, tetapi tidak setiap orang mampu berbicara secara mudah dan menarik di depan umum. Berbicara di depan umum merupakan sebuah kemampuan atau skill yang dapat dipelajari. Tekniknya dapat dengan mudah dipelajari dan sudah menjadi hal umum yang dapat dilakukan oleh banyak orang.

“Namun secara umum public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide,gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur, mempengaruhi dan dilakukan didepan audiens dengan metode dan struktur tertentu.” ujarnya

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai implementasi tindak lanjut program pimpinan Polri yang tertuang dalam Program Quick Wins Presisi menuju Polri yang Presisi selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Polri Bolmong Utara dalam bidang informasi dan Komunikasi,” ungkap Kabag Ren AKP Karel Tangay, SH. (/Muhammad AZ Nur).

Bolmut, Sulutnews.com - Sesudah apel luar biasa dalam rangka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan fungsional auditor di lingkungan Pemda Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Ada wawancara langsung dengan penjabat barusan dilantik Ibu Dra. Leida Pontoh, M.Si, Pembina Utama IV/C Eselon III, sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) oleh Bupati Bolmong Utara, di halaman Kantor Bupati Bolmong Utara. Kamis (24/11/2022).

Menurut keterangan Ibu Leida Pontoh, jabatan sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM, sudah dua kali diemban, pertama; dimulai bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Juli 2019. Kedua; bulan Agustus 2019 sampai dengan saat ini bulan November 2022.

“Jenjang awal karier saya Eselon III, selalu dua kali, pertama; sebagai Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Bolmong Utara dari bulan Februari 2014 sampai dengan bulan November 2016. Berikutnya dalam jabatan dan kantor dinas yang sama dari bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Juli 2019. Dua kali berturut-turut saya dipercayakan kembali menjadi Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM.” ujarnya.

Tugas sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM, adalah merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis sesuai tupoksinya masing-masing.

Saat ini kita akan fokus pada pengembangan bisnis yang termasuk dalam kategori UKM di Bolmong Utara. Apabila dieksplorasi, ada banyak peluang yang bisa dikembangkan, di antaranya :

1. Bisnis Kuliner

Kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan semua orang. Ragam usaha kuliner yang bisa dikembangkan pun sangat banyak. Sepanjang pantai utara Bolmong Utara telah berkembang pesat bisnis kuliner. Kita mendorong masyarakat dapat memulai berbisnis di bidang ini dengan modal awal yang kecil. Memang untuk sukses, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran.

2. Bisnis Agribisnis

Sebagai kebutuhan pokok, peluang usaha agribisnis, yaitu bisnis di bidang pertanian dan peternakan, sangat terbuka lebar. Di Bolmong Utara, petani jagung semakin bersemangat dengan harga jual yang stabil. Dari hasil survey, contohnya adalah mulai berkembang para peternak ayam potong atau ayam petelur, budidaya tanaman rempah, jual sayur organik, dan jual bibit tanaman. Akan kita kembangkan nanti.

3. Bisnis Tour & Travel
Bisnis tour & travel sangat potensial, terutama di daerah pariwisata. Kita bisa menawarkan paket tur dengan ekstra fasilitas yang memudahkan wisatawan. Bisnis ini juga mencakup layanan akomodasi, seperti guest house, cottage, villa, losmen, dan sebagainya. Ada pula bisnis oleh-oleh yang menggiurkan, baik makanan maupun produk khas.

4. Bisnis Produk Kreatif

Ragam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi. Keunggulannya terletak pada keunikan dan sisi artistiknya. Ada banyak peluang usaha kecil dan menengah di bidang ini, mulai dari membuat produk fesyen hingga aksesori dan ornamen untuk rumah.

5. Bisnis Teknologi Internet

Berbasis teknologi internet, bisnis UKM jauh lebih berkembang. Bisnis ini dibutuhkan oleh masyarakat masa kini yang akrab dengan dunia maya. Selain potensial, bisnis teknologi internet juga memiliki lingkup yang luas sehingga memungkinkan beragam inovasi dan eksplorasi.

Ketika berdialog tentang pengembangan karier di birokrat, Ibu Leida Pontoh menerawang kembali masa lalu. Setelah lulus dari Program S1 IKIP Manado Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, awal profesi sebagai guru di SMA Bitung. Setelah Kabupaten Bolmong Utara menjadi otonomi daerah tahun 2007, Pjs Bupati Bolmong Utara H.R. Makagansa mengajak putra-putri daerah untuk balik ke negeri leluhur, dengan suami saya Drs. Reky Posumah, M.Si datang mengabdi sebagai aparatur sipil negara. Dalam meniti karier, Saya sempat menyelesaikan Program S2 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado tahun 2012, dengan judul tesis “Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan.”

Ibu Leida Pontoh memiliki dua putri; Prianca Ida Cahya Posumah, SE (31 tahun) kerja di BUMN dan Febrina Dwival Pisumah, SH, (19 tahun) saat ini sedang menyelesaikan studi S2 di Australia. (**/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri Pelantikan dan Seminar Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Se-Bolaang Mongondow Utara.

Kamis (24/11/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Optimalisasi Peran Guru, Wujudkan Profil Belajar Pancasila” dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pinogaluman Bolmong Utara.

Dalam sambutannya Bupati Bolmong Utara menyampaikan betapa pentingnya peran Guru dalam mendidik pelajar Pancasila dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila serta keteladanan. Dengan kapabilitas seorang guru terhadap kompetensi pendidikan, sehingga akan lebih mudah dalam melahirkan atau mewujudkan profil pelajar Pancasila yang menerapkan karakter Pancasilais sejati.

Disamping itu pula, Pemerintah Daerah terus berupaya mengembangkan mutu pendidikan sebaik-baiknya kepada semua peserta didik serta membekali mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan keahlian agar mereka mampu menjadi generasi masa depan yang mampu menjawab tantangan jaman serta memajukan dan mengangkat harkat dan martabat bangsa dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

Tentunya dengan upaya tersebut Pemerintah Daerah berharap besar terhadap peningkatan Mutu pendidikan di kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Turut Hadir, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Drs. Hi. Amin Lasena, M.Ap., Ketua 1 TP-PKK Bolmut Ny. Hj. Safwania Amin Lasena, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Abd. Nazarudin Maloho, S.Pd., M.Si., Inspektorat Daerah Sulha Mokodompis, S.Pd., MM., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Fadly T. Usup, SE. MM., Ketua Jurusan PLB Fakultas Ilmu Pendidikan UNM DR. Aldjon Nixon Dapa, M.Pd., Dr. Juldus R. Paus, M.Pd., Camat Pinogaluman, serta seluruh Guru Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. (/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh memimpin apel luar biasa di Lingkungan Pemerintah Memimpin Apel Luar Biasa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Halaman Kantor Bupati, Kamis (24/11/2022).

Apel luar biasa ini dalam rangka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan fungsional auditor di lingkungan Pemda Bolaang Mongondow Utara.

Sambutan Bupati Bolmong Utara mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah pada kesempatan pagi hari ini kita telah melaksanakan salah satu tugas kenegaraan yaitu pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada para Pejabat Eselon II dan jabatan fungsional auditor di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kita tahu persis bahwa pada bulan kemarin pemerintah daerah telah melaksanakan asesmen dan uji kelayakan para pejabat eselon II yang dilantik pada hari ini.

“Perlu saya sampaikan kepada seluruh jajaran dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, bahwa masih ada 7 Dinas masih kosong, kemudian minggu depan minggu depan setelah kami mendapatkan persetujuan dari Gubernur dan kami akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan dalam rangka pengisian 7 dinas yang kosong.”

“Saya berharap kepada para Pejabat yang baru dilantik agar supaya segera melakukan tugasnya dengan baik dan segera menyesuaikan di masing-masing kantor, agar supaya tugas-tugas pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat bisa dilaksanakan dengan baik.”

“Perlu saya sampaikan bahwasanya, dalam pelantikan kali ini Tidak ada kaitannya dengan unsur politik, semua pejabat yang baru dilantik telah melaksanakan asesmen dan uji kelayakan, sehingga hasil dari asesmen tersebut terpilihnya para pejabat yang baru dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.”

Turut Hadir, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Ketua TP-PKK Kab. Bolmut Ny. Hj. Ainun Depri Pontoh, Ketua 1 TP-PKK Kab. Bolmut Ny. Hj. Siti Safwania Amin Lasena., Ketua DPRD Kab. Bolmut Frangky Chandra, Beserta Anggota Dewan, Sekretaris Daerah Kab. Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta MARS., Ketua DWP Kab. Bolmut Drg. Firlia Mokoginta Mokoagow, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD, Para Camat dan Sangadi Kab. Bolmut, serta seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. (**/Gandhi Goma).

Bolmut, Sulutnews.com -  Doeloe, Kecamatan Kaidipang terietak dibagian Barat Kabupaten Bolaang Mongondow.  Kondisi Kecamatan Kaidipang kala itu belum memilki sekolah sederajat tingkat menengah. Situasi ini menyebabkan dampak negative ferhadap generasi muda yang putus sekolah tidak dapat melanjutkan  kejenjang pendidlkan menengah ke daerah lain, karena alat transportasi masih lewat laut, jalan raya belum dapat dilalui kendaraan bermotor. Sabtu (12/11/2022).

Pendidikan kejuruan dewasa ini dihadapkan pada berbagai tantangan yang makin berat dan perubahan yang amat cepat. Karakteristik output pendidikan kejuruan yang diharapkan mampu memenuhi tuntutan perubahan karakteristik dunia kerja antara lain: (1) memiliki kecakapan kejuruan secara profesional, (2) memiliki kecakapan berpikir, berolah rasa dan seni, dan memiliki komitmen pada moral yang mulia, (3) memiliki kemampuan pemecahan masalah kehidupan nyata, dan (4) memiliki kemampuan berpikir krtitis dan kemampuan sebagai agen perubahan., menjamin kesinambungan pembangunan negara. Berdasarkan analisis filsafat (idealisme, realisme, pragmatisme dan rekonstruksionisme), prinsip-prinsip pendidikan kejuruan yang layak diterapkan saat ini adalah: kurikulum yang realis (mengacu pada kompetensi) dan idealis (humanistik), diikuti dengan proses pembelajaran pragmatis (problem based learning) dan rekonstruksionisme.

Filosofi Pengembangan Pendidikan

Tuntutan persaingan era global, perkembangan informasi dan komunikasi, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan struktur ketenagakerjaan di era global memerlukan kualitas SDM (tenaga kerja) yang handal (mempunyai daya saing secara terbuka dengan negara lain, adaptif dan antisipatif terhadap berbagai perubahan dan kondisi baru, terbuka terhadap perubahan, mampu belajar bagaimana belajar (learning how to learn), multi-skilling, mudah dilatih ulang, serta memiliki dasar- dasar kemampuan luas, kuat, dan mendasar untuk berkembang di masa yang akan datang). Hal ini selaras dengan karakteristik manusia sebagai sumberdaya dalam era global yang dituntut memiliki kemampuan: (1) berpikir kritis, peka, mandiri, dan bertanggung jawab, (2) bekerja secara tim, berkepribadian yang baik, dan terbuka terhadap perubahan, serta berbudaya kerja yang tinggi, dan (3) berpikir global dalam memecahkan masalah lokal, dan memiliki daya emulasi yang tinggi.

Berangkat dari permasalahan tersebut diatas, pada tanggal 2 Mei 2004, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, setelah melaksanakan Upacara Hari Pendidlikan Nasional di Lapangan Kembar Boroko, beberapa tokoh pemikir pendidikan mencoba duduk bersama untuk membicarakan dan sekaligus untuk memecahkan permasalahan pendidlikan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow pada umumnya dan Kecamatan Kaidipang pada khususnya, agar bagaimana masyarakat bisa sekolah dengan tujuan peningkatan SDM dikalangan masyarakat, para tokoh pemikir tersebut yaitu : Kamarudin Babay, Lasa I. Korompot dan Arifin Bolota mencoba membicarakan untuk menggagas mendirikan SMK Kaidipang pada waktu itu.

Motivasi Dan Tantangan Berawal Dari Seorang Siswa Yang Ditolak Karena Putus Sekolah

Sosok seorang Arifin Bolota menceritakan kisahnya sekitar bulan Juli 2004. Arifin Bolota sempat mendaftarkan diri sebagai siswa di SMK Neger 1 Kotamobagu untuk melanjutkan pendidikan tapi sangat disayangkan tidak diterima dan ditolak mentah-mentah sebagai siswa ole Kepala Sekolah Drs. Narman Abubakar karena  faktor usia yang sudah menanjak 24 Tahun.

Dengan menahan rasa pil pahit tersebut Arifin Bolota kembali ke Kaidipang untuk bertemu salah satu tokoh pendidik Kamarudin Babay, menjabat sebagai Kepala Sekolah SLTP Negeri 1 Kaidipang dengan tujuan rencana membentuk SMK Kaidipang.

Dalam diskusi tersebut Kamarudin Babay sepakat dengan rencana pembentukan sekolah kejuruan tersebut dan Kecamatan Kaidipang dijadikan sebagai Pusat Pemerintahan Kabupaten Binadow pada awal namanya, dengan harapan do'a serta dukungan tersebut Arifin Bolota mengunjungi teman-temannya yang sudah putus sekolah untuk diajak masuk kesekolah

Usulan Dan Saran Pertimbangan Mendirikan Smk Kelas Jauh Kaidipang.

Pada Tanggal 2 Agustus 2004, setelah disetujui, di deklarasikan SMK Kelas Jauh Kaidipang tetapi Arifin Bolota kembali ditolak sebagai siswa karena standar penerimaan siswa baru pada saat itu.

Tekanan dan tantangan yang sangat sulit dipecahkan, Arifin Bolota menghadap di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow di Kotamobagu, pada saat itu Drs. Yamin Kai selaku Kepala Dinas Pendidikan.

Dengan pertemuan tersebut teriadi  perdebatan sangat alot karena Kepala Dinas beralasan tidak mau mengambil resiko umur yang sudah melampaui batas untuk sekolah lanjutan menengah, sehingga Arifin Bolota tidak bisa diterima sebagai siswa. Setelah mendengar pendapat itu Arifin Bolota secara tegas memberikan alasan  “Jika saya diterima sebagai siswa tidak akan memberatkan Dinas Pendidikan asalkan saya dapat belajar bersama dengan teman-teman di SMK Kela Jauh Kaidipang.”

Dengan alasan permintaan  tersebut dapat merestui Arifin Bolota sebagai siswa dengan catatan Menandatangani Surat Pernyataan antara lain :

Jika saudara Arifin Bolota dikemudian hari apabila diseleksi sebagai peserta ujian nasional tidak memenuhi syarat, maka saudara akan diikutkan dalam ujian paket C

Jika kemudian hari saudara Apabila, SMK Kelas jauh Kaidipang tidak berkembang maka saudara tidak bisa pindah sekolah lain selain Paket C

Setelah menyetujui dua persyaratan tersebut bersedia menandatangani pernyataan, setelah mendapat rest dari kepala dinas Arifin Bolota segera mengajak teman-temannya yang berjumlah 28 Siswa baru sebagai siswa di SMK Kelas Jauh Kaidipang

Fasilitas yang digunakan dalam proses kegiatan Belajar Mengajar mash menggunakan Fasilitas Gedung SLTP Negeri 1 Kaidipang dan disediakan satu ruang kelas, meja dan kursi disediakan oleh masing-masing Wali Murid dan Tenaga Pengajar masih meminjam Tenaga Guru dari SLTP Negeri 1 Kaidipang, selain peran mereka sebagai siswa juga sebagai inovator dan mengajak putra-putri yang sudah menyandang Status Sarjana untuk dijadikan sebagai Tenaga Pengajar.

Selang waktu 3(tiga) bulan pasca terbentuknya SMK kelas jauh Kaidipang yang berjumlah 28 siswa, siswa belum dapat menerima pelajaran secara aktif disebabkan sistem pembelajaran (kalender pendidikan dan kurikulum) masih dalam tahap perancangan dan pengelolaan, tapi keadaan seperti itu tidak serta merta mengurangi semangat para siswa untuk belajar,

Selama waktu 3 (tiga) bulan tersebut para siswa hanya mendapat nasihat dari guru-guru berdasarkan pengalaman mereka. Dengan semangat tersebut siswa SMK Kelas Jauh Kaidipang mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow dengan mengutus beberapa tenaga pengajar yang juga berasal dari Kaidipang dan Bolangitang di antaranya; Dra. Haina Wengkeng , Drs. Baharudin Tunggil, Amir Usup, BA.

Disamping itu juga Kepala SMK Kelas Jauh Kaidipang mengambil langkah bijak untuk menambah tenaga pengajar dengan memanfaatkan tenaga sukarela yang berasal dari Kecamatan Kaidipang di antaranya Isman Rahman, S.Pd. Fatmawati Korompot, S.Pd, Ferawati Djoharam, SE, Misrawati Pakaya, S.Sos dan Lasa I. Korompot ditambah dengan beberapa guru lainya dari SLTP Negeri 1 Kaidipang yaitu A. Ilolu, Dra. Selvia Hapili, Ismun Podomi dan 1 (satu) orang Tata Usaha yaitu Yuningsi Utina dan perlu diketahui nama-nama guru yang tersebut diatas adalah tenaga pengajar yang pertama melakukan proses belajar mengajar pada SMK Kelas Jauh Kaidipang.

Di Awal tahun 2005 setelah wilan semester 1 (satu), 5MK Kelas Jauh Kaidipang menggelar kegiatan praktek pengetikan komputer dan Bahasa di SMK Negeri 1 Kotamobagu selama 2 minggu. Selama di SMK Negeri 1 Kotamobagu siswa Kelas Jauh Kaidipang dapat beradaptasi dan mampu menyesuaikan diri dengan siswa SMK Negeri 1 Kotamobagu sehingga siswa SMK Kelas Jauh Kaidipang dapat mengembangkan potensi melalui kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kotamobagu Drs Narman Abu Bakar mengajak siswa Kaidipang dan Posigadan untuk melakukan kegiatan Study Tour di dunia usaha industry dan objek wisata pada PT. Marsindo Sinar Pratama di Bakan Bolaang Mongondow selama 1 (satu) hari.

Setelah melakukan kunjungan Study Tour siswa melaksanakan rapat kerja untuk membahas pembentukan pengurus OSIS (Organisasi Siswa), sementara di masing masing sekolah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari.

Setelah kegiatan praktikum dan pembahasan Rapat Pembentukan Pengurus OSIS, para siswa yang berasal dari Kecamatan Kaidipang kembali ke daerah dan melakukan proses tahapan Pemilian Ketua dan Pengurus OSIS Sementara, dan yang terpilih sebagai ketua OSIS adalah Arifin Bolota.

Pasca pembentukan  kepengurusan OSIS Sementara SMK Kelas Jauh Kaidipang, para siswa yang tergabung dalam kepengurusan melakukan sosialisasi Program Kerja tentang eksistensi SMK Kelas Jauh Kaidipang dan pentingnya kesadaram bersekolah kepada masyarakat dan secara khusus di seluruh SLTP yang ada di Kecamatan Kaidipang dan wilayah sekitarnya, Sehingga memperoleh hasil yang cukup memuaskan.

SMK Kelas Jauh Kaidipang menerima/membuka pendaftaran siswa baru, ketika itu siswa baru yang mendaftarkan diri sebagai siswa di SMK Kelas Jauh Kaidipang berjumlah 75 siswa baru pada tahun ke dua dan tahun ke tiga SMK Kelas Jauh Kaidipang berkembang pesat hal ini dikarenakan animo masyarakat yang cukup tinggi dan merespon kehadiran SMK Kelas Jauh Kaidipang.

Di Kecamatan Kaidipang sehingga jumlah siswa baru ditahun tersebut berjumlah 175 siswa baru. Kondisi yang cukup mengembirakan in akhirnya mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat melalui Dirjen Menengah Kejuruan di Jakarta dan memberikan bantuan dana sebesar Rp. 1,4 Miliar untuk pembangunan infrastruktur untuk Smk Kelas Jauh Kaidipang.

Pada bulan Juni tahun 2007, 28 siswa mendapat predikat lulus 100 % dengan hasil yang cukup memuaskan, kelulusan tersebut juga ditandai dengan terbentukya daerah pemekaran Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang saat itu di pimpin oleh Bapak Drs. H. R. Makagansa sebagai PJS Bupati.

Dengan terbentuknya Kabupaten pemekaran Bolaang Mongondow Utara sehingga menimbulkan efek positif bagi kelangsungan SMK Kelas Jauh Kaidipang sebagai wadah pembangunan SDMSumber Daya Manusia) sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UUD 1945 .

Setelah ferbentuknya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menjadi adalah daerah otonom kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibukotanya adalah Boroko. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2007, pada tanggal 2 Januari 2007 di Pimpin oleh Pjs Dis. H. R. Makagansa. MS.

Dalam rencana anggara dan belanja daerah, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Ukara melaksanakan pernbahasan mengenai rencana pembangunan Gedung: $MK Kelas Jauh Kaidipang dan repatnya pada hari Senin bulan Juni tahun 2007, Pernerintah Kabupaten melakukan prosesi upacara peletakan batu pertama pada Gedung: SMK Kelas Jauh Kaidipang yang terletak di Desa Bigo. Dalam kurun waktu lima bulan, gedung tersebut sudah dapat ditempati oleh stawa SMK Kelas Jauh Kaidipang.

Dengan perkembangan sangat pesat akhirnya SMK Kelas Jauh Kaidipang dirubah statusnya menjadi SMK Negeri 1 Kaidipang berdasarkan NPSN : 40103491 Status : Negeri

Bentuk Pendidikan : SMK, Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah, SK Pendirian Sekolah : 26 Tahun 2007, Tanggal SK Pendirian : 2007-11-08, SK Izin Operasional : 26 Tahun 2007, Tanggal SK Izin Operasional : 2007-11-08

Menjabat sebagai Kepala Sekolah Drs. Baharuelin Tunggil dan Lasa Ib Korompot selaku ketua komite yang juga sekaligus meniadi panitia pembangunan SMK Negeri I Kaidipang dengan pengelolaan pengadaan dilakukan secara Swakelola atas keputusan dari Dirjen Menengah Kejuruan di Jakarta.

Dengan perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan, akhirnya harapan dan cita cita masyarakat untuk mendapatkan sebuah sekolah kejuruan demi mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat serta berdapak secara positif dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di daerah ini dapat terwujud, langkah-langkah terbentukya SMK Neger 1 Kaidipang tidak lepas dari kerjasama dan peran antara penggagas, orang tua/wali murid, siswa, masyarakat, guru dan pemerintah.

Pengembangan jurusan SMK. Negeri 1 Kaidipang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamatkan di Jalan Manggis Desa Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sebagai Sekolah Kejuruan. menyediakan 8 jurusan yaitu Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Pertanian, Teknik Gambar Bangunan (TGB), Administrasi Perkantoran (ADP), Akuntansi serta Pemasaran. Adapun total jumlah siswa SMK Negeri 1 Kaidipang tahun 2021 yaitu sejumlah 700 siswa.

Demikian penyusunan sejarah singkat dari SMK Negeri 1 Kaidipang semoga menjadi motivasi untuk semua kalangan, kami menyadari bahwa penyusunan sejarah in masih banyak kekurangan, untuk itu kami memohon kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan penyusunan sejarah ini, dan untuk semua pihak dan pelaku sejarah diucapkan terima kasih Billahi Taufig Wal Hidayah Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Editorial : Gandhi Goma

Sumber Data : Sdr. Arifin Bolota.

Bolmut, Sulutnews.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri acara Peringatan HUT Ke-18 SMK Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022. Acara di Desa Bigo, Halaman Sekolah SMK Negeri 1 Kaidipang. Sabtu (12/11/2022).

Kepala SMK Negeri 1 Kaidipang Moh. Ansar Nusa, SPd, MSi dalam sambutannya mengungkapkan makna “Delapan Belas Tahun” perjalanan SMK Negeri 1 Kaidipang dalam mengabdikan diri di bidang pendidikan merupakan usia yang panjang dan matang bagi sebuah lembaga pendidikan untuk mencapai predikat name baik dan nama besar. Kemampuan SMK Negeri 1 Kaidipang dalam meniaga dan mengatur ritme dan strategi untuk terus mempertahankan kepercayaan pemerintah dan masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan yang senantiasa mencetak prestasi gemilang dan menyumbangkan alumni yang cerdas, dan tangguh, di tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional.

“Untuk itu, pada usia delapan belas tahun ini SMK Neger 1 Kaidipang menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun sebagai langkah taktis yang ditujukan kepada masyarakat luas untuk mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan SMK Negeri 1 Kaidipang. Selain itu, kegiatan ini diproyeksikan untuk mensgalang peran serta alumni, Dunia Usaha/Dunia Industri sebagai institusi pasangan dan masyarakat dengan harapan SMK Negeri 1 Kaidipang menjadi lebih berkembang dan maju untuk mengisi pembangunan”, ujarnya.

SMK. Negeri 1 Kaidipang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamatkan di Jalan Manggis Desa Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sebagai Sekolah Kejuruan. menyediakan 8 jurusan yaitu Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Pertanian, Teknik Gambar Bangunan (TGB), Administrasi Perkantoran (ADP), Akuntansi serta Pemasaran. Adapun total jumlah siswa SMK Negeri 1 Kaidipang tahun 2021 yaitu sejumlah 700 siswa.

“Untuk pengembangan jurusan dan inovasi, serta para alumni yang siap kerja, kepada yang terhormat Ibu Anne Dondokambey Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan  yang selama ini sangat peduli dengan pengembangan proses belajar mengajar, sarana prasarana, kita ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya,” ucap Ansar Nusa.

Sebelum memberikan sambutan, Bupati Bolmong Utara mengundang Arifin Bolota berdiri disampingnya. Terdengar tepuk tangan para hadirin undangan. Karena Bung Arifin Bolota adalah inisiator pendiri SMK Kaidipang.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan hari ini merupakan salah satu tonggak sejarah dalam kaitan keberadaan SMK Negeri 1  Kaidipang, sebab pada tanggal 11 November 2004, Pemerintah Republik Indonesia mengakui keberadaan sekolah ini, dengan sebuah perjuangan panjang mengalihkan status sekolah ini hingga menjadi salah satu sekolah Negeri di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada saat itu.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga terhadap seluruh alumni SMK Negeri 1 kaidipang yang juga hadir di dalam perayaan ini. Hal ini tentu saja bertujuan mempererat kembali tali silaturahim diantara alumni, berjumpa dengan para guru-guru kita dahulu, dan mengingat kembali masa-masa indah dibangku sekolah.”

“Teringat kembali peran Arifin Bolota dalam merintis keberadaan SMK Kaidipang, karena dipicu ingin melanjutkan sekolah. Kedatangannya di Kotamobagu menemui saya karena ingin sekolah, tapi usianya sudah melampaui batas usia untuk sekolah lanjutan tingkat atas. Tekanan dan tantangan yang sangat sulit dipecahkan, Arifin Bolota menghadap di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow di Kotamobagu, mengunjungi teman-temannya yang sudah putus sekolah 28 orang untuk diajak masuk sekolah, dan mengusulkan membuka SMK Kelas Jauh Kaidipang, usulan tersebut diterima. Pada Tanggal 2 Agustus 2004 di deklarasikan SMK Kelas Jauh Kaidipang. Tidak lupa kita ucapkan kepada tokoh pendidikan Kamarudin Babay dan inovator Lasa Korompot , telah mendampingi Arifin Bolota dalam tekad bersama mewujudkan berdirinya SMK Negeri 1 Kaidipang,” ungkap Depri Pontoh.

Tokoh pendidik dan pemangku adat Bolmong Utara Kamarudin Babay, SPd dalam pemikirannya mengungkapkan;

“Pendidikan kejuruan pada dasarnya menyiapkan peserta didik untuk hidup pada era perubahan teknologi yang cepat. Hal ini menuntut pendidikan kejuruan harus merubah orientasi pendidikannya dengan tidak hanya melatih peserta didik menguasai suatu ketrampilan, tetapi lebih dari itu harus juga menyiapkan mereka untuk memiliki daya adaptasi yang baik, berkomitmen moral yang baik, mau hidup berdampingan dengan masyarakat multikultur dsb.“

Pesan Lasa I Korompot untuk ulang tahun SMK Negeri 1 Kaidipang;

“Mari jadikan momentum silaturahim ini, sebagai wahana untuk menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan dan persatuan dalam diri kita selalu alumni sekolah, sehingga dapat memberikan manfaat dan sekaligus sebuah harapan dalam bangkitnya semangat kebersamaan kita semua untuk turut membangun dan memberikan kontribusi yang produktif bagi daerah, khususnya dalam percepat pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.”

Turut Hadir, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pendidikan Ibu Anne Dondokambey, Pimpinan OPD, Kapolsek Urban Kaidipang AKP Sumarto Datuamas, Yang Mewakili Danramil Kaidipang Serma Harun Datunugu, Kacabdin Bolmut Patra Kapiso, Spd,  Para Kepala Sekolah SMK Negeri dari Kab. Gorontalo Utara yang membawa para siswa untuk tampil dalam drama dan tari kreasi, serta Seluruh Jajaran, Para Kepala Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Para Alumni SMK Negeri 1 Kaidipang serta seluruh Tamu Undangan. (**/Gandhi Goma).