Bolmong

Bolmong (38)

Bolmong,Sulutnews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH,MiP bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny. Ivone  Meyer Putong mendampingi Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka Ny. Evie Denny Tuejeh beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di wilayah   Kodim 1303/ Bolaang Mongondow , Jumat (14/01/2022).

Kunjungan  Pangdam XIII/Merdeka  beserta rombongan didampingi  Danrem 131/Santiago disambut langsung oleh Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution dan Ketua Persit KCK Cabang XV Dim 1303 Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny Erdina Raja Gunung.

Pangdam XIII/Merdeka dalam arahannya kepada seluruh personel  Kodim 1303/Bolmong berharap, untuk tetap menjaga semangat sekaligus selalu mengasah kemampuan dalam rangka menunjang pelaksanaan  tugas sebagai seorang prajurit.

“Dengan adanya perkembangan zaman kita dituntut membekali diri sehingga memiliki  kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat, bangsa dan negara.” Kata Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan terkait dengan pelaksanaan percepatan penanganan pandemi COVID-19, melalui vaksinasi terutama kepada para Babinsa yang berhubungan langsung dengan masyarakat di wilayah teritorialnya, agar masing masing prajurit  tetap terus memberikan himbauan dan edukasi  guna menumbuhkan   kesadaran masyarakat dalam menerapkan/mematuhi protokol kesehatan, serta mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna  memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan "  Seluruh Prajurit tetap  solid,  membangun kerjasama dengan semua stakeholder  dan instansi terkait  dengan baik serta terus bersinergi/berkolaborasi  dalam setiap pelaksanaan tugas dilapangan. Tugas dan tanggung jawab kita sebagai prajurit  bukan hanya  menunggu perang, tapi juga melindungi warga dari ancaman wabah   Covid- 19 (sebagai bencana non alam) itu sudah sama dengan melalui medan perang.

Kuasai tugas dan jiwai dengan sungguh sungguh serta hindari pelanggaran sekecil apapun demi   nama baik Kodam XIII/Merdeka. " Pungkas  Pangdam"

Sementara itu Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong disela sela kunjungan mennyampaikan  kepada seluruh jajaran Korem 131/Santiago, "saya selaku Danrem dan selaku pribadi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para Dandim dan seluruh prajurit  yang sudah melaksanakan program pemerintah yaitu Serbuan vaksinasi di wilayah masing-masing dengan baik," Ujar  Danrem.

Selanjutnya Danrem juga  mengingatkan  terkait  pemanfaatan Teknologi Informasi,  agar seluruh Prajurit termasuk ibu Persit dan keluarganya untuk lebih selektif serta bijak dalam bermedia sosial.

“Saring terlebih dahulu informasi dari media sosial sebelum men share ke publik, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi diri, keluarga dan satuan,” tegas Danrem.

Terkait kedisiplinan personil, Danrem juga  menekankan agar tidak ada satu Prajurit pun Kodim 1303/Bolmong  dan  seluruh jajaran Korem131/Santiago  yang melakukan pelanggaran atau kegiatan kegiatan kegiatan  ilegal yang melanggar hukum, untuk itu saya tegaskan  hindari pelanggaran sekecil apapun demi nama baik Satuan Korem 131/Santiago lebih khusus Kodam XIII/Merdeka umunya TN Angkatan Darat.

"Khusus kepada Babinsa yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat, agar menghindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan Satuan. Lakukan edukasi kepada masyarakat tentang disiplin Protokol Kesehatan dalam rangka  pencegahan Covid-19,” Pungkas Danrem

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ir. Hj Tatong Bara (Walikota Kotamobagu).

 Iskandar Kamaru, S.Pt (Bupati Kab Bolsel)., Syam Sharul Mamonto, S.Sos,. M.IP (Bupati Kab Boltim)., Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Ka Balak Dam XIII/Mdk., AKBP Irham Halik, S.IK (Kapolres Kotamobagu), Ustad Yusup Deni Pontoh (Ketua MUI Kotamobagu, Para Perwira Staf  Kodim 1303/BM, Para Danramil Jajaran Kodim 1303/BM.(*/Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana menggelar tatap muka dengan Staf Khusus Bupati Bolmong Selatan, di Mako Polres Bolsel, Rabu (5/1/2022).

Menurut Kasi Humas Polres Bolsel Ipda Arnold Dien, pertemuan membahas penanganan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Bolsel.

“Beberapa poin yang menjadi pokok bahasan antara lain penanggulangan miras di Bolmong selatan yang merupakan sumber dari munculnya kriminalitas, toleransi antar umat beragama, pencegahan penyebaran covid 19, peningkatan vaksinasi, tertib belalu lintas serta perkembangan isu-isu negatif di medsos,” ujarnya.

Pada pertemuan itu lanjutnya, kedua belah pihak saling memberikan masukan guna pengambilan langkah selanjutnya dalam menanggulangi persoalan gangguan kamtibmas di Kabupaten Bolsel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag SDM, Kabag Ren, Hi. Abdi Gobel, SE  (Staf Khusus Bidang Politik dan Kemasyarakatan), Pdt. Nixon Manoppo (Staf Khusus Keagamaan Kristen), Ust. Agus Gobol (Staf Khusus Keagamaan Islam), Resia Lamusu  (Staf Khusus Bidang Perempuan dan Anak), Rahmat Paputungan (Staf Khusus Bidang Hukum dan Kamtibmas), Drs. Hamka Podomi (Staf Khusus Bidang Pendidikan), Abadi Yusuf S.Pd (Staf Khusus Bidang Pendidikan) dan R. Sutowijoyo Himam (Staf Khusus Bidang Teknologi Infomasi).(Adrian)

 

Bolmong,Sulutnews.com  – Polres Bolaang Mongondow memberikan penghargaan kepada insan pers yang berperan aktif secara konsisten mempublikasikan kegiatan Polres selama tahun 2021. Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu kepada beberapa wartawan, di halaman Mako Polres, Jumat (31/12/2021) sore.

Kapolres menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh media yang telah membantu tugas-tugas Polri khususnya Polres Bolmong dalam hal publikasi/pemberitaan positif.

“Kami berharap kiranya hubungan kemitraan yang sudah terjalin antara Polri dan Pers akan terus terpelihara,” ujar AKBP Nova Irone Surentu. Usai penghargaan, terkait dengan kegiatan pada akhir tahun data gangguan kamtibmas yang terjadi dan penyelesaian perkara selama tahun 2021 oleh Kapolres Bolmong AKBP Nova Iron Surentu Didampingi oleh Kasi Humas Iptu Hero A. Mantiri. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Dukungan berbagai pihak terhadap Kepolisian Resor Bolaang Mongondow dan jajaran dalam tugas pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terus mengalir.

Selain dari unsur TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan. BPBD, Damkar, Sat Pol PP, beberapa organisasi sosial kemasyarakatan dan relawan juga menyatakan dukungan, yang diwujudkan melalui keterlibatan anggotanya di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan.

Beberapa organisasi yang telah menyatakan dukungan terhadap Polri diantaranya Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3), Gerakan Pemuda Ansor dan Banser.

Ketua KBP3 Kabupaten Bolmong Linda Lahamesang mengatakan, KBP3 adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Polri oleh karena itu pihaknya mendukung sepenuhnya tugas-tugas Polri.

“Saya selaku Ketua KBP3 Kabupaten Bolmong sudah menerjunkan anggota KBP3 Bolmong untuk bertugas di pos-pos pengamanan bersama Polri dan instansi lain pada Hari Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) GP Ansor dan Banser Kabupaten Bolmong Masrianto Labaso.

“Kami juga sudah menugaskan anggota GP Ansor dalam tugas di Pos-Pos Pengamanan sebagai bentuk dukungan kami terhadap kinerja aparat Kepolisian,” ujar Masrianto.

Sementara itu Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak terhadap Polres Bolmong dalam tugas pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“Ini adalah wujud kerjasama dan sinergitas Polres Bolmong dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas, selain itu dengan keterlibatan Ormas Islam dalam pengamanan Hari Raya Natal, hal ini mencerminkan adanya kerukunan hidup dan toleransi antar umat beragama yang sudah lama membudaya di tengah-tengah masyarakat Bolaang Mongondow,” tutup Kapolres AKBP Nova Irone Surentu. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com– Pertikaian yang melibatkan para pemuda Desa Tonom dengan pemuda Desa Mogoyunggung Dua dan Mogoyunggung Kecamatan Dumoga Timur, Bolaang Mongondow yang terjadi pada hari Sabtu, 25 Desember 2021 dini hari, diseriusi Polres Bolmong.

Gerak cepat Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu langsung menggelar pertemuan dengan pihak bertikai dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang dihadiri oleh TNI dan Pemerintah setempat, Sabtu (25/12/2021) siang.

Kapolres menyesalkan terjadinya pertikaian antar warga di saat umat Kristiani sedang merayakan hari raya Natal. “Hari ini adalah Hari Natal. Hari Besar agama Kristen seharusnya dirayakan dalam suasana penuh kedamaian namun ternoda oleh karena ulah oknum anak-anak muda,” sesal Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres meminta aparat Pemerintah Desa untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dan senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kepolisian untuk mencegah terjadinya permasalahan, dan jika ada permasalahan sekecil apa pun cepat diselesaikan agar tidak berkembang.

“Saya tegaskan mulai hari ini tidak ada lagi warga khususnya anak-anak muda kumpul-kumpul di pekuburan apalagi mengadakan pesta minuman keras. Untuk kegiatan ziarah silahkan Pemerintah Desa mengatur pembatasan waktu yakni sampai pukul 20.00 wita, kami akan pantau terus wilayah ini dengan mengadakan patroli dan kami akan tindak tegas setiap warga yang melakuan pelanggaran hukum,” tegas AKBP Nova Irone Surentu.

Hal senada disampaikan oleh Camat Dumoga Timur Jootje Tumalun dan Danramil Dumoga Kapten Inf. Asrak Badarun. Keduanya sepakat sangat mendukung apa yang disampaikan Kapolres Bolmong.

Kedua belah pihak yang bertikai yaitu warga Desa Tonom dan Desa Mogoyunggung Dua bersama Desa Mogoyunggung akhirnya sepakat untuk berdamai dan menghentikan pertikaian yang ditandai dengan penandatanganan Surat Kesepakatan Perdamaian oleh perwakilan masing-masing pihak.

Kegiatan pertemuan yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam ini juga dihadiri oleh Wakapolres Melky J. Lapian, Kapolsek Dumoga Timur Iptu Agus Sumandik, Sangadi Tonom Jeine R. Wales, Sangadi Mogoyunggung Dua Julius Tumbelaka, Sangadi Mogoyunggung Ferry Kawung dan perwakilan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dari ketiga desa. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno memberikan apresiasi kepada Kapolres Bolaang Mongondow dan jajaran.

Walaupun di tengah keterbatasan, tapi masih mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Kapolda Irjen Pol Mulyatno saat memberikan arahan kepada personel Polri di Mako Polres Bolmong di Jalan AKD Desa Pusian Kecamatan Dumoga, Senin (20/12/2021) pagi.

“Jadi kita harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Kita jangan menyerah dengan keterbatasan. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Kapolda Irjen Pol Mulyatno juga mengingatkan personel agar meningkatkan disiplin, mulai dari disiplin diri, disiplin kesatuan dan disiplin dalam melaksanakan tugas.

Ia juga berpesan semua anggota agar tidak mengkonsumsi minuman keras “Kalau sudah mabuk itu jelek sekali dampaknya. Kita (Polri) adalah panutan masyarakat, disiplin itu harus betul-betul ditaati,” tegas Irjen Pol Mulyatno.

Menghadapi Natal dan Tahun Baru, Kapolda Irjen Pol Mulyatno berharap anggota Polri dapat memberikan pengamanan yang maksimal. “Amankan betul perayaan Natal. Dalam perayaan tahun baru, harus dari sekarang disosialisasikan tidak ada mabuk mabukan,” ujar Irjen Pol Mulyatno mengingatkan.

Kepada masyarakat, ia juga mengajak untuk membangun toleransi. “Apapun agamanya, kita adalah bersaudara, kita semua ciptaan Tuhan. Kita tetap membangun silaturahmi, membangun gotong royong, tidak ada egoisme yang berlebihan,” kata Kapolda Irjen Pol Mulyatno.

Terkait pencegahan covid-19, Kapolda Irjen Pol Mulyatno berpesan kepada seluruh personel untuk tetap memberikan panutan sekaligus mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan percepatan vaksinasi

Usai memberikan arahan kepada personel, Kapolda Sulut didampingi Kabid TIK Kombes Pol Darwanto, Dirreskrimsus Kombes Pol M. Tamsil dan Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu serta Bhayangkari meninjau pembangunan Mako Polres Bolmong yang baru, yang terletak di Desa Dulagon Kecamatan Lolak, yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5 Ha. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com - Permasalahan sosial kemasyarakatan yang berbuntut terjadinya konflik antara warga desa Modomang dan Dumoga Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolmong, Provinsi Sulawesi Utara,  yang terjadi pada Senin (22/11) direspons dengan cepat oleh Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Dr. Nova Irone Surentu,SH, MH. 

Saat itu juga Kapolres Bolmong langsung mengundang Camat Dumoga Timur, Sangadi desa Modomang dan Dumoga dan para aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dari kedua desa untuk duduk bersama dalam rangka penyelesaiaan masalah yg sudah terjadi. 

Bertempat di Mapolsek Dumoga Timur, Kapolres didampingi Asisten I Setda Kabupaten Bolmong Deker Rompas SE, MM memimpin pertemuan tersebut.

Dalam arahannya Kapolres menegaskan bahwa terkait masalah yang terjadi antara warga desa Modomang dan Dumoga maka pihak kepolisian akan melakukan penegakan hukum terhadap setiap warga masyarakat yang melakukan perbuatan pidana. 

Lebih lanjut menurut Kapolres bahwa dalam  melakukan tindakan hukum Polri selalu bersikap netral, tidak memihak dan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis serta dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pada bagian akhir arahannya Kapolres meminta aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk bekerja sama menjaga Kantibmas.

Sementara itu Asisten I Setda Kab. Bolmong Deker Rompas, SE, MM dalam arahannya meminta kepada penerintah desa untuk senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat untuk antisipasi hal2 yang tidak diinginkan. 

Selain itu Asisten I meminta agar Camat mengaktifkan kembali Lembaga Kerja sama Antar Desa  yang berfungsi selain untuk pembangunan juga untuk koordinasi penyelesaian masalah.

Pada bagian akhir arahannya Assisten I menegaskan bahwa jika ada Calon Sangadi yang terbukti memprovokasi warga sehingga terjadi konflik maka calon tersebut akan digugurkan.

Setelah mendengar arahan Kapolres Bolmong AKBP Dr. Nova Irone Surentu, SH, MH dan Asisten I Setda Kab. Bolmong Deker Rompas, SE, MM serta penyampaian dari Camat dan para Sangadi akhirnya didapatkan titik temu dari kedua desa tersebut untuk menyelesaikan secara damai persoalan yang sudh terjadi.

"Dengan telah terjalinnya kesepakatan damai dalam pertemuan ini maka persoalan sudah selesai dan dimintakan agar tidak terjadi lagi konflik antara desa Dumoga dan Modomang" tandas Kapolres.

Sebelumnya diketahui pada hari senin dini hari tgl 22 Nov 2021 sekitar pkl 01.00  telah terjadi keributan antara beberapa pemuda desa Modomang dan desa Dumoga Kec. Dumoga Timur Kab Bolmong yang dipicu adanya aksi provokasi dari beberapa pemuda desa Dumoga yang mengendarai Sepeda Motor knalpot bising di Jln AKD desa Modomang dan beteriak sehingga memancing beberapa pemuda desa Modomang melakukan pengejaran dan saling lempar baru sampai menjelang pagi hari, namun aksi tersebut dapat dihentikan oleh Petugas Kepolisian Polres Bolmong dan Polsek Dumoga Timur. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com - Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH,MiP didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ibu Ivonne Prince Meyer Putong bersama  Kasiintel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Bram Pramudia SE, dan  Kasilog Kasrem 131/Stg Kolonel CZI Agung Isa Rakhman SH,  M. Tr (Han), serta Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Jajaran Kodam XIII/Merdeka yang digelar di Desa Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, pada Senin (18/10/2021).

Kedatangan Danrem 131/Santiago beserta rombongan dalam rangka  meninjau /melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi,  dan ini  bertujuan untuk memastikan dan meyakinkan bahwa  program vaksinasi nasional dapat menyentuh  kepada seluruh lapisan  masyarakat sehingga diharapkan dalam  pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,  aman, dan  lancar serta tepat  sasaran.

Dalam kesempatan tersebut  Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Meyer Putong  mengucapkan  terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi ini.

Kegiatan Vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan herd Immunity ( Kekebalan kelompok) masyarakat  terhadap pengaruh / efek negatif dari virus Covid -19," sehingga diharapkan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow umumnya Provinsi Sulawesi Utara terbebas dari penyebaran virus Covid 19,  dan menjadi Zona aman.  Ujar Danrem.

Lebih lanjut Danrem  menyampaikan apresiasi kepada masyarakat,  karena terlihat antusias masyarakat yang   berdatangan untuk di vaksin,  oleh karena itu Saya  berharap,  apabila  sudah  di vaksinasi bukan berarti kita sudah terbebas dari virus Corona, sehingga sudah  mengabaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Saya tetap mengajak /menghimbau  kepada seluruh warga masyarakat Desa Mopait Kecamatan Lolayan Kab.  Bolaang Mongondouw  umumnya Bolmong Raya  setelah menerima  vaksinasi ini agar tetap mematuhi  protokol kesehatan dalam setiap aktifitas,   tetap  menjaga kesehatan serta  jangan lupa tetap berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, tentunya  ini sangat membutuhkan kesadaran yang tinggi  dari masing masing pribadi,  sehingga upaya kita dalam  memutus mata rantai penyebaran virus covid -19 dapat terlaksana secara maksimal. " Tutur Danrem.

Disela sela peninjauan serbuan vaksinasi  Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong menemui  salah seorang anak yang sudah putus sekolah, yang bernama Fahrial Amba  dia adalah  salah seorang warga Desa Mopait Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Brigjen TNI  Meyer sempat berdialog dengan anak tersebut dan  mengatakan bahwa  akan memberikan bantuan  pendidikan sampai lulus  SMA,  sehingga diharapkan anak ini bisa menikmati pendidikan seperti teman temanya yang lain.

Brigjen Meyer  juga mengatakan bahwa saat ini bagi anak anak  yang putus sekolah sangat  menjadi perhatian khusus bagi TNI sehingga  kedepannya tidak ada lagi anak  yang putus sekolah di daerah terutama di wilayah Korem 131/Santiago,"

Untuk itu, Danrem 131/Santiago meminta/berharap  kepada pemerintah dan Dinas Pendidikan, agar anak tersebut   bisa kembali melanjutkan sekolahnya.

karena tujuan pendidikan adalah, mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan untuk perkembangan  potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, dan memiliki  ilmu.

Diketahui, Fahrial Amba merupakan anak yatim  sejak tahun 2020, saat itu sedang duduk dikelas 1 SMP namun yang bersangkutan  sudah putus sekolah karena alasan  tidak memiliki biaya lagi,   diketahui saat ini dalam kesehariannya Fahrial Amba hanya  membantu orang tua (Ibunya)  untuk berjualan hasil perkebunan dipasar.

Fahrial Amba juga sebenarnya  memiliki keinginan untuk  melanjutkan sekolah seperti teman temanya yang lain,  namun apa daya orang tua  tidak mampu membiayai untuk sekolah.

Selain meninjau serbuan vaksinasi di jajaran Kodim 1303/Bolmong, Danrem  juga menyerahkan bantuan berupa paket  sembako secara simbolis kepada puluhan warga yang berhak menerima bantuan.

"Selama kegiatan peninjauan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Persit KCK Cabang XV Ny Erdina R.G Nasution bersama pengurus Persit Bolmong, Mayor Arh Achmad Janis ( Kasdim 1303/ BM). Mayor Inf Burhan ( Pabung Bolsel), Mayor Inf Yopi ( Pabung Boltim), .Seluruh Perwira Staf Kodim 1303/BM. (Adrian)

Bolmong, SulutNews.com -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar serbuan vaksinasi masyarakat maritim di Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), pada Rabu (22/9/2021).

Inobonto merupakan wilayah pesisir yang 80 persen penduduknya bermata pencaharian nelayan.

Dalam masa Pandemi Covid-19, sebagian besar masyarakat termakan berita miring mengenai vaksinasi.

Kehadiran serbuan vaksinasi maritim TNI-AL ditempat ini tentunya membangkitkan rasa aman dan menepis berita hoax yang beredar.

Wakil Bupati (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk, STh, M.M. yang hadir di lokasi kegiatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang diselenggarakan oleh Lantamal VIII.

"Antusias masyarakat dengan kunjungan seperti ini benar-benar memotivasi bahwa vaksin sangat penting untuk masyarakat," tutur Wakil Bupati Bolmong.

Lebih lanjut Yanny menyampaikan bahwa masyarakat di wilayahnya masih banyak yang percaya isu/hoax mengenai vaksin, seperti yang beredar di media sosial.

"Tapi dengan kehadiran Danlantamal VIII bersama tim vaksinasi membuat pemahaman pandangan masyarakat tentang vaksin menjadi positif, sehingga tidak ada yang ragu saya lihat," ujarnya.

"Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih banyak kepada Danlantamal VIII karena telah memberikan perhatian kepada masyarakat," pungkas Yanny.

Sementara itu Danlantamal VIII yang selalu setia berada di tengah-tengah prajuritnya dalam setiap serbuan vaksin mengatakan bahwa TNI-AL bersama Pemda Kabupaten Bolmong dan Forkopimda bekerja sama untuk melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim.

"Sesuai dengan program pemerintah, kami TNI-Polri harus selalu membantu masyarakat dalam hal vaksinasi," tutur Danlantamal VIII.

Danlantamal VIII menyampaikan bahwa target vaksinasi yang diselenggarakan pada kesempatan tersebut sebanyak 200 dosis. Ia juga menyerukan kepada masyarakat agar tidak takut untuk divaksin, dan menyatakan bahwa vaksin itu aman.

"Jadi jangan lagi masyarakat merasa ragu-ragu terkait masalah vaksinasi, vaksinasi itu sehat, vaksinasi itu aman," tandasnya.

Mengakhiri pernyataannya Danlantamal VIII menghimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat yang sudah divaksin, saya minta, pandemi ini kan belum berakhir, jadi tetap menjaga protokol kesehatan dengan disiplin yang baik," pungkasnya.

Lantamal VIII pada serbuan vaksinasi maritim tersebut menurunkan tiga dokter dan puluhan tenaga kesehatan serta vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong.

Turut hadir Pejabat Pemda Bolmong, Forkopimda Kabupaten Bolmong dan Kepala Desa Inobonto.

Sementara rombongan Lantamal VIII diantaranya Asintel, Asops dan Aspotmar Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danpom Lantamal VIII, Kadiskum, Kadisfaslan dan Kadiskes Lantamal VIII.

(***/Tamura)

Bolmong,Sulutnews.com – Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) memusnahkan barang bukti hasil operasi kepolisian, Rabu (15/09/2021) sore, di halaman Mapolsek Dumoga Timur.

Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil operasi dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Polres Bolmong, sejak Mei hingga awal September ini.

“Adapun barang bukti yang dimusnahkan berupa minuman keras jenis cap tikus sebanyak 3.147 liter, dan bahan kimia berbahaya yang mengandung merkuri sebanyak 92 kilogram,” jelas Kapolres.

Lanjutnya, untuk razia minuman keras dilakukan secara mobile di sejumlah warung, juga secara stasioner di lokasi yang sering dijadikan jalur penyelundupan cap tikus ke daerah lain.

“Jadi kami juga stand by di lokasi tertentu dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan mencurigakan.

Hasilnya ditemukan cap tikus tanpa izin edar di kendaraan tersebut,” ujar Kapolres.

Sedangkan bahan kimia berbahaya jenis air raksa tersebut, ditemukan oleh petugas saat diangkut dengan kendaraan dan belum digunakan.

“Saat itu kami tanyakan kepada yang mengangkut, bahan kimia tersebut untuk apa, dan yang bersangkutan tidak dapat menunjukkan surat-surat. Kemudian kami lakukan penyitaan dan pemusnahan ini,” terang Kapolres.

Kapolres menambahkan, sebelum pemusnahan seluruh barang bukti tersebut, telah dilakukan proses persidangan dan kemudian ada putusan pengadilan untuk dilaksanakan pemusnahan.

“Kami tidak berhenti sampai di sini, namun terus menggencarkan operasi kepolisian dan KRYD, termasuk upaya-upaya penanganan pandemi Covid-19,” pungkas Kapolres.

Selanjutnya dilakukan pemusnahan barang bukti secara simbolis oleh Kapolres bersama para Pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Di antaranya Wakapolres beserta Pejabat Utama dan Kapolsek Dumoga Timur, Dumoga Utara, dan Dumoga Barat, Asisten I Setda Bolmong, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Kacabjari Dumoga, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. (Adrian)