Bolmong

Bolmong (21)

Bolmong Sulutnews.com - Pemerintah Bolaang mongondow (Bolmong) telah membuka kembali penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bolmong, Ofir Ratu SE, menyebutkan pendaftaran Bantuan Langsung Tunai tahap dua ini atau BLT UMKM telah dibuka bulan april sampai bulan mei 2021.

Dia berharap bagi pelaku UMKM usaha di Bolmong terutama yang diprioritaskan belum pernah menerima bantuan UMKM ini."Besaran bantuan ini tidak seperti tahun yang lalu 2020 Rp 2,4 juta, kini berkurang menjadi Rp 1,2 juta untuk setiap pelaku UMKM. Kebijakan ini, tertuang dalam peraturan menteri Koperasi dan UKM Nomor 02 Tahun 2021,ungkap Ofir.

Menurutnya BPUM diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp 1.200.000,- untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria. Sementara itu untuk penerima BPUM sendiri dijelaskan dalam pasal 4 ayat 1, jika penerima BPUM merupakan pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima dan BPUM atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya.

Untuk pendaftarannya kepada calon penerima BPUM agar langsung datang ke Dinas koperasi  dan UKM Bolmong sebab tahun ini sesuai dengan aturan yang akan menverifikasi berkas calon penerima BPUM adalah kami dari Dinas Koperasi dan UKM. Dan kami sudah bentuk Pokja tim verifikasi berkas,ungkap Ofir.

"syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima BPUM diantaranya, fotocopy KTP elektronik, fotocopy kartu keluarga(KK),surat keterangan usaha dari sangadi,foto usaha atau tempat usaha.

"Untuk proses pencairannya saat ini sudah melalui Bank BNI tapi prosesnya usai diverifikasi kabupaten selanjutnya dikirim ke provinsi dan kemudian ke pusat,kata Ofir.

Ofirpun menambahkan, tim Pokja BPUM Dinas Koperasi dan UKM di Bolmong ,berikut nama-nama yang bisa dihubungi,Hj Rusmiyati Potabuga (Hp)085240141507,Suparjan Mooduto (Hp)081340886883,Tri Kusmawati (Hp)082194319470, dan Elvi mokodompit (Hp)085256301336.

"Hubungi saja kontak person Tim Pokja atau datang langsung ke kantor Dinas Koperasi dan UKM Bolmong,dikompleks kantor Bupati Lolak ungkap Ofir. (*surono).

Bolmong, Sulutnews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menghimbau kepada seluruh masyarakat se-Bolmong untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat potensi angin kencang, hujan lebat, banjir bandang, tanah longsor dan gelombang tinggi yang ditimbulkan dari siklon tropis turut mengancam wilayah Sulawesi Utara.

Hal ini menindak lanjuti Surat Himbauan Gubernur Sulawesi Utara,Olly Dodokambey Nomor 360/21.2467/Sekv.BPBD tentang Himbauan Kesiapsiagaan terhadap Siklon Tropis.

Menurut kepala BPBD Bolmong,Syahril mokoagow menjelaskan saat ini Pemkab Bolmong telah menetapkan status siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim yang bisa saja berpotensi terjadinya banjir ,tanah longsor,angin kencang dan gelombang tinggi.

Menanggapi surat edaran Gubernur Sulut, Pemkab Bolmong telah membuat surat peringatan keseluruh wilayah Bolmong.Dimana isi dalam surat itu,kami menghimbau kepada masyarakat agar waspada mrnghadapi cuaca ekstrim yang saat ini melanda seluruh wilayah Sulawesi Utara khususnya berada di kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). (surono)

Bolmong, Sulutnews.com -Sekretaris Daerah (Sekda)Tahlis Gallang menyerahkan surat perintah pelaksana tugas (plt) bagi sejumlah pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan kepala Dinas dan kepala Badan di lingkup Pemkab Bolmong.

Penyerahan Sk Plt tersebut masing-masing kepada Deker Rompas selaku Asisten pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat setda kabupaten Bolmong merangkap sebagai plt kepala satuan polisi pamong praja selanjutnya Asisten perekonomian dan pembangunan setda kabupaten Bolmong  Zainudin Paputungan merangkap sebagai plt kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja kemudian Inspektur Daerah Rio Andiono Lombone sebagai Plt kepala Badan Keuangan Daerah dan Jenli Mongilong sebagai sekretaris Diskominfo Bolmong dipercayakan sebagai plt Kadis Kominfo Bolmong serta Tony Susanto Toligaga yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Dinas Perkebunan merangkap sebagai plt Kepala Dinas Perkebunan dan sekretaris Dinas perumahan dan kawasan pemukiman Soehandra Hamim menjabat plt kepala Bagian Umum.

Usai melakukan penyerahan Surat Perintah Tugas tersebut,Sekda Bolmong Tahlis Gallang,selain mengucapkan selamat juga berpesan agar pejabat yang baru menerima Sk dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Dalam menjalankan tugas harus penuh dengan rasa tanggung jawab juga dituntut berinovasi,selain itu,Tahlis berharap pejabat dalam menjalankan tugasnya dapat memantau langsung kinerja para bawahannya. (/Surono)

Bolmong Sulutnews.com - Bupati Bolaang mongondow (Bolmong)Dra.Hj YASTI SOEPREDJO MOKOAGOW, melakukan pelantikan pejabat eselon 2, eselon 3 dan eselon 4 dilingkungan pemkab Bolmong. Ada 75 pejabat eselon 2,3,dan 4 yang di lantik oleh Bupati Bolaang Mongondow.

Rolling jabatan tersebut digelar di pelataran kantor Bupati Bolaang Mongondow. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan “saya selaku pribadi, keluarga serta atas nama pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow, menyampaikan ucapan selamat bertugas dan selamat berkarya" kepada pejabat struktural di lingkungan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow yang baru saja di lantik.

Bupati berharap kiranya amanah dan kepercayaan yang di berikan oleh negara di pundak ibu-bapak sekalian dapat dijalankan dengan penuh perhatian,komitmen,loyalitas serta tanggung jawab yang tinggi.

Bupati mengingatkan konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggung jawabkan kepada bangsa dan negara, daerah dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu  dipertanggung jawabkan kepada Allah s.w.t Tuhan yang maha kuasa.

"pelantikan pejabat saat ini bukan hanya formalitas pendistribusian jabatan tapi sebagai pembenahan, penyegaran dan pemantapan Roda Organisasi pemerintahan, tegas bupati.

Untuk itu,kepada pejabat yang baru saja di lantik untuk segera menyesuaikan dengan jabatan yang baru. Namun tidak mengabaikan jabatan yang lama sebab saat ini masih dalam tahap audit BPK perwakilan provinsi sulut.

Tidak hanya itu, Bupati minta kepada pejabat yang telah dilantik segera melaksanakan serah terima aset yang ada di masing-masing perangkat daerah."peliharalah aset itu dengan baik agar dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama"tukas bupati. (/Surono)

Manado, Sulutnews.com – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Utara sejak Jum’at (26/03/2021) siang, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di dua kecamatan, yakni Sangkub dan Kaidipang.

Di Sangkub, tanah longsor terjadi di ruas Jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Sampiro. Ruas jalur utama ini tidak bisa dilalui kendaraan dari kedua arah hingga mengakibatkan kemacetan sepanjang kurang lebih 3 km.

Menyikapi hal tersebut, Polsek Sangkub dan Polres Bolmong Utara segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan.

Tiga unit ekskavator kemudian dikerahkan ke lokasi kejadian untuk membersihkan material longsoran tanah dan menggali saluran air yang tertimbun material serupa.

Di lokasi kejadian, personel Polsek Sangkub juga melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan memberlakukan sistem buka-tutup jalan.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan kejadian tersebut.

“Laporan dari Polres Bolmong Utara, sekitar pukul 20.00 WITA jalur Trans Sulawesi sudah normal kembali dan bisa dilalui kendaraan. Untuk alat berat masih disiagakan di lokasi,” ujarnya, Sabtu (27/03) pagi.

Sementara itu, banjir di Sangkub terjadi di Pangkusa, Sukamakmur dan area persawahan Popontuko serta Apengsembeka. Air menggenangi beberapa rumah warga dan persawahan. Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Kaidipang, lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, banjir akibat luapan air sungai menggenangi tiga desa.

 “Yaitu Desa Pontak, Desa Kuala Induk, dan Desa Bigo Selatan. Tinggi genangan air di tiga desa tersebut mencapai sekitar 50 cm,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Data diperoleh sementara, di Desa Bigo Selatan terdapat 2 rumah warga dan beberapa hektar sawah yang terendam banjir, dan di Desa Kuala Induk 7 rumah. Sedangkan di Desa Pontak luapan air hanya menggenangi persawahan.

 “Untuk penanganan banjir di wilayah Kaidipang, Tim SAR Polres Bolmong Utara bersama Polsek Kaidipang dan Koramil setempat, telah mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman. Kemudian dilakukan upaya-upaya penanganan lebih lanjut pasca kejadian,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (*/Adrian)

Bolmong, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas kesehatan menggelar vaksinasi  covid 19 kepada Aparatur Sipil  Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Bolmong dan wartawan yang melakukan peliputan dilingkungan pemkab Bolmong.

Pemberian vaksinasi dilakukan kepada Dinas dan Badan secara bergiliran. Untuk tahap pertama organisasi perangkat daerah yang mendapat giliran pertama pada hari selasa 16/03/2021 adalah BKD, Inspektorat, Dinas sosial, Dinas transmigrasi dan Tenaga kerja, Bagian ULP, BNN, dan Dinas komunikasi dan informatika.

Sedangkan pada hari rabu 17/03/2021 Dinas perkebunan, Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak, Bappeda, Dinas perikanan, Dinas lingkungan hidup, Dinas sosial dan Rumah sakit Datoe Binangkang.

Kepala Dinas kesehatan Bolmong, Dr.ERMAN PAPUTUNGAN mengatakan bahwa vaksinasi yang diberikan  diutamakan bagi Dinas/Badan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat atau memiliki kontak erat tinggi.

Gelombang pertama baru 1000 ASN Bolmong berjumlah 5 ribuan akan diberikan secara bertahap.Vaksinasi ini dilaksanakan terus menerus ,ujarnya.Hal ini karna ketersediaan vaksin covid -19 yang belum memenuhi jumlah ASN yang ada.ERMAN menghimbau ASN diminta untuk tidak khawatir karna vaksin yang diberikan aman dan halal.

Pemberian vaksinasi kepada ASN Bolmong tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk itu, selain memakai masker dan menjaga jarak, setiap Dinas/Badan dibagi jadwal kehadirannya guna mengantisipasi penumpukan masa.(*/Rusna)

Bolmong, Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas kesehatan menggelar pertemuan pelaksanaan Aksi, Analisa situasi di Kabupaten Bolmong tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Bappeda bolmong yang turut di hadiri kasubag program keuangan dan pelaporan 19 OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala BAPPEDA Bolaang Mongondow melalui kepala bidang pemerintahan dan pembangunan manusia SUSANTI HADJI ALI mengatakan organisasi perangkat daerah terkait dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Aksi 1 dan Aksi 2 (pengisian master Ansit) konvergensi penurunan stunting di kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2021.

Menurutnya pengisian master Ansit langsung didampingi oleh Tenaga ahli Setwapres SAM LAROBU.Dia menambahkan hasil pengisian master Ansit aksi 1 dan Aksi 2 konvergensi penurunan stunting kabupaten dan kota akan di informasikan oleh Gubernur sulut pada acara Tatap Muka Bupati/walikota tanggal 25 maret 2021 di manado (*/surono)

Bolmong,Sulutnews.com - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) selasa 16/03/2021 menggelar forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022.

Pelaksanaan forum konsultasi publik sesuai amanat peraturan  menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi pembangunan daerah.Tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Kepala BAPPEDA Bolmong YARLIS AWALUDIN HATAM mengatakan forum konsultasi publik ini merupakan media untuk penyampaian arah kebijakan dan prioritas pembangunan kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2022.

Menurut Yarlis pelaksanan forum konsultasi publik ini untuk mendapatkan masukan,usulan dan saran untuk kelengkapan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD kabupaten Bolaang Mongondow 2022.

Dalam pelaksanaan konsultasi publik ketua DPRD Bolmong dan Sekda Bolmong beserta sejulmah OPD dan undangan lainnya akan hadir langsung mengikuti kegiatan ini di kantor Bappeda Bolmong.

Sementara 60 undangan lainnya yang terdiri dari pimpinan OPD, Camat, Lembaga vertikal, BUMN dan LSM akan mengikuti secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Lebih lanjut Yarlis mengatakan dalam pelaksanaan rapat akan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus covid -19. (/Surono)

Bolmong Sulutnews.com - Pihak kepolisian inobonto Kec.Bolaang kab.Bolmong sedang menangani kasus tabrakan maut yang terjadi di Desa Inobonto 2. Pada hari sabtu, 13 maret 2021 sekitar jam 22.30 wita telah terjadi kecelakaan maut di jalan trans sulawesi Desa inobonto 2 kec. Bolaang saat pengendara kendaraan sepeda motor Vega R,LK warna putih milik dari RANDI KUMAYAS umur 24 tahun  beralamat Desa mariri 2 yang berjalan dari arah inobonto menuju arah poigar.

Saat berada di Trans Sulawesi Desa Inobonto 2 berjalan melaju dengan kecepatan tinggi dan saat itu pengendara tidak memakai helm  pengaman kendaraan sepeda motor Vega R tanpa TNKB Warna putih ini menabrak mobil truck DB 8082 LG milik dari JHOICE S.J.JEHOSUA Beralamat Kel.Uwuran2 LK 2 Kec.Amurang Kab.Minsel dengan identitas lengkap yang sedang di parkir di pinggir jalan.

Saat Itu pengemudi sedang  mengangkut gelon AQua Kosong  dan kendaraan memasang lampu parkir namun tidak terlihat dari belakang karna pintu belakang terbuka sehingga menutup lampu parkir dan terjadi tabrakan yang mengakibatkan  korban pengendara sepeda motor Vega R Lk RANDI KUMAYAS mengalami luka luka dibagian dahi pecah dan luka lecet di bagian tangan kiri dan kanan, serta luka lecet di bagian paha kiri dan bagian punggung kanan sehingga korban meninggal dunia di TKP korban kemudian di bawa ke PUSKESMAS Inobonto untuk di mintakan Visum Et Repertum mayat.

Menurut keterangan kapolsek Inobonto IPTU SUGIYANTO, pihak kepolisian inobonto kecamatan bolaang saat ini sedang mengamankan Pengemudi Truck Espedisi untuk di proses lebih lanjut. (*/surono)

Bolmong, Sulutnews.com - Pembangunan perpustakaan sekolah yang di bangun pada tahun 2015 yang berada di desa Tandu Kec.Lolak menuai kritikan dari masyarakat. Sekolah Yang seharusnya digunakan untuk tempat menuntut ilmu kini menjadi terbengkalai akibat kelalaian dari pihak sekolah Pemerintah memberikan bantuan berupa bantuan operasional atau anggaran Dana Bos untuk sekolah SDK Desa Tandu Kec.Lolak Namun tidak dimanfaatkan dengan sepenuhnya oleh pihak sekolah. Padahal dana tersebut sudah di salurkan ke pihak sekolah dari tahun ke tahun.

Dari pantawan awak media"sekolah ini memiliki 5 Ruang kelas,2 kelas di antaranya tidak ada mobiler dalam ruangan kelas terlihat kosong bahkan di dalam perpustakaan sampai saat ini tidak ada buku pelajaran. Hal ini menjadi pertanyaan para orang tua wali murid bantuan Dana Bos dari Dinas pendidikan kurang jelas penggunaannya.

Menurut keterangan kepala sekolah, ibu MEYTI TILAAR SPd mengukapkan bahwa bantuan yang di terima hanya dari Dinas pendidikan belum tercukupi untuk kebutuhan sekolah dan selama saya menjabat 6 tahun di sekolah ini tidak pernah ada bantuan dari pihak Yayasan dan nyatanya terkesan ada pembiaran. Dimohon kepada pihak Yayasan untuk turut bertanggung jawab pada sekolah ini, ungkapnya. (surono)