Bolmong

Bolmong (30)

Bolmong, SulutNews.com -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar serbuan vaksinasi masyarakat maritim di Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), pada Rabu (22/9/2021).

Inobonto merupakan wilayah pesisir yang 80 persen penduduknya bermata pencaharian nelayan.

Dalam masa Pandemi Covid-19, sebagian besar masyarakat termakan berita miring mengenai vaksinasi.

Kehadiran serbuan vaksinasi maritim TNI-AL ditempat ini tentunya membangkitkan rasa aman dan menepis berita hoax yang beredar.

Wakil Bupati (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk, STh, M.M. yang hadir di lokasi kegiatan mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang diselenggarakan oleh Lantamal VIII.

"Antusias masyarakat dengan kunjungan seperti ini benar-benar memotivasi bahwa vaksin sangat penting untuk masyarakat," tutur Wakil Bupati Bolmong.

Lebih lanjut Yanny menyampaikan bahwa masyarakat di wilayahnya masih banyak yang percaya isu/hoax mengenai vaksin, seperti yang beredar di media sosial.

"Tapi dengan kehadiran Danlantamal VIII bersama tim vaksinasi membuat pemahaman pandangan masyarakat tentang vaksin menjadi positif, sehingga tidak ada yang ragu saya lihat," ujarnya.

"Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih banyak kepada Danlantamal VIII karena telah memberikan perhatian kepada masyarakat," pungkas Yanny.

Sementara itu Danlantamal VIII yang selalu setia berada di tengah-tengah prajuritnya dalam setiap serbuan vaksin mengatakan bahwa TNI-AL bersama Pemda Kabupaten Bolmong dan Forkopimda bekerja sama untuk melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim.

"Sesuai dengan program pemerintah, kami TNI-Polri harus selalu membantu masyarakat dalam hal vaksinasi," tutur Danlantamal VIII.

Danlantamal VIII menyampaikan bahwa target vaksinasi yang diselenggarakan pada kesempatan tersebut sebanyak 200 dosis. Ia juga menyerukan kepada masyarakat agar tidak takut untuk divaksin, dan menyatakan bahwa vaksin itu aman.

"Jadi jangan lagi masyarakat merasa ragu-ragu terkait masalah vaksinasi, vaksinasi itu sehat, vaksinasi itu aman," tandasnya.

Mengakhiri pernyataannya Danlantamal VIII menghimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat yang sudah divaksin, saya minta, pandemi ini kan belum berakhir, jadi tetap menjaga protokol kesehatan dengan disiplin yang baik," pungkasnya.

Lantamal VIII pada serbuan vaksinasi maritim tersebut menurunkan tiga dokter dan puluhan tenaga kesehatan serta vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong.

Turut hadir Pejabat Pemda Bolmong, Forkopimda Kabupaten Bolmong dan Kepala Desa Inobonto.

Sementara rombongan Lantamal VIII diantaranya Asintel, Asops dan Aspotmar Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danpom Lantamal VIII, Kadiskum, Kadisfaslan dan Kadiskes Lantamal VIII.

(***/Tamura)

Bolmong,Sulutnews.com – Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) memusnahkan barang bukti hasil operasi kepolisian, Rabu (15/09/2021) sore, di halaman Mapolsek Dumoga Timur.

Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil operasi dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Polres Bolmong, sejak Mei hingga awal September ini.

“Adapun barang bukti yang dimusnahkan berupa minuman keras jenis cap tikus sebanyak 3.147 liter, dan bahan kimia berbahaya yang mengandung merkuri sebanyak 92 kilogram,” jelas Kapolres.

Lanjutnya, untuk razia minuman keras dilakukan secara mobile di sejumlah warung, juga secara stasioner di lokasi yang sering dijadikan jalur penyelundupan cap tikus ke daerah lain.

“Jadi kami juga stand by di lokasi tertentu dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan mencurigakan.

Hasilnya ditemukan cap tikus tanpa izin edar di kendaraan tersebut,” ujar Kapolres.

Sedangkan bahan kimia berbahaya jenis air raksa tersebut, ditemukan oleh petugas saat diangkut dengan kendaraan dan belum digunakan.

“Saat itu kami tanyakan kepada yang mengangkut, bahan kimia tersebut untuk apa, dan yang bersangkutan tidak dapat menunjukkan surat-surat. Kemudian kami lakukan penyitaan dan pemusnahan ini,” terang Kapolres.

Kapolres menambahkan, sebelum pemusnahan seluruh barang bukti tersebut, telah dilakukan proses persidangan dan kemudian ada putusan pengadilan untuk dilaksanakan pemusnahan.

“Kami tidak berhenti sampai di sini, namun terus menggencarkan operasi kepolisian dan KRYD, termasuk upaya-upaya penanganan pandemi Covid-19,” pungkas Kapolres.

Selanjutnya dilakukan pemusnahan barang bukti secara simbolis oleh Kapolres bersama para Pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Di antaranya Wakapolres beserta Pejabat Utama dan Kapolsek Dumoga Timur, Dumoga Utara, dan Dumoga Barat, Asisten I Setda Bolmong, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Kacabjari Dumoga, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com - Kepolisian resort Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan penertiban kegiatan penambangan tanpa izin (PETI) di desa Totabuan, kecamatan Lolak, Rab(08/09/2021).

Penertiban Peti tersebut, dilakukan atas keseriusan Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu, terhadap kegiatan penambangan illegal yang marak melakukan eksplorasi di desa setempat. 

Dengan tegas Kapolres perempuan pertama di Bolmong itu menerjunkan personelnya untuk menyelidiki, menindak, dan lakukan penegakkan hukum oknum masyarakat yang secara illegal di desa Totabuan.

Menurut Kabag OPS AKP M Ali Tahir, ada sekitar 36 orang yang terdiri dari Personel Polres Bolmong, dan bersama sejumlah intansi yang terkait seperti Dinas Perdagangan dan ESDM, Dinas Lingkungan Hidup, dan dinas PMPTSP turun meninjau kegiatan penambangan di desa Totabuan.

Dia mengatakan Personil bergerak pada pukul 09.30 pagi, yang diawali dengan apel di mapolsek Lolak, dan arahan  Kabag Ops, selanjutnya Tim langsung menuju ke lokasi penambangan.

Setibanya di  desa Totabuan Tim mengadakan pemantauan secara langsung, namun sayang tidak ditemukan adanya kegiatan penambangan.

 “Kami tidak melihat adanya kegiatan penambangan yang menggunakan alat berat,” ujar Kabag.Tak sampai disitu, Polres Bolmong  melakukan penelusuran ternyata adanya keberadaan alat berat jenis Excavator yg beroperasi ternyata adalah milik PT Monumen Energi Nasional (MEN) selaku pemegang Ijin Usaha Pertambangan.

(IUP) jenis mineral logam dan hal tersebut sesuai data yang tercatat di Dinas Perijinan Bolmong.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu menghimbau, kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan penambangan secara illegal baik di desa Totabuan maupun di tempat lain dalam wilayah hukum Polres Bolmong.“Setiap pelanggaran hukum terkait penambangan illegal pasti akan kami tindak tegas, kunci Kapolres. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com  – Usai mengunjungi Makodim 1303/Bolmong, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana bersama Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong meresmikan Lapangan Tembak Darmawangsa Kodim 1303/Bolmong, Kamis (15/07/2021) pagi.

Peresmian lapangan tembak yang berlokasi di Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ini diawali dengan pengguntingan pita oleh Kapolda. Dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Danrem didampingi Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf R.G. Nasution.

Danrem 131/Santiago sesaat usai peresmian, mengatakan, lapangan tembak ini merupakan salah satu fasilitas untuk meningkatkan profesionalitas prajurit Kodim 1303/Bolmong.

“Ke depannya lapangan tembak ini digunakan baik oleh prajurit Kodim sendiri maupun rekan-rekan dari Polri,” ujarnya.

Danrem pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda Sulut yang berkenan untuk menghadiri sekaligus turut ambil bagian dalam peresmian Lapangan Tembak Darmawangsa Kodim 1303/Bolmong ini.

Sementara itu Kapolda mengucapkan selamat kepada Dandim atas diresmikannya Lapangan Tembak Darmawangsa Kodim 1303/Bolmong ini.

“Ini adalah suatu kreatifitas dan inovasi untuk meningkatkan profesionalitas khususnya dalam hal kemampuan menembak,” tutur Kapolda.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1303/Bolmong yang memberikan kesempatan bagi anggota Polri untuk menggunakan lapangan tembak ini.

“Tentunya ini wujud kebersamaan antara TNI-Polri, untuk memperkuat sinergitas dan soliditas yang sudah terjalin dengan baik selama ini,” pungkas Kapolda.

Turut hadir dalam peresmian, beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, Korem 131/Santiago, Kodim 1303/Bolmong, Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati, juga tamu undangan lainnya.(Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana bersama Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong didampingi beberapa Pejabat Utama Polda Sulut serta Korem 131/Santiago, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) Raya, pada Rabu (14/07/2021) siang.

Rangkaian kunjungan diawali dengan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gerai Vaksin Presisi GOR Pemkab Bolmong yang berada di Desa Padang, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Tiba di lokasi, Kapolda beserta rombongan disambut oleh Forkopimda Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara di antaranya Bupati, Kapolres serta Dandim.

Pada peninjauan tersebut Kapolda menyaksikan langsung tahapan-tahapan vaksinasi. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kondisi kesehatan, penyuntikan vaksin hingga observasi, dan juga berdialog dengan masyarakat serta para vaksinator.

Kapolda mengatakan, peninjauan ini untuk memastikan program Serbuan Vaksinasi Nasional di wilayah, yang dilaksanakan setiap hari secara serentak di seluruh Indonesia, benar-benar berjalan dengan baik.

“Melihat perkembangan situasi penyebaran Covid-19 secara nasional, peningkatannya cukup signifikan. Dan di Sulawesi Utara pun demikian, terjadi peningkatan. Sehingga Gubernur Sulawesi Utara mengeluarkan Surat Edaran tentang antisipasi peningkatan penyebaran Covid-19,” ujar Kapolda.

Lanjut Kapolda, upaya-upaya untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid-19, salah satunya melalui percepatan vaksinasi terhadap masyarakat.

“Selain itu, Forkopimda juga terus melakukan sosialisasi dan imbauan-imbauan kedisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat. Dilakukan oleh TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah hingga di tingkat bawah,” jelas Kapolda.

Kemudian, tambahnya, operasi yustisi pun terus ditingkatkan dalam rangka memberikan efek jera khususnya bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Semua upaya-upaya tersebut adalah untuk kebaikan masyarakat. Kemudian peran dari PPKM Berskala Mikro juga kita tingkatkan, supaya masyarakat tidak terkena Covid-19,” terang Kapolda.

Terkait Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara, Kapolda pun mengajak masyarakat termasuk pemilik maupun pengelola tempat usaha untuk mematuhi aturan yang tertuang dalam surat tersebut.

“Memang ada pembatasan mobilitas masyarakat, juga tempat-tempat usaha seperti rumah makan, restoran dan lainnya, jam delapan malam harus sudah tutup. Ini benar-benar kami tertibkan, apalagi di wilayah yang menjadi atensi peningkatan penyebaran Covid-19,” pungkas Kapolda.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda dan Danrem juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. (Adrian)

Bolmong,Sulutnews.com – Pembangunan Mako Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolmong Utara, resmi dimulai. Ditandai dengan peletakan batu pertama pondasi bangunan secara simbolis oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana, pada Rabu (14/07/202) siang.

Peletakan batu pertama pembangunan dua Mako Polres tersebut dipusatkan di lahan pembangunan Mapolres Bolmong, yang berlokasi di Desa Dulagon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon kelapa di lokasi setempat.

Peletakan batu pertama ini merupakan rangkaian dari agenda kunjungan kerja Kapolda bersama Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong ke wilayah Bolmong Raya.

Turut didampingi oleh beberapa Pejabat Utama Polda Sulut serta Korem 131/Santiago, juga Forkopimda Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara. Di antaranya Kapolres Bolmong AKBP Nova Surentu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Kapolres Bolmong Utara AKBP Wahyu Purwidiarso, serta Wakil Bupati Bolmong Utara Amin Lasena.

Rangkaian kegiatan diawali dengan prosesi penyambutan secara adat Bolmong, Itum-itum. Kemudian laporan singkat oleh Kapolres Bolmong dan Kapolres Bolmong Utara.

Diketahui bahwa, Bupati Bolmong dalam pembangunan Mako Polres Bolmong ini berkontribusi dengan memberikan lahan seluas lima hektare.

Kemudian juga membantu pematangan lahan pembangunan Mako Polres Bolmong seluas satu hektare, dukungan operasional berupa 2 unit kendaraan roda 4, serta dukungan anggaran Operasi Ketupat Samrat Tahun 2021.

Sedangkan Bupati Bolmong Utara, menghibahkan sebidang tanah berukuran 25.000 meter persegi untuk pembangunan Mako Polres Bolmong Utara, serta meminjam pakaikan Kantor Camat Boroko lama sebagai Mako sementara Polres setempat.

Bupati Bolmong dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulut dan Danrem 131/Santiago beserta rombongan, karena di tengah kesibukan melaksanakan tugas bisa berkunjung ke Bolmong dalam rangka peletakan batu pertama.

“Dengan dimulainya pembangunan Mako Polres Bolmong ini akan berdampak pada kesejahteraan terhadap masyarakat, dan saya percaya kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Bolmong akan semakin aman dan kondusif,” ujarnya. Hal senada pun diungkapkan oleh Wakil Bupati Bolmong Utara, mewakili Bupati Bolmong Utara Depri Pontoh.

Sementara itu Kapolda Sulut dalam sambutannya, mengapresiasi setinggi-tingginya dan menghaturkan terima atas kontribusi nyata Bupati Bolmong dan Bupati Bolmong Utara dalam pembangunan dua Mako Polres tersebut.

 “Termasuk selama 2019 hingga 2021 ini, penempatan sementara untuk Mako Polres Bolmong dan Bolmong Utara juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten setempat,” tutur Kapolda.

Kapolda pun mengajak seluruh pihak untuk bersyukur, atas terealisasinya pembangunan dua Mako Polres tersebut pada tahun 2021 ini.

“Dengan peletakan batu pertama ini, artinya sudah resmi bahwa pembangunan Mako Polres sudah bisa dilaksanakan. Dan saya berharap ke depan agar pelaksanaan pembangunannya tepat waktu,” harap Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda pun mengajak seluruh pihak dan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat penyebaran Covid-19 secara nasional peningkatannya cukup signifikan, termasuk di Sulawesi Utara.

“Mari kita semua tetap menjaga kesehatan, dan tetap disiplin protokol kesehatan. Yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan meningkatkan imunitas,” pungkas Kapolda mengimbau. (Adrian)

Bolmong, Sulutnews.com - Berita yang beredar di media sosial saat ini membuat kepala sekolah SMP N 4 Solimandungan merasa kecewa dan sangat keberatan dengan pemberitaan ini selain dapat menghancurkan karirnya juga membuatnya tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Pemberitaan tentang kepala sekolah SMP N 4 ini yang dituding telah berhubungan intim dengan istri orang adalah tidak benar (Hoax).

Hal ini membuat kepala sekolah SMP N 4 melaporkan ke Polres Bolaang Mongondow. Beliau melaporkan atas pencemaran nama baik. Kepala sekolah yang berinisial DD kepada media ini menjelaskan bahwa dirinya telah melaporkan seorang ibu rumah tangga berinisial THD ke Polres untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya kepada pihak yang berwajib yang berwajib, yang membuat dirinya merasa dicemarkan akibat ulah tersebut.

"Langkah ini saya ambil mengingat saya adalah seorang kepala sekolah yang menjadi suri tauladan bagi generasi bangsa. Laporannya tersebut saya layangkan ke Polres Bolmong pada tanggal 24 Mei 2021” tegasnya

Penelusuran langsung awak media ini ditempat kediamannya kepala sekolah mengatakan,"saya telah dipermalukan oleh wanita yang berinisial THD sehingga saya mengambil langkah jalur hukum melapor ke polres Bolmong karena saya tidak ingin nama saya tercoreng, saya merasa tidak pernah berhubungan intim dengan istri orang seperti yang diberitakan dimedia sosial.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Drs.Renti Mokoginta telah memanggil Kepala Sekolah DD untuk mengklarifikasi pemberitaan tersebut mengatakan, "apabila terbukti secara hukum saya tidak segan-segan melakukan pencopotan dari jabatannya sebagai kepala sekolah” ungkap kepala Dinas. (/surono)

Bolmong,Sulutnews.com – Tim Buser Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) menggagalkan peredaran sekitar 925 liter minuman beralkohol jenis cap tikus, Jum’at (11/06) dini hari.

Barang bukti diamankan saat diangkut menggunakan mobil Daihatsu GranMax warna hitam bernomor polisi DB 8330 EH, di Jalan Raya Desa Toruakat, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolmong, sekitar pukul 01.20 WITA.

Mobil tersebut dikemudikan oleh VP (47), warga Ranoyapo, Minahasa Selatan (Minsel), dengan penumpang satu orang yaitu pemilik cap tikus, SSL (52), warga Malola, Minsel.

Awalnya, tim mendapat informasi dari masyarakat tentang peredaran cap tikus. Kemudian dilakukan penyelidikan mendalam, dan berhasil mendapati sebuah mobil mencurigakan saat melintas di Jalan Raya Desa Toruakat.

Tim segera menghentikan mobil tersebut lalu melakukan pemeriksaan, dan menemukan 37 kantong plastik besar ukuran 25 liter yang masing-masing berisi cap tikus. Totalnya sekitar 925 liter.

Pemilik cap tikus dan pengemudi mobil pun tak dapat menunjukkan surat izin edar minuman beralkohol. Keduanya juga mengaku, hendak mengedarkan cap tikus asal Minsel ini ke wilayah Bolmong.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

“Barang bukti cap tikus, mobil pengangkut beserta pemilik dan pengemudinya sudah diamankan di Mapolres Bolmong untuk diperiksa lebih lanjut,” ujarnya, Jum’at siang, di Mapolda Sulut.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, pihak kepolisian mengapresiasi partisipasi masyarakat yang telah memberikan informasi, sehingga kasus ini bisa cepat terungkap.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari peredaran maupun penyalahgunaan minuman beralkohol jenis apapun. Karena pengaruh minuman beralkohol bisa memicu timbulnya aksi kejahatan juga kecelakaan lalu lintas,” tandas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Bolmong Sulutnews.com - Kepolisian Sektor Bolaang Desa Inobonto berhasil meringkus JST alias Jose, pemuda berusia 20 tahun dari Desa Langagon 2 kecamatan Bolaang kabupaten Bolmong. Jose ditangkap karna melakukan pencurian sapi yang berada di Desa Lolan.

Diketahui pelaku melakukan aksinya pertama kali, satu minggu lagi menjelang bulan puasa. Sapi yang diikat di kebun warga ditemukan tinggal tulang belulang oleh pemiliknya. Hal ini sangat meresahkan warga masyarakat sehingga warga melaporkan kejadian ini ke Polsek Bolaang. Kapolsek Bolaang IPTU SUGIYANTO memimpin langsung penangkapan tersebut.

Tersangka JST alias Jose, warga Desa Langagon 2 sudah mengakui perbuatannya sapi yang selama ini dicuri telah berjumlah 3 ekor.

Menurut keterangan pihak kepolisian,"Polsek Bolaang sedang mengembangkan kasus tersebut karna kuat dugaan kasus ini tidak hanya dilakukan 1 orang saja bahkan penadahnya dari luar daerah."ungkap kapolsek Bolaang pak Sugiyanto.

Saat ini Polsek Bolaang masih terus melakukan penyelidikan dan akan mengusut tuntas siapa saja yang terlibat kasus ini.(surono)

Bolmong Sulutnews.com - Pemerintah Bolaang mongondow (Bolmong) telah membuka kembali penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bolmong, Ofir Ratu SE, menyebutkan pendaftaran Bantuan Langsung Tunai tahap dua ini atau BLT UMKM telah dibuka bulan april sampai bulan mei 2021.

Dia berharap bagi pelaku UMKM usaha di Bolmong terutama yang diprioritaskan belum pernah menerima bantuan UMKM ini."Besaran bantuan ini tidak seperti tahun yang lalu 2020 Rp 2,4 juta, kini berkurang menjadi Rp 1,2 juta untuk setiap pelaku UMKM. Kebijakan ini, tertuang dalam peraturan menteri Koperasi dan UKM Nomor 02 Tahun 2021,ungkap Ofir.

Menurutnya BPUM diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp 1.200.000,- untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria. Sementara itu untuk penerima BPUM sendiri dijelaskan dalam pasal 4 ayat 1, jika penerima BPUM merupakan pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima dan BPUM atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya.

Untuk pendaftarannya kepada calon penerima BPUM agar langsung datang ke Dinas koperasi  dan UKM Bolmong sebab tahun ini sesuai dengan aturan yang akan menverifikasi berkas calon penerima BPUM adalah kami dari Dinas Koperasi dan UKM. Dan kami sudah bentuk Pokja tim verifikasi berkas,ungkap Ofir.

"syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima BPUM diantaranya, fotocopy KTP elektronik, fotocopy kartu keluarga(KK),surat keterangan usaha dari sangadi,foto usaha atau tempat usaha.

"Untuk proses pencairannya saat ini sudah melalui Bank BNI tapi prosesnya usai diverifikasi kabupaten selanjutnya dikirim ke provinsi dan kemudian ke pusat,kata Ofir.

Ofirpun menambahkan, tim Pokja BPUM Dinas Koperasi dan UKM di Bolmong ,berikut nama-nama yang bisa dihubungi,Hj Rusmiyati Potabuga (Hp)085240141507,Suparjan Mooduto (Hp)081340886883,Tri Kusmawati (Hp)082194319470, dan Elvi mokodompit (Hp)085256301336.

"Hubungi saja kontak person Tim Pokja atau datang langsung ke kantor Dinas Koperasi dan UKM Bolmong,dikompleks kantor Bupati Lolak ungkap Ofir. (*surono).