Haru Biru Idul Fitri Di Kota Bitung

Written by  Merson Simbolon May 13, 2021

Bitung, Sulutnews.com - Ustadzh Guntur Bilulu guncangkan Kota Cakalang, Bitung pada shalat idul Fitri 1 Syawwal 1442 Hijiriah, Kamis pagi,(13/05/2021)

Bertindak sebagai khatib, UGB singkatan dari Ustadzh Guntur Bilulu yang mulai naik daun itu mengatakan, Ramadhan ibarat sebuah kapal besar yang dikirim Allah SWT kebumi dengan membawa berbagai macam hadiah-hadiah menarik.

Hadiah yang dimaksud ust Guntur tersebut berupa amal-amal kebaikan, antara lain, puasa zakat, infaq, sodaqah dan shalat serta perbuatan-perbuatan kebajikan, yang apa bila dilaksanakan oleh ummat Islam, akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah.

"Kenapa ummat Islam sangat berharap akan bulan ramadhan, tanya Guntur sambil menjelaskan bahwa buan puasa untuk menyucikan dirinya dari perbuatan dosa yang pernah ia lakukan", tutur mantan wartawan kantor berita nasional ANTARA itu.

Dengan suara yang menggelegar dan semangat untuk membakar semangat beribadah itu, dia mengatakan, betapa ruginya apabila dibulan penuh Rahmat dan ampunun itu tidak dimanfaatkan oleh ummat Islam karena waktu-waktu yang tersedia dibulan itu amatlah terbatas.

"Maka sungguh berbahagia dan beruntunglah mereka telah memanfaatkan waktu dibulan ramadhan dengan meningkatkan iman dan amal shaleh", ucapkan dihadapan ratusan  jamaah Masjid At-Taqwa pasar tua Bitung yang penuh sesak.

Ratusan jamaah kemudian meneteskan airmata sedih dan bahagia manakala khatib menyampaikan doa pada akhir khotbahnya yang mengangkat doa kepada ibu, bapak dan saudara-seaudaranya.

Pada bagian lain, khatib mengutuk aksi-aksi terorisme yang dilakukan zionis Israel yang membabi-buta, menembaki jamaah yang sedang beribadah di masjid Al Aqsha di Palestina.

Selain mengutuk kebiadan tentara zionis Israil, penceramah bersertifikat Kementerian Agama RI itu juga mendoakan agar masalah mewabahnya Pandemi Covid 19 Corona yang hingga sekarang mewabah masyarakat dunia itu segera berlalu.

Usai khutbah, khatib Guntur Bilulu menerima ucapan selamat idul Fitri dari jamaah yang berjejar ingin menyalami sang khatib yang terkenal dengan suaranya yang khas.

Sementara itu, Koordinator BadannTa'mirul Masjid At-Taqwa, pasar tua Bitung, Haji Jon secara terpisah mengatakan, pelaksanaan idul Fitri tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pihaknya mengundang  khatib dari Manado untuk memberi warna tersendiri bagi jamaah Bitung.

"Sungguh sangat luar biasa isi khutbah yang dibawakan dengan suara lantang oleh Ustadzh kondang dari Manado" ujarnya.(/Merson)