Bitung

Bitung (102)

Manado, Sulutnews.com - Tim Resmob Polres Bitung mengamankan pemuda berinsial CG (20) yang diduga melakukan penganiayaan terhadap remaja WK (14), yang terjadi pada hari Sabtu (25/6/2022) di Kelurahan Bitung Barat Dua.

Dihubungi terpisah Minggu (3/6/2022), Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, penganiayaan disebabkan karena dendam.

"Terduga pelaku marah dan memukul korban ke arah wajah dengan menggunakan tangannya, dikarenakan terduga pelaku menaruh dendam terhadap korban yang pernah mengejarnya dengan menggunakan senjata tajam beberapa waktu lalu," ujarnya.

Tidak terima dengan hal tersebut, korban yang merasa kesakitan segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Maesa

"Mata kiri korban mengalami bengkak dan harus mendapat perawatan medis. Berdasarkan laporan korban, polisi segera melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku di sekitar Kecamatan Maesa, pada hari Sabtu (2/6/2022)," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat ini terduga pelaku sudah berada di Mako Polsek Maesa untuk diperiksa lebih lanjut.

Penulis: ARP

BITUNG, Sulutnews.com - Sebanyak 23 personel Polres Bitung mendapat kado spesial Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Upacara laporan kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2022 dan PNS Polri periode 1 April 2022 tersebut dipimpin Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, Kamis (30/6) pagi, di lapangan apel Mapolres setempat.

Adapun anggota Polri dan PNS yang naik pangkat terdiri dari, Bripda ke Briptu 3 personel, Briptu ke Brigpol 1 personel, Brigpol ke Bripka 7 personel, Bripka ke Aipda 9 personel, Aipda ke Aiptu 2 personel, dan PNS Pengatur Tk I ke Penda 1 personel.

Kapolres Bitung dalam sambutannya mengatakan, kenaikan pangkat ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi personel dalam meniti karir baik sebagai anggota Polri maupun PNS Polri.

“Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini adalah sebagai salah satu prestasi yang saudara peroleh di tahun ini. Selamat atas kenaikan pangkat tersebut,” ujar AKBP Alam Kusuma.

Dijelaskannya, proses kenaikan pangkat di lingkungan Polri dilaksanakan secara selektif, sesuai dengan persyaratan atau ketentuan yang berlaku.

“Kenaikan pangkat bukanlah hak mutlak yang harus diperoleh setiap anggota dan PNS Polri, melainkan suatu kehormatan dan penghargaan yang diberikan kepada personel yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi dalam melaksanakan tugas,” pungkas AKBP Alam Kusuma.

Turut hadir dalam upacara tersebut yakni, Wakapolres Bitung Kompol Andri Permana bersama pejabat utama, perwira, brigadir, dan PNS jajaran Polres Bitung. (/Zulkifli Liputo)

Bitung, Sulutnews.com - Polres Bitung dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-76 yang akan diperingati pada 1 Juli 2022 mendatang, ikut melakukan kegiatan

FUN BIKE atau Sepeda ria yang digelar Polisi Republik Indonesia (Polri) serentak diseluruh daerah, dibarengi juga dengan Senam Aerobik. Minggu (19/06/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., dan beberapa Personil TNI lainnya. Seluruh Kasat, serta Kapolsek-kapolsek di lingkup Polres Bitung, dan Ibu-ibu Bhayangkari Kota Bitung.

Dalam memeriahkan acara tersebut,
Kegiatan juga diisi dengan Lomba Makan kerupuk bagi anak-anak, Tarik tambang antara Wartawan VS Polri, juga Polri VS TNI, Lari karung antara Personil jajaran Polres Bitung yang bertempat di Kompleks POLRI Pinokalan (Aspol) dimulai pukul 06:30 Wita.

Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, SIK, MH mengatakan, akan ada kegiatan lainnya juga dalam menyambut puncak Hari Bhayangkara pada tanggal 1 Juli 2022 nanti.

"Kegiatan memperingati hari Bhayangkara Ke-76 sebelumnya sudah dilakukan yaitu Anjangsana, Bakti kesehatan Donor darah kemudian Sunatan masal dan Vaksinasi. Kami juga bersinergitas dengan unsur-unsur yang ada di Kota Bitung terutama Forkopimda, karena kami Polisi tidak dapat bekerja tanpa bantuan elemen-elemen yang ada di Kota Bitung," kata Kapolres. (Zulkifli Liputo)

Bitung, Sulutnews.com - Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno didampingi Ketua Bhayangkari Ny. Mila Mulyatno meninjau Bakti Kesehatan Polri yang dilaksanakan di Aspol Pinokalan Polres Bitung, Jumat (17/06/2022).

Bakti kesehatan kerja sama dengan stakeholder terkait ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polda Sulut.

"Ini adalah bakti kesehatan serentak dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, yaitu vaksinasi massal, khitanan massal, donor darah dan operasi celah bibir," ujar Kapolda Irjen Pol Mulyatno.

Berdasarkan pantauan Kapolda saat berada di Aspol Pinokalan, kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, serta mendapat antusias warga.

"Warga sangat antusias, vaksinasi hari ini di Aspol Pinokalan diikuti oleh 120 orang, operasi celah bibir dan lelangit 33 orang dan khitanan massal sebanyak 33 anak. Dan untuk donor darah hingga saat ini total keseluruhan sudah mencapai 1000 kantong darah," terang Irjen Pol Mulyatno.

Terkait target vaksinasi, Kapolda mengatakan untuk Sulawesi Utara sendiri sudah mencapai angka 90 persen lebih untuk orang dewasa dosis pertama.

"Vaksinasi untuk orang dewasa dosis pertama sudah 90,38 persen, dosis dua 68 persen dan dosis tiga mencapai 50,8 persen," lanjutnya.

Untuk itu katanya, Polda Sulut dan jajaran akan terus berupaya bekerja maksimal hingga mencapai herd immunity.

"Kita tidak akan berhenti untuk selalu menggelar vaksinasi agar terbebas dari covid 19 di Sulawesi Utara," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Pada kesempatan itu juga, Kapolda Sulut bersama Ketua Bhayangkari Sulut memberikan tali asih kepada peserta vaksinasi, khitanan massal dan operasi celah bibir.

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga sejumlah pejabat utama Polda Sulut, Forkopimda Kota Bitung, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Zulkifli Liputo)

Bitung, Sulutnews.com - Polisi mengamankan terduga pelaku tindak pidana pencabulan terhadap seorang pelajar perempuan berusia 17 tahun, yang terjadi di Kota Bitung.

Ditemui Kamis (16/06/2022) pagi, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Terduga pelaku berinisial GC (17). Pria yang berdomisili di Kecamatan Maesa ini diamankan Tim Resmob Polres Bitung saat berada di sekitar rumahnya, pada hari Rabu, 15 Juni 2022 malam," ujarnya.

Menurut Kombes Pol Jules Abraham Abast, peristiwa ini diduga terjadi sejak tahun 2021 silam, sejak keduanya berpacaran.

"Diduga aksi cabul ini dilakukan terduga pelaku sejak Desember 2021 hingga Juni 2022. Pencabulan ini mengakibatkan korban saat ini tengah hamil 7 bulan," terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Mendapat laporan dari orang tua korban yang berdomisili di Kecamatan Matuari, polisi langsung bergerak menjemput terduga pelaku.

"Polisi segera merespon laporan orang tua korban dan menjemput terduga pelaku. Saat ini teduga pelaku sudah berada di Polres Bitung untuk diproses hukum lebih lanjut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Zulkifli Liputo)

Bitung,Sulutnews.com - Tim Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di MTs Negeri 1 Bitung, Selasa (14/6/2022).

Kasi Penerangan Hukum Theodorus Rumampuk, SH. MH dan Kasi Teknologi Informasi dan Produksi Sarana Intelijen Advani Fahmi Ismail, SH mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Edy Birton, SH.MH hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini.

Kepala MTs Negeri 1 Bitung ,H. Abdul Latif Tahir, SP.d, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada tim Penerangan Hukum Kejati Sulut yang telah meluangkan waktu dan kesempatan meskipun ditengah-tengah kesibukan dari bapak/ibu Jaksa boleh berkunjung di MTs Negeri 1 Bitung dalam rangka memberikan pemahaman tentang hukum kepada para siswa-siswi yang ada di MTs Negeri 1 Bitung.

"Saya sebagai Kepala MTs Negeri 1 Bitung menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulut yang sangat peduli  dalam memberikan pemahaman hukum kepada anak didik di Sekolah kami ini, ucap Apdul.

Lanjut di katakan Abdul bahwa pihaknya sangat berbangga karena  MTs Negeri 1 Bitung satu-satunya MTs yang ada di Sulut lebih khususnya di Kota Bitung ini terpilih menjadi tempat yang pertama kali dikunjungi oleh Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Tinggi Sulut.

"Tentunya karena ini kesempatan yang langkah Saya mengharapkan para siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik agar supaya peserta didik dapat dibekali tentang materi hukum sehingga tidak terjerat dengan masalah hukum.

Harapan kami agar semua siswa-siswi bahkan perwakilan guru dan Tata Usaha yang hadir ini boleh menjadi Duta perwakilan untuk menyampaikan kembali apa yang kalian dengar saat ini kepada teman-teman yang lain yang tidak berkesempatan hadir dalam penyuluhan dan penerangan hukum saat ini. "Semoga dilain kesempatan juga, kegiatan ini dapat dijadwalkan kembali pelaksanaannya di MTs Negeri 1 Bitung ini tandasnya.

Diawal paparannya, Kasi Penkum menjelaskan tentang ciri-ciri dari Negara Hukum sebagaimana dikemukakan oleh pendapat Ahli Hukum A.V. Dicey dimana dijelaskan bahwa Negara Hukum memiliki ciri-ciri antara lain, Supremacy Of Law; artinya tidak boleh ada kesewenang -wenangan sehingga seseorang hanya dapat dihukum jika melanggar aturan.

"Equality Before The Law; adanya kedudukan yang sama didepan hukum dan terjaminnya Human Rihgts.

Lebih lanjut ditegaskan Kasi Penkum bahwa Negara Indonesia adalah Negara Yang Berdasarkan Atas Hukum sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Dasar 1945.

Hal tersebut mengartikan bahwa segala tatanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara diatur menurut hukum yang berlaku.

Kejaksaan RI adalah lembaga Pemerintah yang diberikan tugas untuk melaksanakan penuntutan dan tugas-tugas lain berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

Di samping itu sebagai penegak hukum, Kejaksaan mempunyai fungsi melakukan tugas pencegahan terjadinya tindak pidana maupun penindakan terhadap pelaku tindak pidana.

Tugas pencegahan termasuk apa yang sedang kami lakukan saat ini yaitu memberikan pemahaman tentang hukum kepada para siswa siswi di MTs Negeri 1 Bitung agar supaya para siswa siswi mengetahui apa itu hukum dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial FK (19) diamankan polisi karena diduga telah melakukan pencurian handphone (Hp) di sebuah rumah kos yang terjadi di wilayah Kecamatan Aertembaga, pada hari Selasa (5/4/2022).

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Setelah dilakukan penyelidikan, terduga pelaku berhasil diamankan pada hari Sabtu, (21/5/2022) sore, di sekitar wilayah Kecamatan Aertembaga Kota Bitung," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Menurut Kombes Pol Jules Abraham Abast, aksi nekat ini dilakukan terduga pelaku menjelang subuh hari, di kamar kos milik korban, perempuan bernama Rut Bawekes.

"Saat berkunjung ke kos korban, terduga pelaku melihat jendela kamar kos korban sedang terbuka. Terduga Pelaku lantas meraih kunci pintu kamar melalui jendela, kemudian masuk ke kamar dan  mengambil sebuah handphone merk Vivo milik korban yang berada di tempat tidur," terangnya.

Usai melakukan aksinya, IRT ini langsung meninggalkan TKP. Pada saat diamankan petugas kepolisian, terduga pelaku pun mengakui telah melakukan pencurian di rumah kos tersebut.

"Bahkan terduga pelaku juga mengaku telah melakukan pencurian 1 unit handphone merk Oppo di rumah warga lainnya yang terletak di Kelurahan Pateten Dua, pada bulan April 2022," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat ini terduga pelaku sudah dibawa ke Polsek Aertembaga dan diserahkan ke Penyidik untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Penulis: ARP

Bitung,Sulutnews.com  - Personel Polsek Maesa Polres Bitung menggagalkan penyelundupan ratusan liter minuman keras (miras) jenis cap tikus ke Biak, Papua, Senin (16/5/2022) siang.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, membenarkan hal tersebut.

"Miras milik pria berinisial SY (30), ditemukan saat dalam proses pengemasan di rumahnya, Bitung Timur, Maesa, Bitung," ujarnya, Selasa (17/5) pagi, di Mapolda Sulut.

Saat penggerebekan siang itu, petugas mendapati total 191 botol cap tikus yang dikemas dalam botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter.

"Totalnya sekitar 286,5 liter. Cap tikus tersebut rencananya diselundupkan ke Biak, Papua menggunakan kapal penumpang, pada Senin sore," jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Lanjutnya, pelaku sebelumnya telah dua kali berhasil menyelundupkan cap tikus ke daerah yang sama.

"Pelaku beserta barang bukti miras cap tikus lalu diamankan di Mapolsek Maesa untuk diproses lanjut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penulis: ARP

Manado,sulutnews.com - Tim Resmob Polres Bitung mengamankan pelaku tindak pidana penganiayaan yang terjadi di Perumahan UK Kecamatan Aertembaga, pada hari Senin (2/5/2022) sekitar pukul 23.45 Wita.

Dihubungi terpisah, Rabu (4/5/2022), Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Pria berinisial JP (36) yang diduga sebagai pelaku penganiayaan terhadap korban Rendy Resso, sudah diamankan Tim Resmob pada hari Selasa (3/5/2022) sekitar pukul 18.30 Wita di seputaran Kecamatan Girian," terang
Kombes Pol Jules Abraham Abast .

Sebelum terjadi penganiayaan, korban dan pelaku bersama rekan-rekannya sedang menggelar pesta minum minuman keras (miras).

"Pelaku kesal disuruh minum oleh korban sambil mengeluarkan kata-kata makian. Pelaku yang sudah emosi kemudian mengambil gelas kaca dan memukul korban ke arah kepala bagian belakang," ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Usai memukul korban, pelaku yang merupakan oknum honorer ini langsung meninggalkan TKP. Sedangkan korban mengalami luka robek di kepala dan mendapat perawatan medis.

"Pelaku sudah diamankan di Polsek Aertembaga untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penulis: ARP

Bitung,Sulutnews.com - Kegiatan pasar murah (pasar tani) dari Kementerian Pertanian RI di Kota Bitung dinilai sangat tepat dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, termasuk menjelang hari raya lebaran Idul Fitri.

Oleh karena itu, mewakili anggota DPD RI asal Sulut, kami salut dan memberikan apresiasi kepada Kementan RI yang bersinegi dengan Perum Bulog Sulut dan Pemerintah Kota Bitung, bersama Forkopimda dan pemangku kepentingan lainnya, seperti pengusaha lokal dan UMKM dalam mewujudkan kegiatan yang dapat membantu langsung, ungkap Anggota Komite II DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL) disela-sela kehadirannya dalam pasar murah (pasar tani), bertempat di Pasar Tua Kota Bitung , Rabu (27/04).

Sementara itu Kepala Badan Karantina Pertanian Kementan RI Ir Bambang MM mengatakan, kegiatan pasar murah merupakan salah satu gerakan dari Kementan RI untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan 12 komoditas utama selama bulan Ramadan.

Menurut Bambang yang ikut didampingi Staf Khusus Mentan Eric Tamalagi, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Dr Ir AM Adnan MP dan Kepala Balai Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan, kegiatan ini digelar serentak di 34 provinsi menjelang Idul Fitri.

Badan Karantina Pertanian mendapat penugasan memantau dan melaksanakan kegiatan pasar tani di Pulau Sulawesi, termasuk di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Bambang memberikan apresiasi atas perwujudan sinergitas Kementan RI dengan Wali Kota Bitung bersama Komite II DPD-RI dan stakeholder lainnya, di mana acara ini dihadiri Senator Stefanus Liow, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Utara Cindy Wurangian SE, Forkopimda Sulut dan Kota Bitung, pengusaha lokal, UMKM dan masyarakat umum.

Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM juga mengapresiasi Kementan RI, Anggota Komite II DPD-RI Stefanus BAN Liow dan Ketua Komisi II DPRD Sulut Cindy Wurangian, seraya berharap terus bersinergi untuk kemajuan pembangunan pertanian dan peningkatan ekonomi di Kota Bitung.

Usai menyaksikan langsung kegiatan pasar tani, rombongan meninjau langsung Pasar Girian Bitung dengan melakukan pengecekan ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok.

Penulis: ARP