Bitung

Bitung (69)

Bitung,Sulutnews.com – Tim Tarsius Presisi Polres Bitung bersama Polsek Aertembaga mengamankan pelaku penipuan bermodus penggandaan uang, pada Sabtu (08/01/2022) dini hari.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, membenarkan hal tersebut.

“Pelaku berinisial HRW (49), warga Mahawu Lingkungan III, Tuminting, Manado, ditangkap di rumahnya,” kata Kombes Pol Jules Abraham Abast, Sabtu (08/01) sore.

Pengungkapan kasus ini berawal saat korban bernama Ivan (32), warga Aertembaga Lingkungan II RT 014, Bitung, melaporkan penipuan yang dialaminya ke Polsek Aertembaga pada tanggal 4 Januari lalu.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, kejadiannya pada Kamis (30/12/2021), sekitar pukul 14.30 WITA, di Aertembaga Lingkungan II, bermula ketika korban mendapat info bahwa pelaku bisa menggandakan uang.

“Korban meminta pelaku untuk menggandakan uangnya, lalu mentransfer Rp5 juta kepada pelaku. Kemudian pelaku menjelaskan ke korban harus menunggu selama 44 hari,” ujarnya.

Korban pun kembali mentransfer uang secara terus menerus dan juga memberikan uang tunai kepada pelaku untuk digandakan.

“Namun hingga saat ini uang hasil penggandaan itu ternyata tidak ada, sehingga korban mengalami kerugian sekitar Rp250 juta,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Ditambahkannya, dalam penangkapan tersebut petugas gabungan turut mengamankan sejumlah barang bukti yakni, uang mainan pecahan Rp100 ribu, kain warna kuning dan putih, keranjang tempat menggandakan uang, kardus, koper, serta buku rekening bank.

“Pelaku beserta sejumlah barang bukti tersebut lalu diamankan di Polsek Aertembaga untuk diperiksa lebih lanjut,” tandas Kombes Pol Jules Abraham Abast.(Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - Ketua Komisi W/KI Wilayah Manado Tenggara, Pnt. Dra. Fenny Roring-Lumanauw, SIP. Mendampingi  Ketua Komisi Wanita/Kaum Ibu (W/KI) Sinode GMIM, Pnt. Dra. Adriana Dondokambey, M.Si di kegiatan Jumpa Natal dan Tahun Baru dengan para Ketua-ketua Wilayah GMIM di Rayon Bitung, Jumat (7/1/2021).

Pada sambutannya, Pnt. Adriana Dondokambey dan Pnt. Fenny Lumanauw di hadapan 13 ketua wilayah tersebut menyatakan karena masih dalam suasana pandemi maka pada Natal dan Tahun Baru tidak bisa menggelar open house dan bertemu dengan para hamba Tuhan.

"Terima kasih selama ini sudah mendukung serta mendoakan tugas dan pelayanan kami," Tamba keduanya. (Adrian)a

Bitung,Sulutnews.com – Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan bersama Walikota Bitung Maurits Mantiri meninjau langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, di SD Negeri Inpres 3/77 Danowudu, Ranowulu, Selasa (04/01/2022).

Walikota mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak ini merupakan bagian dari upaya percepatan vaksinasi di wilayah Kota Bitung.

“Dengan sasaran sebanyak 22.156 orang anak yang berumur 6-11 tahun, dan ini terus dilakukan hingga tuntas,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres menambahkan, Pemkot Bitung dan Polres Bitung terus bekerjasama dan bekerja keras untuk mencapai target sasaran yang diharapkan.

“Kita jangan dulu berpuas diri dengan prosentase yang didapat, namun tetap berjuang untuk mencapai garis finish,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolres mengimbau para orang tua agar mengajak anak-anak usia 6-11 tahun yang belum disuntik vaksin ke gerai vaksin terdekat.

“Ini untuk melindungi kesehatan anak-anak dari paparan Covid-19, apalagi sudah ada varian baru Omicron,” pungkasnya.

Turut hadir dalam peninjauan, Asisten I Pemkot Bitung Julius Ondang, Kadis Kesehatan Kota Bitung dr. Pitter Lumingkewas, Kapolsek Ranowulu Iptu Andri Salmon, Camat Ranowulu Andre Nicolas Rantung, dan Kepala SD Negeri Inpres 3/77 Danowudu Vinny Clartje Kirojan. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan mengunjungi OAB, seorang anak berumur 1 tahun yang menjadi korban tindak kekerasan, Selasa (04/01/2022), di Bitung Timur, Maesa.

Pada kunjungan tersebut, AKBP Alam Kusuma memberikan pelayanan psikis bersama Konselor, serta menyerahkan bingkisan kepada korban.

AKBP Alam Kusuma mengatakan, kunjungan ini sebagai wujud kepedulian sekaligus memberikan semangat kepada korban.

“Kami datang ke sini untuk melihat kondisi kesehatan serta memberikan semangat kepada korban,” ucapnya.

Lanjut AKBP Alam Kusuma, OAB merupakan korban kekerasan yang dilakukan tiga pemudi pada Desember 2021 lalu, yang kasusnya sedang ditangani Unit PPA Satreskrim Polres Bitung.

“Motif tindak kekerasan itu, pelaku membujuk agar OAB berhenti menangis. Meski demikian tindakan kekerasan tersebut tidak bisa dibenarkan karena sangat berbahaya apalagi terhadap balita,” pungkas AKBP Alam Kusuma.

Dalam kunjungan itu pula, AKBP Alam Kusuma sempat berinteraksi dengan korban dan memberikan mainan mobil-mobilan kesukaan korban. Turut mendampingi pada kunjungan, Kasatreskrim AKP Muh. Fadli, Kasatlantas AKP Awaludin Puhi, dan Kanit PPA. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan memimpin upacara laporan kenaikan pangkat personel periode 1 Januari 2022, Senin (03/01) pagi, di lapangan apel Mapolres setempat.

Adapun personel yang naik pangkat setingkat lebih tinggi dengan perincian, AKP ke Kompol 2 orang, Iptu ke AKP 2 orang, Ipda ke Iptu 10 orang, Aipda ke Aiptu 9 orang, Bripka ke Aipda 15 orang, Brigpol ke Bripka 5 orang, dan Briptu ke Brigpol 1 orang.

AKBP Alam Kusuma dalam arahannya, mengatakan, kenaikan pangkat merupakan wujud penghargaan dari pimpinan atas prestasi, loyalitas dan dedikasi yang sudah diperbuat oleh anggota.

“Naik pangkat merupakan bentuk perhatian dan penghargaan dari Pimpinan kepada kita yang wajib kita jaga, dengan bekerja secara tulus, disiplin, berprestasi dan loyalitas kepada institusi Polri,” ujarnya.

Lanjut AKBP Alam Kusuma, penghargaan ini juga sepadan dengan tugas dan tanggungjawab yang nanti kita pikul, untuk itu dibutuhkan loyalitas dalam melaksanakan tugas demi kepentingan bangsa dan negara.

“Tugas ke depan semakin kompleks, tetap jaga kekompakan dan rendah hati melayani masyarakat serta berikanlah yang terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara,” tutup AKBP Alam Kusuma.

Upacara kenaikan pangkat tersebut turut dihadiri Wakapolres Kompol Hendra Dorizen bersama para Pejabat Utama, Kapolsek jajaran, Perwira, Brigadir dan ASN Polri Polres Bitung. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Tim Tarsius Presisi Polres Bitung Mengamankan sejumlah bukti alkohol alkohol di Kelurahan Girian Weru.

Menurut Kasi Humas Polres Bitung AKP Herman Katiandago, minol jenis captikus ini membiarkan Tim melaksanakan razia pada hari Senin, 3 Januari 2022 sekitar pukul 19.30 Wita.

“Ada puluhan liter captikus yang dikemas dalam kemasan botol maupun plastik yang memiliki 2 warga di Kelurahan Girian Weru,” ujar Herman.

Barang bukti captikus yang menjadikan pegangan tidak ada ijin edar, sehingga disita untuk barang bukti. “Saat ini barang bukti sudah ada di Mapolres Bitung,” singkat AKP Herman. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Lantaran mengamuk dan merusak rumah warga menggunakan parang, DM (29), warga Manembo-nembo Tengah, Bitung, personel Polsek Matuari sewaktu-waktu usai kejadian, pada Sabtu (01/01) dini hari.

Kapolsek Matuari Kompol Andri Permana, mengatakan, pelaku saat itu dalam pengaruh minuman keras (miras).

“Sekitar 30 menit setelah pergantian tahun, DM membuat sambil memegang parang. Bahkan juga sempat merusak pintu rumah salah seorang warga Kampung Jengki Manembo-nembo Tengah,” ujarnya.

Warga yang resah atas kejadian tersebut kemudian melaporkannya ke Polsek Matuari.

Laporan direspon cepat Tim Tarsius Presisi Polsek Matuari dengan mendatangi TKP dan pelaku beserta barang bukti parang.

“Pelaku beserta sebilah parang lalu ke Mapolsek Matuari untuk mengurus lebih lanjut,” tandas Kompol Andri Permana. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com – Personel Polsek Aertembaga membantu korban kecelakaan lalu lintas tunggal yang terjadi di Jalan Raya Kelurahan Makawidey, Bitung. Saat usai menerima informasi, personel langsung mendatangi TKP lalu mengevakuasi kedua korban ke RS TNI AL dr. Wahyu Slamet Bitung, serta bukti barang bukti.

Lakalantas itu terjadi pada Jumat (31/12/2021), sekitar pukul 19.20 WITA. Diduga rem blong, sepeda motor yang dikendarai Ridwan Umar (43) warga Madidir berboncengan dengan Adolop Tambaru (44) warga Makawidey, terperosok hingga menabrak rumah warga yang berada di bawah jalan.

"Adanya lakalantas tersebut tidak dibenarkan oleh Kapolsek Aertembaga Iptu Gian Wiatma Jonimandala.

“Adapun penyebab lain kecelakaan tersebut yaitu jalan licin serta tikungan, sehingga pengendara sepeda motor tidak dapat menguasai laju kendaraan saat jalan menurun, yang akhirnya terperosok hingga menabrak rumah warga,” jelas Iptu Gian.

Lanjutnya, lakalantas mengakibatkan Ridwan Umar mengalami luka di bagian wajah tepatnya di pelipis mata kiri, sedangkan Adolop Tambaru mengalami luka cukup parah yakni patah tulang di bagian kaki kanan.

“Dari kejadian ini, kami mengimbau masyarakat khususnya para pengendara kendaraan bermotor agar berhati-hati karena di area tersebut sering terjadi kecelakaan,” imbaunya.

Iptu Gian juga mengingatkan para pengendara agar memeriksa kembali komponen pendukung keselematan kendaraan seperti rem dan ban. “Kemudian untuk pengendara sepeda motor wajib memakai helm ber-SNI, dan pengemudi mobil menggunakan sabuk pengaman,” pungkas Iptu Gian. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - Kekerasan terhadap anak diduga terjadi di Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung, pada hari Sabtu, 25 Desember 2021 sekitar pukul 14.00 Wita.

Menurut Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, aksi kekerasan yang dilakukan terhadap balita berusia 1 tahun ini diduga sengaja dilakukan oleh 2 orang perempuan warga Kota Bitung, masing-masing berinisial MK (20) dan SM (19).

Bahkan aksi kekerasan dan berbahaya tersebut juga sempat divideokan oleh salah satu teman dari 2 perempuan tersebut, yaitu perempuan berinisial IS (17), kemudian diupload di media sosial dan menjadi ramai di masyarakat.

"Ketiganya saat ini sudah dalam pemeriksaan di Unit PPA Satuan Reskrim Polres Bitung, berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/A/110/XII/2021/SPKT/Polres Bitung/Polda Sulut, tanggal 27 Desember 2021,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Dalam video tersebut, tampak terlihat balita berusia 1 tahun menangis kemudian diambil dan digendong oleh perempuan MK. Selanjut perempuan SM mengambil balita yang masih menangis tersebut dari tangan MK.

Disaat menggendong balita tersebut, SM kemudian melakukan aksi berbahaya dimana balita tersebut dilemparkan ke atas, selanjutnya dibaringkan di tempat tidur, lalu SM menampar pipi kiri dan pipi kanan balita tersebut.

Bukannya membujuk balita yang sedang menangis, SM malah mengangkat dan membalikan balita tersebut dengan posisi kepala menghadap lantai sedangkan kakinya berada di atas.

Balita 1 tahun ini diketahui selama ini dirawat oleh kakaknya SM, sedangkan ketiga tersangka ini hanya datang berkunjung ke rumah kakaknya SM.

“Ketiganya terancam dengan Pasal 80 ayat 1 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast. (Adrian)

Bitung,Sulutnews.com - Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S Irawan memantau langsung sekaligus mengingatkan masyarakat Kota Bitung untuk selalu patuhi protokol kesehatan.

Hal itu dilakukan Kapolres Bitung saat memantau situasi kamtibmas di Pasar Girian Bitung, Jumat (24/12/2021) sore.

Ia mengatakan, protokol kesehatan 5M wajib terus dilakukan oleh semua orang untuk menghindari penyebaran covid-19.

“Untuk mencegah terjadinya covid-19 tentunya ada kerjasama dari lapisan masyarakat untuk patuh dan taat pada protokol kesehatan sangat di butuhkan,” kata AKBP Alam Kusuma.

Kapolres juga minta semua warga dapat menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing. ” Jika ada hal-hal yang mencurigakan yang dapat mengganggu kamtibmas, silahkan melapor ke aparat Kepolisian terdekat,” tutur Kapolres. (Adrian)