Jakarta,Sulutnews.com - Prestasi kembali di raih perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) kali ini, Pegiat Literasi Nasional Fientje Watak, S.Pd., M.Pd., BNSP.RI., terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat Forum Perpustakaan Sekolah Madrasah Indonesia (PP - FPSMI) periode 2022-2026.

Founder TBM Literasi Kawanua & TBM VISIONER terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Forum Perpustakaan Sekolah dan Madrasah Indonesia (FPSMI) melalui Musyawarah Nasional VI yang digelar di Jakarta 10~11 November 2022 di Hotel Oasis Amir Jakarta, di bawah binaan Perpustakaan Nasional RI.

Munas ke VI kali ini mengusung tema "Revitalisasi Organisasi yang Mampu Melayani dan Tanggap terhadap Perkembangan Dunia Pendidikan serta Berwawasan Global", dibuka oleh PLT Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. Hadir pula dalam pembukaan Munas, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, Bapak Drs. Nurcahyono, SS., M.Si.

Dalam sambutannya Deni menyebut bahwa hasil sensus data perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional RI, tercatat hingga Agustus 2022, jumlah perpustakaan sekolah dan madrasah yang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sebanyak 10.606. Hal tersebut senilai dengan 9.34% dari total 113.541 perpustakaan sekolah dan madrasah di Indonesia. Artinya masih terdapat 102.935 atau 90,66% perpustakaan yang belum terakreditasi.

"Harapan Saya, dengan dikukuhkannya PP-FPSMI di bawah pembinaan Perpusnas RI, mampu menjadi mitra, bersinergi, dan berkolaborasi dalam menyelenggarakan program-program pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah dan madrasah di Indonesia," ucapnya.

Sementara dalam sidang komisi yang dilanjutkan dengan sidang pleno menghasilkan daftar kepengurusan FPSMI yang baru hasil sidang menetapkan Fientje Watak, S.Pd., M.Pd., BNSP.RI., yang bisa disapa "Stella Watak" sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat FPSMI, sebelumnya menjabat Ketua Wilayah pengurus FPSMI Provinsi Sulawesi Utara untuk periode 2021 - 2025. Dengan terpilihnya Fientje Watak sebagai Sekjen mendampingi ketua Umum terpilih Dr. Yusqon, M.Pd., dari Jawa Jawa Tenga (Jateng) diharapkan mampu membawa FPSMI menjadi organisasi yang lebih besar dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Di sisi lain menjadi suatu sejarah pertama jika menilik 20 tahun terbentuknya FPSMI, kali ini dalam kepengurusan pusat, Sekretaris Jendral (Sekjen) terpilih hasil sidang pleno Munas VI 2022 berasal dari daerah kepulauan Sulawesi Utara, yaitu Fientje Watak, S.Pd., M.Pd., BNSP.RI.

Tidak dapat dipungkiri jika terpilih sebagai Sekjen FPSMI, terbukti di bulan Desember 2021, sempat mendapat penghargaan Pegiat Literasi Mapalus Pendidikan dari Kemendikbudristek melalui LPMP/BPMP Sulawesi Utara. Diperkuat juga dengan komitmen, vision, dan kiprahnya di bidang literasi, keperpustakaan, pendidikan, brand virtual, pemerhati perpustakaan, merintis berbagai komunitas literasi, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), pendampingan literasi, persiapan kampung literasi, gerakan memasyarakatkan minat baca, bahkan sempat mengajar di Prodi Perpustakaan Unsrat Manado.

Di akhir pembicaraan, Fientje juga Yusqon menegaskan bahwa usai konsolidasi internal PP~FPSMI, dan pengurus pusat lainnya akan audiensi dengan pemangku kepentingan terkait lainnya, saat masih di ibu kota negara, Jakarta.

Hadir pula dalam Munas tersebut sejumlah pengurus pusat dan pengurus daerah seluruh Indonesia secara virtual.

Manado, Sulutnews.com - Ir Stive Keppel MT yang juga menjabat Kepala Dinas  Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Sulut ditunjuk Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE sebagai Pelaksana Harian (PLH) Sekprov Sulut mengantikan Dr Praseno Hadi SE AK yang lagi sekolah Auditor di Bogor.

Surat Keputusan sebagai PLh diserahkan oleh Wagub Sulut Drs Steven Kandouw Rabu (9/11). Stive Keppel kepada wartawan mengatakan berterima kasih kepada Gubernur dan Wagub yang sudah menugaskan sebagai Plh Sekprov." Saya akan bekerja dengan baik " kata Keppel.

Keppel kepada Sulutnews.com mengatakan dukungan semua pihak penting dan kita bekerja sama untuk sukseskan program kerja  Pemda Sulut.  Terutama sukseskan upacara hari Pahlawan Kamis 10 November 2022." Jadi tugas awal hari ini upacara hari Pahlawan," kata Keppel.

Keppel sesuai data merupakan satu dari tiga nama yang lolos seleksi Sekprov Sulut pada beberapa bulan lalu. Dan Keppel meraih nilai tertingi dari tiga nama yang lolos. Saat ini sementara berproses di Kementrian Dalam Negeri untuk ditetapkan Sekprov Devinitif kedepan.(Fanny)

Manado, Sulutnews.com - Badan Anggaran DPRD Sulut bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah mulai membahas RAPBD Sulut tahun 2023. Pada pembahasan yang dipimpinangsung Ketua DPRD Sulut dr Franaiakus Andy Silangen didampingi Wakil Kerua James Arthur Kojongian dan Vicktor J Mailangkay Kamis (3/11/2022) tersebut, diawali dengan penyampaian Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Praseno Hadiselaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, bahwa untuk RAPBD Sulut tahun 2023 dana bagi hasil yang akan ditransfer dan akan diterima oleh pemerintah Provinsi sebagaimana SK Mentri Keuangan sebesar Rp.182 Miliar menurun dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 68 Miliar.

 

Sementara untuk Dana Alokasi Umum (DAU)  sebeaar Rp 1,377 Triliun lebih meningkat sebesar Rp 46 Miliar lebih." Dalam SK Mentri terkait DAU , dibagi dalam dua kategori dimana ada dana yang tidak ditentukan penggunaanya sebesar Rp. 984 Miliar lebih, sedangkan untuk dana DAU yang ditentukan penggunaannya sebesar Rp 395 Miliar lebih yang didalamnya digunakan untuk gaji P3K sebesar Rp 139 Miliar lebih," jelas Praseno Hadi

 

Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan Fisik sesuai buku APBD tahun 2023 dijelaskan Praseno Hadi, sebesar Rp 345 Miliar lebih naik menjadi Rp 346 Miliar lebih atau meningkat sebesar Rp 779 juta. Sedangkan DAK non Fisik sebesar Rp 416 Miliar lebih turun menjadi Rp 397 Miliar atau turun menjadi Rp 19 Miliar lebih." Untuk total Dana Alokasi Khusus pada RAPBD Tahun 2023 mengalami penurunan sebesar Rp 18 Miliar lebih dibandingkan DAK tahun 2022

 

Juga disampaikan Praseno untuk tahun 2023  Dana Intensif Daerah yang pada tahun 2022 sebesar Rp 12 Miliar. Untuk tahun 2023 dihapus." Meski dihapus namun digantikan dengan intensif Viskal Rp 27 Miliar lebih dan hibah sebesar Rp 1,3 Miliar," ungkap Praseno

 

Langkah revisi anggaran pada RAPBD Tahun 2023 disebabkan adanya perubahan pada DAK yang dianggarkan dimasing- masing SKPD , DAK dan penerimaan Dana Intensif Daerah dan dana hibah, sehingga asumsi pendapatan dalam Rancangan APBD tahun 2023 dianggarkan sebesar Rp.3,8 Triliun lebih  dengan dana transfer sebesar Rp 3.7 Triliun lebih mengalami penurunan sebesar Rp 24,2 Miliar lebih.dan Belanja juga terjadi penurunan sebesar Rp.24 Miliar lebih

 

Sementara itu dalam pembahasan RAPBD Sulut tahun 2023 terjadi dinamika dimana sejumlah anggota banggar mempertanyakan kebijakan anggaran yang diplot disetiap SKPD yang dinilai banyak terjadi rasionalisasi terhadap program pro rakyat yang seharusnya itu dipertahankan sebagai langkah antisipasi atas ancaman gejolak ekonomi global yang diprediksi berdampak pada kehidupan masyarakat." Kami minta sebelum RAPBD 2023 ditetapkan menjadi APBD, anggaran untuk program pro rakyat sebagiknya dapat dialokasikan, kita harus berfikir jernih lebih baik memangkas anggaran MaMi darioada anggaran untuk kegiatan pro rakyat," ungkap Hendry Walukouw, anggota Banggar yang jiga Ketua zfraksi Demokrat DPRD Sulut.

 

Juga disampaikan Anggota Banggar James Tuuk yang mengingatkan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah agar tidak memprioritaskan belanja untuk pengadaan kendaraan baru pada RAPBD 2023." Lebih baik kita membelanjakan anggaran kepada kegiatan peningkatan ketahanan pangan masyarakat dan ini sesuai dengan instruksi Bapak Gubernur yang berharap tahun 2023 ketahanan pangan harus diperkuat," kata Tuuk.

 

Anggota Banggar Priscilla Cindy Wurangian yang mengingatkan kewenangan daerah terhadap tanggungjawab pelayanan kesehatan, Pertanian dan Perkebunan untuk lebih me dapatkan perhatian serius." Jangan sampai kita diberi lebel hanya mengutamakan kepentingan kelompok dengan mengabaikan kepentingan banyak orang," pungkas PCW yang  selalu kritis bicara terhadap program yang tidak pro rakyat.

Rapat paripurna dihadiri pejabat struktural DPRD Sulut.(**josh)

Sulut, sulutnews.com - Pertama Kalinya digelar Musyawarah Daerah (Musda) Indonesian Airsofter Association (INASSOC) Sulawesi Utara di selenggarakan. Musda ke-1 INASSOC Sulut ini diadakan pada Sabtu (22/10/2022) bertempat di Gedung Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Ketua Panitia Musda ke-1 INASSOC Sulut Erik Christian Runtu menyampaikan Puji Syukurnya karena Musda ke-1 Inassoc ini bisa berjalan dengan baik. Hal senada disampaikan oleh panitia musda lainnya.

Acara Musda dimulai pada pukul 10.00 Wita. Pembukaan diawali dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Peserta Musda juga menyanyikan lagu Mars INASSOC. Setelah itu Sidang Pleno pun dimulai.

Sidang Pleno dipimpin oleh Djonjor Mamuli sebagai Ketua Sidang, Wakil Pimpinan Sidang Annas Abdul Salam, dan Sekretaris Pimpinan Sidang Ravael Fransisco Tambajong. Pembacaan Tata Tertib (Tatib) dibacakan oleh Ketua Pimpinan Sidang. Dan setelah itu dimulai pemilihan Ketua Pengurus Daerah (Kapengda) INASSOC Sulut.

Dalam pemilihan Kapengda akhirnya terpilih Jemmy Moureds Inkiriwang sebagai Kapengda Sulut Periode 2022-2026. Ketua Umum (Ketum) INASSOC Pusat Osep M. Sudirman Karis melalui zoom meeting memberikan sambutan serta pesan-pesan kepada INASSOC Pengda Sulut terpilih periode 2022-2026, agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Ferry Sangian menyampaikan respon positif terhadap pelaksanaan Musda. Tentunya dengan adanya Musda akan terbentuk Pengurus Daerah yang akan turut serta membangun daerah dan bangsa melalui sektor olahraga, meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga, meningkatkan kualitas SDM dN bersama-sama dengan Pemerintah Daerah membawa Sulawesi Utara ke arah yang semakin maju dan terdepan di masa mendatang.

Ucapan selamat dan sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sulawesi Utara Djemmy Refli Lumawir. Juga Ketua Organisasi Amatir Radio (ORARI) Daerah Sulawesi Utara Erwin Tandaju.

"Harapan kami Olahraga Rekreasi Airsoft Gun ini semakin digemari oleh masyarakat Sulawesi Utara. Khususnya generasi muda dan bisa memberikan nilai positif,"Ucap Jemmy Inkiriwang.

INASSOC Sulut rencananya akan mengikuti kegiatan lomba di Gorontalo. Juga akan mengadakan event-event Airsoft Gun dalam waktu dekat. Jadwal latihan -latihan pun akan segera disusun guna persiapan untuk mengikuti Fornas tahun depan di Jawa Barat. Pengurus Daerah INASSOC SULUT sudah tidak sabar untuk memeriahkan Olahraga rekreasi Airsoft Gun di SulAesi Utara. (*/Jemmy))

 

Mitra,sulutnews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) terus berkomitmen mensukseskan kegiatan keagamaan, kali ini sukses mensuport kegiatan Pesta Seni Remaja (PSR) se Sinode GMIM di Wilayah Ratahan, 23-24 September 2022.

Bupati Mitra James Sumendap saat membawakan sambutan di pelaksanaan Ibadah agung PSR di lapangan ompi Ratahan , mengatakan, sudah tugas pemerintah untuk memberikan dukungan serta memfasilitasi setiap kegiatan keagamaan.

" Komitmen besar membantu kegiatan keagamaan itu yang terus kami pemerintah pertahankan, bukan hanya kegiatan PSR kali ini tapi sudah beberapa kegiatan keagamaan dari denominasi semua kami support," terang Bupati. 

Dihadapan peserta PSR serta pengurus KPRS Sinode GMIM, JS sapaan akrab bupati Mitra mengatakan adik-adik remaja dapat menjadi jembatan bagi pembangunan bangsa Republik Indonesia, menjadi jembatan pembangunan Gereja dan nantinya dipersiapkan menjadi pemuda-pemuda cerdas dikemudian hari.

“Semoga kegiatan ini menjadi bermanfaat, begitu juga diharapkan bagi remaja Sinode GMIM dapat mengembangkan kegiatan ini menjadi event pariwisata,”ujar Sumendap.

Sementara ketua panitia PSR , Sabrina Sumendap dalam laporannya, menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini tidak lain untuk kemuliaan nama Tuhan.

“Kegiatan ini diadakan yang terutama agar segala talenta yang Tuhan beri dikembalikan untuk memuliakan Tuhan di masa remaja ini,”ujar Ketua Panitia PSR GMIM 2022 ini.

Sabrina juga berterima kasih kepada seluruh remaja se-Sinode GMIM atas antusiasnya dalam mengikuti event besar tersebut.Selain itu putri tercinta Bupati Mitra ini menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Mitra hingga pelaksanaan kegiatan bole berjalan baik.

“Saya berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mitra mulai dari pak Bupati James Sumendap, Wabup Joke Legi, Sekda Mitra David Lalandos AP,MM serta panitia lainya yang telah mendukung kegiatan PSR GMIM tahaun 2022,”tutur Sebrina.

Turut hadir dalam ibadah tersebut yakni mewakili Gubernur Dr. Jemmy Kumendong MSi, Wakil Bupati Jocke Legi, Ketua DPRD Marty Ole,Sekda David Lalandos AP.MM, pejabat dilingkup Pemkab Mitra, serta adik-adik Remaja Sinode GMIM

Manado, Sulutnews.com. Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan, meski sempat dilanda Pandemi Covid 19 Pertumbuhan Ekonomi ( PE) tetap tumbuh 5,93 persen pada triwulan dua 2022 berada diatas rata rata nasional yang hanya 5,44 persen.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey  dalam upacara HUT ke- 58 Provinsi Sulut dihalaman Kantor Gubernur Sulut Jumat (23/9). Gubernur nenjadi Inspektur Upacara yang dihadiri Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, Ketua PKK Sulut Ny Ir Rita Dondokambey- Tamuntuan,  Wakil Ketua PKK Sulut dr Kartika Tanos MARS ,Forkopinda Sulut, sejumlah Angota DPR-RI, DPRD Sulut, Bupati Walikota se- Sulut dan Pejabat Eselon II, Ketua serta para teladan Miss Indonesia asal Sulut dan ribuan undangan. Acara ditandai pemberian penghargaan kepada juara kegiatan HUT Sulut, Kepada Miss Indonesia Asal Sulut berupa uang Rp 100 juta serta pemenang lomba desa dan kelurahan.

Sementara sore hari dilanjutkan dengan Sidang Paripurna di DPRD Sulut dihadiri Angota DPRD dan ratusan undangan.

Menurut Gubernur keberhasilan daerah ini bisa bangkit ekonomi terutama PE itu karena adanya kebersamaan dan persatuan serta dukungan masyarakat serta Forkopinda dan Bupati Walikota serta semua lapisan masyarakat. " Jadi dukungan semua pihak itu penting sehinga kita bisa membangun infrastruktur dan banyak investor masuk serta wisatawan yang mengakibatkan terbuka lapangan kerja dan ekonomi bangkit" katanya

Capaian yang terjadi di saat HUT ke- 58 cukup banyak. Meski tantangan juga banyak. Namun tatangan itu menjadi peluang bagi kita untuk terus kerja keras secara bersama .Kita harus bangkit bersama untuk kesejahtraan bersama.

Gubernur mengatakan dengan berbagai program dan terobosan yang kita lakukan maka daerah terus maju. Bahkan Indeks Pembangunan Manusia  kita mencapai angka 73,30  kemudian  Indeks Kebahagiaan  74,96 bahkan masuk urutan kelima dari 10 Provinsi sebagai daerah paling bahagia. Begitu juga penganguran dan kemiskinan menurun saat ini. Bahkan kemiskinan terendah disemua Provinsi di Pulau Sulawesi.

Ditambahkan Pemda Sulut terus membangun Infrastruktur baik jalan serta tiga Rumah Sakit ( RS)  dan berbagai proyek strategis nasional. Ada jalan Tol- Manado- Bitung yang dibangun Pemerintah pusat serta proyek jalan Provinsi.

Tiga RS yakni RS ODSK di Jalan Bethesda, RS Ratumwuysang dan Rumah Sakit Mata. Kemudian pembukaan koneksivitas jalur penerbangan dari beberapa negara dan daerah lain. Misalkan kerjasama dengan Jeju Air Korea Selatan dan adanya ekpor langsung ke Jepang dan negara lain." Jadi kita terus melakukan terobosan menyusul mulai mereda pandemi Covid 19 saat ini" kata Gubernur

Dalam bagian lain Gubernur juga mengatakan Pemda Sulut terus mendorong  sektor perikanan dan kelautan, pertanian, pariwisata dan sektor lain. Bahkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia lewat sarana pendidikan. Kita berharap  kualitas pendidikan harus ditingkatkan terus.

Dalam penangangan Covid 19 Gubernur apresiasi kepada semua pihak karena mendukung dalam Vaksinasi tahap 1 dan 2 serta Vaksi 3 atau Booster. Sehinga mulai redah Covid 19.

Kedepan Gubernur mengatakan kita harus terus kerja keras dan mempertahankan capaian saat ini. " Untuk itu semua elemen masyarakat harus mendukun semua rencana program kedepan" katanya.(Fanny)Adidas.

 

JAKARTA, Sulutnews.com – PT Fas Food Indonesia,Tbk, pemegang waralaba KFC terus berkomitmen membantu dunia pendidikan di Indonesia, Kali ini dengan menyerahkan donasi kepada Yayasan 1000 Guru untuk membantu pendidikan anak-anak pedalaman di Indonesia, (21/9/2022).

CEO PT Fast Food Indonesia, Eric Leong mengatakan bantuan kali ini melalui pemberian sarapan bergizi dalam program smart centre dan donasi kali ini hasil dari program Bucket For Given,Bucket For Good, yang dijalankan KFC Indonesia untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 16-17 Agustus 2022. Selama dua hari dan terkumpul dana lebih dari Rp 150 juta. 

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas antusiasme pelanggan setia KFC terhadap program Bucket For Given, Bucket For Good ini. Dalam dua hari saja terkumpul donasi lebih dari Rp 150 juta,” ucap Eric Leong.

Menurut Eric, donasi tersebut ditujukan untuk memberikan sarapan bergizi bagi anak-anak pedalaman agar mereka dapat lebih bersemangat dan fokus dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

“Kami berharap kerjasama yang telah berlangsung beberapa tahun ini serta program donasi yang kami galang, dapat membantu anak-anak pedalaman di Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih baik,” ujar Eric Leong.

Sementara itu Jemi Ngadiono selaku penggagas Yayasan 1000 Guru menjelaskan bahwa donasi yang dihimpun KFC Indonesia akan dialokasikan untuk pemberian makanan bergizi pada 15 sekolah di 7 provinsi yang menjangkau lebih dari 2150 murid sekolah.

“Tahun ini adalah tahun keenam KFC Indonesia menjalankan komitmennya untuk mendukung program Smart Centre dan kami sangat mengapresiasi dukungan dari PT Fast Food Indonesia, Tbk yang menjalankan program donasi bagi pendidikan anak Indonesia di KFC Indonesia. Donasi ini akan sangat membantu anak-anak di pedalaman untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan juga tambahan makanan bergizi,” ucap Jemi.

Diketahui yayasan 1000 Guru yang digawangi oleh kaum muda yang peduli terhadap pendidikan anak-anak di pedalaman, telah menjalankan 45 Smart Centre Project di sejumlah provinsi. Sejak 2016, program tersebut telah menjangkau lebih dari 5700 anak Indonesia dan melakukan dua kegiatan utama yaitu pemberian sarapan bergizi dan pemberian bantuan fasilitas pendidikan tambahan. Selain itu program Smart Centre yang didukung oleh KFC Indonesia ini juga telah membantu pembangunan beberapa mushola dan perpustakaan di berbagai sekolah di beberapa lokasi di Indonesia.

Manado, Sulutnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara kembali menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Provinsi Sulut tahun anggaran 2022 menjadi Peraturan Daerah. Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Dr Fransiakus Andy Silangen didampingi Wakil Ketua James Arthur Kojongian tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw.

Caption : Ketua DPRD bersama Wakil Ketua dan Wakil Gubernur saat memimpin Rapat Paripurna

Dalam sambutannya Silangen menyampaikan apresiasi atas komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw yang terus membangun sinergitas dengan Legislatif untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sulawesi Utara." Mari kita terus memberikan segala daya dan upaya terbaik dalam setiap pelaksanaan tugas yang menjadi tanggungjawab masing- masing, demi terwujudnya Sulawesi Utara yang sejajtra" ungkap Silangen saat membuka pelaksanaan paripurna Rabu (21/9/2022) malam

Caption : Ketua DPRD Sulut bersama Wakil Gubernur dan Wakim Ketua DPRD

Juga Silangen menyampaikan jika Lembaga dewan akan tetap setia mengawal setiap kepentingan masyarakat, agar sinergitas yang sudah tercipta selama ini menjadi dasar untuk bersama- sama menjadikan masyarakat sejahtra sehingga sasaran pembangunan yang telah ditetapkan benar- benar direalisasikan dan dapat dinikmati oleh segenap masyarakst Sulawesi Utara.

Caption Suasana Rapat Paripurna Ranperda APBDP 2022 dikantor DPRD Sulut

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw menyampaikan terima kasih dan apresiasi dari lubuk hati yang paling atas upaya Badan Anggaran DPRD yang dengan singkat tapi substansial telah berhasil merampungkan pembahasan terkait APBD Perubahan tahun 2022." Dengan pembahasan yang sangat cepat ini berarti memiliki ekspetasi yang sangat tinggi bagi kami jangan dilihat APBD baru dimasukan kemarin dan langsung ditetapkan terua ini dinilai gampang -gampang tetapi Pak Gubernur inhatkan bahwa ekspetasi DPRD sangat tinggi," tegas Kandouw.

Caption : Wakil Gubernur saat menyampaikan sambutan

Wakil Gubernur juga mengingatkan SKPD bahwa dengan pembahasan yang cepat oleh Banggar DPRD memiliki makna memberikan kepercayaan bagi Pemprov agar pelaksanaan APBD dilakukan sesuai road map visi dan misi Bapak Gubernur." Kita harus autokritik dan bisa menerima masukan dari DPRD, sehingga bagi SKPD yang mendapatkan tambahan anggaran harus dapat melihat output dan outcsmnya," kata Kandouw.

Seperti yang dibacakan oleh Anggota Badan Anggaran Amir Liputo, sejumlah catatan yang diberikan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut terhadap APBDP tahun 2022 meliputi keberadaan Dinas Sosial diharapkan dapat menjadi cermin keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat akibat kenaikan BBM, Penambahan anggaran di APBD adalah dalam tujuan penanganan kemiskinan', Mengharapkan keberpihakan Pemerintah terhadap subsidi transportasi, bantuan terhadap nelayan dan masyarakat terkena PHK.

Caption : Anggota DPRD Amir Liputo saat membacakan laporan Banggar

Keberpihakan pemerintah bagi masyarakat yang berpenfhasilan Rp 3 juta ke bawah sangat dibutuhkan dengan pemberian bantuan, Penetapan anggaran harus mengacu pada indikator yang jelas khususnya pada Rumah Sakit OD-SK yang terjadi penurunan target menjadi kurang lebih Rp 33 Miliar dapat tercapai.  Penambahan anggaran untuk Rumah Sakit Noongan untuk perbaikan infrastruktur dan penyelesaian jasa tenaga medis. Penambahan anggaran dinas Kebudayaan untuk penyelenggaraan kegiatan masyarakat. Penambahan anggaran Dinas Oariwisata mengingat destinasi Pariwisata Sulut menjadi Super Prioritas. Penambahan anggaran di Biro Hukum dalam menunjang instrumen bantuan hukum bagi masyarakat miskin dan sosialisasi Perda dan pembuatan peraturan dibidang legislasi.

Caption : Penandatanganan Rancangan APBD menjadi Perda

Terkait APBDP tahun 2022 dari Lima Fraksi yang ada di DPRD Sulut, hanya Tiga yang menyampaikan pemandangan umum Fraksinya yakni F-PDIP, F- GOLKAR dan Fraksi Nyiur Melambaui sementara F- Nasdem dan F- Demokrat terinformasih akan menyusul meskipun Ranperda APBD telah disahkan menjadi Perda.

Caption : Penyerahan Perda APBD Tahun 2022

Terkait Rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2022 yang ditetapkan menjadi Peraturan Daerah telah diterima dan disetunui oleh seluruh Fraksi yang ada di DPRD Sulut (*/Advetorial/Josh)

Mitra,Sulutnews.com - Pendaftaran seleksi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2022-2026 resmi dibuka.

Ketua Tim Seleksi KIP Sulut Ferry Liando mengatakan, Pendaftaran dilakukan tanggal 1 hingga 14 September 2022 atau hari kerja dengan mengirimkan semua berkas ke alamat Tim Seleksi dalam bentuk Hard Copy dalam amplop tertutup dan Berkas diantar langsung ditujukan kepada Tim Seleksi pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah, Lantai 5 – Kantor Gubernur Sulawesi Utara dengan alamat Jl. 17 Agustus No.69, Teling Atas, Kec. Wanea, Kota Manado.

 

formulir dapat diunduh di website https://diskominfo.sulutprov.go.id/;

Minimal jumlah pendaftar sebanyak 25 peserta, apabila belum mencapai 25 peserta akan diperpanjang selama 1 (satu) kali masa pendaftaran.

 

syarat bagi calon Anggota Komisi Informasi Sulut periode 2022-2026, yakni :

 

• Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Sulawesi Utara

 

• Memiliki integritas dan berkelakuan tidak bercela

 

• Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman pidana 5 (lima) tahun atau lebih yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri

 

• Memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan Informasi Publik sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan publik

 

• Memiliki pengalaman dalam aktivitas Badan Publik Negara dan / atau Badan Publik Non Negara yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dan / atau Surat Keputusan Pengangkatan

 

• Bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi Sulawesi Utara dibuktikan dengan surat pernyataan

 

• Bersedia bekerja penuh waktu

 

• Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat pendaftaran

 

• Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan dari Rumah Sakit Pemerintah.

 

Dokumen kelengkapan administrasi

formulir pendaftaran ditandatangani di atas meterai 10.000 (lampiran 1). Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sulut, Surat Keterangan tidak pernah dipidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri.

 

Calon diminta untuk memasukkan surat pernyataan kesediaan mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan di Badan Publik apabila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi, juga ditandatangani di atas materai (lampiran 2). Berikut, pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6, sebanyak 2 (dua) lembar. Daftar Riwayat Hidup dengan format yang disediakan oleh Tim Seleksi (lampiran 3) dan Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani termasuk Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.

 

Tahapan Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara Periode 2022-2026

 

• Pembukaan Pendaftaran 10 (Sepuluh) Hari Kerja, tanggal 01-14 September 2022

 

• Seleksi Administratif 5 (lima) Hari Kerja tanggal 15–21 September 2022;

 

• Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Tanggal 23 September 2022

 

• Tes Potensi Tanggal 01 Oktober 2022

 

• Pengumuman Kelulusan Tes Potensi Tanggal 03 Oktober 2022

 

• Penerimaan Masukan dan Saran Masyarakat Tanggal 03 – 21 Oktober 2022

 

• Psikotest Tanggal 1 November 2022

 

• Wawancara Tim Seleksi Tanggal 03-04 November 2022

 

• Pengumuman Kelulusan Tes Wawancara Tanggal 08 November 2022

 

• Penulisan Makalah Tanggal 15 November 2022

 

• Tim Seleksi KI Prov.Sulut Menyerahkan Nama-Nama Calon Anggota KI Prov. Sulut Kepada Gubernur Tanggal 21 November 2022

 

• Gubernur Menyerahkan Nama-Nama Calon Anggota KI Prov.Sulut yang Lolos ke DPRD Tanggal 24 November 2022

 

• DPRD Mengumumkan Nama-nama Calon Anggota KI Prov.Sulut yang diserahkan oleh Gubernur Tanggal 28 November 2022

 

Ketua Tim Seleksi

Manado, Sulutnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI, serta Pidato dalam rangka penyampaian RUU APBD 2022 dan nota keuangan, Senin (16/8/2022).

Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD dr Fransiscus Silangen, didampingi Wakil Ketua James Arthur Kojongian dan Billy Lombok. Tampak hadir Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Hadir juga Forkopimda Sulut, Plt Sekprov Sulut dan Sekwan Glady Kawatu.

Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Silangen, mengatakan perayaan HUT RI ke 77 masih dirayakan ditengah pandemi covid 19 yang selama dua tahun menguji daya juang kita sebagai Bangsa, menguji Ketahanan kita, menguji Kedisiplinan Kita, menguji Kepatuhan kita, Menguji Pengorbanan kita, Menguji ketenangan kita dalam mengambil langkah kebijakan." Bersyukur kemerdekaan mampu menggerakan persatuan kita, menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi meringankan beban sesama anak bangsa," ungkap Silangen saat memimpin rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pidato Presiden melalui media elektronik di DPR-RI Senayan, Jakarta

Paripurna mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Ir Joko Widodo tersebut dilaksanakan dalam dua sesi, untuk sesi pertama penyampaian terkait capaian Pemerintah dalam mengatasi Pandemi Covid 19 serta persiapan dalam menghadapi ancaman ekonomi global yang bakal melanda dunia dimana Pemerintah berharap persatuan dan kesatuan segenap elemen anak bangsa untuk mengatasi kriris ekonomi yang akan terjadi.

Setelah diskors selama satu jam lebih, Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen kembali membuka sidang Paripurna dalam rangka mendengarkan Pidato terkait penyampaian APBN, yang juga diikuti oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, Forkopimda serta pejabat struktural juga undangan yang hadir sejak paripurna sesi yang pertama.

Sejumlah poin disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pada sidang tahunan MPR RI. Menyampaikan anggaran APBN direncanakan sebesar Rp 300.04,7 Triliun yang meliputi biaya pemerintah pusat sebesar Rp 2.230 Triliun, serta transfer ke daerah sebesar Rp 811,7 Triliun." Penanganan pandemi covid 19 serta reformasih birokrasi kesehatan, percepatan penurunan stanting serta kesinambungan program JKN kembali mendapatkan prioritas dimana pada APBN tahun 2023 mendapatkan alokasi sebesar Rp 169,8 Triliun atau 5,6 % dari belanja negara.

Untuk mencapai target pembanginan Nasional, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa bersatu padu mendukung pencapaian indonesia maju dengan inovasi dan kreatifitas agar Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

Pelaksanaan paripurna mendengarkan Pidato kenegaraan Presiden Ir Joko Widodo dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus tahun 2022 ini, digelar agak spesial, setelah sejak 2020 pelaksanaanya tidak dilaksanakan bebas akibat Indonesia sementara berperang melawan pandemi covid 19.(*/Advetorial/Josh Tinungki)