Manado, SulutNews.com -- Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VIII Kolonel Marinir Hendy Dwi Bayu Ardiyanto mewakili Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., menutup kegiatan Perkemahan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 10 Tahun 2021 dalam upacara di Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL Desa Talise, Kepulauan Talise, Likupang Timur, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, pada Jumat (8/10/2021).

Kegiatan Pelantara dilaksanakan selama 5 (lima) hari dibeberapa tempat oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII.

Upacara penutupan Pelantara 10 Tahun 2021 yang ditandai dengan pelepasan tanda peserta oleh inspektur upacara tersebut, dihadir Kepala Desa Talise Diana Kirauhe, S.Pd beserta perangkat Desa Talise, prajurit Lantamal VIII dan Yonmarhanlan VIII Bitung sebagai Tim pendukung.

Kegiatan Pelantara 10 yang digelar di Mako Lantamal VIII dan KBN tersebut diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya perkemahan, pelayaran, kepramukaan, leadership, kegiatan keagamaan, jumpa tokoh, olah raga, wisata bahari dan bakti sosial berakhir dengan sukses karena semuanya dapat berjalan sesuai rencana dan berlangsung dengan aman dan lancar.

Para peserta mengaku senang dan bangga dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

"Kebersamaan, kekeluargaan menjadi kesan paling berarti bagi saya, jadilah seorang Pramuka yang disiplin, berani, tegas dan setia", ungkap Natalio Gumolung salah satu peserta dari SMKN 1 Melonguane.

Sementara itu Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Aspotmar Danlantamal VIII mengatakan bahwa kegiatan Pelantara merupakan bagian dari tugas TNI AL dalam bidang pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yakni pola pembinaan dan pengembangan generasi muda Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari yang berkarakter maritim.

Selaku pimpinan Saka Bahari Nasional Kadispotmaral menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan perkemahan Pelantara. Mengingat kegiatan tersebut sangat penting dalam pembinaan generasi muda Saka Bahari, ia menghimbau kepada peserta agar apa yang sudah diperoleh dan dipelajari serta pengalaman selama perkemahan dapat dijadikan pedoman dan dikembangkan di lingkungan masyarakat.

Kadispotmaral berharap kegiatan tersebut dapat memberikan refleksi/dampak positif yaitu terwujudnya generasi muda yang mencintai dan memahami potensi kekayaan maritim, menambah pengalaman, dan meningkatkan ketrampilan serta dapat menumbuhkan kesadaran bela negara.

"Sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa harus selalu tampil dan menjadi pelopor masyarakat serta mempunyai jiwa kepemimpinan, tertanamnya rasa disiplin, untuk terus semangat belajar menuntut ilmu sebagai bekal masa depan kelak," pungkas Kadispotmaral.

(***/Tamura)

Manado, SulutNews.com -- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado melaksanakan serbuan vaksinasi maritim di Desa Tanah Putih, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, pada Rabu (6/10/2021).

Sebanyak 700 dosis vaksin disiapkan TNI AL dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya usai, menuntut masyarakat tetap menaati protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus yang berbahaya. Selain itu masyarakat juga harus menjaga imunitas dengan vaksinasi untuk memberikan herd immunity.

Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA. mengatakan bahwa serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim yang digelar Lantamal VIII ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., sekaligus mendukung program vaksinasi Pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Dari pantauan terlihat antusiasme yang tinggi tidak hanya dari masyarakat Desa Tanah Putih, desa-desa yang berada disekitarpun ikut dalam serbuan vaksinasi tersebut. Selain orang dewasa dan lansia juga anak-anak pelajar turut mendominasi, hal ini disebabkan karena pola pembelajaran tatap muka sudah mulai di berlakukan di beberapa tempat.

Pada kegiatan tersebut Lantamal VIII menyiapkan 700 dosis vaksin terdiri dari 300 dosis jenis Sinovac dan 400 dosis jenis Astra Zeneca serta mengerahkan dokter, tenaga kesehatan dan vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dibantu Puskesmas Mubune Likupang serta didukung Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) wilayah Likupang.

Hadir pada kegiatan tersebut Asops Danlantamal VIII, Aspotmar Danlantamal VIII, Kadiskes Lantamal VIII, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

(***/Tamura)

Manado, SulutNews.com -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan di daerah perbatasan Republik Indonesia, Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa (5/10/2021).

Kunjungan Menteri KKP tersebut didampingi Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA.

Kunjungan ke Pulau Miangas merupakan rangkaian dari Kunjungan Kerja Menteri KKP, yang sebelumnya telah meninjau beberapa tempat di Bitung diantaranya Politeknik KP, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan serta Pangkalan PSDKP.

Kunjungan Menteri KKP di Pulau Miangas diawali di Pos TNI AL (Posal) setelah itu dilanjutkan meninjau keberadaan perahu-perahu masyarakat nelayan Pulau Miangas yang berada di tepian pantai dan diakhiri dengan melihat keberadaan Tugu KM.0 Utara NKRI.

Selain Danlantamal VIII tampak juga mendampingi Menteri KKP saat berada di Pulau Miangas diantaranya Gubernur Sulut Olly Dondokambey, S.E., Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Wanti Waranei Frangky Mamahit dan Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana.

(***/Tamura)

Manado, SulutNews.com -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigjen TNI Mar I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA menerima Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., di Lobby Utama Mako Lantamal VIII, Jalan Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, pada Senin (4/10/2021).

Kunjungan Kadispotmaral ke Sulawesi Utara (Sulut) tepatnya di Mako Lantamal VIII Manado adalah dalam rangka pembukaan kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 10 Sulawesi Utara Tahun 2021.

Danlantamal VIII mengucapkan selamat datang di Mako Lantamal VIII kepada Kadispotmaral beserta rombongan pejabat Dispotmaral.

Ia menyatakan siap mendukung program TNI AL dalam rangka menumbuhkan semangat sebagai bangsa bahari dan cinta tanah air melalui kegiatan Pelantara.

Kadispotmaral pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan.

Ia menyampaikan bahwa Pelantara adalah kegiatan pembinaan Saka Bahari yang dilaksanakan dengan bentuk kegiatan perkemahan dan pelayaran menggunakan KRI dengan menyinggahi pulau-pulau terdepan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melaksanakan perkemahan pesisir di tepi pantai.

Selaku pembina Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kadispotmaral mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Lantamal VIII Manado, untuk turut serta mensukseskan program Pelantara di Sulut, yang rencananya akan melalui rute Manado, Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Nain dan berakhir di Pulau Talise.

Turut hadir mendampingi Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut Asrena Danlantamal VIII, Aspotmar Danlantamal VIII, sedangkan pejabat dari Dispotmaral diantaranya Kasubdis Komsosmar Dispotmaral, Kasi Komsosmar Dispotmaral, Kasubbagku Dispotmaral dan Pengurus Pramuka Kwartir Nasional.

(***/Tamura)

Manado, SulutNews.com -- Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Utara (Binda Sulut) menggelar vaksinasi massal bagi pelajar, santri dan masyarakat miskin, secara door to door guna tercapainya herd immunity.

Pembukaan kegiatan vaksinasi secara serentak pada beberapa lokus kegiatan tersebut dipusatkan di SMA Negeri 1 Manado, Jl. Pramuka No. 102, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, pada Rabu (29/9/2021).

Binda Sulut mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, santri dan masyarakat miskin agar capaian vaksinasi nasional sesuai dengan harapan untuk membentuk herd immunity guna memutus mata rantai Pandemi Covid-19 saat ini.

Adapun sasaran vaksinasi sebanyak 5.500 orang terdiri atas 3.500 pelajar dan 2.000 masyarakat miskin yang dilaksanakan secara door to door di Kota Manado dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kegiatan vaksinasi massal pelajar melibatkan 17 sekolah yang terdiri atas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA), 6 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 1 Madrasah Aliyah. Dengan tema kegiatan vaksinasi, "Indonesia Sehat, Indonesia Hebat".

Gelar vaksinasi massal tersebut disaksikan secara virtual oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani yang menyambut baik dan memantau secara langsung pelaksanaan vaksinasi massal pelajar, santri dan masyarakat miskin serta mengapresiasi pelaksanaan percepatan vaksinasi yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE., menyampaikan kepada Ketua DPR RI, bahwa saat ini akan fokus pada vaksin tahap 1 dan tahap 2 untuk pelajar dengan stok vaksin sebanyak 375.000 dosis dengan harapan agar pembelajaran tatap muka pada akhir tahun bisa terlaksana.

Kepada awak media Kabinda Sulut, Laksma TNI Adriansyah, SE,. terkait percepatan vaksinasi menyampaikan, "Sulut bersama stake holder terkait melakukan upaya memutus penyebaran Covid-19 dengan melakukan vaksinasi terhadap para pelajar dan masyarakat yang kurang mampu, secara door to door agar herd immunity tercapai dengan baik. Selain itu dengan terlaksananya vaksinasi pelajar ini maka menopang programDinas Pendidikan dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di ssekolah," ucapnya.

"Binda Sulut dalam mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Sulut, Dinkes Kota Manado, RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Puskesmas Paniki Bawah, Puskesmas Sario, Puskesmas Tikala Baru, Puskesmas Wenang, Polda Sulut, Kodam XIII/Merdeka dan Lantamal VIII Manado," jelas Kabinda Sulut.

Hadir dalam pembukaan kegiatan vaksinasi massal pelajar dan serbuan vaksinasi door to door tersebut diantaranya, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE., Dir 24 BIN, Brigjend TNI Ruddy Prasemilsa Mahks, Kabinda Sulut, Laksma TNI Adriansyah, SE., Ketua DPRD Prov. Sulut, Fransiscus Silangen, Wali Kota Manado, Andrei Angouw, Wakil Walikota Manado, Richard Sualang, Sekprov Sulut, Edwin Silangen, dan Kadis Kesehatan Prov Sulut, dr. Grace Punuh, M.Kes.

(***/Tamura)

Mitra,Sulutnews.com – Pemerintah Desa tolombukan terus berkomitmen menanggulangi penyebaran covid 19, kali ini lewat alokasi 8 persen dana desa.

Hukum Tua tolombukan Delvy Lumbu menuturkan penyaluran 8 persen dana desa untuk penanggulangan Covid 19 sudah sesuai mekanisme dan aturan yang ada.

“ tentu setiap apa yang disalurkan lewat Dana Desa sudah lewat Musyawarah tak terkecuali untuk 8 persen, dan itu sudah akan disalurkan,” ucapnya.

 

Dirinya juga menerangkan, kali ini pihaknya membagikan masker dan hand sanitizer kepada seluruh kepala keluarga.

“ berharap pandemic cepat selesai dan kiranya masyarakat terus menjaga porkes yang ada agar tidak kena covid 19,” pungkas Lumbu. Advetorial

Sulut,Sulutnews.com – Sulut terus bangkit dan berprestasi meski masa pandemi Covid-19. Komitmen ini terekam jelas di puncak acara HUT ke – 57 Provinsi Sulawesi Utara, 23 September 2021.

Puncak acara peringatan ini dilaksanakan di Halaman kantor Gubernur, diikuti para pejabat Provinsi, Kabupaten/Kota, instansi vertical, mantan Gubernur, Anggota DPR-RI, DPRD-RI dan Tokoh Pejuang, acara disiarkan secara langsung (live) oleh TVRI, RRI, dan channel youtube Pemprov Sulut.

Hal ini dilakukan dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang dikemas secara visual terkait kilas balik sejarah, prestasi dan beragam kerja sertakan launching aplikasi, termasuk tampilan Vidio atas Penganugerahan Gubernur Terpopuler di Media Digital AHI 2021.

Gubernur Olly Dondokambey SE bersama istri Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, dan Wagub Drs Steven OE Kandouw dan istri, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS.

Pada kesempatan ini, Gubernur Olly Dondokambey SE bertindak sebagai Inspektur Upacara. Semua peserta upacara dan undangan mengenakan busana adat dan budaya daerah asal mereka.

Penyerahan penghargaan bagi daerah yang berhasil melaksanakan program pro rakyat dilakukan langsung Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw. Penghargaan yang diberikan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi penerima, sekaligus menjadi motivasi untuk terus berkarya, berprestasi demi rakyat dan banyak orang meskipun badai pandemi masih terjadi.

Peluncuran Aplikasi terbaru layanan inovasi milik Pemprov Sulut

Perayaan HUT ke-57 Provinsi Sulut, membawa arus kekuatan bagi masyarakat karena walaupun di tengah pandemi dan serba terbatas, tapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi dan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini.

Capaian keberhasilan disertai penghargaan begitu banyak yang diraih Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan OD-SK, benar-benar membuktikan bahwa karya patut dihasilkan untuk masa depan daerah dan generasi.

Gubernur Olly Dondokambey saat rapat paripurna HUT ke 57 Provinsi Sulut

Peluncuran tiga Aplikasi terbaru layanan inovasi publik yakni; Aplikasi 1DataSulut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign dilakukan Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw, Sekdaprov Silangen dan Kadis Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulut, Christiano Talumepa.

Saat menyampaikan sambutan, Gubernur Olly memaparkan upaya kerja keras yang dilakukan pemerintah dan masyarakat provinsi dalam setahun terakhir ini.

“Ini bisa dilihat dimana pada triwulan kedua tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Sulut tumbuh menjadi 8,49%,” kata Gubernur Olly.

Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw menyerahkan Penghargaan kepada Walikota Manado

Upaya direct call peningkatan kerjasama dengan pemerintah Jepang soal ekspor komoditi pertanian dan perikanan. Selain itu, umpan balik program ‘mari jo ba kobong’ serta melakukan pengembangan UMKM, mendapatkan penghargaan Paritrana dari Kementerian Tenaga Kerja dan penghargaan lainnya di sejumlah bidang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara RI Bima Haria Wibisana, menyerahkan langsung kepada Gubernur Olly dan Wagub Kandouw Penghargaan BKN Award untuk Pemprov Sulut tahun 2021 untuk dua kategori.

Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka HUT ke 57 Provinsi Sulut

“Semua sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi tetap berjalan di tahun ini meski kita diterpa dengan pandemi Covid-19. Kita harus tetap tangguh menghadapinya. Begitu pula dengan proyek-proyek strategis maupun program prioritas Nasional yang berlokasi di Sulut, termasuk KEK Pariwisata Likupang yang merupakan salah satu destinasi wisata yang akan terus kita kembangkan sesuai target yang telah ditetapkan,” ungkap Gubernur Olly.

“Demikian juga dengan sektor kesehatan yang terus kami prioritaskan dengan berbagai pembangunan rumah sakit daerah,” sambungnya.

Gubernur Olly Dondokambey melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Periode 1967-1978 H. V Worang

Upacara peringatan HUT ke-57 Provinsi Sulut dihadiri Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Sekretaris dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Bupati/Walikota, Wabup/Wawali se-Sulut, pejabat teras pemprov dan undangan.

Penerapan prokes selama upacara berlangsung tetap dilakukan.

Selain Upacara, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut dalam rangka HUT ke-57 Provinsi Sulut di DPRD Sulut.

Wakil Gubernur Sulut  Steven Kandouw melakukan ziarah ke makam Wakil Gubernur Sulut Periode 1991-1996 Achmad Nadjamudin di Tuminting

Rapat paripurna inipun dipimpin langsung Ketua DPRD, dr Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay SH MH, Billy Lombok dihadiri Anggota DPRD Sulut. Nuansa budaya lokal pun nampak. Berbagai prestasi baik dari pemerintahan, usaha masyarakat, pelajar, mahasiswa disampaikan Ketua DPRD Sulut.

Gubernur Olly pun menyampaikan terimakasih atas kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam menjalankan program pembangunan di tengah masa pandemi Covid-19.

Namun sebelum puncak acara HUT ke-57 Provinsi Sulut, telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Ziarah ke Makam para mantan Gubernur/Wagub Sulut baik di Jakarta maupun di daerah.

Gubernur Olly Dondokambey ziarah ke makam Wakil Gubernur Sulut 2 Periode Tahun 2000-2005 dan 2005-2010 Freddy Harry Sualang.

Hal ini dilakukan agar generasi muda tetap mengingat perjuangan, cita-cita dan pengorbanan para pendahulu untuk tetap dilanjutkan, agar generasi tidak melupakan Sejarah.

Seperti yang dilakukan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw, melanjutkan tradisi dari tahun ke tahun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun Sulut.

Gubernur Olly berziarah di TMP Kalibata Jakarta, mengambil waktu saat dia melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

Ziarah ke makam mantan Gubernur/Wagub juga dilakukan di daerah Sulut oleh Gubernur Olly dan Wagub Kandouw didampingi para pejabat teras Pemprov Sulut.

Tim Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen melakukan ziarah di makam mantan Gubernur Dr Sam Ratulangi, SH Sarundajang dan AJ Sondakh.

Gubernur Olly Dondokambey memimpin Upacara ziarah ke makam mantan Gubernur/Wakil Gub Sulut di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Tim Wagub Kandouw ziarah di makam mantan Gubernur CJ Rantung dan Makam Wakil Gubernur Ahmad Nadjamudin.

Sementara untuk upacara ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang, bersama Tim Gubernur dan Tim Wagub. Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan pun ikut berziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Hein Victor Worang di Desa Tontalete, Kabupaten Minut.

Melengkapi kado manis HUT Sulut ke-57 Gubernur Sulawesi Utara meperoleh CI-EL Medal of Distinction 2021, dalam even The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021 sebagai bentuk pengakuan atas capaian, melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir ini seperti kreativitas dalam menjadikan pengembangan Sulut sebagai salah satu destinasi wisata utama menjadi daerah tujuan utama untuk perdagangan dan investasi di Sulawesi.

Patutlah diakui bahwa meskipun masih pandemi Covid-19, Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw akan terus dan tetap berprestasi dan merealisasikan program kerja sesuai Visi dan Misi demi kesejahteraan rakyat dan Sulut makin tambah hebat.(/Adv/Diskominfo-Sulut)

 

Manado, Sulutnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (23/9/2021) menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57. Momentum bersejarah yang memiliki nilai historis terbentuknya provinsi Sulut yang dulunya masih dalam provinsi Suluttenggo kini telah berhasil menjelma menjadi provinsi yang maju dan hebat baik dari sisi pembangunan fisik maupun capaian diberbagai bidang.

" Hari ini adalah hari bersejarah bagi kita segenapi masyarakst Sulut, karena kita boleh merayakan HUT ke 57 tahun. Meski diperhadapkan dengan situasi sulit akibat bencana non alam pandemi virus covid 19, namun semangat kemeriahan menjadi penyemangat untuk meraih impian bersama menuju Sulut Hebat," ungkap Fransiskus Andy Silangen Ketua DPRD Sulut saat membuka sidang paripurna.

Berbagai capaian keberhasilan pembangunan di Sulawesi Utara dibacakan politisi PDIP ini pada paripurna yang dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O E Kandouw."Perjalanan cukup panjang sehingga Sulawesi Utara tiba diusia ke-57 tahun tepat Kamis 23 September. Tentu dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan, namun itu tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin daerah sebelumnya yang didukung oleh segenap komponen masyarakat Sulut

Dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman yang dikenal sebagai masyarakat yang religius, adaptif dan pekerja keras. Hal itu dikatakan Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Andi Silangen

“Jauh sebelum bangsa besar ini berdiri, kiprah dan karya putra-putri terbaik Sulut tercatat dengan tinta emas dalam lintasan sejarah bangsa,” ujarnya. Tradisi mencetak prestasi bagi negeri ini, kata dia, terus dilanjutkan oleh para pemimpin daerah.

“Termasuk di dalamnya Gubernur Pak Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Pak Steven Kandouw,” ucapnya.

Dikatakan legislator asal Nusa Utara ini, walaupun di kondisi pandemi covid-19, tidak melunturkan semangat Olly-Steven untuk menggerakkan semua sektor pembangunan.

Sehingga kerja tulus ini diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat.“Itu dibuktikan dengan diterimanya sejumlah penghargaan disepanjang tahun 2021,” kata Silangen.

Diungkapkannya, kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah

menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.“Berkenaan dengan fungsi pembentukan perda, dalam tahun 2021 ini, DPRD bersama pemerintah daerah telah menetapkan 5 (lima) peraturan daerah. Seiring dengan itu, telah pula ditetapkan 30 keputusan DPRD dan 6 nota kesepakatan bersama,” paparnya.

Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang Perubahan APBD 2021 dan ranperda tentang

Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020.“Terakhir, fungsi pengawasan. DPRD telah melakukan 89 rapat dengar pendapat dan rapat-rapat lainnya, menerima 15 aspirasi, baik aspirasi secara langsung maupun aspirasi secara tertulis,” tambah Silangen.

Pada sisi lain, lanjutnya, DPRD juga menerima 72 kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota DPRD baik dari luar daerah

maupun dari kabupaten/kota se-provinsi Sulut.

“Dalam kaitan dengan hal tersebut maka kami konsisten mengawal sejumlah program dan kegiatan pemerintah daerah. Termasuk menangani pandemi covid-19 dan penanganan berbagai bencana lainnya, seperti bencana banjir yang menimpa sebagian masyarakat Kabupaten (*/Adv/Josh)

Manado, Sulutnews.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan Pandemik Covid-19 telah menjadikan Pemerintah dan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya kerja keras ditengah berbagai cobaan dan krisis.

Pandemi Covid-19 tidak menjadikan  satupun pembangunan terpinggirkan, namun kita telah bekerja menjadikan Sulawesi Utara tetap maju di mata Nasional.

"Kita bahkan berhasil membangun infrastruktur jalan di KEK Likupang skala prioritas, Pertanian dan tidak terpinggirnya pembangunan  rumah sakit, semuanya bisa dicapai tepat waktu," kata Olly Dondokambey dalam Pidato pada Upacara Memperingati HUT ke-57 Provinsi Sulawesi Utara bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus, Teling, Kota Manado, Kamis (23/9).

Hal ini telah membuktikan fondasi ekonomi kita pun kokoh dengan pencapaian pertumbuhan yang baik.

Kebersamaan semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita meski Pandemik entah sampai kapan akan berakhir.

"Mari kita terus bekerja bersama rakyat membangun Sulut maju dan sejahtera," ucap Gubernur yang tampil dengan pakaian dari Suku Minahasa itu.

Pada momen HUT ke 57  Gubernur Olly  menyerahkan penghargaan kepada pegawai teladan, pemberian tunjangan kerja kepada ribuan buruh, penyerahan sk pensiunan ASN dan kepada Gracia Polii memberikan rumah senilai Rp600 juta.

Pada kesempatan yang sama Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara RI, Bapak Bima Haria Wibisana, menyerahkan langsung kepada Bapak Gubernur Olly Dondokambey,SE dan Bpk Wakil Gubernur, Drs.Steven O.E Kandouw, Penghargaan BKN Award utk Pemerintah Provinai Sulut Tahun 2021 utk Dua Kategori pada moment HUT ke-57 Provinsi Sulut. (*/yuk)

Minsel, SulutNews.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) James Arthur Kojongian atau akrab disapa JAK melaksanakan giat serap aspirasi (reses) di sejumlah titik di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Selasa (31/8/2021).

Dari informasi yang diperoleh wartawan SulutNews.com, selain menyerap aspirasi JAK membawa bantuan kursi roda yang akan diserahkan ke warga yang membutuhkan lewat pemerintah desa.

"Hari ini saya datang ke Minsel, untuk menyerap aspirasi dari warga, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan", ungkap JAK.

"Saya juga datang membawa bantuan kursi roda yang diserahkan kepada Hukum Tua Desa Matani dan Desa Paslaten. Berharap bantuan ini akan dapat dibantu penyalurannya ke warga yang membutuhkan", katanya.

Lanjutnya, dalam menggelar reses di masa Pandemi Covid-19 ini, dirinya tetap memperhatikan diterapkannya protokol kesehatan (Prokes).

"Terungkap dalam kunjungan kali ini, warga di Kecamatan Tatapaan dan Kecamatan Tumpaan yang mayoritas adalah petani mengeluhkan adanya kelangkaan bibit Jagung dan adanya kenaikan pupuk bersubsidi", terang JAK, anggota DPRD Sulut dari Partai Golkar.

Menanggapi berbagai keluhan masyarakat ini, JAK berjanji akan menindaklanjuti ke instansi terkait.

Sementara itu, Nontje Sondakh warga Desa Paslaten mengucapkan terima kasih, karena anggota DPRD Sulut mau menggelar reses di desanya serta mau mendengar dan membawa aspirasi masyarakat untuk bantu disampaikan ke pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

"Tentu kami berharap keluhan para petani ini dapat bisa terealisasi sehingga kami tidak lagi mengalami kesulitan saat membutuhkan bibit Jagung", ujar ibu Nontje.

(TamuraWatung)